Ide Resolusi Tahun Baru yang Sederhana dan Bermanfaat

Bagi sebagian orang, merancang resolusi adalah salah satu tradisi untuk menyambut tahun baru. Kegiatan ini cukup populer di berbagai kalangan. Tapi sebenarnya, apa sih definisi resolusi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, resolusi adalah kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat. Dari definisi tersebut, kita juga bisa menyebutkan bahwa resolusi adalah pernyataan tertulis yang biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal. Selain berlaku untuk organisasi, resolusi juga berlaku untuk diri sendiri. Dalam konteks pribadi, resolusi bisa juga diartikan sebagai “tuntutan” kepada diri sendiri untuk melakukan atau menghindari suatu hal. Inilah yang seringkali ditetapkan menjelang tahun baru.

Merancang resolusi merupakan kegiatan positif untuk menyambut tahun baru dengan harapan kita menjadi manusia yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Namun sayang, banyak orang yang kurang memaknai resolusi itu sendiri sehingga sebagian besar hanya menjalankannya di satu atau dua bulan pertama. Salah satu alasan utama yang menggagalkan resolusi tersebut adalah kurangnya kedisiplinan atau rancangan resolusi yang tergesa-gesa dan kurang matang.

Nah, untuk mengurangi kegagalan menjalankan resolusi, Anda perlu memulainya dengan sederhana. Berikut adalah beberapa ide resolusi tahun baru yang sederhana dan jauh dari kata “muluk-muluk”, namun sangat bermanfaat untuk membawa Anda menjadi pribadi yang lebih baik.

Belajar Memasak

Sumber: Dreamstime

Manusia memerlukan skill untuk mengolah makanan, terlepas dari gender apapun itu. Dengan kemampuan memasak, pengeluaran menjadi lebih hemat dan makanan yang dikonsumsi menjadi lebih sehat. Budget dan bahan untuk konsumsi sehari-hari dapat diatur sendiri, disesuaikan dengan kemampuan. 

Baca juga tips belanja hemat disini

Anda dapat memulai resolusi ini dengan langkah sekecil mengeksplorasi resep-resep makanan, baik melalui buku masak ataupun internet. Setelah mengeksplorasi resep, Anda dapat mulai praktik dengan memasak makanan yang menurut Anda paling sederhana. Seiring berjalannya waktu, kemampuan Anda akan meningkat dan olahan yang Anda buat semakin beragam.

Tips mengolah masakan agar higienis dan bergizi

Membaca Lebih Banyak Buku

Sumber: Pinterest

Buku adalah salah satu media yang efektif membuka pikiran seseorang. Namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya kesibukan, beberapa orang yang tadinya gemar membaca jadi berkurang frekuensi membacanya. Buku-buku baru hanya tergeletak di rak buku tanpa diselesaikan atau bahkan, tanpa dibaca sama sekali.

Untuk meningkatkan semangat membaca, Anda bisa membuat resolusi tahun baru untuk membaca lebih banyak buku. Sebaiknya Anda tetapkan secara spesifik, berapa jumlah buku yang ingin Anda “lahap” dalam setahun. Setelah itu, konversikan target tahunan tersebut menjadi target bulanan. Dengan mengetahui pasti jumlah target bacaan per bulan, Anda akan mendapat gambaran jelas akan resolusi tersebut. Sisanya tinggal menjaga komitmen Anda untuk mencapainya!

Belajar Bahasa Asing

Manusia memiliki banyak sekali bahasa yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Bahasa-bahasa tersebut adalah hal yang sangat menarik dan bermanfaat untuk dipelajari. Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari mempelajari bahasa asing. Sedikit di antaranya seperti meningkatkan pengetahuan global, meningkatkan nilai positif diri, dan membantu memahami budaya lain dengan lebih baik. Dengan memiliki banyak kemampuan bahasa asing, Anda akan punya akses terhadap lebih banyak informasi dari berbagai bahasa. Mirip dengan membaca buku, ini akan semakin membuka wawasan Anda dan membuat Anda semakin menghargai keberagaman di seluruh dunia.

Menekuni Hobi Baru

Sumber: Flickr

Hobi adalah salah satu cara untuk menyeimbangkan antara kehidupan profesional atau pekerjaan dengan kehidupan personal. Ada banyak sekali kegiatan bermanfaat yang layak untuk dijadikan hobi, seperti fotografi, hiking, berenang, memasak, bercocok tanam, dan lain sebagainya. Hobi adalah alternatif untuk menghindari stress dan sebagai sarana menyegarkan pikiran. 

Namun, jika terlalu lama bergelut di hobi yang sama, bisa jadi kita malah merasa bosan. Untuk mengembalikan keseruan menjalani hobi, Anda dapat mencoba sebuah hobi baru. Semakin banyak hobi baru yang Anda coba, semakin banyak pula pengalaman baru yang Anda dapatkan dan hal baru yang Anda pelajari. Daripada menghabiskan hari libur dengan hanya berada di depan layar, tentu saja akan lebih bermanfaat jika Anda menambah pengalaman melalui hobi yang Anda tekuni. 

Di tengah kebosanan #DiRumahAja akibat pandemi, ternyata tahun 2020 berlalu dengan sangat cepat. Biasanya akhir tahun diisi dengan kegiatan liburan dan berkumpul dengan keluarga. Namun sayangnya, demi kesehatan dan kebaikan kita beserta keluarga, tahun ini kita merayakan pergantian tahun sebaiknya tanpa berpergian ataupun berlibur. Sisi positifnya, kita punya lebih banyak waktu untuk merenung dan menyusun rencana apa saja yang akan kita lakukan dan yang ingin kita capai di tahun berikutnya.

Perlu diingat, merencanakan resolusi saja sangatlah sia-sia jika tidak disertai dengan langkah nyata. Setelah merencanakan dengan baik, Anda tetap membutuhkan kedisiplinan dan aksi nyata untuk mewujudkan resolusi tersebut. Penting untuk menjaga semangat ber-progress sampai akhir tahun, demi merasakan hasil positif dari proses positif yang kita lalui sepanjang tahun. Selamat tahun baru!

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!