Daftar Informasi Perubahan Isi Produk dari Merk Tertentu (Shrinkflation)

Beberapa merk memproduksi produk yang sama dengan pembaruan ukuran atau isi produk. Berikut kami rangkum berdasarkan informasi yang tertera pada promo maupun offical store produk apa saja yang mengalami perubahan ataupun penurunan gramatur/pcs pada produk. Pembaruan atau perubahan ini dikenal dengan istilah shrinkflation. Produk apa saja yang mengalami shrinkflation? Anda bisa menemukan toko-toko yang masih menjual produk pada daftar ini dengan ukuran lama dan dengan harga yang sama, sehingga dengan artikel ini bisa membantu Anda berhemat.

Artikel ini akan terus diperbarui apabila ada informasi baru maupun penyesuaian informasi, sehingga silakan pantau artikel ini secara berkala.

Apa itu shrinkflation ?

Kata shrinkflation diadaptasi dari dua kata bahasa inggris yaitu shrink yang artinya menyusut dan inflation yang artinya  inflasi. Dapat juga diterjemahkan sebagai shrinkflasi atau inflasi penyusutan. Istilah tersebut merupakan kondisi saat suatu produk mengalami perubahan atau penyusutan ukuran berupa berat, isi, bahkan kualitasnya tanpa menurunkan harga, atau menaikkan sedikit harganya. Seringkali konsumen tidak menyadari fenomema shrinkflation ini karena biasanya ada trik penjualan khusus sehingga perubahan atau penyusutan tersebut tidak terlihat jelas. Bukan hanya sebuah produk yang mengalami skrinkflation, bahkan suatu bentuk jasa atau layanan juga bisa mengalaminya, dengan harga tetap namun berkurangnya layanan atau kualitas salah satunya adalah Hotel.

Penyebab terjadinya shrinkflation

Fenomena ini terjadi bukan karena tanpa alasan, tentunya seiring berjalannya waktu banyak hal-hal yang menyebabkan tejadinya shrinkflation. Beberapa penyebab shrinkflation :

  • Terjadinya kenaikan pada harga bahan baku, upah pekerja, biaya transportasi, dan beberapa hal yang berhubungan dengan modal, sehingga produsen terpaksa menurunkan atau menyusutkan produknya.
  • Karena persaingan yang ketat di pasaran, sehingga produsen ingin menciptakan sesuatu yang baru pada produknya.
  • Untuk menaikkan pemasukan pada suatu perusahaan tanpa menaikkan harga jual.

Contoh produk yang mengalami shrinkflation

Bukan hanya di Indonesia, fenomena shrinkflation juga terjadi di beberapa negara seperti Amerika, Jepang, India dan masih banyak lagi. Beberapa produk di Indonesia yang mengalami shrinkflation yaitu :

  • Produk snack atau makanan ringan seperti snack jagung, ciki, wafer dll dengan harga yang sama, ukuran bungkus atau kemasannya juga masih sama namun isinya ternyata semakin mengecil
  • Deterjen yang awalnya memiliki berat 1kg, kini mengalami penyusutan berat menjadi 900 gram sampai 700 gram. Hal ini juga sangat kasat mata, karena kemasannya masih terlihat sama.
  • Sirup yang awalnya berisi 650ml kini menjadi 460ml
  • Kecap ukuran 600ml saat ini menjadi 520ml
  • Air minum kemasan gelas dari 240ml saat ini menjadi 220ml

Selain beberapa contoh di atas, masih ada beberapa contoh produk yang mengalami penyusutan ukuran dan kemasan alias shrinkflation. Berikut ini beberapa contoh lengkapnya, yuk disimak!

Perubahan Isi Mamy Poko Popok Celana Pants Xtra Kering

Sejak 26 Oktober 2022, terdapat informasi perubahan ukuran produk Mamy Poko Pants Xtra Kering pada katalog Alfamart dan katalog lainnya. Beberapa ukuran mengalami pengurangan sebesar 2 pcs, lebih lengkapnya ada pada tabel berikut ini.

Daftar perubahan isi Mamy Poko Pants Xtra Kering
Produk Ukuran Lama Ukuran Baru Tanggal Perubahan Promo
Mamy Poko Pants Xtra Kering S40 S38 26 Oktober 2022
Mamy Poko Pants Xtra Kering M34 M32 26 Oktober 2022
Mamy Poko Pants Xtra Kering L30 L28 26 Oktober 2022
Mamy Poko Pants Xtra Kering M50 M48 14 November 2022
Mamy Poko Pants Xtra Kering L44 L42 14 November 2022

Produk Mamy Poko Pants Xtra Kering dengan ukuran lama / kemasan lama masih tersedia di beberapa toko, segera dapatkan harga terhematnya berikut ini:

Perubahan Isi Mama Lemon & Mama Lime Sabun Cuci Piring

Sejak 3 November 2022, Mama Lime & Mama Lemon dipromosikan dengan 2 ukuran ml terbaru yaitu 680 ml dan 780 ml di katalog Superindo dan katalog lainnya. Pada Shopee Mall Wings Official Shop juga sudah tertera produk Mama Lime & Mama Lemon dengan ukuran terbaru yaitu 680 ml. Berikut daftar perubahan ukuran Mama Lemon & Mama Lime lebih lengkap:

Daftar perubahan isi Mama Lemon & Mama Lime
Produk Ukuran Lama Ukuran Baru Tanggal Perubahan Promo
Mama Lemon Jeruk Nipis 780 ml 680 ml 3 November 2022
Mama Lemon Daun Mint 780 ml 680 ml 3 November 2022
Mama Lime Charcoal 780 ml 680 ml 3 November 2022
Mama Lime 780 ml 680 ml 3 November 2022
Mama Lime Green Tea 780 ml 680 ml 3 November 2022

Produk Mama Lemon & Mama Lime 780 ml masih bisa Anda temukan di beberapa toko, segera beli dengan harga terhemat di:

Perubahan Isi Sweety Popok Celana Bronze Pants

Sejak 19 September 2022, Sweety Bronze Pants dipromosikan dengan 2 ukuran medium dan large yang berbeda di katalog Superindo dan katalog Alfamidi serta katalog lainnya. Berikut daftar lengkap perubahan isi Sweety Popok Celana Bronze Pants:

Daftar perubahan isi Sweety Bronze Pants
Produk Ukuran Lama Ukuran Baru Tanggal Perubahan Promo
Sweety Bronze Pants M58 M50 19 September 2022
Sweety Bronze Pants L52 L44 19 September 2022

Produk Sweety Bronze Pants M58 & L52 mungkin masih tersedia di beberapa toko, segera beli dengan lihat harga terhemat di:

Bagi produsen ataupun manufacturer, apabila terdapat informasi yang kurang sesuai, silakan hubungi kami di [email protected].