5 Trik Sukses Belanja Saat Flash Sale

Sahabat Hemat, apakah  Anda penggemar belanja online? Jika iya, pasti familiar dengan kata flash sale. Hampir semua marketplace mengadakan event flash sale di websitenya. Karena dapat berpengaruh pada tingkat penjualan didalamnya yang sangat tinggi.

Dalam satu tahun, biasanya sesi flash sale akan diadakan hingga 3 kali. Jadwal flash sale rutin dilakukan setiap beberapa jam dalam sehari, atau bahkan bisa 5 kali dalam sehari tergantung session-nya pada saat itu. Hal ini untuk menarik para pembeli untuk tetap stand by memantau promo murah yang ada pada setiap sesi flash sale. Jadi pastikan terbiasa dengan sistem siapa cepat, dia dapat!

Harga yang ditawarkan saat flash sale biasanya sangat menarik, yaitu mulai dari Rp. 1, siapa yang tidak tergoda bukan? Bahkan, saking tidak ingin terlewat, banyak penggila belanja online untuk menunggu sesi flash sale berjalan meski harus begadang sekalipun. Sesuai namanya, flash sale atau penjualan secara kilat merupakan bagian dari cara suatu toko online untuk memberikan diskon atau promo secara besar-besaran di waktu-waktu yang telah ditetapkan dan dalam waktu yang singkat. Rentang waktu biasanya mulai dari 10 menit sampai 2 jam saja.

Mengapa Flash Sale?

Hal yang membuat flash sale ini sangat menarik banyak orang adalah produk-produk yang di flash sale biasanya top sale. Harga normal suatu produk yang biasanya tinggi, saat flash sale bisa menjadi berharga Rp. 99 atau hanya menjadi Rp. 1 yang ditawarkan. Marketplace yang kerap kali mengadakan event seperti ini diantaranya Shopee, Tokopedia, Bukalapak, hingga Lazada??…

Apalagi kalau kebetulan produk yang sedang di flash sale adalah barang yang sudah lama ada di wishlist dan Anda menunggu saat produk tersebut di diskon. Meski begitu, untuk mendapatkan produk di flash sale itu cukup sulit. Momen flash sale tidak selalu indah buat saya pribadi, karena kebanyakan saya selalu kalah cepat dengan yang lain apalagi jika produk yang ditawarkan sangat menarik dan super murah. Nah, ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui saat Anda akan mengikuti flash sale..

1. Ketahui produk yang akan Anda beli

Jangan karena melihat harga super murah hanya “Rp. 99” dan “diskon 90%” lalu Anda memaksakan diri untuk membeli barang yang bahkan tidak anda butuhkan. Hal itu bukan tujuan dari membeli barang di flash sale ya!

Biasanya sebelum flash sale berjalan akan ada bayangan barang-barang apa yang akan di flash sale. Inilah waktu Anda untuk “lebih mengenal” produk tersebut dan apa yang benar-benar Anda butuhkan. Pikirkan baik-baik dan putuskan.. Ketahui juga harga normal dari barang tersebut. Jika perlu bandingkan harganya di toko online lain atau cek di hemat.id agar harga yang Anda dapatkan adalah memang harga yang terbaik.

Sumber : Freepik.com

2. Jangan lewatkan review

Yess…!! Selalu pastikan bahwa Anda menyempatkan untuk membaca-baca review dari orang-orang yang pernah membeli barang tersebut. Jangan sampai lagi-lagi karena murah lalu Anda tidak menghiraukan review produk tersebut.

Dengan rajin membaca review maka membantu diri Anda tidak menyia-nyiakan waktu dan yang pasti uang Anda untuk membeli. Karena tidak hanya produk yang akan Anda bayar, biasanya ada ongkos kirim yang bahkan jauh lebih mahal dari harga barang itu sendiri.

Sumber : Freepik.com

3. Internet yang stabil

Memiliki internet yang stabil adalah hal penting setelah harga produk yang sedang di flash sale. Karena dengan koneksi internet yang stabil maka kesempatan Anda untuk mendapatkan barang yang Anda inginkan akan semakin besar. Karena internet yang stabil akan sangat membantu dalam mempercepat proses pembelian.

Sumber : Freepik.com

4. Sering-sering refresh 

Saat sudah mendekati waktu flash sale untuk mulai, lakukan refresh sesering mungkin. Terutama di 30 detik sebelum flash sale di mulai. Lalu jangan juga membuka banyak aplikasi atau website lain pada saat flash sale. Agar menghindari terjadinya hang atau proses loading yang lama pada aplikasi atau halaman marketplace. Jika browser terjadi proses hang saat flash sale sedang berlangsung, bisa jadi browser Anda akan tertutup secara otomatis dan menyebabkan Anda kehilangan kesempatan untuk mendapatkan membeli barang impian saat momen tersebut.

Sumber : Freepik.com

5. Metode pembayaran yang tepat dan cepat

Untuk memperlancar usaha Anda untuk mendapatkan barang yang diincar dengan harga super murah, maka memilih pembayaran yang tercepat adalah penting. Pilihlah metode pembayaran seperti COD, kartu kredit, layanan uang elektronik yang dimiliki e-commerce, atau e-banking yang tidak mengharuskan Anda untuk pergi ke ATM dalam mentransfer dana.

Tentunya pastikan Anda sudah mendaftarkan diri di toko online tempat berlangsungnya flash sale dari jauh hari. Jadi data diri Anda sudah ada dan Anda bisa langsung check out untuk menyelesaikan pembayaran tanpa perlu mengisi data diri dahulu.

Pernahkah Anda berbelanja saat flash sale? Apakah Anda berhasil mendapatkan barang yang Anda inginkan melalui flash sale? Kalaupun tidak, jangan mudah berputus asa ya.. Tuliskan pengalaman Anda dan bagaimana trik yang Anda lakukan saat berbelanja di momen flash sale di kolom komentar di bawah ini.