Jadi Ibu Milenial, Terapkan 7 Pola Asuh Anak Ini

Menikah dan menjadi ibu pada usia muda memang menjadi pilihan bagi sebagian orang. Menjadi ibu di era milenial ini memang bukan hal yang mudah. Ada banyak tantangan yang dihadapi terlebih dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Agar tetap menjadi ibu masa kini yang keren, berikut ini 7 pola asuh yang bisa diterapkan di era milenial ini.

1. Tinggalkan pola asuh lama yang kaku

Mungkin dulu saat Anda kecil, orangtua menuntut anak untuk selalu mengikuti orang tua dan pola asuh yang ketat. Namun, karena zaman sudah berubah, Anda tidak harus menerapkan pola asuh yang sama seperti orangtua anda dahulu. Anak bukanlah robot yang harus mengikuti semua aturan tanpa alasan yang jelas. Tugas Anda hanya membimbing anak agar mereka berkembang dengan natural dengan moral yang baik. Sebelum menerapkan peraturan tertentu dalam keluarga, pastikan untuk memberi penjelasan terlebih dahulu. Sehingga anak bisa memahami mengapa peraturan tersebut perlu diberlakukan dalam keluarga.

 

2. Ibu harus melek teknologi

Kemajuan teknologi adalah hal yang tidak bisa dielakkan di era milenial ini. Sehingga ibu milenial wajib menguasai berbagai jenis gadget agar bisa mengimbangi perkembangan anak. Menguasai berbagai jenis gadget juga akan mempermudah Anda untuk memantau anak menggunakan gadget dan juga pergaulan mereka di media sosial. Bukan bermaksud untuk memata-matai pergaulan anak, namun akan lebih baik bila ibu juga mengetahui seperti apa teman-teman anak di dunia maya.

3. Ikuti perkembangan anak

Meskipun ibu memiliki kesibukan tersendiri di rumah, memantau perkembangan anak tetap menjadi tugas utama. Bila memungkinkan, hindari menitipkan anak pada pengasuh. Namun, bila keadaan memaksa Anda untuk bekerja, pastikan untuk selalu memantau perkembangan anak.

4. Jangan lupakan quality time

Quality time dengan keluarga juga menjadi hal yang sangat penting. Seberapapun kesibukan Anda, sempatkan memberikan quality time seperti menemani anak bermain atau belajar, menonton TV bersama, membaca cerita, memasak bersama, dan sebagainya. Jangan biarkan anak merasa sendiri dan menjadi kurang kasih sayang karena orangtua tidak memberikan perhatian yang cukup.

5. Menjadi teman untuk anak

Banyak anak yang takut dan tidak nyaman berada dekat dengan orangtua. Anak berpikir bila orangtua itu kolot, kuno, dan tidak mengerti dunia anak muda. Sebagai ibu milenial yang keren, Anda harus belajar memahami dunia anak dan menjadi sahabat untuk mereka. Sehingga anak nyaman untuk bercerita dengan orangtua.

6. Perbanyak pengetahuan tentang psikologi dan pendidikan anak

Anak yang cerdas tumbuh dari ibu yang cerdas. Oleh karena itu, ibu tidak boleh bosan menambah pengetahuan terlebih tentang pendidikan dan psikologi anak. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi ibu untuk memahami fase perkembangan anak.

7. Bijak dengan pemberian gadget pada anak

Tidak ada orangtua yang bisa membendung pesatnya perkembangan teknologi. Hal yang bisa dilakukan hanya bijak mengatur penggunaan gadget pada anak. Hindari memberikan gadget dengan alasan untuk membuat anak tenang dan tidak rewel. Selain itu, hindari pula memberikan gadget pada anak tanpa pengawasan dari orang tua.

Menjadi ibu di era milenial tentu banyak tantangan yang akan dihadapi. Untuk menghindari hal tersebut, ibu bisa menerapkan pola asuh yang tepat agar anak tetap tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya seperti yang sudah kami jabarkan di atas. Selamat mencoba ya moms!