Alat Masak yang Wajib Ada di Dapur Pemula

Sebelum Anda berbelanja alat-alat masak untuk mengisi dapur baru, Anda perlu ketahui dahulu masakan seperti apa yang biasa Anda masak sehari-hari. Dengan mengetahui satu hal penting ini, diharapkan peralatan yang Anda beli benar-benar akan digunakan dan sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda. Jangan masukkan panci ukuran super besar dalam daftar awal Anda, karena saya pikir peralatan masak seperti itu belum menjadi prioritas Anda saat ini.

Pertimbangkan material dan kualitas dari alat-alat masak yang Anda beli, karena mereka juga termasuk investasi jangka panjang. Peralatan masak yang memiliki harga murah biasanya memiliki bahan yang tidak terlalu bagus, baik untuk kesehatan dan juga mudah rusak. Serta pertimbangkan juga kenyamanan dan manfaatnya, lebih baik membeli alat masak mahal tapi memiliki masa pemakaian yang panjang, nyaman dan menyenangkan untuk di gunakan.

Berikut alat masak yang wajib ada di dapur pemula :

1. Set Peralatan Masak

Membeli barang dengan per set biasanya lebih murah dibandingkan membeli barang secara individu. Dan lagi dengan membeli barang sudah dalam bentuk per set akan menghemat waktu Anda untuk memilih perlengkapan apa yang baiknya anda beli.

2. Set Peralatan MakanĀ 

Jika Anda adalah orang yang suka dengan barang-barang yang serba matching, maka perlengkapan makan set adalah pilihan yang tepat untuk Anda.
Selain akan memberikan berbagai macam corak dan bentuk yang senada.

3. Pisau

Sekarang pisau pun sudah banyak sekali dijual dalam bentuk set. Setiap individual pisau memiliki bentuk dan kegunaan yang berbeda, pisau dalam bentuk set ini sangat lah cocok untuk Anda yang baru membangun rumah atau baru pidahan.

4. Sendok dan Gelas Ukur

Salah satu alat penting yang harus dimiliki baik pemula maupun chef sekali pun, karena dalam memasak takaran yang tepat dan sesuai adalah kunci keberhasilan suatu masakan.

5. Pengupas Buah

Alat ini sangat berguna untuk mengupas kulit buah maupun sayuran, sangat menghemat waktu dan harganya juga murah.

6. Beberapa Papan Pemotong

Memisahkan penggunaan papa pemotong berdasarkan jenisnya sangat penting di lakukan agar tidak mengontaminasi bahan makanan lain. Ada 3 jenis makanan yang wajib memiliki 1 papan pemotong sendiri, yaitu : sayur, daging, dan buah.

7. Peralatan Memasak

Peralatan masak yang menjadi pilihan saya adalah peralatan masak berbahan plastik, karena peralatan masak ini tidak membuat goresan pada peralatan masak Anda, mudah untuk disterilkan dan dibersihkan.

Lalu ada penjepit makanan, spatula, whisk jangan lupa untuk memiliki mereka juga, akan lebih baik lagi jika Anda membelinya dalam satu paket lengkap.

Saya tidak memasukkan set perlengkapan memasak kue karena menurut saya pribadi mereka optional saja, kecuali Anda memang hobi membuat kue maka perlengkapan ini bisa Anda tambahkan dalam daftar.

8. Dispenser

Saya pribadi lebih memilih dispenser dibanding memiliki kettle untuk memasak air, karena kita tidak perlu memasak air terlebih dahulu untuk menyeduh, teh, kopi atau sekedar ingin minum air hangat.

Karena kali ini kita membicarakan hal sangat dasar untuk dimiliki maka ada beberapa item yang belum saya sarankan untuk dibeli, misal :
1. Peralatan makan : Set piring saji, set gelas saji, set serving utensils.
2. Peralatan listrik : Blender, pemanggang roti, food processor, dan mixer
3. Kotak penyimpanan : Toples-toples dan kotak makan penyimpanan

Anda bisa melihat promo menarik di halaman hemat.id, semua perlengkapan elektronik dan peralatan masak di seluruh supermket, hypermarket, dan minimarket di daerah sekitar Anda akan disajikan lengkap di sana.

Berikan masukan dan ceita Anda, perlengkapan dapur apa yang pertama kali Anda miliki di rumah? Bagikan ceritanya pada kolom komentar di bawah.