Perbandingan Susu Tropicana Slim dan Diabetasol

Bolehkah penderita diabetes minum susu? Susu memang dikenal sebagai sumber nutrisi untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan protein. Sedangkan beberapa jenis susu mengandung kadar gula dan lemak yang kurang cocok untuk penderita diabetes. Saat ini ada dua merk terkenal yang memiliki produk susu yang diklaim aman untuk penderita diabetes seperti Tropicana Slim dan Diabetasol. Nah kali ini hemat.id akan membahas perbandingan susu Tropicana Slim dan Diabetasol, kira-kira mana ya yang paling bagus untuk penderita diabetes? Yuk disimak artikelnya.

Perlukah penderita diabetes minum susu?

Diabetes adalah suatu penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah pada tubuh namun tidak dapat difungsikan secara maksimal oleh tubuh. Pentingnya memperhatikan nutrisi pada penderita diabetes agar kadar gula darah tetap stabil. Produk susu yang diklaim aman untuk penderita diabetes bukanlah obat yang bisa menurunkan kadar gula darah ya Sahabat Hemat. Susu yang dirancang khusus untuk penderita diabetes merupakan nutrisi yang dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil.

Kriteria susu untuk penderita diabetes

Penderita diabetes memerlukan susu khusus yang berbeda karena perbedaan metabolisme yang dimiliki. Bila mengkonsumsi semua jenis susu dikhawatirkan akan meningkatkan lonjakan gula darah. Lalu kira-kira susu seperti apa yang bagus dikonsumsi penderita diabetes? Setelah melakukan research dari berbagai literatur, berikut adalah kritera susu yang cocok untuk penderita diabetes :

Perbandingan Tropicana Slim dan Diabetasol untuk penderita diabetes dan diet

Mengapa Tropicana Slim dan Diabetasol untuk penderita diabetes? Karena varian produk yang dimiliki memiliki kriteria susu khusus yang bisa dinikmati oleh penderita diabetes. Selain itu, Tropicana Slim juga memiliki varian susu low fat yang cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet. Berikut jenis varian dari susu Tropicana Slim dan Diabetasol

Varian susu Tropicana Slim

Source: tropicanaslim.com

Susu Tropicana Slim memiliki banyak varian yang masing-masing memiliki keunggulan. Secara keseluruhan semua jenis susu ini cocok untuk diet, namun perlu Anda perhatikan perbedaan keunggulan masing-masing produk supaya tetap sejalan dengan kebutuhan nutrisi Anda.

Jenis Susu Keunggulan
Skim Milk
  • Bebas lemak, gula dan tinggi kalsium
  • Cocok untuk diet dan diabetes
  • Dilengkapi fitosterol untuk menurunkan kolestrol
Low Fat Milk
  • Bebas gula sehingga aman untuk diet dan penderita diabetes
  • Dilengkapi dengan serat pangan larut sehingga dapat menjaga kesehatan jantung
Collagen Drink
  • Memenuhi 100% kebutuhan vitamin C
  • Bebas gula
  • Mengandung 8000 mg kolagen untuk mempertahankan kesehatan kulit
Oat Drink
  • Aman untuk diabetes dan penderita jantung
  • Tanpa gula, rendah lemak dan sumber serat serta kalsium
Almond Drink
  • Tanpa gula, rendah lemak dan sumber serat serta kalsium
  • Cocok untuk diet dan penderita diabetes

Berdasarkan penjelasan pada tabel diatas seluruh varian Susu Tropicana Slim cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang diet dan penderita diabetes, namun perlu Anda garisbawahi hal itu bukan berarti susu Tropicana Slim tidak bisa dikonsumsi orang sehat yaa. Anda sangat bisa mencicipi varian Almond dan Oat Drink dengan kemasan sekali minum yang praktis.

Promo Susu Tropicana Slim hari ini 23 Apr 2024

TROPICANA SLIM Low Fat Milk Vanilla 500 gr

Sampai 29 Apr 2024

Tokopedia
Tropicana Slim Low Fat Milk Korean Strawberry 500 gr

Sampai 29 Apr 2024

Tokopedia
Tropicana Slim Soy Latte  10x15 gr

Sampai 29 Apr 2024

Tokopedia
TROPICANA SLIM Low Fat Milk Vanilla 500 gr

Sampai 29 Apr 2024

Blibli

Ragam varian susu Diabetasol

Source: diabetasol.com

Diabetasol hanya mengeluarkan satu jenis susu yaitu Diabetasol Powder yang terdiri dari varian rasa vanilla, coklat, cappucino dan almond oat. Susu Diabetasol juga tersedia dalam ukuran 170, 180, 630 dan 1000 gram. Diabetasol mengklaim bahwa produk mereka adalah pilihan nomor 1 bagi penderita diabetes karena memiliki beberapa keunggulan yaitu

  • Mengandung Vitadigest yang merupakan jenis Isomaltulosa
  • Indeks glikemik rendah yaitu 31 
  • Tinggi vitamin A, C, E, sumber zink dan protein
  • Sumber protein whey sebanyak 45%
  • Rendah laktosa dan bebas gluten
  • Sumber serat
  • Tanpa penambahan gula

Apa itu Isomaltulosa? Isomaltulosa adalah karbohidrat lepas lambat yang tinggi serat sehingga dapat menjaga gula darah tetap normal dan membuat kenyang lebih lama. Diabetasol dapat dijadikan sebagai pengganti makan karena gizinya lengkap dan seimbang. Waktu terbaik meminum susu Diabetasol adalah 2x sehari di pagi dan malam hari. Setiap sajian terdiri dari 4 sendok takar supaya gula darah tetap terjaga dan kenyang lebih lama.

Sebagai bahan informasi tambahan, Diabetasol juga mengeluarkan produk Diabetasol Sweetener, produk tersebut adalah pemanis alami nol kalori dengan ukuran 1,5 gram per sachetnya.

Promo Susu Diabetasol hari ini 23 Apr 2024

Diabetasol Special Nutrition for Diabetic Cappuccino 180 gr

Sampai 29 Apr 2024

Hypermart
Diabetasol Special Nutrition for Diabetic Chocolate 180 gr

Sampai 29 Apr 2024

Hypermart
Diabetasol Special Nutrition for Diabetic Chocolate 600 gr

Sampai 29 Apr 2024

Hypermart
Diabetasol Special Nutrition for Diabetic Vanilla 1000 gr

Sampai 29 Apr 2024

Hypermart
Diabetasol Special Nutrition for Diabetic Vanilla 180 gr

Sampai 29 Apr 2024

Hypermart
Diabetasol Special Nutrition for Diabetic Vanilla 600 gr

Sampai 29 Apr 2024

Hypermart
Diabetasol Special Nutrition for Diabetic Cappuccino 600 gr

Sampai 29 Apr 2024

Alfamart
Diabetasol Special Nutrition for Diabetic Chocolate 1000 gr

Sampai 29 Apr 2024

Alfamart
Diabetasol Special Nutrition for Diabetic Vanilla 1000 gr

Sampai 29 Apr 2024

Alfamart
Diabetasol Special Nutrition for Diabetic Vanilla 180 gr

Sampai 29 Apr 2024

Alfamart

Komposisi dan informasi nilai gizi susu Tropicana Slim vs Diabetasol

Susu Tropicana Slim Skim Milk terbuat dari susu bubuk skim (57,81%), serat inulin, pemanis alami sorbitol, maltodekstrin, ekstrak malt, bubuk perasa coklat/ vanilla/ coffee, kalsium karbonat, perisa sintetik, premiks vitamin dan mineral, pemanis buatan asesulfarm-K dan sukralosa. Sedangkan susu Tropicana Slim Low Fat Milk memiliki komposisi susu bubuk skim, bubuk butter milk, maltodekstrin, serat inulin, mineral kalsium, karbonat, perisa artifisial, premiks vitamin dan mineral, dan pemanis buatan asesulfarm-K.

Sepertinya memang cocok sekali ya Tropicana Skim Milk untuk penderita diabetes karena mengandung gula alternatif yaitu sorbitol yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan sebagai konsumsi sehat bagi penyandang diabetes.

Source: p2ptm.kemkes.go.id

Oke, kita berlanjut pada komposisi susu Diabetasol Powder. Diabetasol Powder mengandung bubuk, base, kaseinat, kakao bubuk, isomaltulosa, perisa sintetik, kalsium karbonat, vitamin C, pemanis buatan sukralosa (10mg/saji), vitamin A, antioksidan askorbil pamitat dan tokoferol, serta pemanis alami sorbitol.

Selanjutnya, mari saya ajak Anda mencermati informasi nilai gizi dibawah ini untuk mengetahui kandungan vitamin apa saja di setiap susu dan membandingkan masing-masing kandungannya. Jenis susu yang dibandingkan ini adalah Tropicana Slim Skim Milk dan Diabetasol Powder.

Tabel Kandungan Gizi Tropicana Slim Skim Milk (per 22,5 gram) dan Diabetasol Powder (per 60 gram)

Jenis Kandungan Tropicana Slim Skim Milk Diabetasol Powder
Energi total 80 kkal 260 kkal
Lemak total 0 gram 7 gram
Protein 7 gram 10 gram
Karbohidrat 12 gram 39 gram
Kolestrol 0 gram 5 mg
Gula 0 gram 0 gram
Natrium 90 mg 95 mg
Kalium 290 mg 8%
Vitamin A 65% 25%
Vitamin B1 40% 15%
Vitamin B2 35% 15%
Vitamin B3 35% 15%
Vitamin B6 35% 30%
Vitamin B12 60% 10%
Asam Folat 25%
Vitamin C 15% 40%
Vitamin D 25% 6%
Vitamin E 35% 10%
Kalsium 75% 15%
Fosfor 25% 15%
Magnesium 8% 15%
Zat Besi 6% 25%
Phytosterol 20 mg

Karena susu Tropicana Slim dan Diabetasol khusus untuk penderita diabetes maka kandungan gizinya hampir sama, tetapi ada beberapa kandungan yang membedakan yaitu susu Diabetasol mengandung omega 3 sebanyak 300 mg dan omega 6 sebanyak 1500 mg, sedangkan pada susu Tropicana Slim hanya varian Skim Milk Original Fiber Pro yang mengandung omega 3 yaitu sebanyak 5 mg. Meskipun demikian Tropicana Slim Skim Milk juga mengandung phytosterol sebanyak 20 mg yang berfungsi sebagai bahan alami yang membantu kolestrol jahat keluar dari tubuh.

Apakah susu Tropicana Slim dan Diabetasol mengandung gula?

Baik Tropicana Slim dan Diabetasol sama-sama tidak mengandung gula sesuai dengan informasi nilai gizi yang tertera dalam kemasan. Bila demikian sudah pasti dijamin aman ya untuk penderita diabetes dan cocok menjadi konsumsi nutrisi bagi yang sedang diet.

Perbandingan jumlah kalori susu Tropicana Slim vs Diabetasol

Jumlah kalori pada Tropicana Slim dan Diabetasol bisa Anda cermati pada list kalori berdasarkan varian susu dibawah ini

  • Tropicana Slim Skim Milk 80 kkal per 22,5 gram
  • Tropicana Slim Low Fat 160 kkal per 45 gram
  • Collagen Drink 60 kkal per 16 gram
  • Oat Drink 80 kkal per 190 ml
  • Almond Drink 60 kkal per 190 ml
  • Diabetasol Powder 260 kkal per 60 gram

Bila kita bandingkan susu Tropicana Slim varian Skim Milk dan Low Fat memang lebih rendah kalori dibanding Diabetasol Powder. Misalnya, Skim Milk mengandung 80 kkal per 22,5 gram bila 60 gram maka mengandung sekitar 213 kkal. Kandungan kalori susu Diabetasol lebih tinggi dibandingkan susu tropicana slim karena nutrisinya lebih padat dan bisa dijadikan sebagai pengganti makan utama.

Jumlah kalsium susu Tropicana Slim vs Diabetasol

Bagi penderita diabetes kalsium tetap harus dipenuhi karena kalsium dapat memperbaiki metabolisme glukosa dalam tubuh, maka dari itu Tropicana Slim dan Diabetasol dibuat dengan kandungan kalsium didalamnya. Kandungan kalsium susu Tropicana Slim Skim Milk sebanyak 75% per 22,5 gram sedangkan Diabetasol hanya 15% per 60 gram. Pada Tropicana Slim varian Low Fat juga mengandung 65% kalsium setiap 45 gram.

Jumlah lemak total pada susu Tropicana Slim dan Diabetasol

Kembali cermati tabel informasi gizi yang telah Anda baca sebelumnya, lemak total pada Tropicana Slim Skim Milk adalah 0 gram sedangkan Diabetasol Powder 7 gram. Tetapi pada varian Low Fat, susu Tropicana Slim mengandung hanya 0,5 gram lemak total. Kandungan tersebut tergolong rendah bila dibandingkan dengan Oat dan Almond Drink sebanyak 2,5 hingga 3 gram.

Kandungan lemak 7 gram pada Diabetasol tidak memiliki selisih jauh dengan kandungan lemak pada susu Ensure yang diperuntukkan untuk lansia sebagai kebutuhan nutrisi yaitu sebanyak 6 gram, sehingga tetap dijamin aman dikonsumsi penderita diabetes.

Baca juga Perbandingan Susu Entrasol dan Ensure

Efek samping konsumsi susu Tropicana Slim dan Diabetasol

Efek samping yang muncul bila mengkonsumsi susu biasanya berupa reaksi alergi seperti diare, mual dan muntah. Tetapi efek samping tersebut hanya untuk orang yang alergi dengan susu. Pada orang normal sejauh ini tidak ditemui kasus dan laporan terkait efek samping yang merugikan dari konsumsi susu Tropicana Slim dan Diabetasol. Konsumsi kedua susu tersebut memiliki efek positif untuk kesehatan tubuh.

Harga dan varian rasa produk Tropicana Slim dan Diabetasol

Rasa, ukuran dan harga masing-masing produk tentunya memiliki perbedaan. Sebagai informasi lengkap dan ringkas apa saja varian rasa, ukuran dan harga susu Tropicana Slim maupun Diabetasol dapat dilihat pada tabel ini

Jenis Susu Harga Ukuran Varian Rasa
Tropicana Slim Skim Milk Rp78.000 – Rp115.000 500 gr
  • Original
  • Coklat
  • Coffee
  • Fiber Pro Original
Rp179.000 – Rp 204.000 1000 gr
Tropicana Slim Low Fat Milk Rp75.500 – Rp 82.000 500 gr
  • Coklat
  • Macchiato Coffee
  • Vanilla
  • Korean Strawberry
Rp 65.000 – Rp 84.000 1000 gr
Tropicana Slim Collagen Drink Rp145.000 – Rp160.000 250 gr
Tropicana Slim Oat Drink Rp6.500 – Rp7.500 190 ml
Tropicana Slim Almond Drink Rp7.500 – Rp 9.800 190 ml
Rp42.000 – Rp53.000 170 gr
Rp50.000 – Rp68.000 180 gr
Rp119.000 – Rp129.000 630 gr
Diabetasol Powder Rp210.000 – Rp225.000 1000 gr
  • Vanila
  • Coklat
  • Cappucino
  • Almond Oat

Perbandingan dari jenis varian sudah jelas bahwa Tropicana Slim memiliki varian lebih banyak. Untuk varian rasa antara Tropicana Slim maupun Diabetasol memiliki pilihan rasa yang hampir sama. Dalam segi ukuran kemasan, Diabetasol lebih banyak menyediakan variasi ukuran sehingga memudahkan konsumen yang baru akan mencoba produk dengan cara membeli ukuran kecil terlebih dahulu. Berdasarkan harga, pada kemasan yang sama yaitu 1000 gram Diabetasol tergolong lebih mahal dibanding Tropicana Slim Skim Milk dengan selisih harga hingga Rp50.000.

Kesimpulan

Selesai sudah artikel perbandingan Tropicana Slim dan Diabetasol. Secara ringkas dapat disimpulkan bahwa baik Tropicana Slim dan Diabetasol memilki keunggulan dan kelemahan masing-masing yang berbeda. Tropicana Slim tergolong lebih murah dan memiliki banyak varian rasa serta kandungan kalori yang cukup rendah, sedangkan Diabetasol memilik banyak pilihan ukuran dan mengadung omega 3 dan 6 yang baik untuk tubuh. Dari segi fungsinya, susu Diabetasol lebih dirancang untuk penderita diabetes karena kandungan nutrisinya lengkap sehingga bisa dijadikan sebagai pengganti makan utama. Sedangkan susu Tropicana slim adalah susu rendah kalori untuk diet namun tetap aman dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Sumber

  1. https://p2ptm.kemkes.go.id/
  2. https://p2k.stekom.ac.id/
  3. https://perpus.poltekkesjkt2.ac.id/