Manfaat Gadget Untuk Anak-Anak

Gadget adalah dua mata pisau yang bisa menjadi suatu kebaikan untuk anak dan bisa menjadi suatu kerugian jika tidak hati-hati dalam mengatur waktu penggunaannya. Tugas kita sebagai orang tua mengajarkan agar anak-anak bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan.

Selain digunakan untuk bermain ternyata gadget juga mempunyai manfaat untuk anak dengan catatan benar-benar diperhatikan waktu penggunaannya berdasarkan umur anak. Anak dibawah 2 tahun tidak dianjurkan menggunakan gadget sama sekali karena sinar dari gadget bisa mempengaruhi kesehatan mata anak dan radiasi nya bisa menghambat perkembangan sistem saraf anak.

Tapi jangan takut dulu mom, karena di balik semua sisi negatif dari penggunaannya. gadget juga memiliki sisi positif bagi anak, yaitu :

1. Gerakan motorik anak

Sumber : Princess Raqibina

Menurut Nicole Fonovich, pemilik dan pembuat Luca Lashes, line di bidang multilingual e-books dan desain aplikasi untuk anak-anak, gadget bisa dimanfaatkan untuk gerakan motorik anak karena gadget memiliki banyak aplikasi untuk koordinasi mata dan tangan mereka.

Dan gerakan menekan-nekan keyboard, menggeser-geser mouse, belajar menggunakan stylus pen, atau menyentuh dan menggeser layar sentuh dapat juga menjadi salah satu latihan untuk perkembangan fungsi motorik anak.

2. Pengaruh tumbuh kembang anak

Sumber : digital.metrotvnews.com

Bunda bisa mencari top 5 aplikasi ramah anak yang bisa membantu mengoptimalisasi kemampuan mendengar dengan mempelajari bunyi-bunyi dari hewan, alat musik, dan lain-lain. Bisa juga mengembangkan kemampuan anak dalam berimajinasi saat melihat karakter kartun princess atau hewan.

3. Kemampuan berbahasa

Anak bisa mendengarkan musik-musik yang ceria dengan tema anak-anak, bahkan dengan mendengarkan lagu anak bisa mengembangkan kemampuan mereka dalam berbahasa baik lokal maupun bahasa lain yang mungkin ingin dipelajari anak.

4. Membantu belajar

Sumber : https://marebpress.net/

Daripada stres dalam mengajarkan anak belajar matematika lebih baik bunda download aplikasi edukasi untuk membantu anak dalam belajar berhitung yang sesuai dengan umur anak. Biasanya aplikasi edukasi tidak hanya membantu anak menambah dan berkurang tapi juga menampilkan gambar dan cara yang menyenangkan untuk anak agar mereka jadi tertarik dan tidak cepat bosan.

5. Pengetahuan umum

Sumber : course.isokativ.net

Sering menghadapi pertanyaan anak mengenai dari mana datangnya air, kenapa ada hujan atau kenapa buah bisa ada yang rasanya manis atau asam? Daripada bingung, bunda bisa mencari aplikasi yang bisa menjelaskan beberapa pertanyaan anak dengan jawaban yang bisa di mengerti anak, yang biasanya di tampilkan dalam bentuk gambar dan cerita.

Seperti yang sudah saya kemukakan di atas, apapun itu, jika dilakukan berlebihan tentu banyak kerugiannya. Terlalu banyak menghabiskan waktu dengan gadget akan membuat anak malas bergerak dan dapat memicu obesitas, terlalu lama menatap gadget dapat membuat mata perih dan paparan radiasi nya merugikan untuk kesehatan anak.

Ketika memilih aplikasi atau game untuk anak, untuk mengetahui bagaimana aplikasinya tentu saja bunda melihat rating dan bunda bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum bunda memberikan pada anak.

Nah, apa lagi manfaat gadget untuk anak yang bunda dan ayah rasa kan sangat membantu anak dalam pelajaran dan tumbuh kembang anak. Tuliskan pengalaman bunda di kolom komentar di bawah ini, semoga bermanfaat dan terima kasih

Sumber :

1. https://family.fimela.com/bayi-balita/tumbuh-kembang/hindari-dampak-negatif-gadget-pada-anak-140108a-page5.html

2. http://mommiesdaily.com/2017/04/13/saya-mengizinkan-anak-anak-bermain-gadget-terus-kenapa/

3. http://www.solusisehatku.com/pengaruh-negatif-gadget-terhadap-kesehatan-dan-perkembangan-anak