Makanan Kering atau Basah yang Lebih Bagus untuk Kucing?

Ada banyak sekali pilihan makanan kucing, bagi Anda yang baru pertama kali memelihara kucing, hal ini bisa sangat memusingkan. Untuk membantu Anda menemukan makanan yang tepat, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih makanan untuk kucing:

  • Umur (contoh: anak kucing, atau kucing dewasa, atau kucing yang sudah tua)
  • Gizi yang diperlukan (contoh: kucing yang sedang kekurangan nutrisi atau hanya untuk melengkapi nutrisi kucing)
  • Alergi dan kebiasaan (contoh: kucing dengan kulit sensitif, atau kucing yang sedang mengandung, atau kucing yang memerlukan bulu lebih lebat, dan lain-lain)
  • Budget pemiliki (contoh: kelas ekonomi, premium, super premium)

Jika Anda merasa bingung, hal-hal di atas bisa membantu Anda dalam memilih makanan untuk kucing Anda. Tapi Anda bisa menjadi bingung untuk memilih antara makanan kering atau makanan basah.

Saat saya pertama kali memelihara kucing, saya hanya memberikan kucing kesayangan saya dengan makanan kucing basah atau makanan sejenis lainnya yang memiliki kadar air lebih banyak. Padahal seharusnya pemberian makanan kepada kucing harus seimbang antara makanan kering dan makanan basah. Sebelum kita bahas lebih lanjut, kita bahas perbedaan makanan basah dan kering dahulu.

Perbedaan makanan basah dan makanan kering untuk kucing

1. Kadar air

Perbedaan yang mencolok antara makanan basah dan kering adalah kadar airnya. Makanan kering hanya mengandung air sekitar 10%, sedangkan basah mengandung sekitar 70% kadar air.

2. Proses pembuatan

Makanan basah terbuat dari daging segar yang dikombinasikan dengan berbagai macam vitamin yang baik untuk kesehatan kucing, ditambah dengan air dan lemak. Sedangkan untuk makanan kering, bahan yang digunakan hampir sama tapi diproses dengan menggunakan suhu dan tekanan yang tinggi, sehingga sari makanan lebih mudah untuk dicerna. Kemudian pada tahap akhir, lemak disemprotkan untuk mendapatkan rasa yang disukai kucing.

3. Kandungan nutrisi

Makanan kering biasanya mengandung lebih banyak karbohidrat dari pada makanan basah.

4. Harga

Salah satu kelebihan makanan basah adalah dapat memenuhi kebutuhan air pada kucing, sehingga baik untuk kucing. Namun harganya lebih mahal dibandingkan makakan kering. Walaupun makanan kering memiliki nilai plus dari segi vitamin, sayangnya tidak semua kucing suka karena makanan kering tidak memiliki bau yang tajam.

5. Daya tahan

Makanan basah yang sudah diletakkan di mangkuk harus segera dihabiskan, karena jika dibiarkan selama lebih dari 5 jam dapat meningkatkan resiko terkontaminasi dan dapat menyebabkan masalah pencernaan pada kucing.

Sedangkan makanan kering memiliki daya tahan yang lebih lama setelah Anda meletakkannya di mangkuk kucing. Makanan kering pun tidak perlu disimpan di kulkas setelah dibuka. Namun tetap perlu dibuang ya apabila masih ada sisa makanan yang sampai menginap semalam di mangkuk kucing. Lebih baik Anda memberikan makanan kucing sesuai takarannya, sehingga tidak ada yang tersisa.

 

Sumber : Freepik.com

Haruskah memberi makan kucing hanya makanan basah atau kering? Atau keduanya?

Saya awalnya hanya memberikan makanan basah ke kucing saya. Namun setelah saya banyak mencari tahu, saya memberikan kucing saya kedua jenis makanan ini. Pagi kering, siang basah, sore snack kucing, dan malam makanan kering. Mungkin ada beberapa orang yang lebih memilih untuk mencampurkan makanan basah dan makanan kering pada kucing mereka, hal ini sah-sah saja, tapi sebaiknya dimasukkan ke dalam mangkuk yang terpisah.

Karena setiap kucing memiliki kebiasaan, kesukaan dan permasalahan kesehatannya masing-masing. Ada kucing yang suka dengan makanan yang memiliki bau yang tajam, maka makanan basah atau mencampurkan keduanya adalah lebih baik. Atau jika Anda memiliki kucing yang sedang mengandung atau yang sudah tua, maka makanan basah adalah pilihan yang tepat. Hal ini karena kucing yang sudah berumur sudah tidak memiliki gigi yang bagus, dan kucing yang mengandung diberikan makanan basah supaya mereka terpenuhi kebutuhan nutrisinya dan bisa membuat mereka lebih nafsu makan.

Kesimpulan

Baik makanan kering maupun basah, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sesuaikan dengan kebiasaan kucing serta sesuaikan dengan budget Anda. Jangan sampai memaksakan untuk membeli makanan kucing kelas super premium, sedangkan kucing Anda belum tentu membutuhkan semua kandungan yang terdapat pada produk makanan kucing tersebut.

Sumber :
https://icatcare.org/what-should-i-feed-my-cat-wet-versus-dry-food/
Youtube Kucing Om Wepe