Olahan Lezat dari Leunca, Wajib Dicoba!

Bagi seorang ibu, kondisi saat ini membuat kita harus pintar-pintar dalam mengatur pengeluaran, khususnya untuk belanja bulanan. Bagaimana jika budget belanja bulanan dikurangi namun makanan yang disajikan haruslah bergizi, tetap hemat dan juga variatif.

Kali ini saya mencoba menyajikan masakan yang sangat sederhana dari leunca. Dipadukan dengan tempe yang dimasak dengan saus tiram dan kecap, ditambah petai sebagai penambah selera makan. Selain harganya yang murah, masing-masing bahannya memiliki banyak kandungan yang bergizi didalamnya, sehingga tidak perlu khawatir keluarga kekurangan nutrisi. 

Leunca atau disebut juga ranti masih satu anggota suku terung-terungan. Leunca memiliki kandungan kombinasi zat besi, vitamin A dan C yang sangat tinggi, bahkan hampir sama dengan nutrisi pada bayam. Selain zat-zat penting yang disebutkan sebelumnya, dalam sayuran leunca juga bersifat antioksidan, antipiretik, dan anti-pruritus.

Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi leunca yang berguna untuk kesehatan tubuh, selagi dikonsumsi dengan takaran yang wajar dan tidak berlebihan, seperti :

  1. Membantu mengatasi infeksi saluran kemih
  2. Membantu meredakan sakit kepala
  3. Menjaga kesehatan ginjal
  4. Membantu mencegah hipertensi (darah tinggi)
  5. Membantu menjaga kesehatan mata
  6. Membantu menjaga kesehatan kulit

Selain leunca, bahan lainnya untuk melengkapi masakan ini adalah tempe. Di samping murah, tempe memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti :

  1. Sebagai sumber protein yang baik
  2. Sumber kalsium yang baik
  3. Mengandung antioksidan tinggi
  4. Mencegah osteoporisis

Pelengkap terakhir untuk resep ini adalah petai! Petai dikenal sebagai makanan penambah selera makan, walaupun memiliki bau khas yang tidak semua orang suka. Petai kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. 

Baca Juga : Pengalaman Berwisata Saat Pandemi di Scientia Square Park

Petai mengandung nutrisi seperti karbohidrat, serat, lemak, mineral, vitamin C, vitamin B1, dan vitamin E. Fun fact nya, untuk menghilangkan bau petai Anda bisa mengunyah beras atau mengonsumsi mentimun.

Total biaya yang saya keluarkan untuk resep masakan ini cukup sekitar Rp. 10.000 dan bisa dikonsumsi untuk dua kali makan, karena hasil yang didapatkan cukup banyak. Untuk membeli bahan-bahan makanan segar, Anda bisa cek promo-promo terbaiknya di hemat.id. Nah, kita langsung saja ke resep lengkapnya :

Tumis leunca tempe petai
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Bahan :

1 papan tempe, potong kecil-kecil 

200 gram leunca

1-2 papan petai, atau tergantung selera

2 buah cabe merah keriting, iris serong

5 buah cabe rawit merah iris serong

2 lembar daun salam 

1 sendok makan air jeruk limau

2 batang daun bawang, potong-potong 

2 buah tomat ijo, potong-potong

2 sendok makan kecap manis

200 ml air matang

secukupnya garam, gula pasir, dan kaldu bubuk 

Bumbu halus :

3 siung bawang merah

2 siung bawang putih

3 butir kemiri yang sudah disangrai

1/2 sendok teh ketumbar yang sudah disangrai

secukupnya terasi

Cara Membuatnya:

  1. Goreng tempe sampai setengah kering, sisihkan terlebih dahulu.
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama daun salam hingga mengeluarkan aroma harum. Kemudian masukkan potongan tomat hijau, daun bawang dan juga potongan cabe (cabe merah, keriting dan rawit merah), aduk sebentar.
  3. Setelah tercampur rata masukkan leunca, tempe dan petai. Lalu tambahkan secukupnya air biarkan sampai mendidih.
  4. Setelah mendidih masukkan kecap manis, garam, gula pasir dan kaldu bubuk secukupnya, lalu tes rasa.
  5. Masak sampai airnya menyusut, kemudian masukkan air perasan jeruk limau, aduk kembali sampai merata, angkat dan sajikan.

Selengkapnya : Resep Homemade Yoghurt Sehat dan Berkualitas

Selain bergizi, bahan-bahannya sangat terjangkau dan mudah ditemukan. Anda  bisa langsung memasukkan masakan ini ke dalam daftar menu keluarga. Anda bisa mengombinasikan dengan sayur yang Anda dan keluarga sukai seperti mengganti leunca dengan kacang panjang atau sayuran lainnya.

Mudah bukan cara membuatnya? Dan untuk bahan-bahannya Anda bisa mencari di website hemat.id atau dengan unduh Aplikasi Kliptalog untuk mengetahui informasi promo-promo menarik yang sedang berlangsung di supermarket sekitar Anda. Share cerita Anda jika telah mencoba resep ini juga ya!

Sumber :

  1. //doktersehat.com/
  2. //webmd.com/
  3. //healthbenefitstimes.com/
  4. //healthline.com/nutrition/tempeh
  5. //webmd.com/food-recipes/tempeh

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!