Resep Roti Maryam Sederhana, Lembut, Berserat dengan Takaran Sendok

Salah satu makanan frozen yang praktis untuk saya jadikan sarapan adalah Roti Maryam. Bagaimana tidak praktis? Roti Maryam bisa disimpan dalam bentuk frozen sehingga setiap kali ingin menyantap tinggal dipanggang saja. Nah biar lebih hemat dan sehat, yuk ikuti resep Roti Maryam di artikel ini. Resep Roti Maryam yang sederhana, mudah diikuti dan pastinya rasanya enak seperti Roti Maryam yang dijual di toko, silahkan disimak ya Sahabat Hemat.

Asal muasal Roti Maryam

Roti maryam merupakan sejenis roti yang di bentuk pipih, bisa di buat menjadi roti dengan cita rasa gurih maupun manis. Roti Maryam memiliki nama yang beragam tergantung dimana Anda membelinya, di Indonesia dikenal dengan nama Roti Maryam, di India tepatnya di Madras yang merupakan tempat asalnya di sebut Cane (Chennai), di Malaysia dan SIngapura dikenal dengan nama Roti Prata, di Myanmar di kenal dengan nama Palata/Farata, di Cina dikenal dnegan nama Yin Du Jiang Bing (biskuit panggang India), sedangkan di negara Eropa roti jenis ini lebih dikenal dengan nama Flying Bread (Roti Terbang).

Selain perbedaan sebutannya, resep yang digunakan pun berbeda karena beradaptasi dengan bahan dan rasa lokal. Umumnya di India roti canai ini dimakan bersama dengan isian daging atau kari. Roti ini bisa dimakan kapan saja, cocok untuk sarapan ataupun sebagai makanan utama pengganti beras. Roti Maryam memiliki lapisan-lapisan yang hampir menyerupai dengan jaring-jaring yang menyatu tapi tidak menempel antara satu dengan yang lain, rasanya cenderung datar namun gurih karena berbahan dasar tepung dan lemak. 

Kandungan dalam Roti Maryam

Sumber : Nutritionix

Anda yang sedang dalam program diet tidak perlu khawatir untuk menjadikan menu ini sebagai menu sarapan, karena idealnya menu sarapan itu hanya berkisar 300 sampai dengan 600 kilo kalori (kkal). Sedangkan dalam 135 gram roti Maryam, total kalorinya sebesar 392 kalori. Jadi roti Maryam ini masih aman untuk dikonsumsi sebagai sarapan dan mengonsumsi roti Maryam cukup untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan menghindarkan Anda dari ngemil yang berlebihan di siang hari. 

Karena jumlah total kalori kita bisa berbeda-beda maka dianjurkan untuk sarapan dengan porsi sepertiga atau seperempat dari kebutuhan kalori per hari. Jadi, misalnya asupan kalori dalam sehari sebesar 1.600 kkal, berarti Anda bisa makan sebanyak 400 kkal di pagi hari.

Resep membuat Roti Maryam

Kali ini saya akan membagikan cara termudah untuk membuat roti maryam yang nantinya bisa di simpan di freezer sebagai stok, berikut resep lengkapnya:

Bahan:

Sumber : Dok. Pribadi
  • 300 gram atau sekitar 20 sendok makan tepung terigu serbaguna
  • 1 buah telur
  • 1 sachet susu kental manis
  • 1/2 sendok teh garam
  • 5 sendok makan margarine cair/minyak goreng (3 sendok makan untuk adonan sisanya untuk olesan)
  • sekitar 100-120 ml air hangat
  • Secukupnya tepung terigu untuk taburan
#BandingkanHematnya

Sekarang kita bisa memperoleh informasi harga Tepung Terigu terlengkap. Hemat.id menyediakan informasi perbandingan harga di Alfamart, Indomaret, hingga harga Tepung Terigu di toko online seperti Shopee dan Tokopedia. Anda juga bisa langsung klik beli sekarang supaya tidak kehabisan promo.

Cek sekarang juga harga Tepung Terigu terhemat

Cara membuat:

1. Masukkan tepung terigu, telur, 1/4 gram garam, krimer kental manis/susu kental manis, mentega cair. Lalu tuang air hangat sedikit demi sedikit sampai adonan tercampur rata, tidak lengket dan permukaannya menjadi halus.

2. Bagi adonan menjadi kecil-kecil sekitar 60-65 gram atau sesuai selera. Siapkan secukupnya minyak goreng. Lalu celup adonan ke dalam minyak goreng, tutup dan diamkan selama 2-3 jam di suhu ruang agar adonan bisa lentur maksimal.

3. Siapkan secukupnya terigu, sebagai taburan untuk membuat hasil roti maryam yang empuk dan kesat. Siapkan juga secukupnya minyak goreng atau margarin cair. Pipihkan adonan bisa dengan menggunakan tangan atau dengan bantuan gelas setipis dan selebar mungkin. oles dengan mentega dan taburi terigu.

4. Lalu gulung memanjang, dari kiri kearah dalam dan dari kanan kearah dalam. Saat kedua nya ketemu di tengah, kemudian gulung lagi bagian ujungnya berlawanan arah. Tumpuk menjadi seperti konde, diamkan 10 menit, pipihkan dengan tangan

5. Lipat adonan seperti sedang melipat kertas bentuk kipas secara bolak balik, lalu gulung dan diamkan selama 15 menit. Setelah adonan mengembang, pipihkan sesuai selera, dan adonan siap dipanggang. 

5. Panaskan teflon dengan api sedang, setelah teflon panas turunkan panas menjadi api kecil sampai sedang. Siapkan mentega yang sudah dilelehkan, oleskan mentega selama proses pemanggangan untuk mendapatkan roti maryam yang renyah.

6. Roti maryam ini bisa dinikmati dengan topping manis atau sebagai pelengkap makan kari. Jika akan disimpan, pastikan roti sudah dalam keadaan dingin baru susun di twinwall kotak dan simpan di freezer.

Saran penyajian

Sebelum disajikan Anda bisa langsung memanaskan roti Maryam di wajan anti lengket dengan api kecil, lakukan sampai roti terasa hangat. Dan jika suka roti Maryam dengan tekstur yang renyah, Anda bisa memanaskannya agak lebih lama sampai roti Maryam agak kecokelatan.

Perbandingan roti maryam dan roti tawar biasa

sumber gambar : dokumentasi pribadi

Jadi dalam 1 gram roti tawar ada 2,48 kkal dan dalam 1 gram roti Maryam ada 2,90 kkal. Bisa dilihat perbandingan kalorinya tidak terlalu jauh. Tapi total lemaknya cukup signifikan, roti Maryam memiliki lemak sebesar 13 gram, sedangkan roti tawar hanya mengandung lemak sebesar 1.20 gram.

Baca juga Resep Roti Tawar Lembut Buatan Rumahan

Apakah Anda tertarik untuk membuatnya juga? Bagikan cerita Anda setelah recook resep ini, pastikan bahan-bahannya lengkap sebelum memulai membuatnya. Untuk mempermudah jika Anda mengalami kendala dalam membuatnya, jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar, saya akan dengan senang hati untuk membantu. Dan jika Anda kesulitan dalam mendapatkan bahan-bahannya, Anda bisa membuka halaman hemat.id. Selain memudahkan Anda dalam membuat daftar belanja, Anda pun bisa mendapatkan informasi promo menarik di supermarket, minimarket dan hypermart di daerah Anda.

Sumber :

  • https://www.academia.edu/19662304/Asal_Usul_Roti_Maryam_Roti_Canai_Roti_Cane_dan_Roti_Prata
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Roti_canai
  • fdc.nal.usda.gov/
  • https://nilaigizi.com/gizi/detailproduk/45/nilai-kandungan-gizi-roti-putih-roti-tawar