Jenis Kurma Populer Di Indonesia Untuk Berbuka Puasa

Pohon kurma banyak tumbuh di Timur Tengah, lalu ada di California, Arizona dan Florida. Pohon kurma tubuh subur di tempat-tempat tersebut karena sifatnya yang memerlukan lingkungan yang hangat dan dengan curah hujan yang sangat rendah.  Kurma disukai oleh hampir semua orang, karena rasanya yang manis dan mengenyangkan.

Sebenarnya ada sekitar 1500 jenis kurma yang ada di seluruh dunia dan terdapat 5 jenis kurma yang banyak di cari di Indonesia dan sangat baik untuk dijadikan sebagai makanan untuk berbuka puasa, seperti :

Sumber : Freepik.com

1. Kurma Sukari

Kurma ini banyak terdapat di Saudi Arabiah, merupakan salah satu jenis kurma premium karena nama sukari berasal dari bahasa Arab “sukkai” yang artinya gula.

Sesuai dengan namanya kurma sukari memiliki rasa yang manis dan daging buahnya lembut sehingga sangat cocok untuk disantap saat berbuka puasa. Selain lezat dimakan secara langsung, kurma sukari bisa dinikmati dengan cara dibuat menjadi smoothies, kue, dan lain sebagainya.

Sumber : Freepik.com

2. Kurma Ajwa

Merupakan kurma favorit Nabi Muhammad SAW, sehingga membuat kurma ini sangat populer di Indonesia. Kurma ini berasal dari Madinah, Arab Saudi, memiliki warnanya cokelat kehitaman, bentuknya kecil, tekstur dagingnya kenyal dan ada rasa kayu manis, karamel dan juga madu.

Menjadi kurma yang harganya paling tinggi di daftar ini tak membuat kurma ini kalah populer dengan kurma-kurma dengan harga yang lebih murah. Cara menentukan kurma yang asli dan matang sempurna adalah dengan memilih kurma dengan ukuran kecil dan memiliki garis tengah pada permukaannya.

Sumber : Freepik.com

3. Kurma Khalas

Berasal dari kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, Time Of Abu Dhabi mengklaim kurma ini sebagai kurma terenak. Memiliki warna cokelat kemerahan, daging buahnya lembut dan lengket, rasanya manis seperti karamel.

Cek Promo Harga Kurma Khalas Terbaru – Terupdate 24 jam | Hemat.id

Sumber : Freepik.com

4. Kurma Safawi

Tumbuh sepanjang tahun membuat kurma safawi lebih berlimpah daripada jenis kurma lainnya. Kurma ini banyak di temui di wilayah Madinah, Arab Saudi. Buahnya berwarna hitam pekat dengan tekstur daging yang lembut, lembab dan kenyal.

Sumber ; Freepik.com

5. Kurma Palm Fruit

Kurma ini mungkin kurma yang paling mudah ditemukan dimana-mana, Di supermarket atau minimarket. Harganya cukup murah dan rasanya enak, bentuknya lonjong dan tekstur dagingnya lembut. Kurma Palm Fruit berasal dari Tunisia, Afrika Utara, dan sebenarnya masih satu jenis dengan kurma Tunisia Madu.

Cek Promo Harga Palm Fruit Terbaru | Hemat.id

Di antara jenis-jenis kurma di atas, review dari suami saya kurma yang paling disukai adalah kurma khalas karena teksturnya empuk dan rasanya yang tidak terlalu manis, bahkan mirip seperti karamel jika kurmanya sudah matang. Apalagi kurma khalas tinggi akan serat yang sangat baik untuk membantu mempelancar pencernaan kita, memiliki antiokdisan yang tinggi dan vitamin A yang dapat membantu kesehatan mata kita.

Pada dasarnya kalau ditanya, jadi kurma mana yang terbaik? Menurut versi saya, semua kurma sama enaknya tapi untuk tekstur, ketebalan dan rasa akan kembali lagi ke selera masing-masing orang. Buah kurma mengandung banyak nutrisi yang mudah untuk dicerna, sehingga organ-organ pencernaan bekerja secara bertahap setelah kita berpuasa selama sekitar 14 jam.

Untuk persiapan Ramadhan tahun ini, Anda bisa membuka Hemat.id untuk mendapatkan informasi promo dari berbagai merek dan jenis kurma favorit Anda di supermarket, hypermart dan minimarket yang berada di daerah Anda.

Sumber :

8 Health Benefits of Sukkari dates


https://www.desertfruit.com.na/