Tetap Hemat Saat Menginap di Hotel

Sudah musim liburan nih Bunda… Persiapan liburannya sudah sampai mana? Sudah tahu mau berlibur kemana bersama keluarga? Apa sudah tahu juga mau menginap dimana?  Jika Bunda dan keluarga berencana untuk menginap di hotel, yuk ketahui beberapa tips berikut ini agar tetap bisa berhemat :

Sumber : Freepik.com

1. Tetapkan budget

Sebelum memulai liburan keluarga, pastikan Bunda sudah memiliki budget untuk setiap pengeluaran yang akan digunakan untuk membiayai liburan keluarga. Selalu pantau budget keluarga, kalau lewat sedikit-sedikit saja tidak masalah, tapi jangan sampai meleset terlalu jauh ya. Mungkin yang tadinya masih bisa ke tempat wisata, jadi batal karena pengeluaran sudah melebihi budget awal. Komitmen berhemat dari masing-masing anggota keluarga akan sangat membantu, agar budget liburan bersama masih dalam kondisi aman terkendali.

Sumber : apkpure.com

2. Memesan melalui aplikasi 

Ada beberapa website hingga aplikasi yang menawarkan diskon yang lumayan besar jika kita memesan hotel melalui platform tersebut. Jadi sebelum melakukan perjalanan, Anda bisa memilih salah satunya seperti Traveloka, Tiket.com atau platform lainnya yang menurut Bunda memberikan promo paling menarik dan lengkap. Bunda bisa membooking kamar hotel yang diinginkan, gunakan tombol filter dan tetapkan harga kamar yang sesuai dengan budget.

Selain itu Bunda juga bisa mengambil paket tiket perjalanan, baik penerbangan sekaligus pemesanan hotel. Karena paket seperti ini biasanya memberikan harga spesial. 

Sumber : Freepik.com

3. Makan di luar

Jika sedang berada di penginapan dan sudah bersantai di dalam kamar pasti rasanya malas sekali untuk pergi keluar. Dengan memesan makanan dari hotel, Bunda melewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan lokal di sana. Dan lagi, harga makanan hotel bisa dua kali lipat dari makanan yang berada di luar hotel. Bunda dan keluarga bisa mencoba makan di luar hotel atau order makanan luar untuk disantap di hotel.

Sumber : Blibli.com

4. Membawa kasur tambahan

Jika Bunda memiliki anak lebih dari dua, maka membawa kasur tambahan akan sangat membantu menghemat pengeluaran. Apalagi sekarang sudah banyak sekali kasur angin yang kemasannya kecil, mudah dibawa-bawa, dan mudah sekali untuk dikembangkan. Jadi buat apa membayar biaya kasur tambahan jika Bunda bisa berhemat dengan membawa sendiri dari rumah?

5. Pantau promo atau voucher di toko-toko online

Nah, di beberapa marketplace biasanya selalu ada penawaran promo-promo dan voucher yang menarik, salah satunya seputar traveling. Dari tiket pesawat, tiket taman bermain, sampai voucher potongan harga untuk pemesanan kamar hotel dengan ketentuan dan syarat yang berlaku tentunya. 

Sumber : Freepik.com

6. Pilih hotel yang menawarkan sarapan pagi

Jangan ragu untuk selalu menanyakan ke pegawai hotel apakah mereka menyediakan sarapan gratis atau tidak, agar Bunda tidak perlu mengkhawatirkan soal sarapan esok harinya. 

Sumber : Freepik.com

7. Beli snack sendiri

Dari pada membeli cemilan yang di ada sekitar hotel atau mini bar, akan lebih baik Bunda selalu membawa cemilan sendiri dari rumah atau membeli di supermarket terdekat. Selain bisa ber-hemat, anak-anak pun bisa memilih cemilai kesukaannya yang turut dibawa selama liburan. Walaupun hanya makanan ringan, makanan yang seperti ini justru bisa menguras dana lebih banyak dibandingkan pengeluaran lainnya jika Bunda tidak mempersiapkannya dengan matang. Ditambah lagi jika Bunda masih memiliki anak balita atau remaja yang terkadang merasa lapar tengah malam.

8. Pantau review

Jika saya hendak membeli suatu barang di toko online, saya selalu pastikan melihat review dari orang-orang yang pernah membeli barang tersebut. Nah, sama halnya dengan hotel, Bunda juga harus sering-sering membaca review-review terupdate dari orang-orang yang pernah menginap di hotel tersebut. Jangan hanya terpaku dengan faktor harga murah saja, tapi pastikan juga kenyamanan dan kebersihan hotel yang harus menjadi prioritas utama juga. 

9. Promo khusus kartu kredit

Satu lagi nih Bunda, jika Anda atau suami memiliki kartu kredit, cek apakah kartu kredit tersebut memiliki penawaran program diskon khusus untuk menginap di hotel tertentu. Karena biasanya promo yang ditawarkan cukup besar, bahkan bisa sampai 30% atau ada beberapa kartu kredit yang memiliki program point reward yang bisa ditukar dengan voucher atau potongan harga untuk menginap di hotel ternama. 

Kelemahan dari promo kartu kredit ini biasanya pilihan hotelnya terbatas dan terkadang hotel yang termasuk dalam program bisa tidak ada di daerah tempat liburan Bunda.

Selain menghemat pengeluaran untuk hotel, temukan juga inspirasi Liburan Akhir Tahun Yang Hemat Kantong dan Sambut Tahun Baru dengan Liburan yang Menyenangkan. Semoga bermanfaat dan membuat liburan Bunda dan keluarga lebih menyenangkan dan tetap hemat. Yuk, bagikan cerita seputar rencana liburan Bunda akhir tahun ini di kolom komentar di bawah ini.