Tips Memilih Barang untuk Dibuang Agar Rumah Rapi

Alasan yang sering diberikan saat akan membuang barang-barang yang tidak terpakai di rumah adalah ” siapa tahu nanti dibutuhkan” atau alasan Anda pikir mereka butuhkan tapi pada akhirnya tidak pernah digunakan. Alasan itu sangat umum dan biasanya membuat acara bersih-bersih rumah akan semakin rumit, lama dan bisa-bisa di akhiri dengan argumen antara Anda dan pasangan.

Hal yang bisa di lakukan adalah dengan menyingkirkan barang masing-masing, dan mengumpulkan kembali barang-barang yang tidak tebuang untuk di cek kembali bersama agar barang-barang yang tidak akan di buang memang benar-benar di butuhkan nantinya.

Rumah yang menumpuk terlalu banyak barang yang tidak terpakai bisa mempengaruhi orang-orang yang tinggal di rumah selain membuat orang yang tinggal di dalamnya menjadi tidak nyaman, bisa mengundang tikus atau kecoak, dan bisa membuat anggota keluarga menjadi kesulitan dalam mencari suatu barang tertentu.

Berikut barang-barang yang paling banyak di simpan dan seharusnya sudah Anda buang :

1. Majalah lama

Sumber : Arina Mabruroh

Majalah yang sudah lama kecil sekali kemungkinan untuk Anda baca kembali, sisakan 3-4 majalah saja di ruang tamu Anda dan sisanya bisa Anda sumbangkan atau Anda buang.

Dan jika ada artikel dan resep yang ingin Anda simpan, Anda bisa scan lalu simpan dalam folder komputer agar Anda bisa membukanya kembali saat Anda butuh.

2. Prakarya

Sumber : Pinterest

Pernahkan Anda membuka instagram atau youtube dan melihat tutorial cara membuat sesuatu dan Anda ingin mencobanya, setelah mengumpulkan bahan-bahannya dan memulai ternyata prakarya yang Anda buat tidak sesuai atau mungkin ada langkah yang salah. Dan pada akhirnya entah karena kesal dan stres Anda akan menyimpan prakarya Anda dan akhirnya mereka hanya tersimpan di lemari bertahun-tahun, setiap kali Anda ingin memulainya kembali mungkin saja Anda belum punya waktu yang pas. Jika Anda sudah kehilangan minat untuk menyelesaikan atau memulai lebih baik Anda membuang semua prakarya setengah jadi Anda agar Anda tidak keburu stres sebelum Anda memulai mengerjakan prakarya Anda lagi.

Atau Anda bisa memulai prakarya baru yang lebih mudah untuk Anda mulai, lalu jangan lupa juga dengan bahan-bahan prakarya Anda jika Anda tidak ada rencana untuk membuat DIY dalam waktu dekat, karena bahan-bahan crafting ini akan memakai banyak sekali ruang di lemari Anda dan membuat lemari Anda menjadi selau terlihat berantakan.

3. Pakaian

Sumber : everydaymearabia.com

Sumbangkan atau jual pakaian-pakaian Anda dan keluarga yang tidak terpakai selama dua tahun berturut-turut, lalu terapkan metode satu pakaian baru yang masuk ke lemari dan dua pakaian lama yang akan di keluarkan.

Hal ini akan menghindarkan Anda dari over load di lemari pakaian Anda dan lemari pakaian Anda akan selalu terlihat rapi.

Selain itu singkirkan juga pakaian yang warna nya sudah pudar, sobek parah, atau pakaian yang sudah tidak muat karena jika Anda masih menyimpan pakaian tersebut di lemari pakaian Anda kemungkinan besar Anda akan pakai kembali dan pastinya akan membuat Anda terlihat tidak menarik atau tidak rapi.

4. Barang kenangan

Sumber : The Spruce

Siapa yang tidak memiliki barang kenangan baik kenangan dari mantan, dari teman maupun dari keluarga. Pastinya barang-barang ini memiliki unsur sentimentil, tapi juga bukan bermaksud untuk tidak menghargai pemberian dari mereka hanya saja Anda perlu membuang dan hanya menyimpan beberapa barang yang menurut Anda masih bisa Anda gunakan atau kartu pemberian dari seseorang yang benar-benar penting untuk Anda.

5. Barang elektronik

Sumber : Freshly Techy

Sering kali Anda masih menyimpan barang elektronik yang sudah lama walaupun Anda sudah memiliki ganti nya, alasanya untuk backup. Menurut saya untuk apa Anda membeli penggantinya dan masih tetap menyimpan yang lama, barang elektronik lama Anda itu hanya mengisi ruang yang bisa Anda isi untuk hal yang lain.

6. Mainan

Sumber : Pro Educational Toys – blogger

Dari pada Anda memikirkan untuk membelikan box container baru untuk menyimpan mainan anak Anda lebih baik Anda mengajak anak Anda untuk mensortir mainan mereka yang masih mereka mainkan dan mainan yang sudah tidak pernah mereka mainkan atau mainan yang sudah rusak.

Misalnya untuk anak perempuan pasti memilik banyak sekali boneka, akan lebih baik jika mereka mendonasikan paling tidak setengah dari boneka mereka. Atau Anda juga bisa menjualnya.

7. Make up

Sumber : Porcelain, The Face Sp

Jika make up Anda sudah berubah warnah, berubah baunya, dan berubah secara tekstur maka secepatnya Anda harus buang. Karena make up kadarluarsa bisa memberikan dampak negatif ke kulit Anda. 

8. Kaset DVD

Sumber : DIY Video Guy

Sortir secara rutin kaset dvd yang sudah rusak agar mereka tidak memenuhi ruang di lemari Anda, dan hanya simpan kaset dvd untuk film atau musik yang benar-benar Anda suka dan sering Anda dan keluarga putar.

9. Aksesoris

Sumber : Pinterest

Singkirkan aksesoris yang menumpuk di meja hias Anda jika Anda jarang sekali memakai aksesoris, lebih baik berikan ke saudara atau teman Anda yang suka memakai aksesoris.

Lakukan pembersihan kecil minimal 1-2 bulan sekali dan pembersihan besar-besaran 5-6 bulan sekali, dengan Anda menyingkirkan barang-barnag yang sudah tidak terpakai Anda akan merasa rumah terasa lebih lega dan rumah terlihat bersih, dan rapi.

Barang diperuntukan untuk dipakai atau di gunakan jika kita hanya membeli dan menyimpannya saja resiko untuk barang tersebut rusak sebelum kita pakai besar sekali kemungkinanya, apalagi jika Anda tidak menyimpannya dengan baik

Mulailah lebih bijak sebelum Anda membeli sesuatu, pertimbangkan saran dari sekitar Anda lalu pikirkan apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau hanya menginginkannya.

Bagikan tips dan saran Anda dalam menghindari rumah Anda dari barang-barang yang menumpuk? tuliskan di kolom komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.