Mana Yang Lebih Baik ? Susu UHT, Susu Bubuk atau Susu Kental Manis

Setiap orang tua pastilah ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, bahkan jika bisa orang tua ingin memberikan lebih dari apa yang mereka dapatkan dulu saat mereka kecil. Salah satunya adalah dengan memberikan gizi yang terbaik sebisa mereka, tapi terkadang orang tua bingung apa yang harus dipilih. Misalnya saja dalam memilih susu, sebelum dihadapkan dengan banyaknya merek yang beredar orang tua akan dihadapkan pilihan susu bubuk, susu kental manis, atau susu UHT terlebih dahulu.

Harga susu pun bervariasi tergantung dari lokasi dan tempat anda membelinya, dengan mengunjungi hemat.id anda akan sangat terbantu dalam mencari harga-harga promo susu terupdate dari susu bubuk, susu UHT dan susu kental manis jadi anda tidak akan ketinggalan promosi dari seluruh supermarket dan minimarket.

Berikut saya akan rangkum apa itu susu bubuk, susu kental manis dan susu UHT :

Susu Bubuk

Susu bubuk adalah bubuk yang dibuat dari susu kering yang solid. Susu bubuk mempunyai daya tahan yang lebih lama daripada susu cair dan tidak perlu disimpan di lemari es karena kandungan uap airnya sangat rendah.

Lama simpan susu bubuk tergolong lama, maksimal 2 tahun tentunya dengan penanganan yang baik dan benar.  Susu bubuk dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu susu bubuk berlemak (full cream milk powder), susu bubuk rendah lemak (partly skim milk powder), dan susu bubuk tanpa lemak (skim milk powder).

Susu bubuk pertama kali dibuat pada 1802 oleh seorang dokter Rusia, Osip Krichevsky. Susu bubuk banyak sekali ditemukan di negara-negara berkembang karena biaya transportasi dan penyimpanannya sangat murah (karena tidak membutuhkan pendingin). Seperti makanan-makanan kering lainnya, susu kering dianggap tidak mudah rusak dikarenakan sedikitnya kandungan air (bakteri sangat cepat berkembangbiak pada makanan yang basah atau minuman) dan disukai oleh orang dalam bencana alam atau kecelakaan untuk menolong mereka bertahan, serta oleh pendaki gunung dan orang-orang yang membutuhkan bahan makanan yang tidak cepat rusak.

Kelebihan :

  1. Tahan Lama
  2. Ada pilihan susu import dan lokal
  3. Beda umur beda susu, memberikan konsumsi gizi dan kandungan vitamin yang sesuai dengan umur anak.
  4. Tidak perlu di simpan di kulkas setelah kemasan dibuka, asal simpan di tempat kering
  5. Harga susu bubuk dengan kualitas
  6. Bisa jadi campuran Mpasi

Kekurangan :

  1. Mudah bergumpal jika terkena air
  2. Memberikan reaksi negatif pada sebagian anak, mis. diare
  3. Pada umumnya rasa susu bubuk kurang enak

Susu Kental Manis

Susu kental manis atau SKM adalah susu sapi yang airnya dihilangkan dan ditambahkan gula, sehingga menghasilkan susu yang sangat manis rasanya dan dapat bertahan selama satu tahun bila tidak dibuka. Susu kental manis sering ditambahkan pada hidangan penutup, seperti kue atau minuman es. Di Rusia, susu kental manis dikenal sebagai “cгущёнка” (sguschyonka).

Susu kental manis ini sangat tidak cocok untuk bayi atau anak-anak karena susu jenis ini bukanlah susu jenis gizi seimbang, terlalu banyak mengandung kalori daripada zat gizinya. Susu jenis ini lebih tepat dikonsumsi sebagai penambah cita rasa dari suatu makanan atau minuman.

Menurut seorang ahli nutrisi, susu kental manis bukanlah termasuk kategori susu, susu adalah cairan yang diproduksi oleh kelenjar susu pada mamalia termasuk manusia dan kandungan kalsium dan protein dalam produk-produk kental manis sangat rendah.

Kelebihan :

  1. Kita bisa mengendalikan rasa manisnya dengan mengurangi takaran susunya atau menambahkan air
  2. Mudah dibuat dengan air dingin maupun air panas
  3. Selain untuk diminum, susu kental manis bisa juga untuk campuran teh, atau kopi
  4. Jarang memberikan reaksi negatif
  5. Bisa dinikmati oleh berbagai umur
  6. Pada umumnya rasa susu kental manis enak
  7. Aman disimpan disuhu ruangan tanpa disimpan di kulkas

Kekurangan :

  1. Hanya menawarkan 2 varian rasa, vanila dan coklat
  2. Variasi ukuran masih sedikit
  3. Untuk kemasan kaleng, walau sudah ada merk yang memberikan kemudahan dalam membuka kaleng tapi kebanyakan SKM masih memakai kemasan lama yang susah untuk dibuka.
  4. Kurang higienis, karena setelah dibuka tidak ada penutup yang disertakan dikemasan. Jadi kita menyediakan sendiri kemasan untuk melindungi SKM yang sudah dibuka dari lalat, semut dan serangga lain.

Susu UHT

Ultra-high temperature processing (UHT), ultra-heat treatment, atau ultra-pasteurization, adalah proses yang digunakan untuk mensterilkan makanan dengan memanaskannya di atas 135 ° C (275 ° F) – suhu yang digunakan untuk membunuh spora dalam susu selama 1 sampai 2 detik. Proses UHT paling sering digunakan dalam produksi susu, tetapi proses ini juga digunakan untuk jus buah, krim, susu kedelai, yoghurt, anggur, sup, madu, dan minuman. Susu dengan proses UHT pertama kali dikembangkan pada tahun 1960 dan menjadi umumnya tersedia untuk konsumsi pada 1970-an.

Panas yang digunakan selama proses UHT dapat menyebabkan rasa gosong dan mengubah rasa dan bau susu. Ada juga proses alternatifnya yaitu dengan HTST pasteurisasi (suhu tinggi/waktu yang singkat), dimana susu dipanaskan sampai 72 ° C (162 ° F) selama minimal 15 detik.

Susu UHT dikemas dalam wadah steril, jika belum dibuka dan tidak mengalami kebocoran maka akan bertahan selama 6-9 bulan tanpa disimpan di kulkas. HTST susu pasteurisasi dapat disimpan sekitar dua minggu dari pengolahan, atau sekitar satu minggu dari saat akan dijual. 

Kelebihan :

  1. Praktis untuk dibawa-bawa
  2. Harga terjangkau
  3. Menawarkan variasi rasa yang ‘berani’ misal susu UHT dengan rasa coconut delight, susu dengan rasa kelapa
  4. Menawarkan banyak varian ukuran yang berbeda, dari ukuran 115 ml – 900 ml
  5. Beda umur beda susu, jadi susu UHT benar-benar memberikan konsumsi gizi dan kandungan yang sesuai dengan umur anak
  6. Tahan lama jika kemasan belum dibuka
  7. Memiliki warna, rasa dan penampakan yang mirip susu sapi segar
  8. Tanpa bahan pengawet

Kekurangan :

  1. Jika kemasan susu sudah dibuka, susu tidak boleh terkontaminasi dengan air liur, atau berada diluar kulkas terlalu lama. Hal ini akan menyebabkan susu jadi basi dan tidak layak untuk diminum lagi.
  2. Tidak bisa tersentuh atau berdekatan dengan susu yang sudah basi, hal ini akan menyebabkan susu yang tidak basi menjadi basi
  3. Kita tidak tahu susu dalam keadaan segar atau sudah basi, kita bisa tahu setelah kemasan dibuka
  4. Jika sudah terbuka, susu harus segera dihabiskan atau dimasukkan ke kulkas dengan waktu 2-3 hari maksimal, dengan ditutup dengan rapat dan mulut tempat susu dituangkan harus dalam keadaan bersih.
  5. Ada beberapa merk susu yang kadar gula terlalu tinggi dan susu terlalu kental, khususnya susu dengan rasa coklat
  6. Hanya dianjurkan untuk Balita umur 2 tahun keatas

Mana yang lebih baik ?

Secara teori susu UHT adalah susu yang lebih baik dibandingkan susu bubuk atau susu kental manis, pilihan ini dilihat dari segi kualitas susu dengan cara sterilisasi. Dimana proses sterilisasi UHT yaitu dengan cara pemanasan yang tinggi dan singkat.

Di dalam teknologi pangan, telah diketahui bahwa pengolahan dengan suhu pemanasan yang tinggi tetapi dengan waktu yang singkat, lebih dapat menyelamatkan nilai gizi daripada suhu pengolahan yang lebih rendah tetapi dengan waktu yang lebih lama.

Selain itu, susu UHT merupakan susu yang higienis karena bebas dari seluruh mikroba (patogen/penyebab penyakit dan pembusuk) serta spora sehingga potensi kerusakan mikrobiologis sangat minimal, bahkan hampir tidak ada. Kontak panas yang sangat singkat pada proses UHT menyebabkan mutu sensori (warna, aroma dan rasa khas susu segar) dan mutu gizi, relatif tidak berubah. Keuntungan lainnya, karena biaya pengemasannya tidak sulit dan mahal, maka biasanya produk susu UHT dijual dengan harga yang terjangkau.

Bagaimana dengan susu formula? Susu bubuk berasal dari susu  segar yang kemudian dikeringkan, umumnya menggunakan spray dryer atau roller dryer. Kerusakan protein sebesar 30% dapat terjadi pada pengolahan susu cair menjadi susu bubuk.

Opini pribadi

Saya lebih memilih memberikan anak saya susu UHT dibanding susu bubuk dan SKM, karena anak saya mengalami diare saat meminum susu bubuk. Setelah saya mengganti merk susu bubuknya anak saya tetap diare, lalu saya coba memberikan anak saya susu UHT sampai sekarang dan tidak ada reaksi negatif terhadap tubuhnya.

Saya tidak mau bersugesti terlalu jauh, tapi saya anjurkan tidak memberikan susu UHT terlalu banyak menjelang tidur. Biasanya saya hanya memberikan anak saya susu UHT sebanyak 125 ml atau setara sekotak susu UHT yang kecil, karena saya perhatikan anak saya jadi terlalu aktif menjelang tidur setelah minum itu di malam hari.

Dari segi pertumbuhan kedua anak saya termasuk anak yang aktif dan mudah menerima pelajaran, dari segi fisik mereka terlihat berbeda. Kakaknya kurus tinggi sedang adiknya cubby dan pendek, padahal asupan sama dan sama-sama ASI selama 2 tahun. Jadi saya rasa ini mungkin genetik.

Tapi kembali ke kebutuhan dan keyakinan orang tua untuk memberikan pilihan yang terbaik untuk menunjang tumbuh kembang anaknya, tapi tidak hanya melalui susu anak juga harus diberikan makanan padat yang sehat seperti sayur, ikan dan buah-buahan.

Susu mahal pun tidak memberikan jaminan bahwa susu tersebut adalah susu yang terbaik, tapi kembali lagi ke kondisi masing-masing anak dalam menerima asupan susu tersebut. Silahkan berikan komentar atau shared pengalaman anda dalam memilih susu yang cocok untuk anak anda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

 

Sumber :

  1. //id.wikipedia.org/wiki/
  2. //www.cyh.com/HealthTopics/HealthTopicDetails.aspx?p=114&np=302&id=1788#type
  3. //www.livestrong.com/article/323470-advantages-disadvantages-of-pasteurized-milk-powdered-milk/
  4. //en.wikipedia.org/wiki/Ultra-high-temperature_processing

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!