Liburan Akhir Tahun yang Hemat Kantong dan Tenaga

Apakah liburan akhir tahun hanya dapat diisi dengan berwisata ke tempat wisata? Dapatkah Anda membayangkan, padat dan sesaknya tempat wisata yang dituju? Karena banyak orang memanfaatkan keterbatasan waktu libur akhir tahun dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut. Daripada bingung menghabiskan waktu libur out-home dengan segala kemungkinannya dan kelelahannya, liburan versi in-home ini boleh dicoba lho.

BBQ Party

Sumber: pexels.com

Kegiatan bakar-membakar makanan alias BBQ Party menjadi salah satu yang dapat dicoba dalam mengisi liburan akhir tahun yang biasanya cukup singkat. Daripada menghabiskan waktu untuk bermacet ria di perjalanan menuju lokasi wisata, lebih baik dialihkan dengan memacu mobil ke supermarket dan membeli keperluan untuk pesta BBQ. Pilih jenis sosis yang menjadi favorit keluarga dan potongan daging yang tidak terlalu besar agar tidak diperlukan waktu lama untuk membakarnya. Sehingga waktu yang ada, bisa dimaksimalkan untuk mengobrol secara lebih hangat dengan anggota keluarga. Yang mungkin baru saja pulang dari perantauan untuk menghabiskan waktu akhir tahun bersama keluarga.

Selain daging, sosis atau ikan sebagai menu utama, Anda bisa menyiapkan menu lain seperti sup atau jenis makanan berkuah lainnya sebagai pelengkap. Sediakan juga minuman seperti es buah atau potongan buah, puding sebagai dessert dan kukis favorit. Bangun kehangatan keluarga dengan membagi tugas secara adil dan sesuai porsinya, misalnya ibu menyediakan bahan masakan, ayah mempersiapkan alat BBQ, kakak seksi dokumentasi agar semakin meningkatkan level kebersamaan.

Sambut Tahun Baru dengan Liburan yang Menyenangkan

Games Lempar Air

Sumber: pexels.com

Biasanya, kolam renang juga menjadi salah satu tempat tujuan untuk menghabiskan waktu libur. Selain karena bisa bermain air, juga sekalian berolahraga yaitu berenang. Lalu bagaimana dengan olahraga air sambil berlari? Mungkin perlu dicoba untuk menguji kekuatan berlari.

Siapkan air dengan wadahnya, setiap peserta diberikan kesempatan untuk memiliki 5 wadah air dengan lebih dari 5 pertanyaan pribadi. Peserta akan diundi, siapa yang menjadi korban pertama dan pelempar air. Sebaiknya beri pertanyaan-pertanyaan yang menantang dan menyenangkan.

Sediakan beberapa pertanyaan yang harus dijawab. Jika dijawab dengan salah, korban berhak untuk dilempar dengan air, namun jika benar, si pelempar yang sebaliknya akan dikejar untuk dilempar air sambil diberi pertanyaan.  Begitu seterusnya sampai airnya habis. Satu kantong air untuk satu pertanyaan. Rute tetap dilanjutkan sampai si korban bisa menjawab dengan benar. Jika air di kantong pelempar pertama sudah habis namun si korban belum juga berhasil menjawab, maka kantong air milik korban menjadi hak pelempar. Untuk membuat permainan semakin seru, Anda dan keluarga boleh menyiapkan hadiahnya.

Tukar Kado

Sumber: pexels.com

Siapa yang tidak senang jika diberi hadiah? Hadiah menjadi bagian yang paling ditunggu pada hari ulang tahun atau perlombaan tertentu. Selain itu, memilih hadiah yang paling sesuai untuk orang yang akan diberi hadiah juga termasuk salah satu kegiatan yang gampang-gampang susah. Ketika memilih satu barang A, akan muncul pemikiran bahwa yang akan diberi hadiah sudah punya barang tersebut, warnanya tidak disukai atau segala macam kemungkinan lainnya. Adventure ini akan terbayar jika si penerima hadiah ternyata menyukai hadiah pilihan kita.

Sumber: pexels.com

Lalu, sudah siapkah Anda untuk mengalami adventure tersebut?  Masukkan kegiatan tukar kado pada satu dari beberapa hari libur akhir tahun yang Anda miliki ya. Nikmati pengalaman yang tak terduga atas ekspresi bahagia dari sang penerima hadiah. Tutup liburan akhir tahun Anda dengan kebahagiaan yang manis.

Lomba Menghias Bagian Rumah

Rumah adalah tempat yang menyenangkan untuk bertemu dan menghabiskan waktu bersama orang-orang yang disayang. Namun segala jenis aktivitas yang memakan hampir seluruh waktu keseharian, sering membuat pertemuan sesama anggota keluarga semakin jarang terjadi. Beruntungnya, selalu ada masa dimana libur akan tiba. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan liburan akhir tahun ini, yang sebentar lagi akan tiba.

Sumber: pexels.com

Mari bermain bersama anggota keluarga untuk mencairkan kembali suasana yang sudah mulai luntur keakrabannya akibat kesibukan masing-masing. Siapkan waktu untuk berbelanja ke supermarket atau pusat perbelanjaan, keluarga dibagi menjadi 2 kelompok. Misalnya ayah dengan anak perempuan dan ibu dengan anak laki-laki. Masing-masing kelompok diberi kebebasan membeli aksesoris untuk menghias meja makan atau salah satu bagian tertentu dari rumah, dengan uang yang jumlahnya dibatasi dan tidak boleh melebihi jumlah yang sudah ditentukan. Sebelumnya, kedua tim harus menyepakati hadiah untuk pemenangnya, supaya perlombaan lebih menarik. Saat berkumpul dengan keluarga besar tiba, minta mereka melakukan penilaian dan menentukan siapa pemenangnya. Seru bukan?

Liburan Akhir Tahun yang Hemat Kantong dan Tenaga

Lomba Foto Terunik di Mall atau Pusat Belanja

Sumber: pexels.com

Biasanya, menjelang momen Natal dan Tahun Baru, mall dan pusat perbelanjaan lainnya akan membuat dekorasi bertema Natal yang identik dengan banyak kotak-kotak kado dan pohon Natal yang dihiasi salju. Banyak orang yang memanfaatkan dekorasi tersebut untuk sekedar mengambil foto dan menampilkannya di media sosial milik mereka.

Lalu apa hubungannya dengan liburan akhir tahun? Jika tidak menghabiskan waktu dengan berwisata ke luar kota ataupun tempat wisata dalam kota, mengapa tidak memanfaatkan dekorasi di pusat perbelanjaan dengan lomba foto terunik di Mall. Bagi anggota keluarga menjadi tim. Setiap tim mengunjungi mall yang sudah disepakati bersama kemudian mengambil foto di spot foto tersebut kemudian posting di media sosial masing-masing. Bagi tim yang mendapat likes atau love terbanyak, menjadi pemenangnya. Jangan lupa untuk menentukan hadiahnya ya.

Sumber: pexels.com

Kalau Anda, adakah tradisi unik keluarga yang hanya dilakukan akhir tahun? Mari berbagi dengan tinggalkan komentar agar banyak keluarga di luar sana yang terinspirasi ya.