Tips Mengisi Waktu Luang Saat di Rumah

Hai Sahabat Hemat. Sudah menghitung jam nih menuju tahun yang baru. Tahun 2020 ini rasanya struggle sekali ya. Dengan pandemi dan kondisi ekonomi yang goyang sebagai akibatnya. Semoga kita sehat – sehat selalu ya.

Siapa yang kangen liburan? Ada rencana apa untuk liburan akhir tahun ini Sahabat Hemat? Saya berencana melewatkan akhir tahun dirumah saja bersama keluarga. Ada list rencana yang sudah saya siapkan untuk menghabiskan akhir tahun ini sambil menyambut tahun baru yang diharapkan akan lebih baik dan menyenangkan untuk dijalani. Kalau – kalau Sahabat Hemat sedang mencari kegiatan mengisi liburan akhir tahun ini, saya punya beberapa ide yang semoga membantu. Yuk, check it out.

Decluttering

I’m decluttering addict by the way. Decluttering atau tyding up adalah proses merapikan rumah. Untuk saya pribadi decluttering itu seperti stress release. Memilah, memilih lalu merapikan itu memberikan rasa yang menyenangkan dan memuaskan saat melihat hasilnya. Salah satu metode decluttering yang hits adalah KonMari Method yang diciptakan wanita asal Jepang, Marie Kondo. Fokus metode ini adalah spark joy dimana kita hanya menyimpan barang yang benar – benar memberikan kegembiraan saat kita menggunakannya. Tapi saya pribadi tidak mencontek seratus persen metode ini. Saya menyesuaikan dengan keadaan dan keluarga yang ada dirumah. Saya pun tidak memaksakan proses ini kepada anggota keluarga lain. Saya berusaha menjalankannya dengan santai dan menjadikan prosesnya sebagai muhasabah diri.

Cara saya adalah dengan mengeluarkan semua barang di satu area yang ingin saya bereskan. Misalnya lemari pakaian. Setelah semua barang dikeluarkan, saya akan mengambil satu per satu barang lalu membuat pertanyaan, kurang lebih seperti ini :

  1. Apakah barang ini membuat saya senang dan percaya diri saat memakainya?
  2. Apakah barang ini saya pakai dalam jangka waktu tiga bulan lalu atau hanya disimpan dilemari?
  3. Apakah di masa depan saya akan memakainya lagi?

Jika masih ragu, saya akan menyimpan barang tersebut sebulan atau dua bulan lagi untuk memutuskan apakah saya akan memakainya atau sebaiknya disingkirkan. Barang – barang yang tidak terpakai akan saya jual sebagai barang preloved atau didonasikan. Decluttering sebaiknya dilakukan bertahap dan penuh kesadaran. Agar dalam prosesnya kita happy, nggak merasa cape, terburu – buru atau bosan. Karena itu decluttering memang sebaiknya dilakukan saat ada waktu luang.

proses decluttering ala konmari method
Klik gambar untuk memperbesar

Decluttering seperti introspeksi diri atas uang yang sudah saya belanjakan. Dari decluttering saya bisa melihat apakah selama ini saya belanja sesuai kebutuhan atau hanya lapar mata. Apakah barang yang saya beli berguna atau menjadi pajangan saja. Dengan decluttering kita bisa mengisi liburan, sambil berbenah rumah, sambil instrospeksi diri untuk lebih bijak dalam berbelanja.

Mencari Investasi

Bukan hanya menabung, sekarang banyak orang yang mulai mempertimbangkan untuk berinvestasi dengan tujuan agar uang yang ada tidak stuck dan bisa berkembang hingga saatnya dibutuhkan kelak. Investasi bisa dalam beragam bentuk, investasi saham, investasi valuta asing, investasi emas, investasi reksadana, dan sebagainya. Saya sedang memikirkan pilihan investasi untuk tabungan pendidikan anak saya yang berumur dua tahun. Berharapnya sih saat dia masuk usia sekolah dana sudah tersedia, jadi uang yang diinvetasikan sekarang bisa terus menggulung dan tidak perlu digunakan jika tidak mendesak. 

Investasi tidak harus dengan nominal yang besar kok. Bisa perlahan-lahan dengan nominal sesuai kemampuan, dilakukan rutin dan terus menerus pasti akan menghasilkan nominal yang memuaskan. Selain itu investasi tidak hanya dalam bentuk uang lho, tapi juga dengan cara membantu orang lain atau beramal. Investasi dengan cara ini justru memberikan feedback yang kadang lebih besar dari yang kita harapkan, karena biasanya Tuhan memberikan hasil investasi itu dalam bentuk yang sangat tidak terduga nilainya.

Kelas Online

online class at home
sumber : unsplash.com

Salah satu efek dari pandemi adalah kita dipaksa untuk menyesuaikan diri dengan dunia digital dengan lebih cepat. Karena keterbatasan ruang gerak, banyak kegiatan yang dilakukan secara daring. Nah ini pun bisa dijadikan salah satu kegiatan saat liburan, yaitu mengikuti kelas online. Banyak sekali kelas online yang free dan berbayar yang bisa diikuti sekarang. Salah satu kelas online yang sedang saya ikuti adalah kelas berbayar Muslimah Melek Sehat. Tapi timing yang saya pilih sepertinya kurang pas, jadi saya sulit untuk bisa fokus mengikuti kelasnya karena waktu yang terbatas.

Ada juga kelas membuat yoghurt, membuat sabun, kelas membuat kompos, kelas mengatur keuangan, kelas photography dan lain sebagainya. Selain menambah pengetahuan kita, kelas seperti ini akan menambah relasi dan koneksi dengan orang – orang yang memang se-frekuensi sehingga lebih “nyambung” dan menjadi jalan kita untuk lebih mengembangkan hobi dan potensi. Sahabat Hemat sudah mengikuti kelas online apa saja? Share yuk di kolom komentar, jadi kita bisa saling berbagi informasi kelas yang menarik untuk diikuti.

Berkebun

Mungkin karena sejak Maret 2020 kita lebih banyak dirumah aja, banyak orang yang mulai intens untuk berkebun lagi. Kegiatan yang mungkin dulu sering terlupakan karena kita sibuk beraktifitas diluar rumah. Terbukti dari minat masyarakat untuk membeli tanaman yang semakin meningkat. Banyak tanaman yang tiba – tiba jadi hits dan harganya melonjak tajam di tahun ini, mau tahu apa aja? simak artikel berikut ya

Tanaman Hias, Si Pencuri Hati di Masa Pandemi

Banyak manfaat berkebun yang bisa kita dapatkan seperti Vitamin D dari sinar matahari pagi yang baik untuk sistem imun, kebahagiaan saat bisa menumbuhkan dan merawat tanaman dengan baik, kesenangan saat panen, konsumsi makanan lebih sehat karena ditanam sendiri, bahkan bisa mendatangkan uang jika ditekuni seperti menanam hidroponik dirumah.

Membuat hidroponik sederhana dirumah

mengajarkan anak berkebun
sumber : unsplash.com

Untuk anak-anak, berkebun merupakan hal baru yang menyenangkan. Bisa berkenalan dengan alam, bermain tanah, bertemu banyak binatang kecil dan sebagainya. Imunitasnya pun akan terbentuk dengan baik, bonding dengan orangtua akan tercipta dengan menyenangkan serta mengajarkan mereka bagaimana tanaman tumbuh dari bibit hingga menghasilkan bunga dan buah. Serta bersyukur atas nikmat yang Tuhan berikan.

Manfaat berkebun untuk anak

Mencoba Resep Baru

healthy food homemade
sumber : unsplash.com

Kegiatan menyenangkan dan mengenyangkan nih, hehe. Salah satu goal saya di tahun baru nanti bisa mencoba resep baru yang lebih sehat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Saya ingin mengenal lebih banyak bahan makanan, mengetahui karakteristiknya dan mempelajari proses memasaknya dengan benar sehingga nutrisinya tetap terjaga dan rasa yang paling optimalnya bisa keluar. 

Saya beberapa kali menonton drama Korea yang temanya tentang memasak. Di drama itu digambarkan pemilihan bahan yang baik, cara preparasi dan timing saat mengolah makanan adalah kunci kelezatan masakan ala Chef. Dijelaskan kelezatan steak daging merah akan sangat keluar saat dipadukan dengan jenis wine yang tepat. Penambahan sejumput bumbu tertentu akan mengubah keseluruhan rasa masakan. Dapur itu benar – benar area kecil yang dipenuhi berjuta ilmu ternyata. Yuk explore dapurmu dengan menu baru yang menarik.

Baca juga Variasi Hidangan Natal dan Tahun Baru Lebih Spesial

Skincare

To be honest, I’m skincare lover, hehe. Mencoba berbagai macam skincare baru sangat menyenangkan untuk saya. Memakai skincare  itu seperti bentuk taking care of myself. Cara saya menjaga dan merawat diri. Kenapa dilakukan saat waktu luang? Karena mengenali kulit wajah dan memilih skincare yang tepat itu butuh waktu. Jika berkenalan dengan baik, Anda bahkan bisa tahu bahan aktif apa yang paling pas di kulit anda. Anda bisa paham tekstur skincare seperti apa yang baik diaplikasikan ke kulit Anda.

Skincare itu benar – benar personal, harus dicoba sendiri dan dirasakan efeknya. Karena nggak ada skincare yang bagus hasilnya disemua orang. Setiap skincare memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing tergantung diaplikasikan ke jenis kulit seperti apa. Bahkan bisa dipengaruhi jenis musim, seperti sekarang kita memasuki musim penghujan akan beda skincare yang cocok dengan saat musim kemarau. 

line skincare kulit kombinasi
sumber : dokumentasi pribadi

Ini contoh line skincare yang saya pakai. Saya ambil dari dokumentasi pribadi saya di Instagram karena file aslinya sudah hilang. Line skincare ini sudah jauh berbeda dari yang saya pakai sekarang. Tapi ini salah satu kombinasi line skincare yang oke sekali di kulit saya pada masanya. Pembahasan skincare ini bisa panjang kali lebar kalau dilanjutkan, hehe. Jadi next time saya berniat membahasnya dalam artikel terpisah.

Itulah beberapa ide menghabiskan liburan dirumah yang bisa Sahabat Hemat coba. Sebenarnya banyak sekali ide lainnya jika kita mau mengexplore lebih jauh. Kembali ke masing –  masing individu, pribadinya seperti apa, minatnya seperti apa, hobinya seperti apa. Saya berharap kita bisa menghabiskan akhir tahun ini dengan penuh rasa syukur agar energi positif terus hadir dan menjadi imun booster untuk menghadapi pandemi yang semoga segera berakhir. Selamat berlibur Sahabat Hemat. Selamat membeli kalender baru. Happy New Year!

 

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!