Cara Mengusir Tikus Di Halaman Rumah Dengan Cara Natural

Salah satu masalah di teras rumah saya adalah tikus. Biarpun jarang datang, tapi sekalinya si mamalia pengerat itu muncul, rasanya mengganggu sekali. Bau kotorannya yang berantakan di sekitar teras sangat mengganggu apalagi jika sampai menggigit dan merusak perabotan yang ada seperti kursi atau meja di teras. Namun untuk memakai racun tikus berbahan kimia saya masih berpikir dua kali karena memiliki balita yang hobi sekali eksplorasi. Saya khawatir si kecil menemukan racun tikus yang saya letakkan di lantai. Karena itu pilihan bahan natural menjadi solusi saya dalam mengusir si “micky mouse“.

Selain membawa berbagai macam bakteri penyebab penyakit, ternyata tikus juga membawa virus yang jika terkena manusia akan menyebabkan penyakit penyakit pernapasan akut yang disebut Hantavirus Pulmonary Syndrome. Manusia bisa terjangkit hantavirus melalui kontak langsung dengan air liur, feses dan urine tikus. Karena itu sangat penting ya menjaga kebersihan rumah dari binatang kecil yang satu ini.

Tanda-tanda tikus sudah bertamu ke rumah anda adalah :

  1. Remahan makanan, terutama di area tempat sampah
  2. Terdengar suara kresek-kresek atau berisik dilokasi tertentu biasanya di dekat tumpukan barang dirumah anda
  3. Ditemukan jejak kaki di lantai atau dinding
  4. Ada bekas gigitan pada barang atau perabotan yang ada di rumah

Cara Mencegah Datangnya Tikus ke Rumah

Sebelum kita direpotkan dengan kehadiran tikus di rumah, ada baiknya kita melakukan tindakan pencegahan agar tikus tidak tertarik untuk datang ke rumah kita. Berikut beberapa tipsnya :

1. Memastikan kondisi lingkungan rumah selalu bersih

Pastikan tempat sampah didepan rumah tertutup rapi sebelum sampah diangkut petugas sampah. Jangan tinggalkan tempat sampah dalam kondisi terbuka yang menarik tikus untuk mencari makanan di dalamnya. Bau sisa makanan akan mengundang tikus, kecoa atau lalat untuk berpesta makanan dan rajin bolak-balik ke rumah anda.

2. Memelihara kucing

Sesuai dengan rantai makanan, tikus akan menganggap kucing sebagai predator yang harus dihindari. Apalagi jika anda bisa melatih kucing anda untuk berburu tikus. Hal ini akan menimbulkan efek jera bagi kawanan tikus karena merasa lingkungan rumah anda tidak aman untuk mereka masuki.

3. Memberikan aroma menyegarkan di sekitar halaman

Saya sering menyemprotkan eco enzyme di sekitar sudut teras dan pot bunga di halaman. Bau segar dan tajam hasil fermentasi dari eco enzyme selain membuat tanaman menjadi subur, ternyata ampuh mencegah serangga atau binatang mendekat. Selain itu eco enzyme bersifat anti bakteri, fungus dan virus sehingga jika tikus melewati halaman rumah anda dan meninggalkan jejak kotoran, eco enzyme bisa membantu membersihkannya secara alami.

Baca juga : Eco Enzyme sebagai Solusi Sampah Domestik

4. Pastikan makanan selalu tersimpan rapi

Makanan yang ditinggalkan semalaman tanpa disimpan di lemari atau tertutup rapat akan mengundang tikus, cicak atau pun semut sehingga rumah kita yang tadinya bersih mulai didatangi binatang pengganggu.

Cara Mengusir Tikus Dengan Bahan Natural

Namun jika si tikus sudah terlanjur datang, anda bisa mencoba beberapa tips dibawah ini dan menemukan cara yang paling ampuh untuk mengusir tikus yang wara-wiri di sekitar rumah anda

1. Menggunakan lampu yang terang

Tikus yang terbiasa hidup di got, tempat gelap dan lembab tidak akan menyukai keberadaan lampu terang. Anda bisa memasang lampu yang terang disekitar lokasi tikus biasa berkeliaran. Lampu tersebut akan membuat tikus silau dan malas untuk kembali ke area tersebut.

2. Memasang perangkap

Sebenarnya ada resiko anak kita main alat perangkap tikus ya Bun. Tapi menurut saya masih lebih aman dibandingkan produk berbahan kimia yang beresiko tertelan si kecil. Perangkap bisa dipasang di area yang sering dilewati tikus dengan umpan yang menarik minatnya.

3. Wol baja

Jika anda mengetahui tikus masuk ke dalam rumah melalui lubang kecil, tutup lubang tersebut bisa dengan wol baja. Wol baja akan sulit digigit oleh tikus sehingga tikus akan menyerah untuk berusaha menerobos masuk.

4. Menebarkan bau menyengat

Banyak bebauan yang bisa kita gunakan untuk menjauhkan tikus dari lokasi rumah kita. Misalnya dengan minyak peppermint, minyak cengkeh, minyak sereh, air bawang, cuka dan sebagainya. Caranya mudah, anda hanya perlu membasahi bola kapas lalu meletakkannya di area tikus sering beredar. Namun jika di rumah anda tidak ada balita, anak kecil atau binatang peliharaan, anda bisa mencoba menggunakan kamper untuk menimbulkan bau menyengat yang tidak disukai tikus.

Cek promo : kamper di hemat.id

5. Menggunakan daun salam

Daun salam ternyata bisa digunakan sebagai umpan yang akan membuat tikus tertarik dan memakannya dan kemudian tikus akan terbunuh. 

6. Menggunakan ampas teh, ampas kopi atau lada hitam

Saya beberapa kali mencoba menebarkan ampas sisa membuat teh, ampas kopi tubruk tanpa gula atau lada hitam disekitar halaman dan ternyata ampuh untuk mengusir si pengerat kecil untuk tidak datang bertamu kembali. Ketiga jenis item ini merupakan bau-bauan yang tidak disukai tikus. Tapi saya lebih memilih ampas teh atau ampas kopi karena merasa sayang membuang-buang lada hitam ya Bun. Hehe.

Cek promo : Kopi tubruk di hemat.id

Bagaimana sahabat hemat, mudah dan aman bukan pilihan untuk mengusir tikus diatas. Anda bisa mencoba satu per satu cara yang mana yang paling ampuh untuk mengusir tikus di sekitar rumah anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!