Cara Menyiasati Uang Bulanan yang Menipis di Akhir Bulan

Masalah kantong kering di akhir bulan sering dirasakan oleh beberapa kalangan seperti mahasiswa maupun orang yang sudah bekerja. Apalagi mahasiswa perantauan sering sekali mengeluh uang cepat sekali kandas padahal belum sampai satu bulan. Banyak hal yang dapat menyebabkan dompet cepat kering seperti pengeluaran yang tidak terkontrol, hutang sana sini, kebutuhan mendadak yang tidak disiapkan, dan sebagainya. Untuk itu wajib sekali mencari cara mengatasi uang bulanan yang menipis di akhir bulan agar bisa terus bertahan hidup, seperti

 1. Bagi uang yang Anda punya sesuai dengan jumlah hari tersisa

Sumber : pixabay.com
Sumber : pixabay.com

Tentu tidak banyak yang bisa Anda lakukan dengan uang yang sedikit. Tapi mau bagaimanapun juga Anda harus bertahan hidup hingga bulan depan. Anda bisa membagi uang yang tersisa dengan jumlah hari yang ada untuk sampai awal bulan. Dengan begitu Anda dapat menargetkan berapa pengeluaran maksimal per harinya.

 2. Cek semua saku baju/celana kotor dan segala jenis tas yang dimiliki

Sumber : universitylaundry.com
Sumber : universitylaundry.com

Uang bulanan di dompet memang menipis tapi jika Anda adalah orang yang suka sembarangan meletakan uang, sangat wajib sekali untuk mengecek setiap saku yang Anda miliki atau bahkan di kolong tempat tidur atau di selipan buku belajar, siapa tau jika Anda beruntung mendapatkan recehan atau bahkan selembar uang seratus ribu. Biasanya uang kembalian dari membeli makan atau belanja di warung/minimarket akan tersimpan di saku baju ataupun celana. Itu bisa menjadi uang tambahan untuk bertahan hidup sampai awal bulan.

 3. Nebeng teman

Sumber : info.ricassi-davis.com
Sumber : info.ricassi-davis.com

Butuh kendaraan untuk ke kampus tapi takut bensin habis? Anda perlu menurunkan gengsi untuk ikut menebeng teman yang tujuannya searah dengan Anda. Dengan begitu Anda dapat mengirit pengeluaran tanpa harus membeli bensin untuk kendaraan Anda. Tapi setidaknya balas budi teman Anda dengan mengganti bensin teman Anda saat Anda telah mendapatkan uang bulanan.

 4. Belajar bersama dirumah teman

Sumber : hercampus.com
Sumber : hercampus.com

Mahasiswa pasti tidak luput dari tugas membuat laporan dan sebagainya yang memerlukan kerja kelompok. Anda bisa memanfaatkan moment tersebut dengan menyarankan untuk belajar dirumah salah satu anggota, jika teman Anda tidak bermasalah dengan uang pasti akan ada snack atau kue yang dihidangkan saat belajar bersama. Hal tersebut bisa mengurangi pengeluaran untuk membeli makan.

 5. Ubah tugas kuliah menjadi uang

Sumber : diez.md
Sumber : diez.md

Dengan uang yang tipis, tentu Anda akan lebih sering berada di kost daripada keluar menghabiskan uang. Anda bisa gunakan waktu luang yang Anda punya guna menghasilkan uang. Seperti membuka jasa mengerjakan tugas kuliah di kelas Anda, jika Anda ahli dalam mata kuliah tertentu yang dianggap sulit oleh mahasiswa lain, maka Anda punya peluang yang besar untuk menghasilkan uang dari tugas kuliah. Atau jika Anda mempunyai akses internet yang cepat dan unlimited, Anda bisa memanfaatkannya untuk mencari pekerjaan secara online.

 6. Cari produk sehari-hari dengan alternatif lebih murah

Sumber : foodmanufacture.co.uk
Sumber : foodmanufacture.co.uk

Jika stok produk kebutuhan sehari-hari Anda habis, Anda dapat membeli kebutuhan tersebut dengan brand lainnya yang lebih murah atau Anda dapat membelinya saat harganya sedang diskon atau promo sehingga akan mengurangi pengeluaran Anda. Sebagai contoh jika Anda biasanya membeli sereal Energen, Anda dapat menggantinya dengan Ceremix yang relatif lebih murah harganya. Atau Anda dapat menunggu saat produk tersebut sedang promo di supermarket tertentu karena sekarang Anda dapat memeriksa promo terkini dengan mudah di HEMAT.ID. Dengan mengunjungi HEMAT.ID, Anda dapat memperhitungkan pengeluaran belanja Anda untuk sehari-hari.

Begitulah 6 cara meyiasati uang yang menipis di akhir bulan. Ada banyak lagi cara yang dapat Anda lakukan sesuai dengan kreativitas Anda. Jika Anda memerlukan belanja kebutuhan disaat dompet kering, Anda bisa membeli barang-barang yang harganya sedang promo sehingga dapat mengurangi pengeluaran Anda. Untuk mendapatkan informasi mengenai promo harga barang yang Anda butuhkan di seluruh supermarket di Indonesia, Anda dapat mengunjungi HEMAT.ID. Promonya lengkap, kebutuhan Andapun terpenuhi. Salam, HEMAT.ID.