Desain Ruang Kerja Minimalis Di Rumah

Siapa yang masih harus Work from house (WFH) atau kerja dari rumah? Atau ada yang banting stir dengan membuka usaha sendiri dirumah atau bahkan menjadi freelancer? Walau dengan alasan yang berbeda-beda tapi keinginan Anda mungkin sama, yaitu sama-sama ingin mempunyai ruang kerja minimalis dirumah untuk mendukung aktifitas Anda.

Tanpa perlu pikir panjang sebenarnya Anda bisa langsung membuka lapak (A.K.A area kerja) dimana saja di rumah Anda, bisa di depan televisi, ruang tamu, ruang keluarga, bahkan di sudut kamar tidur tapi jika di lakukan dalam jangka waktu yang panjang apakah Anda tidak merasa kerepotan saat akan meraih suatu data atau file yang harus segera Anda lihat tapi ternyata file tersimpan di ruangan yang berbeda.

Dengan memiliki ruang khusus untuk Anda bekerja kinerja anda akan lebih baik, mood kerja akan meningkat, Anda jadi memiliki tempat untuk meletakkan perlengkapan kerja serta file yang Anda butuhkan saat kerja.

Berikut desain ruang kerja minimalis yang bisa Anda adopsi baik secara keseluruhan atau hanya beberapa hal sesuai dengan kebutuhan :

Sumber : Pinterest

1. Di dapur

Meja kerja diatas adalah contoh ruang kerja yang memanfaatkan area kosong yang ada di ruang dapur, yang mana Anda bisa melihat meja kerja berada tepat di sebelah oven. Desain area kerja seperti ini cocok sekali untuk ibu baik yang sedang WFH atau punya usaha dirumah, karena ibarat mendayung 2-3 pulau terlampaui.

Si ibu bisa tetap berkarier tapi juga tetap bisa untuk memenuhi kewajibannya di rumah sebagai seorang ibu rumah tangga untuk menyediakan makanan untuk keluarganya, dan untuk menghilangkan rasa jenuh meja kerja di arahkan ke jendela agar si ibu dapat menikmati pemandangan di luar rumah.

Sumber : Pinterest

2. Tersembunyi

Saya suka sekali dengan ide desain meja kerja di atas, karena Anda tidak dibuat tertekan dan selalu dibayang-bayangi pekerjaan saat sedang weekend atau tanggal merah. Karena itulah yang saya rasakan, walau pun itu hari minggu pikiran saya selalu terpaku akan pekerjaan-pekerjaan yang belum selesai dikerjakan hanya karena melihat sekilas ke arah meja kerja.

Jadi konsep menyembunyikan area meja kerja ini brilian sekali, Anda bisa membuat area kerja ini dengan mendaur ulang kabinet lama atau memesan secara khusus ke interior desainer langganan Anda. Atau anda pun bisa membuatnya dengan bentuk meja yang dapat dibuka dan ditutup layaknya lemari saat tidak di gunakan.

Anda bisa menentukan bentuk, ukuran, dan warnanya yang harus disesuaikan dengan konsep ruangan dimana meja kerja Anda diletakkan.

Sumber : Pinterest

3. Manfaatkan area tidak terpakai

Selain sudut rumah yang tidak digunakan, area bawah tangga pun bisa Anda manfaatkan untuk dijadikan area kerja Anda seperti pada contoh gambar diatas. Untuk ide ini Anda hanya tinggal menambahkan furnitur seperti meja kerja, kursi kantor, dan lemari file yang ditata sesuai dengan bentuk dari tangga.

Anda bisa temukan meja belajar dengan harga promo di hemat.id

Bisa dengan bentuk memanjang maupun bentuk L, kemudian jangan lupa untuk memberikan penerangan tambahan agar mata tidak mudah lelah. Dan Anda bisa mendekor dinding kosong agar lebih semangat dengan menggantungkan figura foto atau quote unik.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

4. Ciptakan sendiri

Jika memungkinkan Anda bisa menggunakan kamar yang tidak terpakai di rumah, seperti yang saya lakukan untuk ruang kerja saya. Saya menggunakan kamar yang biasanya digunakan untuk keluarga yang menginap, dikamar ini saya menciptakan ruang kerja yang cukup nyaman dan tenang.

Saya hanya mengambil sedikit area di sudut pojok kamar pas di sebelah tempat tidur pull up yang suami saya buat khusus, area kerja saya berbentuk L dengan tambahan rak dan kabinet gantung, saya menambahkan beberapa peralatan kantor yang umum digunakan dikantor. Karena selain saya, suami juga terkadang menggunakan meja kerja ini untuk mengerjakan pekerjaannya, sedangkan saya tidak membutuhkan peralatan kantor yang lengkap. Jadi perlengkapan kantor yang saya benar-benar gunakan hanya pena, hijang wire grid yang saya gunakan untuk menggantung note dan catatan waktu deadline pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Saya cukup puas dengan ruang kerja sederhana saya tapi saya masih ingin melakukan renovasi kecil, seperti memasang wallpaper untuk melengkapi tampilan area kerja saya.

Apakah Anda juga memiliki ruang kerja di rumah? Bagaimana Anda menatanya? Jika belum ada penataan meja kerja seperti apa yang Anda inginkan? Bagikan desain ruang kerja seperti apa yang Anda inginkan dan sharing komentar Anda dikolom komentar di bawah ini yuk.

Untuk mendapatkan perabotan ruang kerja lainnya anda bisa membuka hemat.id dan apllikasi Kliptalog untuk mendapatkan harga promo menarik dan terhemat di daerah anda.

Sumber :

//www.hometalk.com/44246276/turn-a-60-computer-armoire-into-a-cricut-craft-cabinet