Mau Traveling, Ketahui Dahulu Tips Untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Pada saat ini menaiki pesawat untuk bepergian bukanlah sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh orang yang mempunyai uang lebih saja, namun semua kalangan sudah bisa traveling dengan menaiki angkutan udara ini. Tapi sekarang yang membedakan orang-orang yang naik pesawat adalah di harga berapa mereka mendapatkan tiketnya?

Seringkali saat di ruang tunggu, saya suka sekali bertanya pada penumpang disana yang menaiki pesawat yang sama dengan saya di harga berapa mereka mendapatkan tiket mereka? Dan seringkali juga saya mendapati mereka mendapatkan harga tiket yang dua sampai tiga kali lebih mahal dari harga tiket yang saya beli. Saya akan tetap menunjukkan simpati saya walau dalam hati saya pasti merasa bahagia karena sudah mendapatkan harga tiket yang sangat murah padahal dengan maskapai, jadwal, dan kelas yang sama.

Apabila anda adalah seseorang yang sering bepergian pasti sudah hafal dengan rutinitas berburu tiket murah. Mendapatkan tiket dengan harga termurah tentulah pasti jadi perhatian utama anda. Sebenarnya tidak ada kiat khusus atau istimewa dalam berburu tiket pesawat murah, tapi memang ada beberapa hal yang terkadang terlewat dari perhatian orang pada umumnya, seperti :

1. Mempunyai akun di website-website yang menjual tiket pesawat

Mau Traveling, Ketahui Dahulu Tips Untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Murah
Sumber : www.traveloka.com

Agar anda bisa selalu mendapatkan informasi yang terupdate tentang promo-promo apa yang akan keluar, daftarkan diri anda di website-website tersebut, ikuti newsletternya, like dan follow akun media sosialnya agar anda selalu update dengan promo-promo yang mereka tawarkan. Saat maskapai tersebut berulang tahun, promosi tahun baru, promosi lebaran, promosi hari valentine, promosi hari-hari besar lainnya.

2. Berangkat di hari biasa

Mau Traveling, Ketahui Dahulu Tips Untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Murah
Sumber : Google Image

Carilah waktu yang bukan di high sesson seperti hari libur nasional, hari libur sekolah, atau hari-hari besar lainnya, karena sudah dipastikan harga tiketnya akan melambung tinggi. Traveling disaat orang tidak memikirkan untuk traveling adalah saat yang tepat untuk mendapatkan tiket dengan harga yang murah.

3. Tidak memilih awal bulan

Mau Traveling, Ketahui Dahulu Tips Untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Murah
Sumber : Google Image

Pilihlah tanggal di atas 20-an atau pertengahan bulan karena biasanya harga tiket pada tanggal ini bisa lebih murah. Asumsi saya adalah mungkin dikarenakan minat orang untuk bepergian akan turun dikarenakan tanggal ini tanggal tua dan sangat jarang orang yang berlibur atau bepergian kecuali mendesak.

Maskapai pasti tidak ingin kursi mereka kosong, jadi daripada kursi tidak penuh dan akan membuat perjalanan tidak efisien maka biasanya maskapai akan memberikan harga yang lebih murah untuk menarik minat orang untuk naik pesawat.

4. Cari di website yang mempunyai beberapa pilihan maskapai

Mau Traveling, Ketahui Dahulu Tips Untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Murah
Sumber : www.pegipegi.com

Seperti traveloka, tiket.com, bahkan toko online yang berjualan barang seperti tokopedia sudah memberikan pelayanan membeli tiket pesawat, dimana hal ini sangat membantu kita dalam memburu tiket. Apalagi dengan tambahan penawaran harga serta diskon yang lumayan di waktu-waktu dan event-event tertentu.

Dengan banyaknya harga tiket dari beberapa macam maskapai, kita akan dengan mudah mendapatkan tiket dengan harga yang kita mau dan dengan maskapai apa. Jadi terkadang kita sudah tidak perlu repot-repot membuka website lain untuk mencari harga tiket termurah.

Bahkan dengan membeli tiket di website-website tersebut sudah tidak ada biaya tambahan lagi yang suka tiba-tiba muncul di total terakhir saat kita akan membayar, murni apa yang tertera saat kita booking sejumlah itulah yang akan kita bayar. Bahkan seringnya ada potongan harga tambahan yang menyenangkan tanpa kita ketahui sampai kita akan membayar bookingan tiket pesawat kita.

5. Mencari jadwal terbang terpagi

Mau Traveling, Ketahui Dahulu Tips Untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Murah
Sumber : Google Image

Ini salah satu hobby saya jika memesan tiket pesawat, karena jadwal pesawat terpagi terkadang bukan pilihan pertama mungkin karena jadwal pesawat pagi otomatis kita sudah harus di bandara sejam sebelum jam penerbangan jadi jika kita mengambil penerbangan jam 6 pagi kita harus sudah check in jam 5 pagi dan dari rumah kita bisa jam 3 pagi karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti macet, mobil yang mogok atau ternyata ada barang yang tertinggal. Lalu penerbangan terpagi terkadang suka dimajukan dari jadwal yang sebenarnya.

Selain hal-hal yang kurang menyenangkan diatas penerbangan pagi cukup membantu untuk orang tua yang mempunyai balita. Karena biasanya balita akan tertidur selama di pesawat. Jadwal penerbangan terpagi juga jarang kena delay. Sudah seperti rahasia umum pesawat suka sekali delay atau penundaan jadwal penerbangan, dan jadwal yang sering delay adalah jam penerbangan siang, sore bahkan penerbangan termalam.

Lalu alasan utamanya tentu saja jadwal penerbangan pagi sering kali menawarkan harga termurah dibanding jadwal penerbangan lainnya.

6. Tetap membandingkan harga di satu website dengan website lain

Mau Traveling, Ketahui Dahulu Tips Untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Murah
Sumber : Google Image

Walau saya jarang melakukan ini tapi memang untuk menghilangkan rasa penasaran apa salahnya sesekali mengecek harga tiket di beberapa website yang memang menawarkan penjualan tiket secara online, siapa tahu beruntung.

7. Rajin mengecek H-7, H-4, H-2 sebelum keberangkatan

Mau Traveling, Ketahui Dahulu Tips Untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Murah
Sumber : Google Image

Ini salah satu kiat lain saya saya dalam mendapatkan harga termurah selain mencari jadwal penerbangan terpagi, karena harga tiket pesawat harganya berfluktuasi jadi mengecek dalam jangka waktu-waktu tertentu bisa membawa keberuntungan tapi juga sebenarnya membawa sedikit ketidakberuntungan. Karena terkadang bukannya mendapat tiket murah malah anda bisa kehilangan kesempatan mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah hanya karena anda beranggapan mungkin besok harganya bisa lebih murah.

Maskapai Lion Air adalah maskapai yang harga tiketnya selalu murah tapi juga sering memberikan harga yang berfluktuasi, jadi kita harus tahu harga standar tiket menuju tempat tujuan anda. Dengan cara mencari informasi di google, dan bertanya di forum atau media sosial.

Sebenarnya makin dekat dengan hari yang kita inginkan harga tiket bisa semakin mahal, itulah gunanya mengetahui harga tiket termurah jatuh di range berapa. Jadi jika sudah ada harga yang mendekati atau malah di bawah, segeralah membooking dan membayar tiket pesanan kita.

8. Sudah mengetahui maskapai apa yang ingin dinaiki

Mau Traveling, Ketahui Dahulu Tips Untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Murah
Sumber : Google Image

Setiap maskapai pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya, ada yang kursinya lega, ada juga yang kursinya agak sempit. Ada yang memberikan snack, ada juga yang menjual snack, dan lain sebagainya, jika anda sudah mempunyai satu maskapai favorit yang memang sudah anda tahu benar keadaannya maka anda akan mempermudah pencarian.

Karena terkadang harga murah tidak sepadan dengan sevice atau kenyamanan yang kita dapat, karena pada dasarnya pastilah jika kita bisa dapat murah dan nyaman kenapa harus memilih murah tapi tidak nyaman. Walau jarak perjalanan cukup dekat tapi kenyamanan tetaplah dipikirkan apalagi jika kita berpergian dengan membawa balita dan lebih dari satu anak.

9. Ketahui harga

Mau Traveling, Ketahui Dahulu Tips Untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Murah
Sumber : Google image

Jika anda orang yang memang sudah sering berpergian pasti sudah mengetahui range harga suatu tempat, misalnya Jakarta-Palembang range harga termurah adalah sekitar Rp. 360.000 – Rp. 400.000 jadi jika anda mendapatkan harga di bawah range itu, secepatnya booking dan bayar.

10. Kunjungi travel fair

Mau Traveling, Ketahui Dahulu Tips Untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Murah
Sumber : www.detik.com

Beberapa maskapai biasanya akan rutin mengadakan travel fair, dimana travel fair diadakan semacam bazar khusus untuk berjualan tiket pesawat, promo-promo disaat tertentu, pemesanan kamar hotel, dan paket liburan.

Garuda Indonesia adalah salah satu maskapai yang suka mengadakan travel fair, bahkan di tahun 2014 Garuda indonesia memberikan potongan harga sampai dengan 50% lebih murah dari harga tiket normal. Selain maskapai, perusahaan-perusahaan seperti bank yang menerbitkan kartu kredit juga sering ikut berpartisipasi dalam acara travel fair untuk pemakaian kartu kredit dalam transaksi pembelian tiket pesawat, booking hotel dan lain-lain.

11. Mencari voucher diskon di Hemat.id

Saat ini hemat.id sudah menyediakan voucher dari beberapa website travel dan penjual tiket misalnya seperti Pegipegi, Traveloka, Tiket.com, dan lain-lain. Anda bisa cek di hemat.id dan nikmati kemudahan mendapatkan harga tiket terhemat dengan menggunakan kupon atau voucher dari hemat.id. Simak juga voucher diskon untuk mendapatkan harga terhemat akomodasi hotel di Hotels.com atau Zenrooms.

Tunggu apalagi, karena berpergian dengan pesawat memang sudah bukan sesuatu yang mahal. Beberapa tips ini adalah cara saya secara pribadi dalam berburu tiket murah dan promo yang sudah sering saya praktikkan dan rata-rata berhasil jadi giliran anda untuk mempraktekannya. Silahkan tulis komentar anda di kolom komentar pengalaman anda dalam berburu tiket murah saat libur sekolah atau di hari-hari besar lainnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih