Hasilkan Pundi-Pundi Rupiah, Ini 6 Pekerjaan yang Bisa Ibu Lakukan dari Rumah

Menjadi ibu di usia muda bukanlah hal yang mudah. Meskipun terlihat menyenangkan, namun menjaga anak dan mengurus rumah di usia yang masih terbilang muda menjadi tantangan tersendiri. Selain itu, masalah pekerjaan juga menjadi perhatian khusus bagi ibu. Kehadiran buah hati memang mau tidak mau memaksa ibu untuk harus tetap tinggal di rumah. Namun, ada sebagian ibu yang merasa kurang nyaman bila tidak mempunyai pekerjaan.

Beberapa orang tidak ingin pendidikan yang selama ini ditempuh dengan susah payah tidak dipergunakan dengan maksimal. Dilema masalah mengurus rumah dan bekerja memang sudah dirasakan para ibu di era milenial ini. Bila Anda juga termasuk salah satunya, jangan berputus asa terlebih dahulu. Berikut ini 6 pekerjaan yang bisa para ibu lakukan dari rumah.

1. Les privat

Bagi ibu yang pernah menempuh pendidikan tinggi, memang rasanya sayang bila pengetahuan tidak dimanfaatkan. Bila Anda mempunyai pengetahuan atau keahlian tertentu, jangan ragu untuk membuka les privat di rumah misalnya les matematika, bahasa inggris, ataupun les menggambar. Les privat ini tidak memakan banyak waktu lho, biasanya sekitar 3-4 jam saja dalam satu hari.

2. Penulis konten

Pekerjaan lain yang bisa ibu lakukan di rumah adalah menjadi penulis konten. Anda bisa bergabung dengan komunitas menulis atau menulis di blog dan website untuk menambah penghasilan. Bila ditekuni dengan serius, hobi menulis Anda bisa mendatangkan banyak uang tanpa harus meninggalkan rumah lho, modalnya hanya komputer dan akses internet saja.

3. Bisnis kuliner

Jangan anggap remeh hobi memasak ya. Bila Anda mempunyai hobi memasak, cobalah merambah ke bisnis kuliner. Sebagai awalan, Anda bisa menjual makanan yang dibuat pada teman, grup arisan, atau tetangga. Poin plus dari bisnis kuliner adalah Anda bisa sekalian masak untuk keluarga.

Alat Memasak Ini Wajib Ada Di Dapur Pemula

4. Menjadi pekerja seni

Mempunyai hobi dibidang seni atau kerajinan jangan sampai disia-siakan. Anda bisa menjual hasil karya Anda seperti lukisan atau kerajinan tangan. Bahkan Anda juga bisa menjadi freelance grafis desainer lho.

5. Berkebun

Mungkin banyak orang yang menganggap hobi berkebun cukup merepotkan. Namun, hobi berkebun ini ternyata menyimpan peluang bisnis yang tidak pernah mati. Anda bisa menjual sayuran organik hasil kebun sendiri. Pastikan Anda rajin berkebun agar hasil yang didapat melimpah dan bisa memenuhi kebutuhan sayuran organik.

6. Berdagang online

Pekerjaan yang satu ini memang bisa dilakukan siapa saja termasuk ibu muda. Berjualan online adalah salah satu peluang pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah. Manfaatkan media sosial dan marketplace untuk memasarkan produk dagangan. Pastinya semua itu bisa disambi mengurus anak dan keluarga.

Ada banyak perusahaan yang memberikan kesempatan bekerja secara freelance yang bisa dikerjakan dari rumah. Anda bisa memilih pekerjaan seperti itu yang sesuai dengan keahlian Anda. Hal terpenting adalah Anda bisa mengatur waktu antara bekerja, mengasuh anak dan mengurus keluarga. Anda bisa meminta dukungan suami saat memilih jenis pekerjaan apa yang cocok dan tidak mengganggu rutinitas sebagai ibu.

Ini Dia Untungnya Ibu Rumah Tangga Menjadi Freelancer

Bekerja dari rumah bagi ibu bukanlah hal yang mustahil. Anda hanya perlu melihat kemampuan atau hobi apa yang dimiliki. Dengan memanfaatkan hobi dan keahlian, ibu juga bisa produktif meski bekerja dari rumah sembari menjaga anak. Bila Anda teliti melihat peluang, hobi dan keahlian Anda bisa diubah menjadi pekerjaan yang menghasilkan uang.