Setrika Uap vs Setrika Biasa, Mana yang Lebih Hemat Listrik?

Saat mencari setrika, selalu dihadapkan pada kebingungan mengenai jenis setrika apa yang akan dibeli, perbedaan setrika uap dan setrika biasa seperti apa, dan merk mana yang lebih bagus. Jika Anda pertama kalinya membeli setrika, maka saya akan bantu Anda memilih setrika yang terbaik dari segi harga dan jenis. Yuk, simak tentang setrika uap vs setrika biasa dan temukan yang paling cocok untuk kebutuhan menyetrika Anda serta yang paling hemat listrik.

Perbedaan cara kerja Setrika Uap dan Setrika Biasa

Setrika uap bekerja dengan mengubah air menjadi uap dan dari uap itulah dapat mengurangi kusut pada pakaian setelah dicuci dan dijemur. Air yang disimpan di dalam tangki setrika uap dipanaskan menggunakan arus listrik dan mengubahnya menjadi uap bertekanan tinggi. Saat pemicu uap pada setrika diaktifkan, maka uap dilepaskan melalui lubang uap dan uap tersebut akan menembus lapisan kain pada pakaian.

Sedangkan cara kerja setrika biasa sangat sederhana yaitu panas yang dihasilkan melalui arus listrik disalurkan ke kumparan di dalam setrika. Panas ini kemudian ditransfer ke pelat bawah yang akan ditekankan ke pakaian. Sehingga, inti perbedaanya adalah setrika uap mendapatkan panas dari listrik lalu diubah menjadi uap air, sedangkan setrika biasa mendapatkan sumber panasnya dari arus listrik langsung.

Cara menggunakan Setrika Uap

Penggunaan setrika uap sebetulnya hampir sama dengan setrika biasa. Namun, saya yakin masih jarang yang menggunakan setrika uap sehingga belum tahu betul cara penggunaannya. Cara menggunakan setrika uap sangat mudah, step by stepnya dapat Anda perhatikan di bawah ini

  1. Isi tangki air sesuai dengan instruksi yang ada di produk karena ada beberapa tangki yang dapat dilepas dan ada pula yang tidak dapat dilepas. Perhatikan juga saat mengisi tangki dengan air setrika harus dalam kondisi tidak tersambung aliran listrik.
  2. Untuk alat setrika yang tangki airnya perlu dilepas, silakan pasang kembali sesuai instruksi produk lalu tancapkan kabel setrika ke stop kontak. Untuk alat setrika yang tangki air tidak terpisah, maka tinggal tancapkan kabel setrika.
  3. Sesuaikan tingkat suhu setrika dan tunggu hingga lampu setrika menyala yang menandakan bahwa setrika sudah panas. Nyalakan fitur steam saat setrika sudah panas.
  4. Anda sudah bisa memulai menyetrika pakaian, setrika akan otomatis mengeluarkan uap secara otomatis saat digunakan
  5. Jika sudah selesai menyetrika, cabut kabel setrika tunggu hingga setrika sedikit tidak panas lalu kosongkan air dari tangkinya.

Anda sudah paham kan cara penggunaanya? Tapi tunggu ada hal penting yang perlu Anda ketahui dan lakukan yaitu:

  1. Gunakan air bersih untuk mengisi wadah air dan jangan gunakan air yang mengandung pelembut kain.
  2. Matikan setrika sebelum mencabut kabelnya.

Setrika Uap vs Setrika Biasa, bagaimana kelemahan dan kelebihannya?

Menjadi sebuah kewajaran setiap produk memiliki kelemahan dan kelebihan. Berikut kelemahan dan kelebihan setrika uap serta setrika biasa yang sudah saya ulas dengan singkat:

Kelebihan dan kelemahan Setrika Uap

Kelemahan

  • Hasil riset tentang setrika uap menunjukkan bahwa ketika uap air yang dihasilkan dari setrika secara terus menerus, cenderung akan memunculkan kerak kapur di bagian dalam tapak setrika dan dapat meninggalkan noda putih kekuningan di pakaian bila digunakan.

Kelebihan

  • Uap air yang dihasilkan akan mempercepat hilangnya kusut pada pakaian, sehingga Anda dapat menghemat waktu menyetrika
  • Lebih ringan dibandingkan setrika biasa
  • Setrika uap dengan bentuk tegak lurus tanpa menggunakan meja menjadi lebih efisien dan nyaman, sehingga dapat menyetrika di berbagai ruangan dan terbukti setrika ini lebih cepat menghilangkan kusut di pakaian dibanding setrika uap yang menggunakan meja.
  • Lebih cepat dan lancar menyetrika tanpa harus menunggu suhu turun bila berpindah ke pakaian yang berbeda jenis kain

Kelebihan dan kelemahan Setrika Biasa

Kelemahan

  • Menyetrika lebih lama dibanding menggunakan setrika uap, karena panas yang dihasilkan tidak cepat menghilangkan kusut pada pakaian
  • Resiko terkena panas yang dihasilkan dari setrika
  • Memerlukan waktu untuk menunggu agar suhu menurun dan tidak merusak kain

Kelebihan

  • Mudah dibersihkan dan tidak meninggalkan noda bekas kerak kapur pada pakaian
  • Terdapat fitur kontrol suhu berdasarkan jenis kain yang disetrika sehingga mengurangi resiko kain lengket atau rusak saat disetrika

Apakah benar Setrika Uap lebih hemat listrik?

Benar. Setrika dengan daya pengering rendah dan kapasitas uap tinggi lebih menghemat listrik, itu artinya penggunaan setrika uap lebih hemat listrik dibanding setrika biasa. Berdasarkan hasil survei tahun 2014 tentang setrika listrik tanpa uap, secara umum setrika biasa membutuhkan daya 300-450 watt. Pada setrika uap membutuhkan daya 300-1200 watt, semua bergantung pada kapasitas watt yang tertera di produk. Namun, pada umumnya setrika uap menyediakan varian daya yang lebih besar. Konsumsi listrik pada setrika biasa bergantung pada daya watt dan durasi penggunaan setrika. Hal tersebut juga berlaku pada setrika uap. Salah satu keunggulan setrika uap adalah dapat menghemat waktu menyetrika karena pakaian lebih cepat halus, artinya terdapat pengiritan durasi menyetrika dengan konsumsi daya yang sama dan bila daya pada setrika uap meningkat diimbangi juga dengan durasi menyetrika yang lebih cepat pula. Itulah alasan mengapa setrika uap lebih hemat listrik.

Perawatan Setrika Uap dan Setrika Biasa

Mengapa Anda perlu merawat setrika uap? Selama berjalannya waktu setrika uap yang sering digunakan akan memunculkan kerak kapur. Jika kerak tidak segera dibersihkan, maka akan menumpuk dan keras sehingga sulit dibersihkan. Cara merawat setrika uap dari kerak adalah

  1. Isi tangki air dan nyalakan setrika, jika setrika memiliki pengatur suhu pilih suhu maksimal dan tanpa uap
  2. Ketika lampu indikator sudah padam, lepas steker dan pegang setrika di atas wastafel dengan posisi setrika horizontal
  3. Aktifkan tombol pembersih kerak
  4. Goyangkan setrika secara perlahan ke arah depan dan belakang hingga air kosong
  5. Panaskan setrika dan luncurkan setrika di atas kain untuk membersihkan tapak setrika

Saya merekomendasikan penggunaan air suling saat menggunakan setrika uap karena air ini bisa mencegah timbulnya kerak. Penggunaan air keran juga diperbolehkan, namun jangan sesekali mencampurkan air dengan pewangi pakaian, zat pembersih kerak, dan cuka karena dapat menyebabkan noda coklat serta kerusakan pada setrika uap.

Setrika listrik dapat Anda rawat mulai dari kabel, banyak dari Anda yang tidak sadar bahwa sering menekuk dan menggulung kabel hingga sulit diluruskan lagi dapat merusak kabel setrika. Sebaiknya setelah menggunakan setrika, diamkan kabel memanjang sampai setrika dingin lalu gulung dengan rapi. Bersihkan secara berkala juga tapak setrika dan hindari dari benturan karena dapat menyebabkan korsleting.

Baca Juga Tips Merawat Setrika Agar Tahan Lama

Apakah betul Setrika Uap dapat merusak pakaian dan dapat digunakan tanpa air?

Tentu saja jawabannya tidak. Setrika uap tidak akan merusak pakaian, inovasi uap air yang dihasilkan terbukti lebih efektif dan efisien untuk menyetrika. Setrika uap didesain dengan menggunakan air sebagai bahan utama sehingga tidak bisa bila digunakan tanpa air dan uap airnya tidak akan keluar. Kecuali Anda menggunakan setrika dengan fitur 2 in 1 sekaligus di mana Anda bisa mengubahnya menjadi setrika biasa tanpa penggunaan air.

Perbandingan harga Setrika Uap vs Setrika Biasa

Setrika biasa dapat Anda beli mulai dari Rp139.000 sudah mendapatkan setrika dengan daya 350 watt disertai fasilitas lain seperti lampu indikator dan kontrol suhu. Pada setrika uap Anda bisa dapatkan mulai dari harga Rp200.000 dengan daya 400 watt. Jadi, perbandingan setrika uap dan setrika biasa tidak terlalu jauh, namun Anda mungkin akan jarang menemukan setrika uap dibawah Rp200.000.

Rekomendasi Setrika Uap dan Setrika Biasa terbaik

Setrika yang paling banyak dicari dan digunakan adalah merk Philips, namun ada juga merk setrika lain yang sudah tidak asing yaitu Miyako, Cosmos, SHARP, Kirin dan Panasonic. COURTS menyediakan setrika merk Philips, Miyako, Cosmos, Sharp, Turbo, dan banyak lainnya. Sebagai informasi tambahan, saat ini setrika merk Philips dan Cosmos sudah merilis produk setrika uap, sedangkan Miyako dan Turbo belum ada.

Cek Promo Setrika Terbaru

Rekomendasi Setrika Biasa Termurah

Disini saya akan merekomendasikan setrika biasa mulai dari harga Rp139.000 – Rp409.000 saja. Harga yang terjangkau bukan? Jangan segan untuk langsung membeli jika memang setrika lama Anda sudah tidak berfungsi lagi. Berikut pilihan produk dan ringkasan harganya:

Daftar rekomendasi produk setrika dan harganya
Jenis Produk Setrika Daya listrik Harga
Miyako E1-1000 M 395 watt Rp139.000
Miyako E1-1009 M 410 watt Rp169.000
Turbo EHL 3019 350 watt Rp179.000
Sharp EI-NO5-P 400 watt Rp249.000
Philips Setrika GC122 350 watt Rp299.000
Philips Setrika HD 1173 350 watt Rp399.000
Philips Setrika GC160/ 27-SMI 350 watt Rp409.000

Di atas adalah ringkasan harga masing-masing merk, untuk lebih tahu spesifikasi dan keunggulan apa saja yang bisa Anda dapatkan, yuk baca ulasan di bawah ini

1. Miyako E1-1000 M

Harga Rp139.000.
Spesifikasi produk

  • Daya listrik 395 watt
  • Lapisan setrika keramik tidak mudah tergores
  • Kabel berinsulasi karet dan lebih awet
  • Terdapat temperature controller dan lampu indikator
  • Dimensi setrika 25,5 x 11 x 12 cm

Keunggulan produk

  • Sudah tersertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI)
  • Pegangan tangan dirancang mengikuti genggaman tangan yang memudahkan proses menyetrika
  • Cocok untuk menyetrika bahan jeans yang kasar tanpa tergores
  • Anti lengket dan tahan gores

2. Miyako E1-1009 M

Setrika Miyako EI-1009 M memiliki spesifikasi, fitur dan kelebihan yang kurang lebih sama seperti seri sebelumnya. Namun, ada satu perbedaan yang harus Anda ketahui yaitu daya listriknya 410 watt dan dimensinya 24 x 10 x 12 cm. Watt yang lebih tinggi di produk ini membuat Anda dapat meningkatkan suhu setrika menjadi lebih panas dan lebih cepat memperhalus pakaian Anda yang kusut.

3. Turbo EHL 3019

Spesifikasi produk

  • Daya 350 watt
  • Terdapat lampu indikator dan pengatur suhu
  • Memiliki thermal fuse yang berguna untuk proteksi terjadinya kebakaran dan konsleting
  • Penggunaan bisa mencapai 600 jam lebih pemakaian non stop
  • Berbahan plastik dengan alas keramik
  • Tersedia dalam warna ungu, merah dan hitam

Keunggulan produk

  • 5 tahun garansi elemen panas
  • 3 tahun garansi servis
  • Tersedia suku cadang asli
  • Alas setrika lebih awet, tahan lama dan anti lengket

4. Sharp EI-NO5-P

Spesifikasi produk

  • Daya 400 watt
  • Dimensi 25,5 x 10,5 x 12 cm
  • Terdapat lampu indikator yang menandakan setrika sudah panas dan siap pakai
  • Memiliki thermal safety untuk proteksi terjadinya kebakaran dan konsleting
  • Terdapat lapisan anti lengket di bagian bawah setrika
  • Tersedia warna pink dan biru
  • Memiliki indikator pengatur suhu

Keunggulan produk

  • Alas setrika anti lengket
  • Gagang setrika dimodifikasi sesuai genggaman tangan sehingga nyaman untuk menyetrika

5. Philips Setrika GC 122

Spesifikasi produk

  • Daya listrik 350 watt
  • Tapas setrika anti lengket dan lebih tahan gores
  • Panjang kabel 1,6 m
  • Terdapat alur kancing di ujung setrika
  • Terdapat indikator & pengatur suhu

Keunggulan produk

  • Mudah digunakan dan tahan lama
  • Lapisan tapak setrika anti lengket dan licin di atas semua kain
  • Alur kancing yang dimiliki mempercepat penyetrikaan di sepanjang kancing dan lipatan
  • Desain ramping

Dibandingkan produk sebelumnya Philips memang tergolong mahal namun inovasi yang terdapat pada produk Philips sangat berbeda dan dapat mengatasi permasalahan setiap menyetrika. Anda bisa dapatkan produk ini dengan mudah di toko online maupun offline.

Cek Promo Philips GC122 Terbaru Minggu Ini

6. Philips Setrika HD 1173

Spesifikasi produk

  • Daya listrik 350 watt
  • Tapak setrika terbuat dari material keramik
  • Panjang kabel 1,7 m
  • Terdapat alur kancing di ujung setrika

Keunggulan produk

  • Kabel lebih panjang dibanding seri sebelumnya
  • Gagang setrika memiliki bentuk yang mudah digenggam sehingga terasa nyaman dan ergonomis
  • Lapisan tapak setrika anti lengket dan licin
  • Alur kancing yang dimiliki mempercepat penyetrikaan di sepanjang kancing dan lipatan

7. Philips Setrika GC 160/ 27-SMI

Spesifikasi produk

  • Daya listrik 350 watt
  • Tapak setrika DynaGlide
  • Panjang kabel 1,8 m
  • Terdapat alur kancing di ujung setrika
  • Memiliki lampu indikator dan kontrol suhu

Keunggulan produk

  • Tapak setrika DynaGlide merupakan lapisan tapak terbaik dari Philips
  • Dapat menghilangkan kusut dengan cepat dan andal
  • Lapisan jauh lebih tahan gores, anti lengket dan lebih licin dibanding bahan aluminium dan keramik
  • Alur kancing yang dimiliki mempercepat penyetrikaan di sepanjang kancing dan lipatan

Rekomendasi Setrika Uap Terbaik Sesuai Budget

Saya sudah rangkum varian setrika uap dari merk ternama yang sering digunakan khusus untuk Anda. Pilihan di bawah cukup beragam dan tinggal Anda sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Daftar rekomendasi setrika uap dan harganya
Merek Setrika Uap Daya listrik Harga
Philips GC 21418 400 watt Rp289.000 – Rp345.000
Philips GC 1424 800 watt Rp299.000 – Rp339.000
Philips GC 2145 1200 watt Rp399.000 – Rp550.000
Philips GC-3920 2400 watt Rp1.000.000 – Rp1.300.000
Cosmos CI-4910 C 400 watt Rp200.000 – Rp230.000
Panasonic NI-P300T 350 watt Rp350.000 – Rp400.000
Panasonic Cordless Steam Iron NI-WL30VSR 1200 watt Rp1.100.000 – Rp1.199.000
Kirin KEI-500ST 550 watt Rp195.000 – Rp205.000

Itulah pembahasan seluk beluk setrika uap vs setrika biasa dari segi harga, kelemahan dan kelebihan, variasi, cara perawatan, perbedaan cara kerja hingga keiritan konsumsi daya listrik. Bila Anda membaca artikel ini sampai selesai tentu sudah terjawab ya mana yang lebih hemat listrik ? Ya betul, jawabannya adalah setrika uap. Dan jangan lupa membeli setrika uap atau setrika biasa idaman Anda di COURTS promo dan harganya bisa Anda cek di katalog hemat.id atau Tokopedia.

Sumber :

  1. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0003682X17310393?
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1234114/
  3. https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0040517517725124?
  4. http://ketjurnal.p3tkebt.esdm.go.id/index.php/ket/article/view/20
  5. https://www.miyako.co.id/
  6. https://id.sharp/
  7. https://www.turboindonesia.co.id/
  8. https://www.philips.co.id/id