Benda Wajib di Meja Kerja Penunjang Produktifitas

Pada beberapa perusahaan, ada karyawan yang difasilitasi dengan adanya ruangan pribadi maupun hanya disediakan meja pribadi yang diberi sekat antar meja sesama karyawan. Bagi mereka yang diberikan fasilitas ruangan tersendiri, biasanya adalah karyawan dengan level jabatan tertentu yang mungkin memimpin sebuah tim.

Fungsi sebuah meja di kantor tentu untuk mendukung proses pelaksanaan pekerjaan kita sebagai karyawan. Namun sebenarnya, fungsi meja kerja bisa dimaksimalkan dengan mengeluarkan kreativitas, meskipun Anda tidak memiliki ruang kerja pribadi. Anda mungkin bisa memanfaatkan ide menarik berikut untuk menata meja kerja Anda di rumah atau di kantor. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Aksesoris Meja Kerja

Ada beberapa aksesoris meja kerja yang “wajib” Anda miliki dalam melakukan pekerjaan Anda di kantor maupun di rumah, yaitu:

1. Jam

Sumber: pexels.com

Anda bisa menggunakan jam meja berukuran mini dengan karakter favorit atau dengan desain yang unik. Meskipun Anda seorang pengguna jam tangan aktif, adanya jam kecil di meja kerja tentu sangat membantu selain menggunakan fungsi jam yang ada di smartphone Anda.

2. Kalender Meja

Sumber: pexels.com

Kalender juga bisa Anda dapatkan fungsinya pada smartphone, hanya saja tidak semua smartphone menyediakan informasi kapan hari libur akan tiba. Sehingga Anda tetap memerlukan jenis barang satu ini di meja kerja. Dengan begini Anda bisa melihat waktu untuk libur dan menandai kapan jadwal Anda untuk mengajukan cuti.

3. Kanvas dan Pin

Bulletin Board, Stickies, Post-It, List
Sumber: pixabay.com

Tujuan adanya benda ini adalah untuk mencatat jadwal penting atau pekerjaan deadline yang menjadi tanggungjawab Anda. Setelah Anda mencatat tugas yang diberikan atasan pada selembar catatan kecil atau sticky notes, Anda bisa menempelkannya pada kanvas atau kalendar meja. Jika Anda termasuk seseorang yang beruntung karena memiliki ruangan, Anda bisa menempelkan kanvas berukuran besar di dinding ruangan. Tipsnya, pilih kanvas yang memuat hal yang menjadi favorit Anda. Agar Anda selalu menyempatkan waktu melihat kanvas tersebut, yang bisa jadi banyak catatan-catatan kecil yang tidak boleh terlewat.

4. Tempat Smartphone

Sumber: pixabay.com

Waktu istirahat makan siang biasanya dihabiskan dengan berburu makanan di kantin kantor atau sekitarnya. Namun seiring dengan kemudahan memesan makanan melalui aplikasi disertai banyaknya promo yang berlangsung sehingga mendapatkan makan siang jadi lebih mudah. Jika sudah waktunya menikmati istirahat makan siang Anda bisa menonton film favorit atau series Netflix melalui smartphone. Dengan adanya benda ini, Anda tidak perlu repot memegang smartphone selama menonton.

5. Alat Makan

Seperangkat alat makan berupa sendok, garpu, sumpit, sedotan stainless dan piring kecil perlu Anda miliki dekat dengan meja kerja Anda. Seringkali barang-barang seperti ini dibutuhkan di saat-saat tak terduga. Misalnya saja makan siang yang Anda pesan melalui aplikasi online, si pembeli lupa tidak menyertai sendok dan garpu didalamnya. Atau tradisi bagi-bagi makanan antar sesama karyawan yang selalu jadi momen favorit, Anda tidak perlu repot mencari-mencari wadah untuk menyantapnya, bukan?

6. Taplak Meja

Sumber: pixabay.com

Jika memungkinkan untuk diberi taplak, Anda bisa mencoba untuk mengalasi barang-barang di meja kerja Anda dengan sebuah taplak. Tipsnya adalah pilih taplak yang anti air. Sehingga jika secara tidak sengaja ada air yang tumpah atau terkena tinta, Anda bisa dengan mudah membersikannya.

7. Lap atau Tisu

Tissue Paper on Container Near Glass Window
Sumber: pixabay.com

Sebenarnya kita dianjurkan untuk menghemat penggunaan tisu demi kelangsungan hidup populasi pohon. Oleh karena itu Anda bisa mengganti tisu sekali pakai yang sering Anda gunakan dengan kain katun yang dijahit di setiap sisinya sehingga menjadi lembaran-lembaran yang menyerupai tisu namun reusable. Tipsnya adalah memilih jenis kain katun yang lembut dan hindari warna putih. Anda bisa memilih warna cokelat atau krem. Jika tetap harus menggunakan tisu selama aktivitas di kantor, jangan lupa untuk tetap menghemat penggunaannya ya.

8. Lampu Mini

Sekarang Anda bisa dengan mudah mendapatkan lampu mini hemat listrik dan rechargeable di toko-toko penjual aksesoris di mall. Selain harganya relatif murah bentuknya juga beragam dan unik. Sehingga jika suatu saat Anda harus menyelesaikan pekerjaan kantor, sementara listrik padam Anda bisa tetap bekerja dengan bantuan lampu ini. Ingat selalu untuk memeriksa kondisi baterainya agar tetap on dan selalu recharge jika daya sudah habis.

9. Rak ATK Mini

Anda tentu tidak ingin dinilai tidak siap jika tiba-tiba bos mampir ke meja Anda dan meminjam pena kan? Anda perlu menyediakan sebuah rak susun mini berisi ATK seperti pulpen, pensil, penghapus, hingga stabilo, yang memang seharusnya wajib tersedia di meja kerja.

10. Tumbuhan Penyegar

Two White Ceramic Mugs and a white bag on Wooden Table
Sumber : pexels.com

Rasa penat dalam mengerjakan tugas kantor sehari-hari akan sedikit berkurang jika di meja Anda disediakan satu pot tanaman lidah mertua berukuran kecil. Selain untuk aspek keindahan, ternyata ada manfaat dari segi kesehatan lho. Dikutip dari India Times, sebuah riset menunjukkan bahwa meletakkan tanaman di sekitar meja kerja dapat membantu mengurangi kelelahan, stress hingga meningkatkan produktifitas kerja.

Tipsnya adalah memilih pot berukuran kecil yang bisa Anda tempel sticker bahkan foto. Ini bisa jadi alternatif pengganti frame foto yang sudah mainstream. Bahkan Anda bisa menggunakan gelas batu atau porselen sebagai pengganti pot untuk kesan lebih menarik. Jangan lupa memberi alas pada potnya dan menyiramnya setiap hari ya.

Bagaimana dengan meja kerja Anda? Apa ada benda lain yang wajib Anda di meja kerja Anda? Bagikan cerita Anda di bawah ini ya.

Sumber:

  1. //economictimes.indiatimes.com