Ide Olahan Kunyit Selain Jamu untuk Menambah Nafsu Makan pada Anak

Masyarakat Indonesia seringkali mengolah kunyit menjadi minuman kunyit asam. Sementara masyarakat India mengolah kunyit dengan cara dicampur dengan susu dan air hangat sebagai obat tradisional untuk mengobati flu, meningkatkan sistem imunitas tubuh dan mengurangi batuk. Bahkan kunyit bisa membantu meningkatkan nafsu makan lho Sahabat Hemat. Nah di artikel ini saya akan bagikan informasi menarik tentang kunyit dan ide olahan kunyit jadi makanan yang menarik untuk menambah nafsu makan anak. Yuk disimak artikelnya!

Apa saja manfaat kunyit bagi tubuh?

Kunyit atau curcuma longa biasa dikenal sebagai tanaman herbal yang sering dijadikan obat tradisional. Namun, ternyata kunyit juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak. Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, kunyit mengandung banyak zat bermanfaat, seperti kurkumin, minyak atsiri, tanin, karotenoid, saponin, flavonoid, alkaloid, sterol, fenol, asam fitat, karbohidrat, protein, lemak baik, serat, kalium, kalsium, zat besi, dan vitamin C. Jika dikonsumsi dengan jumlah yang sesuai maka kunyit dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Berikut manfaat-manfaat kunyit bagi tubuh:

Meningkatkan nafsu makan anak

Kandungan kurkumin pada kunyit dapat mempercepat pengosongan isi lambung yang membuat nafsu makan menjadi meningkat. Dosis per hari yang dianjurkan untuk diberikan pada anak yaitu kurang lebih 3-5 gram kunyit atau 2 rimpang kunyit ukuran sedang. Pemberian kunyit pada anak dapat dilakukan dengan cara mengambil air perasan dari kunyit yang sudah diparut kemudian air tersebut dapat dicampur dengan madu.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kunyit mengandung anti-inflamasi dan anti bakteri yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang infeksi virus dan bakteri. Kunyit juga dapat meningkatkan produksi leukosit atau sel darah putih.

Meredakan gejala masalah pencernaan

Kunyit seringkali dijadikan obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit pencernaan seperti contohnya peradangan usus atau Irritable Bowel Syndrome (IBS) yang seringkali menyebabkan gangguan masalah BAB jangka panjang. Penelitian juga menunjukkan bahwa antioksidan dan anti-inflamasi dapat membantu mengobati penyakit kolitis ulseratif dan penyakit Crohn. Kurkumin pada kunyit juga dapat membantu mengurangi tekanan gas pada perut dan mengurangi produksi asam lambung dan empedu yang berlebihan yang dapat menyebabkan penyakit maag. 

Mencegah alergi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat mencegah kondisi alergi, seperti rhinitis, sinusitis dan asma. Kunyit menghambat pembentukan sitokin dan IgE, dimana hal ini dapat meningkatkan sistem imunitas saat munculnya gejala alergi.

Menyembuhkan luka dan mengobati penyakit kulit

Anti-inflamasi dan antioksidan pada kunyit terbukti efektif untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit seperti eczema (atopic dermatitis), jerawat dan psoriasis. Kunyit juga dapat membantu dalam penyembuhan luka karena memiliki kandungan antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab infeksi dan mengurangi peradangan pada luka tersebut. Bahkan bisa digunakan untuk menyembuhkan luka yang terjadi setelah pencabutan gigi.

Meningkatkan daya ingat dan kinerja otak

Kurkumin memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu pengobatan penyakit Alzheimer, bahkan sudah dibuktikan dengan berbagai penelitian.

Membantu mencegah penyakit Jantung

Kurkumin pada kunyit dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kurkumin dapat meningkatkan fungsi endotelium (lapisan pembuluh darah) yang berperan penting untuk mengatur tekanan darah.

Mencegah Kanker

Kunyit mengandung senyawa fenolik dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain ini kunyit juga dapat membantu melawan penyebaran sel-sel kanker dan mengurangi efek samping dari kemoterapi dan radiasi.

Menurunkan kolesterol jahat

Antioksidan pada kunyit dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida di dalam darah. Hal ini dapat membantu mencegah penyakit serangan jantung, stroke dan aterosklerosis

Ide olahan kunyit untuk anak

Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa kunyit baik bagi kesehatan tubuh orang dewasa maupun anak kecil. Oleh karena itu yuk kita olah kunyit menjadi masakan yang menarik dan enak untuk anak-anak kita. Berikut resep masakan olahan kunyit yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi.

Resep Gimbap Nasi Goreng Kunyit

Bahan Gimbap:

  • Nori ukuran besar
  • 500 gr/ 1 piring nasi putih
  • 3 cm kunyit
  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • Bawang daun
  • 1 butir telur
  • 1 sdt garam

Bahan Isian Gimbap:

  • Bayam rebus
  • Wortel rebus
  • Chicken nugget

Cara Membuat:

1. Rebus bayam dan wortel untuk isian gimbap. Kemudian potong-potong wortel bentuk stick.

2. Goreng chicken nugget sampai matang

Promo Nugget hari ini 27 Apr 2024

Champ Nugget Crunchy Nugget 450 gr

Rp6.198 / 100 gr

Champ Nugget Crunchy Nugget 450 gr

Rp27.890 Rp41.675 33%

Hemat ★★★

Sampai 28 Apr 2024

TIP TOP
Hato Nugget Numero 500 gr

Hemat ★★★

Sampai 28 Apr 2024

Yogya
Mabell Nugget Ayam 500 gr

Mabell Nugget Ayam 500 gr

Beli 1 Gratis 1 Varian Ya...

Hemat ★★★

Sampai 28 Apr 2024

Yogya
Mabell Nugget Bubble 220 gr

Mabell Nugget Bubble 220 gr

Beli 1 Gratis 1 Varian Ya...

Hemat ★★★

Sampai 28 Apr 2024

Yogya
Belfoods Nugget Chicken Nugget, Chicken Nugget Stick 500 gr

Rp5.780 / 100 gr

Belfoods Nugget Chicken Nugget, Chicken Nugget Stick 500 gr

Rp28.900 Rp41.890 31%

Member Rp25.900

Hemat ★★

Sampai 01 May 2024

Superindo
Hemato Gold Nugget Ayam, Stikie 250 gr

Rp5.140 / 100 gr

Hemato Gold Nugget Ayam, Stikie 250 gr

Rp12.850 Rp17.930 28%

Hemat ★★

Sampai 28 Apr 2024

Hari Hari
Kanzler Chicken Nugget Crispy, Original 450 gr

Rp9.300 / 100 gr

Kanzler Chicken Nugget Crispy, Original 450 gr

Rp41.850

Khusus Member Rp. 40.950

Hemat ★★

Sampai 28 Apr 2024

Yogya
So Good Chicken Nugget Premium Original 400 gr

Rp9.563 / 100 gr

So Good Chicken Nugget Premium Original 400 gr

Rp38.250

Khusus Member Rp. 37.500

Hemat ★★

Sampai 28 Apr 2024

Yogya
Belfoods Royal Nugget Chicken Nugget Stick 500 gr

Rp9.180 / 100 gr

Belfoods Royal Nugget Chicken Nugget Stick 500 gr

Rp45.900 Rp56.900 19%

Hemat ★

Sampai 30 Apr 2024

Indomaret
Kanzler Chicken Nugget Crispy, Original, Stick Crispy 450 gr

Hemat ★

Sampai 02 May 2024

Alfamart

3. Kupas kunyit, bawang putih dan bawang merah, lalu blender semua bahan hingga halus. Jangan lupa tambahkan sedikit air ke dalam blender.

4. Potong-potong bawang daun. 

5. Goreng telur, kemudian pisahkan.

6. Tumis bumbu yang sudah di blender halus tadi, kemudian masukkan nasi putih dan aduk hingga bumbu merata.

7. Setelah nasi tercampur rata dengan bumbu tumisan, masukkan telur dan bawang daun yang sudah dipotong kecil-kecil. Tambahkan garam dan aduk semua hingga tercampur rata.

8. Siapkan nori ukuran besar dan taruh nasi goreng yang sudah matang tadi di atas nori tersebut. Lalu susun isian bayam rebus, wortel rebus dan chicken nugget di atasnya.

9. Jika sudah disusun semua maka gulung nori dan oles sedikit air di ujung nori agar nantinya bagian ujung tersebut menempel pada gulungan gimbap dan tidak mudah lepas.

10. Jika sudah digulung maka gimbap dapat dipotong kecil-kecil.

11. Jika sudah dipotong maka gimbap siap disajikan. Bisa juga ditambahkan mayonaise sesuai selera.

Nah, itulah ide olahan masakan kunyit yang dapat dijadikan bahan referensi untuk menu makan anak kita. Selain sehat dan enak, ide Gimbap Nasi Goreng Kunyit ini menarik dan dapat meningkatkan nafsu makan anak. Selamat mencoba ya!

Sumber:

  1. https://e-journal.unair.ac.id/JNERS/article/view/3923
  2. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/776/si-kuning-kunyit-kaya-manfaat