Resep Hot Dog Korea, Ide Bekal Untuk Anak Sekolah

Saya dan keluarga lagi senang-senangnya menonton acara reality show Korea di channel TVN. Saya ingin mengangkat salah satu resep hasil tontonan saya di acara berjudul Restaurant On Wheels : USA. Tema acara ini adalah makan-makan dan memasak makanan khas Korea di negeri orang. Nah ada salah satu masakan di Restaurant On Wheels : USA yang saya tertarik sekali untuk mencoba saat melihat Eric Mun, host acara tersebut, saat membuatnya, yaitu hot dog khas Korea. Hot dog ini cara pembuatannya cukup simple dan sangat menggugah selera lho, apalagi hot dog disukai anak-anak maupun orang dewasa.

Karena proses pembuatanya tidak memakan banyak waktu serta bahan-bahan yang digunakan juga mudah didapatkan, sehingga makanan ini sangat cocok sekali menjadi salah satu referensi untuk bekal anak. Hot dog ini bisa berisi sosis dan juga bisa diisi dengan keju mozzarella, atau Anda bisa menggabungkan daging sosis dan keju mozzarella secara bersamaan.

Anda bisa mengganti keju mozzarella dengan keju quick melt atau keju cheddar biasa. Jika Anda ingin mencoba makan hot dog keju, dengan keju lumer yang memanjang saat di gigit, maka Anda butuh keju mozarella untuk mewujudkannya.

Kalau hot dog yang berasal dari Barat biasanya terdiri dari roti yang bentuknya panjang, daging hot dog dan sayur-sayuran, hot dog khas Korea ini bun nya berupa adonan yang menutupi semua permukaan daging hot dog. Kali ini saya akan berbagi resepnya dengan hasilnya yang memuaskan.. Berikut ini resepnya :

Bahan :

8 buah sosis

250 gram keju mozarella di potong memanjang sebanyak 8 buah

8 buah tusuk sate

250 gram tepung terigu

2 sendok teh baking powder

1/2 sendok teh garam

1 sendok makan gula

1 butir telur

190 – 210 ml susu cair yang sudah didinginkan (pilih susu jenis full cream)

Secukupnya tepung roti

Secukupnya minyak goreng

Bahan pelengkap :

Gula untuk taburan

Saus sambal

Saus tomat

Mayonaise atau mustard

Cara buat :

1. Tusuk sosis atau keju mozzarella atau bisa juga gabungan keduanya (sosis dan mozzarella). Untuk keju mozzarella tusuk secara perlahan agar keju tidak pecah.

2. Tuang tepung terigu ke wadah besar. Untuk isian keju mozzarella, keju harus dibalurkan dengan tepung terigu terlebih dahulu secara merata lalu masukkan ke dalam freezer selama kurang lebih 20 menit, ini dilakukan agar keju tidak cepat meleleh sedangkan untuk isian sosis tidak perlu dibekukan.

3. Masukkan baking powder, garam dan gula ke dalam sisa tepung terigu, lalu aduk sampai rata.

4. Masukkan telur dan juga susu cair dingin, aduk terus sampai tidak ada gumpalan.

5. Adonan yang diinginkan adalah adonan yang kental agar adonan bisa menempel pada keju maupun sosis.

6. Agar mempermudah pencelupan, tuang adonan ke dalam gelas yang cukup tinggi lalu masukkan kedalam kulkas untuk beberapa menit.

7. Siapkan tepung roti dan adonan yang sudah dingin.

8. Siapkan minyak yang cukup banyak agar hot dog tenggelam saat di goreng dan pastikan minyak dalam keadaan cukup panas sebelum anda memasukkan hot dog. Celupkan hot dog ke dalam adonan lalu balurkan tepung roti sampai semua permukaan tertutup sempurna.

9. Goreng hot dog sampai berubah warna kecoklatan, tiriskan.

10. Selagi hangat taburi hot dog dengan gula, tuang juga saus sambal atau saus tomat, serta mustard atau mayonaise sesuai selera Anda.

11. Hot dog khas Korea siap untuk disantap.

Tips yang paling penting saat Anda akan membuat hot dog keju adalah tunggu sampai minyak benar-benar panas sempurna baru Anda menggoreng hot dog nya, agar kejunya menjadi benar-benar mulur saat di makan.

Untuk mempermudah Anda mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep hot dog ini, Anda bisa membuka hemat.id. Jadi, sudahkah Anda mencoba kuliner khas korea ini? Jangan lupa untuk meninggalkan komentar dan hasil masakan Anda jika Anda sudah mencoba membuatnya.

Sumber :

Youtube Fun Cooking With Yackikuka