Rekomendasi Wajan dan Panci untuk Kompor Listrik

Sudahkah Anda menggunakan kompor listrik? Atau masih bingung karena kompor listrik katanya harus menggunakan wajan dan panci yang khusus? Memang sudah banyak beredar alat masak seperti wajan dan panci keluaran terbaru yang didesain khusus agar dapat digunakan untuk semua kompor termasuk kompor listrik. Bahkan, beberapa merk wajan dan panci sudah memiliki sertifikat bebas bahan kimia sehingga aman untuk kesehatan.

Cara kerja proses pemanasan kompor listrik dan kompor gas berbeda, oleh karena itulah kompor ini memerlukan alat masak dari bahan tertentu yang kompatibel dengannya. Tidak semua alat masak bisa digunakan untuk memasak di atas kompor listrik. Akan tetapi, alat masak yang dipasangkan dengan kompor listrik biasanya lebih multifungsi dan kokoh. Karena banyaknya jenis alat masak dengan bahan material yang berbeda-beda, maka Anda perlu memperhatikan dengan betul apakah alat ini bisa dipasangkan dengan kompor listrik Anda di rumah. Nah, supaya Anda tidak salah pilih jenis panci dan wajan, penulis akan membantu merekomendasikan wajan dan panci yang cocok untuk kompor listrik. Yuk disimak artikel berikut ini.

Material apa saja yang cocok untuk kompor listrik?

Kompor listrik khususnya kompor induksi bekerja dengan mengalirkan arus listrik ke kumparan yang terdapat di bawah kompor, sehingga menimbulkan medan magnet yang menginduksi wajan dan panci di atasnya. Karena adanya arus bolak balik dari gelombang elektromagnetik, maka wajan dan panci menjadi panas. Kompor induksi akan bekerja apabila digunakan bersama wajan dan panci yang terbuat dari bahan feromagnetik.

Pengaruh Perbaikan Faktor Daya pada Kinerja Kompor Induksi
Sumber gambar : Skema Kerja Kompor Induksi (Robin Chen, 2011)

Wajan dan panci yang terbuat dari logam dapat digunakan untuk memasak dengan kompor induksi, karena  bahan ini memiliki hambatan yang besar sehingga menghasilkan api yang lebih panas. Selain itu, peralatan masak yang bersifat magnetik lainnya adalah cast iron (besi tuang), magnetic steel (baja magnetik, contoh : wajan granit) dan stainless steel (baja tahan karat) yang juga dapat digunakan pada kompor listrik induksi. Sedangkan, bahan aluminium tidak dapat digunakan pada kompor ini karena tidak bersifat magnetik.

Sebaliknya, untuk kompor listrik halogen atau kompor infrared lebih disarankan untuk menggunakan wajan dan panci yang berasal dari alumunium karena dapat menghantarkan panas lebih cepat. Kompor halogen tidak disarankan untuk menggunakan panci atau wajan dari kaca atau keramik karena dapat menggores permukaan kompor.

Karakteristik material pada setiap jenis Wajan dan Panci

Berdasarkan jenis material yang biasa dijual di pasaran, terdapat tiga jenis bahan yaitu Cast iron, Stainless Steel dan Teflon. Saat ini sudah tersedia produk terbaru yaitu wajan dan panci yang terbuat dari lapisan granit dan marble. Beberapa material atau jenis bahan yang dapat digunakan pada kompor listrik yaitu :

Kelebihan & Kekurangan Jenis Wajan & Panci untuk Kompor Listrik
Jenis Material/Bahan Kelebihan Kekurangan
Cast Iron Memiliki ketebalan yang dapat menghasilkan panas yang rata, dan dapat mempertahankan panas lebih lama Dapat berkarat jika kurang terawat, sebaiknya sering dilapisi minyak.
Stainless Steel Harga terjangkau, kokoh, tahan gores, anti korosi, awet dan menghasilkan panas yang merata Tidak dapat digunakan untuk memasak sampai mendidih dengan api yang besar, dan tidak bisa untuk masakan yang terlalu asam
Teflon Anti lengket, mudah dibersihkan Tidak dapat menahan panas terlalu tinggi, mudah tergores
Granit Anti lengket, tebal, kokoh, mudah dibersihkan, menghantarkan panas dengan cepat dan merata Harga sedikit mahal, butuh perawatan ekstra
Marble Tahan lama, tidak mudah gores, anti lengket, cepat panas, aman untuk kesehatan Harga mahal, berat,

Material terbaik untuk wajan dan panci

Young man cooking fresh food at home and opening lid of steaming pot.
sumber gambar : Freepik

Memilih panci dan wajan bukan hanya dari harga, dan tampilan fisiknya saja. Perlu diperhatikan juga apakah bahan material penyusun dari wajan dan panci aman untuk kesehatan kita. Dilansir dari healthline, ternyata beberapa alat masak yang terbuat dari  bahan dasar teflon mengandung bahan kimia berbahaya untuk kesehatan. Beberapa peralatan masak anti lengket lainnya juga dicurigai mengandung PTFE, PFOA, dan GenX yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Biasanya zat tersebut akan tercampur pada masakan jika ada lapisan teflon yang tergores ataupun suhu memasak yang terlalu tinggi. Lantas, alat masak seperti apa yang aman untuk kesehatan? Saat ini wajan dan panci sudah dikembangkan dengan teknologi anti PTFE, PFOA dan zat kimia lainnya. Nah Anda bisa cari alat masak yang sudah tersertifikasi atau memiliki spesifikasi materialnya yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Tips memilih wajan dan panci untuk kompor listrik:

  • Alat masak yang terbuat dari logam sebaiknya memiliki permukaan alas yang luas sehingga menghasilkan panas yang maksimal.
  • Pastikan alas wajan dan panci datar karena kompor induksi bekerja pada bagian alat yang terletak tepat di atasnya.
  • Biasanya terdapat tanda yang bertuliskan “kompatibel untuk induksi”

Rekomendasi Merk Wajan dan Panci untuk Kompor Listrik

Pastikan Anda memilih wajan dan panci yang dapat bekerja dengan baik dan aman untuk kesehatan. Boleh mempertimbangkan harga, namun juga harus memperhatikan kualitas produknya. Karena banyaknya produk wajan dan panci di pasaran dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, namun kita tidak bisa menjamin apakah produk tersebut awet dan efisien? Bisa saja hanya berfungsi di awal pemakaian dan lama kelamaan akan berkurang kualitasnya. Pentingnya memilih alat masak yang bebas bahan kimia karena ini erat kaitannya dengan makanan yang kita makan sehari-hari. Pilih alat masak termasuk panci dan wajan yang sudah bersertifikat dan dijamin aman. Berikut ini beberapa rekomendasi merk wajan dan panci yang dapat Anda pilih untuk kompor listrik di rumah.

Cypruz Fry Wok – White Granite Series

Wajan anti lengket ini terdapat dua ukuran diameter yaitu diameter 24cm dan 26cm dengan kisaran harga Rp 250-270 ribuan. Karena jenis wajan ini adalah wok pan maka ukurannya lebih besar, dan bisa memuat masakan lebih banyak. Dibuat dengan teknologi jerman yang berasal dari material tanpa bahan kimia, (Non PFOA), (Non PTFE) sehingga aman untuk kesehatan. Beberapa fitur unggulan dari Cyprus Fry Wok antara lain :

  • Terbuat dari empat lapisan Granite anti lengket sehingga dua kali lebih kuat dibandingkan marble
  • Ketebalannya 3mm dan bisa multi cooking
  • Dapat digunakan untuk memasak dengan minyak yang sedikit, karena lapisannya anti lengket
  • Food Grade atau aman untuk makanan karena tidak mengandung bahan kimia
  • Dapat menghantarkan panas lebih cepat dan rata sehingga tidak membuat masakan menjadi gosong karena dilengkapi dengan Induction Bottom
  • Bisa digunakan untuk semua jenis kompor termasuk kompor listrik dan induksi
  • Gagang wajan ini terbuat dari bahan bakelite sehingga lembut dan nyaman saat digenggam
  • Meskipun berukuran besar, namun tetap ringan
  • Mudah dibersihkan sehingga tidak meninggalkan bau makanan

Sebelum digunakan untuk pertama kalinya, sebaiknya lakukan beberapa langkah awal yaitu rebus air di atas wajan sampai mendidih 5-10 menit. Keringkan dengan lap lembut, kemudian oleskan minyak ke seluruh bagian wajan dan diamkan selama 2 jam. Setelah itu cuci dengan spons halus dan wajan sudah bisa digunakan.

Cara perawatan:

  • Diamkan sampai suhu wajan mencapai suhu ruang setelah selesai memasak
  • Rendam wajan jika suhunya sudah stabil, lalu bersihkan sisa makanan
  • Cuci dengan spon yang halus

Cypruz Fry Pan – White Granite Series

Sekilas bentuk wajan ini memang terlihat mirip dengan Cypruz Fry Wok. Bedanya, Cypruz Fry Pan ini ukuran diameter lebih kecil dan bentuknya lebih rata. Jenis wajan ini memiliki tingkat pemanasan yang lebih cepat, dan cocok untuk memasak masakan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Cypruz Fry Pan tersedia dalam tiga ukuran diameter yaitu 20cm, 22cm, dan 24cm. Kisaran harganya mulai dari Rp170-240 ribuan. Bentuk dan ukurannya memang berbeda namun fiturnya kurang lebih hampir sama dengan Cypruz Fry Wok.

Cypruz Fry Pan – Marble Series

Wajan anti lengket ini terbuat dari marble coating sehingga lebih tahan terhadap gores dibanding dengan teflon biasa. Cypruz Marble Series memiliki permukaan yang tidak lengket, serta gagang yang lembut dan tidak licin karena terbuat dari barkelite. Dilengkapi dengan induction bottom sehingga dapat mencegah masakan gosong karena panasnya merata. Sama seperti Cypruz Granite Series, Cypruz Marble Series juga terbuat dari bahan yang aman untuk kesehatan, tanpa zat kimia penyebab kanker. Wajan ini tersedia beberapa ukuran yaitu mulai dari diameter 22cm, 24cm dan 26cm. Kisaran harganya mulai dari Rp160-219 ribuan.

Cypruz Fry Wok – Marble Series

Selain fry pan, Cypruz Marble Series juga hadir dalam seri Fry Wok yaitu wajan dengan ukuran yang lebih besar. Bukan hanya diameter yang lebih lebar, Cypruz Marble Series Fry Wok memiliki bentuk yang lebih cekung sehingga dapat memuat masakan lebih banyak. Spesifikasi dan fitur wajan ini hampir sama seperti Cypruz Marble edisi frypan. Dilengkapi dengan dua ukuran diameter yaitu 26cm dan 28cm. Wajan besar ini dijual dengan harga antara Rp240-270 ribuan.

Cypruz Grill Pan Wajan BBQ – Marble Series

Wajan ini cocok untuk memanggang datau grill daging, karena permukaannya yang lebar dan alasnya rata. Terbuat dari marble coat, kelebihan dan fiturnya hampir sama dengan wajan anti lengket Cypruz lainnya. Perbedaannya terletak pada bentuk wajan ini yaitu persegi dengan dimensi ukuran 24x5cm dengan ketebalan 3mm. Cypruz wajan BBQ dijual dengan harga sekitar Rp 219 ribuan.

Cypruz Omelette Pan – Marble Series

Jika Anda senang membuat omelette atau telur gulung, pastinya wajan jenis ini dapat membantu Anda memasak lebih efektif. Bahan dasarnya dari marble coat dengan bentuk persegi yang memang dirancang untuk membuat omelette dengan praktis. Ukuran wajan ini terbilang cukup yaitu 13×18 cm dengan ketebalan 2.5cm. Spesifikasi produknya juga hampir sama seperti Cyprus Marble Series lainnya. Harga wajan ini sekitar Rp160 ribuan.

Maxim Gourmet Fry Pan

Maxim Gourmet Fry Pan merupakan wajan yang terbuat dari bahan teflon dan memiliki variasi ukuran diameter 20cm dan 22cm. Wajan ini dapat menghantarkan panas dengan cepat, dapat digunakan untuk menggoreng, atau menumis makanan. Materialnya kuat dan mudah dibersihkan. Harga pasaran Maxim Gourmet Fry Pan termasuk terjangkau yaitu sekitar Rp170-190 ribuan. Beberapa fitus yang dimiliki wajan ini yaitu :

  • Interior terbuat dari black diamond sehingga tidak mudah lengket
  • Teknologi Induction Heat dapat digunakan pada kompor gas maupun kompor induksi
  • FREE PFOA & PFOS aman untuk kesehatan
  • Desain eksklusif dengan tekstur marble sehingga aman dari goresan
  • Lapisan ketebalan dari aluminum yang maksimal sehingga masakan bisa lebih cepat panas
  • Handle dari bakelite sehingga nyaman digenggam
  • Bisa dicuci di mesin pencuci piring
  • Bisa digunakan pada Kompor Induksi, Halogen, Gas Stove, Ceramic Stove, Oven Safe

Oxone Fry Pan OX-24FP

Produk terbaru dari Oxone, wajan anti lengket yang aman untuk kesehatan. Terbuat dari bahan lapisan teflon dengan diameter 24cm cocok untuk memasak atau menumis dengan jumlah yang sedang. Wajan ini dapat memasak tanpa minyak, mudah dibersihkan, dan panas yang dihasilkan merta sehingga masakan lebih cepat matang dan tidak gosong. Harga jual Oxone Fry Pan OX-24FP ini sekitar Rp211 ribuan.

Maxim Panci Valentino

Panci anti lengket terbuat dari lapisan teflon yang dapat mendistribusikan panas lebih merata. Panci Maxim mudah dibersihkan, dapat masak dengan sedikit atau tanpa minyak sama sekali. Aman digunakan dan baik untuk kesehatan karena sudah tersertifikasi oleh FDA, tidak mengandung BPA dan zat kimia seperti PFOA. Harganya terjangkau yaitu Rp250 ribuan. Panci ini memiliki dimensi ukuran Diameter 20cm, dengan Gagang bakelite dan aman untuk mesin pencuci piring.

Cypruz Panci PI-0735 – Marble Series

Panci dengan tiga lapisan marble anti lengket dapat digunakan untuk memasak dengan sedikit minyak, food grade dan tanpa bahan kimia. Cypruz Marble Panci memiliki ketebalan 3mm dengan diameter 20cm dan 24cm. Masakan bisa cepat matang namun tidak hangus karena dilengkapi dengan Induction Bottom. Panci ini dapat digunakan di semua jenis kompor, seperti kompor gas, kompor induksi, dan kompor listrik lainnya. Memiliki gagang yang super lembut sehingga nyaman saat dipegang, karena terbuat dari bahan barkelite. Cypruz Marble Panci tersedia ukuran diameter 2cm dan 24cm dengan harga sekitar Rp320-400 ribuan.

Oxone Panci Set Basic Cookware OX-911

OX-911 Basic Cookware Set Oxone merupakan produk set panci terbaru dari Oxone. Dibuat dari material stainless steel berkualitas sehingga dapat memasak dengan sedikit minyak dan menghasilkan masakan yang cepat matang dengan merata. Panci stainless steel ini juga dapat digunakan pada kompor induksi. Satu set OX-911 terdiri dari 1 Panci Oxone besar 24cm + tutup, 1 Panci Oxone 20cm + tutup, 1 Deep Pan 24cm, 1 Fry Pan 20cm, 1 Saringan 24cm, 1 Frynet 14cm, 2 Kitchen Tools dan dijual dengan harga terjangkau yaitu Rp 750 ribuan.

Kesimpulan

Jika Anda membutuhkan wajan untuk memasak dalam jumlah yang sedang ataupun banyak, maka Anda bisa memilih wajan jenis Fry Wok, karena permukaannya yang cembung bisa digunakan untuk memasak yang berkuah ataupun menggoreng. Salah satunya adalah Cypruz Granite Series Fry Wok, dengan ukuran diameter yang sedang, harganya juga terjangkau. Selain itu, wajan cypruz juga bebas bahan kimia, mudah dibersihkan, anti lengket dan sudah bersertifikat. Sedangkan untuk produk panci, Anda bisa memilih Maxim Panci Valentino karena fitur dan spesifikasinya hampir sama dengan panci mahal lainnya, sedangkan produk Maxim Panci harganya lebih terjangkau. Nah jadi Anda tidak perlu bingung lagi untuk memilih mana wajan dan panci terbaik, karena produk rekomendasi ini sudah tersedia di marketplace COURTS dan tentunya harga serta promo terbaik ada di situs hemat.id.

#BandingkanHematnya
Hemat.id menyediakan informasi promo kompor dari supermarket dan toko elektronik seperti COURTS. Banyak promo kompor listrik menarik lainnya yang bisa Anda temukan.
Cek sekarang harga kompor terhemat

Sumber:
www.jurnal.upnyk.ac.id
www.dspace.uii.ac.id
www.digitalcommons.usu.edu
www.myhealth.gov.my