Perbandingan Harga Minyak Goreng Kemasan Termurah, Mana yang Terbaik?

Ternyata minyak goreng tergolong 10 besar konsumsi tertinggi di Indonesia, loh. Hampir semua orang Indonesia menyukai makanan yang digoreng, sehingga minyak goreng sangat dibutuhkan bagi konsumen Indonesia. Tidak heran di Indonesia ada berbagai macam merk minyak goreng kemasan dari harga murah 13ribuan perliter hingga yang mahal 20ribuan per liter. Sebenarnya apa sih yang membuat ada harga minyak goreng murah dan ada yang mahal? Berikut kita bandingkan merk minyak goreng berdasarkan harga, berdasarkan nilai gizi, dan berdasarkan Top Brand Index.

Perbandingan minyak goreng berdasarkan harga

Harga minyak goreng cukup bervariasi berdasarkan merk dan outlet penjualannya. Mari kita kategorikan terlebih dahulu kelompok minyak goreng mahal dan murah. Bila dilihat dari harga yang beredar di pasaran merk Harumas, Sovia, Camar, Rose Brand, Minyakita, Siip, Fortune, Tawon dan Kunci Mas dapat digolongkan sebagai minyak goreng murah karena harga jual rata-rata per 2 liter berkisar Rp26.000-Rp33.000, sedangkan merk Bimoli, Sania, Sunco, Filma, dan Tropical tergolong minyak goreng mahal dengan kisaran harga rata-rata Rp33.000-Rp36.000 per 2 liternya. Berikut adalah ringkasan harga minyak goreng 2 liter berdasarkan harga yang tertera di hemat.id sebagai berikut:

Perbandingan harga rata-rata dari berbagai merk minyak goreng
Merk minyak goreng Rentang harga Harga rata-rata
Bimoli Rp30,800-Rp52,000 Rp36,000
Tropical Rp30,950-Rp39,900 Rp35,000
Filma Rp27,450-Rp40,000 Rp34,000
Sunco Rp25,000-Rp42,400 Rp33,600
Sania Rp19,900-Rp39,900 Rp33,500
Kunci Mas Rp30,900-Rp36,500 Rp33,400
Fortune Rp30,250-Rp39,900 Rp33,300
Rose Brand Rp24,900-Rp55,800 Rp30,700
Sovia Rp24,400-Rp36,900 Rp28,700
Tawon
*harga kemasan 1 liter dikali 2
Rp27,400-Rp31,000 Rp28,200
Camar Rp24,400-Rp37,900 Rp27,800
Harumas Rp24,400-Rp33,870 Rp27,700
Siip
*harga kemasan 1 liter dikali 2
Rp26,580-Rp35,000 Rp27,600
Minyakita
*harga kemasan 1 liter dikali 2
Rp24,000-Rp28,000 Rp26,800
Di hemat.id, kita bisa mengetahui harga terendah, harga tertinggi, harga rata-rata, dan harga terbaik hari ini dari suatu produk tertentu. Contohnya apabila Anda mengunjugi Harga Filma Minyak Goreng 2000 ml hari ini, Anda bisa mengetahui informasi harga Filma Minyak Goreng dengan lengkap di berbagai supermarket maupun toko online.

 

Perbandingan minyak goreng berdasarkan nilai gizi

Saya telah melakukan survei tabel informasi nilai gizi di berbagai merk minyak goreng kemasan seperti Sovia, Harumas, Camar, Fortune, Sania, Bimoli, Kunci Mas, Tropical, Filma, Sunco, Minyakita, Siip dan Rose Brand.  Apa yang membedakan harga minyak goreng murah vs mahal tersebut? Salah satu faktanya adalah kandungan vitamin atau nilai gizinya. Semua minyak goreng murah ternyata hanya mengandung vitamin A yang bermanfaat bagi tubuh kita, contohnya pada merk Camar, Fortune, Rose Brand, Siip, Miyakita dan Harumas. Sedangkan, pada minyak goreng mahal sudah pasti mengandung vitamin A dan ditambah kandungan vitamin lain yang masing-masingnya bervariasi seperti kandungan vitamin D, vitamin E serta omega 9. Perbandingan berdasarkan nilai gizi dapat Anda lihat pada tabel berikut:

Perbandingan kandungan vitamin pada setiap merk minyak goreng
Merk minyak goreng Lemak total Omega 9 Vitamin A Vitamin E Vitamin D
Bimoli 90g 42g 4065 IU 13 mg
Sania 90g 1268 mcg 100 mg
Sunco 76g 1527 mcg
Filma 89g 33g 4073 IU
Tropical 100g 1939 mcg
Harumas 90g 1514 mcg
Sovia 90g 1213 mcg 26 mcg
Camar 90g 1514 mcg
Rose Brand 90g 1776 mcg
Minyakita 90g 4677 mcg
Siip 90g 4552 mcg
Fortune 90g 1291 mcg
Kunci Mas 89g 33g 4073 IU

Selanjutnya, saya akan memberikan contoh dua merk dengan kandungan nilai gizi dan harga yang cukup berbeda serta bisa juga Anda bandingkan dengan mudah.

Contoh tabel informasi nilai gizi pada kemasan minyak goreng
Informasi nilai gizi Bimoli Minyak Goreng Informasi nilai gizi Minyakita Minyak Goreng

Gambar diatas adalah informasi nilai gizi minyak goreng merk Bimoli dan Minyakita. Dapat Anda perhatikan bahwa Bimoli mengandung omega 9 sebanyak 42g yang belum tentu terkandung di minyak goreng lain. Bimoli juga mengandung vitamin A dan E. Berbeda dengan informasi nilai gizi pada minyak goreng merk Minyakita pada gambar di bagian kanan, minyak tersebut tidak ada informasi mengandung omega 9 dan vitamin E seperti yang tertera pada informasi nilai gizi Bimoli.

Manfaat kandungan vitamin pada minyak goreng

Masih terkait dengan pembahasan sebelumnya bahwa minyak goreng mengandung vitamin A, D, E dan omega 9. Apakah kandungan tersebut hanya buatan? Jawabanya tidak, kandungan vitamin tersebut alami berasal dari kelapa sawit yang merupakan bahan dasar minyak goreng. Pada volume yang sama, ternyata minyak sawit mengandung vitamin A sebanyak 15 kali dari kandungan vitamin A pada wortel. Berikut ringkasan manfaat vitamin A, D, E dan omega 9 pada minyak goreng

Manfaat vitamin dan Omega 9 pada minyak goreng
Jenis Vitamin Manfaat
Vitamin A Kesehatan mata, membantu mengatur sistem kekebalan tubuh, dan perlindungan terhadap infeksi.
Vitamin E Baik untuk anti oksidan, kesehatan kulit, anti kanker, mencegah katarak, dan mencegah penyakit jantung
Vitamin D Kekuatan dan keutuhan tulang, mendukung pertumbuhan tulang, dan membantu mencegah osteoporosis pada lansia.
Omega 9 Mengurangi resiko stroke, membantu proses penyerapan vitamin, sebagai penambah tenaga dan menstabilkan suasana hati

Jadi, ternyata vitamin tidak hanya terkandung pada buah dan sayur saja. Minyak goreng yang merupakan konsumsi harian masyarakat Indonesia juga mengandung vitamin, namun Anda perlu hati-hati dalam penggunaan minyak goreng. Jika digunakan berkali kali maka akan menimbulkan kerugian bagi tubuh kita melalui makanan yang masuk di tubuh salah satunya adalah penyakit kolestrol tinggi.

Perbandingan kandungan kolestrol pada setiap merk

Hingga saat ini tidak ada ahlli gizi yang menyebutkan bahwa minyak goreng dari nabati seperti minyak goreng sawit mengandung kolestrol karena tanaman tidak menghasilkan kolestrol. Sehingga, apakah minyak goreng tidak mengandung kolestrol? Minyak goreng tidak mengandung kolestrol, namun informasi tentang kandungan kolestrol dari semua merk minyak goreng yang ada, ternyata hanya merk Bimoli, Kunci Mas dan Filma yang menyajikan informasi kandungan kolestrol sebanyak 0 mg.

Apakah minyak goreng menyebabkan kolesterol tinggi?

Salah satu penyebab kolestrol tinggi adalah penggunaan minyak goreng yang berulang. Ketaren dalam sebuah bukunya yang berjudul Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan menyatakan bahwa kerusakan minyak (minyak goreng yang digunakan berulang kali) selama penggorengan akan menurunkan nilai gizi dari bahan pangan yang digoreng. Tidak hanya merusak mutu bahan pangan yang digoreng namun ternyata juga merusak mutu dari minyak goreng itu sendiri. Akibatnya, terjadi peningkatan kolestrol pada minyak goreng dan menurunnya nilai gizi pada pangan. Contoh: pada ayam goreng yang digoreng dengan minyak yang sudah digunakan berulang kali maka akan menurunkan kadar protein dan kadar air yang pada akhirnya berdampak pada kesehatan.

Minyak goreng yang digunakan secara berulang akan berpotensi mengandung asam lemak trans yang memunculkan penyakit diabetes dan jantung koroner. Menurut hasil penelitian, pada penggorengan ke-4 kandungan asam lemak trans masih pada tahap aman, namun diatas itu perlu diwaspadai. Penggunaan minyak goreng berulang akan menimbulkan penyusutan kandungan vitamin dan hanya menyisakan asam lemak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan.

Berapa kali penggunaan minyak goreng yang baik untuk kesehatan? Disarankan hanya 2 sampai 4 kali penggunaan, itu berlaku pada minyak goreng kemasan maupun minyak goreng curah. Adapula petunjuk mudah untuk mendeteksi minyak goreng masih layak digunakan atau tidak adalah dengan mengamati:

  • bau dari minyak tersebut, jika sudah tengik sebaiknya tidak digunakan lagi,
  • bila minyak berbuih artinya minyak tersebut sudah rusak dan tidak layak lagi,
  • minyak yang masih bagus adalah yang tidak berwarna gelap dan kental, dan
  • minyak yang masih dalam keadaan bagus juga tidak mengandung ampas.

Perbandingan minyak goreng berdasarkan Top Brand Index

Minyak goreng merk Bimoli, Filma, Sania, Tropical, dan Kunci Mas ternyata mendapatkan predikat brand yang baik di mata konsumen. Merk Bimoli masih menjadi top market leader minyak goreng yang paling banyak diminati selama 5 tahun berturut turut sejak 2018 berdasarkan Top Brand Index. Disusul Filma pada urutan kedua dan Sania pada urutan ketiga.

Sumber: https://www.topbrand-award.com/

Membahas tentang merk Bimoli, ada riset unik tentang faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen membeli minyak goreng merk Bimoli. Alasannya antara lain karena kualitas minyaknya jernih dan tidak keruh, olahan makanan yang digoreng menggunakan minyak merk Bimoli lebih gurih, gaya hidup individu yang merasa mampu membeli minyak goreng merk Bimoli, dan kemasan iklan yang menarik serta kandungan gizi yang bermanfaat. Padahal bila diamati lebih lanjut hampir semua kandungan gizi pada minyak goreng adalah sama bukan? Alasan yang sudah disebutkan sebelumnya ternyata hanya berasal dari sebagian konsumen karena alasan terkuat mengapa Bimoli banyak diminati karena loyalitas konsumen terhadap merk Bimoli. Sedangkan merk Sania digadang sebagai pesaing Bimoli yang kedepannya diprediksi akan menjadi market leader. Saat ini penguasa industri minyak goreng kemasan jatuh pada merk Bimoli dan Sania bersama dengan Filma, Tropical serta Kunci Mas.

Jadi, manakah minyak goreng yang terbaik? Ada 3 jawaban yaitu jawaban berdasarkan harga, jawaban berdasarkan kandungannya, dan jawaban berdasarkan preferensi pribadi. Berdasarkan harga, Minyakita Minyak Goreng sangat terjangkau, hanya 13ribuan per liter. Berdasarkan kandungannya, Bimoli dan Sania bisa menjadi pilihan, karena kandungan omega 9 dan vitamin E pada Bimoli dan kandungan vitamin E yang tinggi pada Sania. Sedangkan berdasarkan preferensi pribadi, saya pribadi dengan pendapatan sekitar 6 juta per bulan lebih sering membeli merk Tropical dan satu tips dari saya untuk membeli minyak goreng mahal dengan harga murah adalah beli saat promo. Hampir semua toko retail memberi harga diskon pada minyak goreng setiap bulan. Diskon yang diberikan cukup menguntungkan, misalnya berdasarkan pengalaman, harga untuk minyak goreng Tropical normalnya di angka Rp38.000-Rp40.000, namun bila promo saya hanya membeli dengan harga Rp35.000.

Tips penggunaan minyak goreng dengan aman

Supaya minyak goreng tidak cepat rusak, alangkah baiknya Anda melakukan beberapa hal berikut:

  1. Pertimbangkan aspek stabilitas atau tahan tengik dan nilai gizi minyak goreng. Dapat dilihat pada kemasan.
  2. Menyimpan minyak goreng di tempat yang sejuk dan hindari tempat panas karena akan menimbulkan oksidasi yang dapat berpotensi merusak minyak goreng.
  3. Pada saat hendak menggoreng, panaskan minyak terlebih dahulu hingga panas baru memasukan pangan yang akan digoreng. Hal ini bertujuan mempersingkat waktu pangan tercelup di minyak dan dapat mengurangi volume minyak yang terserap.
  4. Gunakan api rendah atau sedang dan hindari panas yang terlau tinggi saat menggoreng karena dapat merusak minyak goreng.

Dampak jangka panjang konsumsi minyak goreng berlebihan

Pada paragraf sebelumnya dijelaskan bahwa minyak goreng mengandung vitamin A, D, E dan omega 9, namun jangan sampai Anda berlebihan mengkonsumsi minyak goreng hanya untuk asupan vitamin tersebut, karena kadar vitamin pada minyak goreng rata-rata berkisar 1500-1900 mg saja. Konsumsi minyak goreng berlebih dalam jangka panjang akan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti obesitas, kolesterol berlebih, asam urat, gangguan jantung, diabetes, terganggunya fungsi otak, dan kanker. Pangan yang paling besar mengandung minyak dari hasil penggorengan adalah gorengan. Sebanyak 85% masyarakat Indonesia ternyata belum teredukasi bahwa konsumsi gorengan dalam jangka waktu lama akan mempengaruhi kenaikan kolestrol, di mana kolestrol yang sangat tinggi akan membuat pembuluh darah mengendap dan menjadi stroke.

Bagi Anda yang ingin melihat perbandingan harga minyak goreng serta promonya yang lebih detail Anda bisa kunjungi laman hemat.id di bawah ini:

#BandingkanHematnyaSekarang kita bisa memperoleh informasi harga minyak goreng terlengkap.


Cek sekarang juga harga minyak goreng terhemat

 

Selain minyak goreng, banyak juga pembeli yang membandingkan harga bahan pokok lain seperti beras. Mengapa demikian? Karena beras juga memiliki harga yang bervariasi, tentunya harga juga sesuai dengan kualitasnya. Tidak hanya minyak goreng, perbandingan harga beras dari berbagai toko retail juga sudah tersedia hemat.id. Saya yakin perbandingan tersebut akan mempermudah Anda dalam membaca banyak informasi dalam satu laman.

Sudah ada minyak goreng dan beras, tentunya harus ada lauk bukan? Bagi ibu-ibu yang memiliki anak usia 4-10 tahun pasti akan mempertimbangkan sosis dan nugget sebagai lauk bekal makan siang anak. Maka dari itu para ibu dapat dengan mudah mengunjungi laman di bawah ini untuk mengetahui informasi perbadingan harga nugget maupun harga sosis di berbagai toko retail tanpa harus datang ke tokonya.

Baca juga Resep Hot Dog Korea, Ide Bekal Untuk Anak Sekolah

Referensi:

  • https://covid19.go.id/artikel/2022/07/18/manfaat-vitamin-untuk-bantu-tingkatkan-daya-tahan-tubuh
  • https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/aaj/article/view/2170
  • https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/3388
  • http://repository.lppm.unila.ac.id/42305/
  • http://jatp.ift.or.id/index.php/jatp/article/view/119/87
  • https://www.uny.ac.id/id/