Ide Kado Pernikahan Kaum Milenial

Apakah Anda sering merasa kesulitan memilih kado saat salah satu keluarga atau sahabat dekat akan melangsungkan pernikahan? Walau ada pilihan memberikan uang tapi secara pribadi saya lebih suka memberikan kado kepada kedua mempelai. Alasannya adalah agar lebih bermanfaat dan meninggalkan kenangan setiap kali mereka melihat hadiah yang kita berikan.   

Salah satu hobi baru saya semenjak pandemi adalah rajin membuka website online shop walau tidak selalu sedang mencari sesuatu tapi hal ini sedikit mengobati rasa kangen saya berjalan-jalan ke mall untuk mencuci mata, dan sering sekali saya secara tidak sengaja menemukan barang-barang unik untuk pasangan atau perabotan rumah tangga yang sedang tren saat ini.

Karena hobi baru saya ini membuat saya jadi makin sering memberikan hadiah ke pasangan yang baru menikah dibandingkan memberikan uang, walau suami terkadang protes karena tidak praktis. Apalagi memberikan amplop terkadang membuat saya tidak nyaman karena harus memikirkan nominal yang sesuai, terutama jika kita mengenal baik kedua mempelai atau salah satu pihak keluarga. 

Tapi untuk orang-orang tertentu saya yang bersikeras untuk memberikan hadiah berupa barang saja, terutama jika pasangan yang akan menikah adalah sahabat dekat saya atau keluarga dekat agar barang yang kita beli benar-benar sesuai dan dibutuhkan.

Berikut beberapa ide kado pernikahan yang sedang tren dan cocok untuk kaum milenial :

Ide Kado pernikahan zerowaste
sumber : twritter

1. Set peralatan makan dari kayu

Saat ini hampir semua orang suka dengan drama Korea, dari anak remaja sampai ke ibu – ibu berlomba mencari tahu apa drama Korea terbaru (termasuk saya). Dan para penggemar drama Korea pasti tidak asing dengan barang ini, setiap ada adegan makan perlengkapan makan kayu sering digunakan.

Saya pun jadi tertarik untuk mencari tahu dan ternyata ada banyak sekali online shop yang menjual set peralatan makan dari kayu ini, bahkan dibuat menjadi hampers yang cantik sehingga cocok sekali dijadikan kado pernikahan.

Ide kado pernikahan lampu unik
sumber : shopee.com

2. Home decor unik

Pasangan baru yang sudah memiliki rumah, atau masih mengontrak tentu akan senang sekali menerima home decor unik yang ada wajah mereka. Home decor custom-nya pun bermacam-macam bisa jam dinding, lukisan wajah, lampu tidur, atau pun karikatur wajah mereka. Dijamin mereka akan suka dan hadiah dari Anda dan hadiah Anda pasti akan akan dipajang untuk mempercantik tampilan rumah mereka.

ide kado pernikahan hampers
sumber : pinterest

3. Hampers perlengkapan mandi

Siapa sih yang akan menolak hampers yang isinya perlengkapan mandi, karena mandi adalah salah satu kebutuhan yang paling dasar. Apalagi jika handuknya di bordir dengan nama kedua pasangan pengantin, bisa nama panggilan atau sebutan unik lainnya. Bisa “Mr” dan “Ms” atau inisial nama dari kedua mempelai.

Sumber : Pixabay

4. Buku seputar pernikahan

Walau sekarang buku mulai tidak populer karena Anda bisa menemukan apa saja di internet, tapi menurut saya buku tetap memiliki tempat di rumah. Membaca buku sudah menjadi seni menurut saya, karena ada beberapa orang yang sengaja menciptakan ruang baca atau perpustakaan mini dirumah mereka.

Apalagi sensasi membaca buku secara langsung dengan membaca buku secara online tentu akan sangat jauh berbeda, memegang sesuatu yang nyata dan membalik setiap halaman tentu tidak akan di dapatkan dengan membaca buku secara online.

Pilihlah buku dari penulis yang disukai salah satu pengantin, pilihlah buku best seller, atau buku rekomendasi pribadi dari Anda.

Ide kado pernikahan barang elektronik
Sumber : Ruparupa.com

5. Elektronik

Walau ini adalah kado yang “biasa” tapi memberikan perlengkapan elektronik seperti rice cooker, blender, toaster, mixer, setrika, kipas angin dan perlengkapan elektronik lainnya akan sangat mempermudah dan mempercepat kerja mereka dalam memasak atau membersihkan rumah yang mungkin belum terpikir untuk membelinya karena bukan prioriatas.

Atau Anda bisa memberikan produk elektronik rumah tangga yang lebih mahal, seperti mesin cuci, televisi LED, dispenser atau vacum cleaner dengan mengajak beberapa teman atau saudara untuk ikut berpartisipasi. Sebelum membeli, membaca review barang yang akan anda beli akan memberikan gambaran fungsi dan range harga serta info promo yang sedang berjalan, seperti artikel berikut ini.

 Panduan Tepat Memilih TV

Selain produk-produk elektronik diatas sekarang ada banyak sekali alat elektronik unik yang multifungsi, seperti kipas angin tapi modelnya seperti AC yang dilengkapi juga dengan remote layaknya AC pada umumnya.

ide kado pernikahan peralatan memasak
Sumber : Mr. Kitchen

6. Peralatan masak

Peralatan masak menurut saya adalah perabotan yang esensial bagi pasangan pengantin baru, mereka mungkin belum familiar dengan peralatan masak apa saya yang harus dimiliki. Pastikan pilih peralatan masak yang berkualitas baik agar dapat dipakai lama dan hasilnya maksimal. Atau memberikan peralatan masak yang jarang dibeli pasangan baru seperti food processor, air fryer atau slow cooker yang kemungkinan jarang juga diberikan oleh para tamu undangan yang lain sehingga mempelai tidak mendapatkan kado yang sama beberapa item.

Itulah beberapa ide kado yang semoga bisa membantu Anda memilih kado yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan pengantin baru di jaman milenial. Anda mungkin bertanya dan sedang berpikir dimana dan berapa budget yang harus disiapkan untuk barang-barang  diatas. Jangan khawatir, Anda tinggal buka hemat.id dan buat daftar belanjaan Anda dengan menggunakan aplikasi Kliptalog. Jadi Anda tidak perlu repot-repot mengunjungi berbagai macam supermarket untuk mendapatkan barang yang Anda inginkan dengan harga yang sesuai. Dan yang lebih menggembirakan lagi adalah Anda pun bisa mendapatkan harga promo terhemat dengan penawaran-penawaran menarik lainnya.

Apakah Anda memiliki ide kado pernikahan untuk kaum milenial yang unik lainnya? tuliskan di kolom komentar di bawah dan jangan lupa berikan alasannya.