Panduan Tepat Memilih TV : Ukuran, Fitur dan Jenis yang Anda Butuhkan

Pandemi Covid – 19 yang masih berlangsung hingga hari ini membuat banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat. Salah satunya kebiasaan yang lebih banyak dilakukan di rumah. Menurut hasil pantauan Nielsen, selama pandemi ini telah terjadi peningkatan signifikan terhadap konsumsi media, terutama dalam hal durasi menonton TV.

Oleh karena itu pada artikel kali ini, kami coba sajikan panduan tepat bagi Anda untuk memilih TV yang sesuai dengan kebutuhan saat ini. Baik untuk kebutuhan presentasi, menonton film/video, main game atau untuk sekolah online dari rumah. Berikut beberapa poin penting yang perlu dijadikan pertimbangan.

Sumber: pexels.com

1. Ukuran TV

Seringkali kita bingung menentukan ukuran TV yang tepat untuk diletakkan di berbagai ruangan di dalam rumah seperti ruang tamu, ruang keluarga ataupun kamar. Pada umumnya, TV yang besar dengan jarak tonton yang dekat akan membawa kita seolah berada di bioskop dan menampilkan tampilan yang lebih menarik dan detail. Tapi tidak semua orang suka dengan layar yang besar. Selain itu, sistem visual manusia memiliki sudut pandang sekitar 135 derajat secara horizontal dan konten TV tidak diproduksi untuk dilihat dengan memenuhi keseluruhan bidang pandang kita. Sebagai contoh, ketika kita mencoba menonton tayangan olahraga dengan jarak terlalu dekat dan berusaha menangkap semua tayangan layar malahan akan membuat kita merasa mual. Pedoman dari Society of Motion Picture & Television Engineers merekomendasikan, duduklah dengan jarak di mana layar memenuhi sekitar 30 derajat dari bidang penglihatan kita untuk mendapatkan pengalaman menonton TV terbaik.

Gambaran untuk menemukan ukuran TV yang tepat adalah dengan cara membagi jarak menonton TV Anda (dalam inci) dengan 1,6 yang kira – kira sama dengan sudut 30 derajat. Berikut gambaran mudah menentukan ukuran TV disesuaikan dengan jarak kita menonton TV :

Jarak Ukuran Layar Ideal
1,5 – 1,8 meter 32 inch
1,8 – 2,7 meter 40 – 45 inch
2,7 – 3 meter 50 inch
3 – 3,6 meter 60 – 65 inch

Kita dapat menyesuaikannya sendiri untuk luas ruang dan jarak antara posisi duduk ke arah layar. Ukuran layar televisi terbaik yang disarankan adalah sepertiga dari jarak kita duduk. Contohnya, jarak untuk menonton TV sekitar 3 meter, maka ukuran TV yang tepat adalah: 1/3 x 3 meter = 1 meter atau sekitar 40 inch. Selain itu, jangan lupa bahwa jarak minimal mata dengan TV yang disarankan adalah lebih dari 2 meter, hal ini agar mata kita tidak mudah lelah atau bahkan iritasi akibat terkena paparan sinar TV.

Jika ukuran yang didapatkan tidak sesuai dengan budget Anda, silahkan menyesuaikannya dengan ukuran TV terbesar yang mampu Anda beli.

Berbagai promosi TV terhemat di Courts

2. Resolusi TV

Hal kedua yang perlu kita perhatikan saat memilih TV adalah soal resolusi layar. Saat ini, TV LED yang masih dominan menguasai pasaran dengan harga dan kualitas sedang. Perbedaan jenis resolusi terletak pada kerapatan piksel. Piksel adalah titik – titik kecil pada layar. Di mana semakin rapat titik tersebut, maka akan memberikan kualitas gambar yang lebih jelas.

  • HD – High Definition (1280×720)
  • Full HD – Full High Definition (1920×1080)
  • UHD – Ultra High Definition (3840×2160) atau biasa disebut juga 4K.

Secara umum, jika memiliki budget lebih, kami merekomendasikan Anda untuk membeli TV 4K karena pilihan 1080p saat ini dirasa kurang memuaskan dan kekurangan fitur modern seperti HDR.

3. Tampilan TV

Tampilan TV terdiri dari HDR, kontras, refresh rate, resolusi dan jenis tampilan.

HDR sendiri pengertian simplenya adalah adanya warna yang lebih banyak dan kualitas gambar yang lebih tajam saat menonton TV. Akan tetapi, HDR hanya berfungsi bila konten yang kita tonton tersedia dalam kualitas HD (High Definition – resolusi tinggi). Saat ini, TV OLED merupakan TV dengan teknologi terbaik yang memiliki rasio kontras yang tinggi.

Contrast Ratio / Rasio Kontras, merupakan perbedaan tampilan antara putih sekali atau hitam paling gelap pada suatu tampilan monitor. Semakin tinggi nilainya, maka semakin baik LCD tersebut. Untuk monitor yang cukup baik memiliki kontras rasio minimal sebesar 1000:1.

Refresh rate adalah berapa kali gambar pada layar TV berganti pada setiap detiknya, diukur dalam satuan FPS atau Hz. Semakin tinggi nilai refresh rate akan memberikan pengalaman menonton yang lebih baik terutama saat menonton tayangan olahraga.

Resolusi. Semakin tajam suatu resolusi, maka semakin jelas gambar yang kita dapatkan di layar.

ruang tv
Sumber: pexels.com

4. Kualitas Suara

Semakin keras volume suatu TV akan membutuhkan watt yang semakin tinggi. Teknologi suara yang banyak digunakan dan digemari saat ini adalah Dolby Digital, Harman Kardon dan DTS Premium. Jika Anda seorang gamer, tentu kualitas suara akan menjadi prioritas dalam pemilihan jenis TV.

5. Jenis TV : LCD, LED, QLED dan OLED.

Dunia TV dimulai dengan penemuan TV Tabung, lalu dilanjut dengan TV Plasma dan mulai bermunculannya TV LCD (layar sudah tidak setebal TV tabung), LED, QLED, hingga OLED yang semakin canggih. TV LED adalah sebuah inovasi dari TV tabung yang memberikan kualitas gambar yang lebih baik, menggunakan lampu LED dengan daya listrik yang lebih kecil, dan ukuran yang lebih kecil sehingga mudah untuk dipindahkan dan tidak memerlukan banyak tempat dalam penyimpanannya. Anda juga bisa menggunakan tambahan braket untuk menyiasati tempat yang terbatas.

Sementara TV OLED adalah TV dengan kualitas terbaik saat ini, namun harganya memang masih cukup tinggi. Selain digunakan di TV, layar OLED juga banyak digunakan di gadget seperti smartphone.

6. Smart TV

Saat ini, khususnya selama pandemi, di mana masyarakat membutuhkan hiburan di mana salah satunya bisa didapat dengan menonton TV. Memiliki Smart TV bisa menjadi opsi yang tepat.

Fitur Smart TV bisa digunakan untuk menjadi sumber hiburan di rumah seperti untuk menonton film, video hingga bermain game. Hal ini dikarenakan Smart TV bisa terkoneksi dengan internet baik menggunakan bantuan kabel maupun nirkabel. Selain itu, TV jenis ini juga bisa dijadikan layar monitor komputer dan dijadikan sarana menonton Youtube, film Netflix favorit Anda atau mengakses berbagai media dari ponsel yang diintegrasikan ke TV. TV ini juga memungkinkan untuk mengakses aplikasi media sosial sehingga bisa kita lihat dalam tampilan layar TV. Beberapa Smart TV juga kini dilengkapi kamera dan fitur video sehingga kita juga bisa melakukan tatap muka di layar yang lebih besar. Fitur-fitur yang ada dalam Smart TV hampir serupa dengan Android TV. Bedanya, Android TV memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dengan sistem operasi Android yang dimilikinya.

Promo Hemat LG UHD Smart TV

Beli di Courts BTM

Beli di Courts Bintaro

Beli di Courts Ciledug

Beli di Courts Megastore KHI

Beli di Courts MBH

Sebagai tips tambahan untuk memilih Smart TV, perhatikan 2 poin berikut:

  • Memori penyimpanan/storage yang besar untuk memudahkan merekam acara/tayangan favorit dan menontonnya kembali.
  • Pilih Smart TV yang menawarkan fitur phone casting, agar kita dapat menggunakan Smart TV sebagai layar proyektor untuk ponsel kita.
  • Cek berbagai fiturnya, misalnya : fitur wifi, streaming video

Ada beberapa macam sistem operasi yang digunakan oleh Smart TV, mulai dari Firefox, Tizen, hingga Android. Sebagai bagian dari Smart TV, Android TV memiliki kelebihan di mana pengguna memiliki keleluasaan untuk dapat mengakses Google Play Store sehingga memudahkan kita untuk mengunduh aplikasi – aplikasi yang dibutuhkan. Kita harus memahami kelengkapan dan fitur yang ditawarkan oleh berbagai sistem operasi tersebut, agar nantinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Sebagai rangkuman singkat, TV terbaik yang dibutuhkan haruslah disesuaikan dengan kebutuhan termasuk di dalamnya meliputi kualitas gambar, warna, kualitas suara, daya listrik yang dibutuhkan, refresh rate, resolusi, fitur, rasio kontras. Selalu utamakan membeli barang elektronik semacam televisi ini di tempat resmi yang memberikan garansi pemakaian dan jangan lupa memerhatikan lokasi service center terdekat agar memudahkan jika terjadi masalah pada TV yang kita miliki. Ada promo menarik hingga akhir bulan ini untuk produk Sharp Smart TV, cek di sini.

TV
Sharp Smart TV

Beli di Courts BTM

Beli di Courts Bintaro

Beli di Courts Ciledug

Beli di Courts Megastore KHI

Beli di Courts MBH

Untuk sekolah online/presentasi kantor sebaiknya menggunakan Smart TV yang bisa disambungkan ke perangkat seluler. Sementara untuk menonton film/main game hendaknya menggunakan TV dengan resolusi tinggi seperti UHD/4K. Jika Anda merupakan cinema lover, OLED TV bisa jadi pilihan karena kontras warnanya yang paling baik dari antara TV lainnya. Tapi pada akhirnya, silahkan disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Untuk referensi pembelian TV, Anda bisa mengunjungi katalog Hemat.id dan Aplikasi Kliptalog untuk mendapatkan beberapa informasi promosi TV di berbagai toko dan supermarket kesayangan Anda.

Sumber:

  1. www.rtings.com
  2. www.nielsen.com
  3. www.my24hours.net

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!