Jenis Beras Rendah Kalori yang Bagus untuk Diet

Salah satu faktor yang menetukan keberhasilan program diet adalah defisit kalori. Defisit kalori adalah mengatur jumlah kalori harian yang masuk ke dalam tubuh. Faktanya, masih banyak yang keliru dalam menentukan jumlah kalori harian. Pemilihan menu makanan adalah salah satu contohnya. Banyak yang beranggapan bahwa sumber karbohidrat terutama nasi adalah penyumbang jumlah kalori terbanyak. Sehingga banyak juga yang takut makan nasi saat diet karena nasi dinilai memiliki jumlah kalori yang tinggi, bisa mengakibatkan kelebihan kalori dan mengganggu program diet.

Padahal jika dengan sengaja menghindari nasi, bisa menyebabkan kekurangan asupan karbohidrat. Kekurangan karbohidrat bisa berakibat buruk bagi tubuh, seperti kondisi tubuh menjadi lemas, lebih mudah terasa lapar, bahkan membuat berat badan naik drastis. Tentunya kita tidak ingin hal ini sampai terjadi.

Karbohidrat adalah zat yang penting dan dibutuhkan untuk asupan nutrisi sebagai sumber energi di dalam tubuh. Sekarang tidak perlu takut makan nasi saat diet. Pastikan pilih nasi yang berasal dari beras rendah kalori. Yuk disimak informasi dibawah ini mengenai jenis beras rendah kalori yang wajib kamu ketahui.

Daftar kisaran harga beras rendah kalori
JENIS BERAS JUMLAH KALORI/100GR KISARAN HARGA (Rp)
Beras Merah 352 kkal Rp15.000/kg – Rp35.000/kg
Beras Coklat 112 kkal Rp19.500/kg – Rp45.000/kg
Beras Hitam 362 kkal Rp19.900/kg – Rp56.000/kg
Beras Shirataki 37 kkal Rp174.900/kg – Rp230.000/kg
Beras Basmati 121 kkal Rp27.000/kg – Rp60.600/kg
Beras Liar 166 kkal Rp103.000/400gr

1. Beras Merah

Beras merah adalah jenis beras yang paling banyak diminati untuk menjalankan program diet. Beras ini memiliki bulir berwarna merah karena adanya zat antosianin yang memberikan warna merah pada beras tersebut. Kandungan zat berwarna merah pada beras ini berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Beras merah memiliki kadar indeks glikemik yang rendah. Sedangkan kandungan gizi nya tinggi akan serat, vitamin, dan mineral seperti magnesium. Dalam 100 gr beras merah kandungan kalori nya sekitar 352 kkal. Jadi, selain rendah kalori, beras merah juga kaya akan nutrisi yang baik untuk menjalani program diet. Cek promo beras merah di hemat.id, dan dapatkan harga terbaik.

Promo Harga Beras Merah Terbaru

2. Beras Coklat

Dibandingkan dengan beras putih, beras coklat memerlukan waktu yang sedikit lama untuk dimasak. Namun, kandungan nutrisi yang terkandung lebih banyak. Lapisan terluarnya dibuang sehingga menyisakan bagian lain yang kaya akan nutrisi seperti Magnesium, Zat Besi dan Zink. Bahkan kandungan serat dalam beras coklat tiga kali lipat dari jumlah proteinnya. Jika dikonsumsi, beras coklat akan memberi efek perut terasa kenyang lebih lama. Bagus untuk program diet karena kalori nya rendah, per 100gr beras cokelat sekitar 112 kkal.

3. Beras Hitam

Sesuai dengan namanya, jenis beras ini memiliki bulir berwarna hitam keunguan yang berasal dari zat antosianin. Kadar antosianin yang tinggi berperan sebagai antioksidan. Beras hitam dikenal bagus untuk diet karena rendah kalori. Dalam 100 gr beras hitam jumlah kalori nya sekitar 362 kkal. Selain itu, kandungan serat nya tinggi sehingga saat dikonsumsi teksturnya lebih padat dibandingkan dengan beras putih yang pulen.

4. Beras Shirataki

Beras yang lagi viral ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk dikonsumsi. Berbeda dengan jenis beras lainnya yang berasal dari tumbuhan padi, beras shirataki berasal dari tumbuhan umbi porang (Konnyaku). Beras Shirataki berasal dari jepang, diproses dengan teknologi canggih sehingga menghasilkan bulir seperti beras yang bening, kenyal, namun tinggi akan serat. Beras Shirataki memiliki kandungan kalori yang rendah yaitu 37 kkal setiap 100 gr. Meskipun harga nya lebih mahal, beras Shirataki sudah banyak diminati di pasaran.

5. Beras Basmati

Beras basmati adalah beras yang memiliki tekstur bulir ramping dan memanjang. Biasa dijumpai di hidangan khas Timur Tengah. Aromanya juga amat sedap. Selain itu, kandungan kalori dari beras basmati rendah yaitu 121 kkal per 100gr. Beras ini mengandung berbagai macam vitamin dan indeks glikemik yang rendah sehingga baik untuk menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh.

6. Beras Liar

Beras liar berasal dari gandum utuh, baik untuk program diet karena rendah kalori. Selain itu, kandungannya tinggi akan vitamin dan mineral seperti Magnesium, Vitamin B dan Mangan. Mengandung tinggi akan serat dan protein. Dalam 100 gr beras liar mengandung sekitar 166 kkal.

Sekian informasi jenis-jenis beras rendah kalori. Jangan takut makan nasi saat sedang diet, karena ada banyak jenis beras rendah kalori yang bisa dipilih sebagai menu makanan untuk mendukung program diet Anda. Diet yang tepat untuk hidup sehat!

 

Sumber :
gizi.fk.undip.ac.id
distan.bulelengkab.go.id
akg.fkm.ui.ac.id
pemkomedan.go.id
https://fdc.nal.usda.gov/