Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Awet

Semua makanan segar pasti akan layu, namun Anda bisa menjaganya tetap segar dan bertahan lebih lama apabila Anda menyimpannya dengan benar. Setiap sayur maupun buah memiliki perlakuan khusus dalam penyimpanan, ada yang bisa dibekukan, diletakkan di chiller, atau diletakkan di wadah tertutup.

Kunci supaya sayuran, daging dan buah tetap segar adalah bagaimana Anda menyiapkan dan menyimpan keduanya atau yang biasa disebut dengan meal prep (meal preparation). Meal prep bisa membantu Anda untuk meminimalisir frekuensi membuang bahan makanan dan bisa membantu menghemat uang belanja karena tidak perlu bolak-balik beli bahan makanan segar.

1. Cuci tangan & bersihkan peralatan

Cuci tangan sampai bersih dengan sabun dan air mengalir. Cuci, bilas dan bersihkan peralatan, talenan hingga pisau sebelum digunakan untuk meal prep.

2. Simpan sayuran dengan cara yang berbeda

Saya sering sekali meal prep jenis sayuran hijau. Saya adalah tim meal prep cepat dan simpel jadi yang saya lakukan langsung potong sayuran sesuai kebutuhan. Bila ada sayuran yang layu, potong area tersebut. Siapkan lemon untuk diperas di atas irisan buah atau sayur supaya tidak cepat rusak atau berwarna kecokelatan. Tidak perlu khawatir dengan rasa asam yang dihasilkan, saat hendak dimasak atau dikonsumsi Anda bisa membilasnya. Lalu masukan ke dalam wadah tertutup atau bisa juga kantong tertutup lalu masukkan ke kulkas.

Namun, ternyata ada beberapa cara yang dapat dilakukan bergantung pada jenis sayurannya.

Cara menyimpan bayam, kangkung, dan daun singkong

Sayuran hijau ini boleh disimpan di kulkas. Yang terpenting adalah tidak boleh mencuci sayuran tersebut terlebih dahulu lalu dimasukkan ke kulkas karena itu akan membuatnya cepat layu. Untuk media penyimpanan Anda bisa menggunakan wadah atau storage yang tertutup.

  • Bayam, sayuran ini hanya perlu dicuci saat mau dimasak supaya kualitasnya tetap terjaga. Apabila disimpan dalam kantong terbuka, bayam akan bertahan 3-5 hari di rak kulkas. Namun, apabila disimpan dalam kantong tertutup bisa bertahan 7-10 hari.
  • Kangkung dan daun singkong, jika saya senggang biasanya saya memetik satu per satu sayuran baru dimasukkan ke wadah tertutup dan simpan ke dalam kulkas. Cara ini lebih bagus karena jika menemukan sayuran yang layu bisa Anda buang. Biasanya sayuran ini dapat bertahan di kulkas selama 3-5 hari.

Cara menyimpan selada, pokcoy, buncis, kol, sawi, kacang panjang dan brokoli

Saat menyimpan sayuran selada, pokcoy, buncis, kol, sawi, kacang panjang dan brokoli bisa diletakkan dalam wadah yang beralaskan kertas atau tisu untuk menjaga kelembapannya dan diletakan di kulkas. Lakukan beberapa hal di bawah ini sebelum menyimpan sayuran dengan benar agar tidak cepat busuk:

  • Selada, merupakan jenis tanaman holtikultura yang memiliki tingkat kelembapan yang tinggi. Tanpa pengemasan, selada hanya bertahan selama tiga hari, sedangkan apabila dikemas dengan baik, selada bisa bertahan selama empat hari.
  • Pokcoy, sebelum dimasukkan ke dalam wadah penyimpan, potong bagian bonggolnya terlebih dahulu agar mencegah penyebaran bakteri dari bonggol ke daunnya. Pokcoy bisa bertahan 1-2 minggu di kulkas.
  • Buncis, termasuk jenis sayuran yang agak kering, bisa langsung dimasukkan ke dalam wadah kedap udara dan memisahkannya dari buncis yang kualitasnya kurang bagus sehingga mecegah penularan pembusukan sayur ini. Buncis bisa bertahan 3-5 hari di kulkas.
  • Kol, dapat bertahan selama satu minggu apabila disimpan dengan baik. Kol yang masih utuh bisa diletakkan dalam palstik yang longgar di dalam kulkas. Sedangkan kol yang sudah terpotong bisa dimasukkan ke dalam wadah tertutup.
  • Sawi, saya sering menyimpan sawi di dalam laci bagian bawah kulkas namun ternyata hanya bisa bertahan 2-3 hari lalu sawinya mengering. Akhirnya saya siasati sawi yang mengering itu dengan merendamnya menggunakan air dingin sehingga sawinya segar kembali. Ternyata menyimpan sawi juga harus dalam wadah tertutup kedap udara, tanpa harus memotongnya terlebih dahulu.
  • Kacang panjang, cukup sederhana untuk menyimpan sayuran ini karena cenderung lebih kering. Bisa dimasukkan ke dalam wadah tertutup.
  • Brokoli, agar tetap segar dan hijau, sebelum menyimpan brokoli sebaiknya di potong bagian tangkainya terlebih dahulu. Kemudian potong-potong dan rendam di air garam selama 15 menit lalu bilas. Keringkan brokoli, baru masukkan ke dalam wadah yang ada sirkulasi udaranya. Brokoli bisa Anda simpan selama 3 hari di kulkas, sebelum vitaminnya semakin berkurang.

Cara menyimpan daun bawang, seledri dan cabai

  • Daun bawang, supaya tetap segar, Anda bisa membungkus daun bawang dengan tisu atau handuk tipis yang menyerap air dan simpan ke dalam kotak penyimpanan. Selain cara tersebut, saya memiliki cara sendiri khusus untuk meal prep daun bawang dan seledri. Caranya adalah cuci, keringkan, lalu potong-potong dan simpan ke dalam wadah tertutp. Selain awet selama kurang lebih 2 minggu, cara ini juga memudahkan Anda bila sedang membutuhkan daun bawang Anda tinggal menaburnya saja.
  • Seledri, bisa disimpan di kulkas dan tanpa dicuci. Seledri dapat bertahan hingga 2 minggu jika disimpan dalam kantong plastik atau kotak penyimpanan.
  • Cabai dapat disimpan dalam keadaan utuh ataupun sudah dipotong, asal disimpan di dalam kotak penyimpanan yang tertutup, dan letakan di kulkas. Jangan lupa untuk sisakan setengah ruangan dalam kotak penyimpanan supaya dapat bertahan hingga 2 minggu.

Tips lainnya adalah pisahkan bawang bombay dan kentang, karena gas yang dihasilkan bawang bombay akan membuat kentang cepat busuk.

3. Ada sayuran yang tidak boleh disimpan di kulkas

Ada beberapa sayur yang tidak dapat beradaptasi dengan suhu dingin di kulkas dan bisa berpotensi cepat busuk atau layu. Lebih baik Anda menyimpan sayuran berikut ini di suhu ruang dan ditaruh di wadah memiliki sirkulasi udara yang baik.

  1. Bawang merah
  2. Bawang putih
  3. Bawang bombay
  4. Kentang
  5. Labu
  6. Tomat
  7. Terong

4. Cuci sayuran dengan benar

Tidak disarankan mencuci sayur dengan sabun, detergen atau produk komersial lainnya. Cuci sayuran yang kotor di dalam semangkuk air dengan air matang dan bilas di air mengalir. Lingkungan yang digunakan untuk menanam sayuran terkadang dapat membawa bakteri berbahaya dan meskipun sayuran sudah dibersihkan sebelum sampai ke konsumen, tidak menutup kemungkinan bakteri tersebut masih ada karena risikonya tidak akan pernah dapat dihilangkan sepenuhnya.

Perhatian ekstra harus Anda berikan bila membeli sayuran yang tanahnya masih melekat daripada sayuran yang sudah dikemas. Untuk menghindari penyebaran bakteri, bersihkan sayuran dari kotoran dalam semangkuk air supaya mengurangi percikan air. Dahulukan sayuran yang tidak terlalu kotor, lalu bilas setiap sayuran di air mengalir.

5. Pisahkan antara sayur dan buah-buahan

Beberapa buah dan sayur mengeluarkan gas etilen saat matang yang bisa menyebabkan sayuran lain matang lebih cepat dari biasanya. Contoh buah yang mengeluarkan gas etilen adalah mangga, pir dan persik. Dan gas tersebut dapat mempengaruhi sayuran dan buah lain seperti timun, rasberi dan stroberi menjadi lebih cepat matang.

Untuk menghindari itu, simpan sayur dan buah yang mengeluarkan gas etilen di rak terpisah. Pisahkan produk sayur dan buah segar dari makanan beku lainnya dengan menggunakan rak penyimpanan terpisah jika memungkinkan. Saya sudah terbiasa memisahkan buah dan sayur saat meal prep. Biasanya, sayur saya letakkan di bagian bawah kulkas dan buah di bagian tengah kulkas. Masing-masing diberi wadah tertutup atau kantong tertutup.

Bekukan buah di dalam freezer

Anda tidak langsung memakan buah yang sudah dibeli? Tenang, Anda bisa bekukan dulu. Sebagian besar buah dapat dibekukan dan merupakan cara terpraktis untuk menikmati buah matang. Buah yang beku sangat bagus untuk membuat smoothie, ditambahkan ke sereal panas, digunakan dalam muffin, dicampur dengan yogurt, hingga bahan membuat saus buah untuk pancake dan wafel. Jenis buah yang akan baik-baik saja dalam keadaan beku hingga satu tahun adalah stroberi, apel, pir, persik, dan ceri.

6. Tidak semua buah bisa disimpan di kulkas

Buah adalah makanan yang mengeluarkan cukup banyak gas etilen yang bisa saling mempengaruhi buah lain bahkan sayur lain menjadi cepat matang atau layu. Salah satu buah yang melepaskan gas etilen dalam jumlah besar adalah apel, sehingga apel perlu disimpan terpisah dari sayur atau buah lainnya. Selain itu, pisang juga mengeluarkan gas etilen yang membuat produk di dekatnya rusak atau cepat matang.

Buah yang tidak boleh diletakan di kulkas

Jika Anda ingin menyimpan buah di kulkas, selain memastikan bahwa diletakan terpisah dari sayur, Anda juga perlu memperhatikan apakah buah tersebut perlu disimpan di kulkas atau di suhu ruang. Terdapat beberapa buah yang perlu disimpan di suhu ruang, karena jika disimpan di kulkas akan mencegah proses kematangannya.

Contohnya seperti alpukat, pisang, pepaya dan tomat, apabila belum matang perlu kita taruh di suhu ruang terlebih dahulu hingga matang. Untuk mengetahui buah apa saja yang harus diletakkan disuhu ruang bisa Anda lihat infografis berikut bagian Fruits that ripen after harvest.

Sumber: education.ne.gov

7. Simpan dalam kemasan yang tepat

Siapkan beberapa food container atau food storage untuk membatasi udara yang akan menyebabkan buah dan sayuran menjadi rusak dan berwarna kecokelatan. Menyimpan buah dalam wadah berlubang membantu menjaga kesegaran buah lebih lama karena dapat melepaskan kelembapan. Sebagian besar buah segar termasuk anggur dan stroberi akan bertahan lebih lama jika disimpan dalam kemasan aslinya dan disimpan di kulkas.

Pastikan kulkas bersih sehingga mengurangi pertumbuhan bakteri Listeria yang bisa menyebabkan infeksi pada bayi, anak-anak, dewasa hingga lansia. Segera simpan bahan makanan segar ke kulkas. Jangan biarkan sayuran atau buah yang perlu pendinginan berada di suhu ruang lebih dari 2 jam.

Storage mulai 15ribuan

Contoh yang bisa Anda beli adalah storage dari merk Hawaii mulai dari Rp14.900 saja, tersedia dari berbagai macam ukuran. Selain digunakan sebagai wadah penyimpanan bisa juga digunakan untuk tempat makan.

Storage berlubang

 

Storage untuk sayur dan buah di luar kulkas juga ada loh. Anda bisa memakai storage berlubang ini yang memiliki 2 pilihan ukuran, kapasitas besar dan kecil. Harga satuannya mulai dari Rp49.000 saja.

Storage dengan penyaring

 

Anda memerlukan storage yang estetik dan berwarna pastel? Produk dibawah ini akan cocok dengan Anda. Plastic storage box dengan inovasi dua wadah sehingga Anda bisa menggunakan wadah yang tertutup rapat maupun berlubang. Harga produk ini Rp79.000/ box.

Storage lengkap 12 set hanya 60ribuan

 

Nah, produk ini pasti favorit Anda. Saya juga punya 12 set ini untuk meal prep, ukuran yang bervariasi memudahkan dalam membagi sayur, daging dan buah. Ukuran kecil biasanya saya gunakan untuk menyimpan cabai, bawang, daun bawang dan seledri. Ukuran sedang untuk wortel, kol, buncis, pokcoy, brokoli dsb. Ukuran besar untuk buah dan daging dengan harga Rp62.900

8. Perhatikan usia simpan sayur & buah

Sumber gambar: Klasika Kompas

Memeriksa sayur secara berkala bertujuan untuk mengetahui apakah sayur yang Anda simpan sudah mulai membusuk atau belum. Setiap sayuran memiliki usia simpan yang berbeda-beda walaupun sudah disimpan di dalam kulkas seperti yang saya sebutkan di bagian sebelumnya. Oleh karena itu, segera buang bagian sayur yang sudah membusuk untuk mencegah kulkas dari bau yang tidak sedap. Atau jika Anda menemukan sayuran hijau yang agak lalu, Anda bisa merendamnya dalam air es selama 30 menit untuk menyegarkan sayuran tersebut.

Perhatikan usia simpan buah

Walaupun sudah disimpan di kulkas, setiap buah memiliki usia simpan yang berbeda untuk menjamin kualitas terbaiknya saat Anda kosumsi. Sehingga Anda pun juga perlu memastikan kapan buah tersebut perlu segera dikonsumsi sehingga tidak mengontaminasi udara di dalam kulkas apabila membusuk. Contohnya seperti satu buah anggur yang busuk akan membuat buah anggur lain di dekatnya cepat membusuk.

Usia simpan buah
Jenis buah Usia simpan
Delima 1-2 bulan
Apel 3-4 minggu
Jeruk bali 2-3 minggu
Jeruk 2-3 minggu
Semangka 2 minggu
Blueberi 1-2 minggu
Melon (matang) 7-10 hari
Anggur 5-7 hari
Kiwi (matang) 5-7 hari
Mangga (matang) 5-7 hari
Persik (matang) 5-7 hari
Ceri 4-7 hari
Aprikot (matang) 4-5 hari
Alpukat (matang) 3-5 hari
Nanas 3-5 hari
Stroberi 3-5 hari
Plum 3-5 hari
Jambu (matang) 3-4 hari
Raspberi 2-3 hari

9. Hindari kelembaban ekstra dengan atur suhu kulkas

Agar buah dan sayuran tetap segar selama mungkin, penting bagi Anda untuk mengatur suhu kulkas dengan benar. Sayuran dan buah-buahan paling baik disimpan pada suhu 35 – 38 derajat Fahrenheit atau 1- 4 derajat Celcius. Jangan mengatur suhu terlalu rendah karena akan membuat bakteri merusak sayuran dan buah. Hindari pula mengatur terlalu tinggi karena akan membuat sayur dan buah cepat membeku.

10. Pastikan kulkas tidak terlalu penuh

Meal prep yang biasa saya lakukan supaya kulkas tidak penuh adalah saya mengutamakan lauk yang bisa disimpan di freezer seperti daging ayam, ikan dan sapi. Karena di freezer, saya hanya menyimpan es batu dan es krim sehingga masih banyak ruang untuk menyimpan daging. Lalu, beli buah yang bisa disimpan di luar kulkas dan segera dimakan supaya kulkas lebih banyak menyimpan sayuran. Dan Anda juga bisa memasak makanan yang satu kali habis supaya tidak perlu memasukkan makanan sisa ke kulkas untuk dihangatkan kembali kemudian.

Baca juga Food Preparation Seminggu untuk Olahan Frozen Food

Rekomendasi kulkas dan storage untuk menyimpan sayur

Nah, setelah Anda membaca uraian diatas tentu saja Anda butuh kulkas dan wadah untuk melakukan meal prep. Saya rekomendasikan jenis-jenis kulkas terpopuler dari harga 2 hingga 10 jutaan.

Sharp Kulkas 2 Pintu SJ-237MG-DP

Harga 3 juta

Kulkas jenis ini mengklaim memiliki beberapa kelebihan seperti:

  • Freezer lebih besar sehingga bisa menampung banyak makanan
  • Teknologi fan cooling untuk menyebarkan dingin secara merata
  • Teknologi J-tech inverter yang membuat kulkas cepat dingin namun hemat listrik
  • Ag + nano deodorizer yang dapat menyaring bau tidak sedap

Kulkas Sharp seri ini tersedia dalam satu warna saja, kapasitas bersihnya sekitar 187 L dengan dimensi produk 545mm X 588mm X 1380mm. Kapasitas Sharp tergolong lebih sedikit dibanding Panasonic namun mengingat harga hanya 3 juta saya rasa sepadan dengan apa yang ditawarkan.

Panasonic Kulkas 2 Pintu NR-BB211Q-PK

Harga 4,8 juta

Kulkas ini memiliki dua pilihan warna yaitu hitam dan silver dengan spesifikasi

  • Kapasitas penyimpanan 196L
  • Ukuran 525x583x1455 mm
  • Berat 42 kg
  • Terdapat kantung pintu, baki telur, ruang pembekuan, baki es, kotak sayuran dan laci
  • Ag clean, merupakan fitur anti bakterial yang membersihkan jamur dan bakteri serta aktif mencegah bau tidak sedap dalam kulkas

Baca juga Kulkas 2 Pintu atau Kulkas 1 Pintu, Mana yang Lebih Baik?

Samsung Kulkas 2 pintu 384L RT38K503JS8/SE

 

Harga 6,5 juta

Kulkas keluaran Samsung memiliki body yang elegan dengan pilihan warna silver. Kulkas ini memiliki beberapa kelebihan

  • Menggunakan lebih sedikiti energi dan kebisingan yang minimal
  • Pencahayaan LED di dalam kulkas lebih hemat daya dan menerangi setiap sudut kulkas untuk memastikan visibilitas lebih baik
  • Wadah berukuran besar sehingga dapat menaruh botol-botol besar maupun kaleng minuman secara dua baris

Spesifikasi kulkas ini memiliki kapasitas bersih 384 L, kapasitas ini 2x lebih besar dibanding kulkas dengan harga 3 sampai 4 jutaan sehingga cocok bagi Anda yang terbiasa berbelanja bulanan dalam skala besar dan banyak menyimpan sayur, daging, buah, minuman, dan makanan di kulkas.

Kulkas Sharp 2 pintu side by side inverter 472L SJ-IF51PG-BK

Harga 10,4 juta

Salah satu merk yang merilis kulkas 2 pintu side by side adalah Sharp. Bila dilihat dari harganya sudah jelas bahwa kulkas ini memiliki teknologi yang canggih dibanding kulkas harga dibawahnya.

  1. Memiliki teknologi plusmascluster ion dengan cara menghasilkan ion positif dan negatif untuk mematikan 99% bakteri, virus dan jamur
  2. Fan cooling system
  3. Mega freezer, merupakan ruang penyimpanan yang begitu besar dengan akses yang lebih mudah
  4. Tempered glass tray yang mampu menahan beban hingga 100kg
  5. Mudah dibersihkan dan tahan lama
  6. Filter penyaring bau untuk memastikan sirkulasi udara tetap bersih

Kapasitas bersih kulkas ini adalah 401L dengan konsumsi listrk 180W dan dimensi produk 795mm X 700mm X 1800mm. Adanya 2 pintu side by side semakin memudahkan Anda memisahkan antara sayur dan buah serta cocok bagi Anda pemiliki dapur luas.

Wahhh puas sekali sepertinya membaca segala hal tentang penyimpanan sayuran dan buah. Bonus rekomendasi kulkas dan storagenya pula. Serasa by 1 get 1 pengetahuan yaa. Happy shopping!

Sumber:

  1. www.education.ne.gov
  2. www.cdc.gov
  3. www.fda.gov
  4. www.betterhealth.vic.gov.au
  5. ugm.ac.id