BBM Naik, Ini Cara Sederhana untuk Menghemat BBM Supaya Tidak Cepat Habis

Bukan hoax atau wacana lagi, harga BBM (Bahan Bakar Minyak) resmi naik. Dilansir dari berita terkini, Presiden Joko Widodo sudah mengumumkan kenaikan harga BBM. Bahan Bakar Minyak dari PT Pertamina jenis Pertamax, Solar, bahkan Pertalite juga mengalami kenaikan harga. Kebijakan ini sudah mulai berlaku pada hari Sabtu, 4 September 2022 pukul 14.30 WIB. Nilai kenaikan harga BBM saat ini dibandingkan dengan harga sebelumnya tidaklah sedikit, dapat dilihat pada grafik di bawah ini :

Perbandingan harga BBM sebelumnya vs harga saat ini

Adanya kebijakan kenaikan harga BBM menjadi efek domino bagi masyarakat Indonesia. Bukan hanya berdampak pada pengguna kendaraan bermotor, kenaikan harga BBM juga mengakibatkan naiknya harga kebutuhan pokok dan transportasi umum. Banyak masyarakat yang menyayangkan keadaan ini, namun dengan terpaksa tetap diterima karena tidak bisa mengubah kebijakan yang sudah ditetapkan. Di sisi lain, kebijakan ini ditetapkan karena semakin meningkatnya penggunaan BBM sedangkan cadangan BBM justru semakin berkurang dan berisiko habis di kemudian hari. Bahkan penggunaan BBM bersubsidi jumlahnya meledak, di luar anggaran yang ditentukan pemerintah. Oleh karena itu, pemerintah memutuskan untuk menaikkan harga BBM dan menghilangkan BBM bersubsidi guna menekan penggunaan BBM yang semakin melonjak.

Sebagai masyarakat yang cerdas, kita dapat menjalani keadaan ini dengan bijak. Sudah saatnya untuk menggunakan BBM dengan hemat, agar pengeluaran biaya tidak boros meskipun harga BBM terus naik. Daripada galau mikirin harga BBM yang naik, yuk disimak beberapa tips dan ulasan di bawah ini.

Mengapa kita harus berhemat dalam menggunakan bahan bakar minyak?

Bahan Bakar Minyak berasal dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, dengan kata lain bahan bakar minyak suatu saat akan habis karena digunakan terus menerus. Pemakaian BBM yang kurang bijak dapat berdampak pada semakin menipisnya jumlah cadangan sumber daya energi, bahkan bisa habis dalam puluhan tahun ke depan. Selain jumlahnya yang semakin terbatas, pemakaian BBM dapat mengakibatkan kerusakan seperti:

  • Pemanasan global sehingga berakibat pada perubahan iklim yang ekstrem. Pemakaian BBM akan menghasilkan gas CO2 (karbon dioksida) di udara, jika terlalu berlebihan, maka gas tersebut akan menumpuk pada lapisan atmosfer. Hal ini biasa disebut efek rumah kaca, karena adanya gas berbahaya yang terperangkap di bumi.
  • Gangguan kesehatan pada manusia akibat polusi udara. Hal ini berasal dari gas pembuangan pemakaian BBM pada kendaraan bermotor, sehingga menghasilkan gas berbahaya jika terus menerus terpapar. Gangguan kesehatan ini meliputi penyakit pernapasan, kesuburan dan reproduksi, bahkan menurunnya tingkat kecerdasan pada anak.

Baca juga Cara Menghadapi Kenaikan Harga Pangan

Apa penyebab kendaraan bermotor boros bensin?

Sumber gambar: Freepik

Sering kali ketika baru mengisi BBM dengan kondisi tangki yang penuh, namun baru digunakan beberapa saat, tiba-tiba bensin berkurang banyak bahkan habis. Pemborosan penggunaan bensin bisa jadi ada kendala pada kendaraan bermotor Anda. Penyebab kendaraan bermotor boros bensin yaitu:

Terlambat ganti oli

Mengganti oli kendaraan sebaiknya setelah mencapai jarak tempuh 5000 km. Jika melewati batas tersebut, maka kualitas oli akan menurun. Hal ini menyebabkan mesin harus bekerja lebih keras, lama kelamaan akan menurun kinerjanya. Berkurangnya kinerja mesin kendaraan bermotor dapat mengakibatkan pemborosan pada bensin.

Ban bermasalah

Ban kendaraan yang sudah mulai gundul, kempes, bahkan ban yang sudah dimodifikasi dapat menimbulkan pergesekan antar ban dan aspal menjadi lebih berat. Daya putar ban dan beban mesin yang tidak seimbang menyebabkan akselerasi kendaraan menjadi lambat sehingga pemakaian bensin lebih boros.

Filter bensin kotor

Filter bensin berfungsi untuk menyaring kotoran, sehingga bensin yang masuk ke ruang pembakaran selalu bersih. Jika bensin yang masuk ke ruang pembakaran banyak kotoran, maka proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan boros bensin. Apabila dibiarkan terus menerus maka akan menyebabkan kerusakan pada ruang bakar. Sebaiknya bersihkan filter bensin secara rutin setelah menempuh jarak 30.000 sampai 40.000 km.

Filter udara kotor

Apabila filter udara dibiarkan kotor, maka pasokan udara bersih yang masuk ke dalam mesin menjadi berkurang. Sehingga piston akan bekerja lebih berat, dan Anda akan menginjak pedal gas lebih dalam supaya akselerasi tinggi tercapai Inilah yang menyebabkan penggunaan bensin menjadi lebih boros.

AC terlalu dingin

Menyetel AC dengan suhu yang sangat dingin menyebabkan kompresor yang memompa refrigerant akan membagi dayanya. Sehingga berpengaruh pada power mesin dan kompresor akan bekerja lebih keras. Penggunaan bensin menjadi lebih boros karena suhu AC yang disetel kurang tepat.

Tidak tepat menggunakan BBM

Penggunaan bensin harus menyesuaikan standar pabrik pada mesin. Jika Anda menggunakan bahan bakar bensin yang berkualitas rendah, maka penggunaan bensin akan menjadi lebih boros. Bensin yang dianjurkan untuk pemakaian kendaraan bermotor adalah yang memiliki nilai oktan di atas 90, seperti Pertamax dan Pertamax Turbo.

Bagaimana cara untuk menghemat BBM supaya BBM tidak cepat habis?

Setelah mengetahui beberapa penyebab bensin menjadi boros, maka kita dapat merangkum beberapa cara untuk menghemat penggunaan BBM. Yuk disimak beberapa tips di bawah ini :

  • Lakukan perawatan atau service kendaraan Anda secara rutin. Jika mesin kendaraan dirawat dengan baik, tentunya kinerja mesin dan komponen kendaraan akan lebih optimal dan penggunaan bensin lebih efisien. Perawatan ini meliputi ganti oli, bersihkan filter udara dan bensin, ganti ban yang gundul, dan lain-lain
  • Bijak dalam menggunakan AC mobil dengan tidak menyetel suhu yang terlalu tinggi
  • Pilih bensin dengan nilai oktan di atas 90 seperti pertamax dan pertamax turbo agar mesin bekerja lebih optimal tanpa memakan bensin yang banyak
  • Jalan kaki untuk menempuh jarak dekat. Jika keperluan Anda tidak mendesak dan jarak tempuh tidak terlalu jauh, maka tidak perlu menggunakan kendaraan bermotor karena hanya menyebabkan pemborosan bensin.
  • Naik sepeda untuk menggantikan penggunaan kendaraan bermotor. Selain menyehatkan, dapat mengurangi polusi udara dan menghemat pengeluaran biaya untuk pemakaian BBM
  • Naik transportasi umum untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Penggunaan kendaraan pribadi adalah salah satu penyebab meningkatnya pemakaian BBM yang semakin melonjak. Mulai sekarang Anda bisa membatasi penggunaan kendaraan pribadi dengan naik transportasi umum.
  • Jika Anda sedang mengendarai kendaraan pribadi, gunakan kecepatan yang sesuai dengan batasnya. Kurangi beban pada kendaraan jika perlu. Tekanan angin pada ban harus pas. Jangan menyalakan mesin kendaraan terlalu lama saat berhenti.

Nah itulah beberapa informasi dan tips terkait kenaikan harga BBM saat ini. Semoga kita semua bisa lebih bijak dalam menanggapi kondisi ini dan lebih berhemat untuk penggunaan Bahan Bakar Minyak demi menjaga kelestarian lingkungan.

 

Sumber:
http://perpustakaan.menlhk.go.id/
http://dpr.go.id/
https://mypertamina.id/