Perbandingan Kompor Gas vs Kompor Listrik, Mana Harga Kompor yang Lebih Hemat dan Terbaik?

Saat kita ingin membeli peralatan baru untuk keperluan dapur rumah tangga, kita cenderung melihat harganya dulu. Apalagi untuk kompor, cukup sering kita dihadapkan dengan kompor listrik di berbagai konten tutorial memasak, padahal harga beli kompor listrik relatif lebih mahal dibandingkan kompor gas. Tapi, lebih hemat mana kompor gas atau kompor listrik untuk biaya penggunaan sehari-hari? Lebih aman mana kompor gas atau kompor listrik untuk kesehatan? Yuk simak perbedaan kompor gas vs kompor listrik yang kami ulas di bawah ini.

Perbedaan Kompor Gas dan Kompor Listrik

Berdasarkan nama saja sudah berbeda pasti ada beberapa aspek juga yang membedakan kompor gas dan kompor listrik. Perbedaan keduanya dapat Anda lihat pada tabel.

Perbedaan Kompor Gas vs Kompor Listrik
Kompor Gas Kompor Listrik
Sumber panas Gas alam, propana, butana atau bahan gas yang mudah terbakar Energi listrik
Penyebaran panas Panas yang dihasilkan merata tetapi tidak terlalu merata panasnya bila untuk memanggang Bagian atas kompor harus rata supaya penyebaran panas merata. Paling merata penyebaran panasnya saat memanggang
Memanggang Kelembaban dari gas mempengaruhi keoptimalan memanggang Panas yang dihasilkan kering sehingga menimbulkan pemanggangan yang optimal
Pengaturan suhu Panas dari nyala kompor dapat diatur secara akurat dan cepat Suhu akan berubah perlahan

 

 

Itulah perbedaan kompor gas dan kompor listrik berdasarkan beberapa aspek. Mungkin yang Anda ketahui sebelumnya hanyalah perbedaan pada sumber panas dan pengaturan suhu saja bukan? Dengan membaca artikel ini Anda dapat menemukan perbedaanya dalam empat aspek.

Keunggulan dan Kelemahan Kompor Gas vs Kompor Listrik

Setiap produk memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Inovasi sebuah alat belum tentu tidak memiliki kelemahan. Biasanya inovasi sebuah alat akan menyelesaikan kelemahan yang ditimbulkan alat sebelumnya dan mungkin akan muncul kelemahan baru yang masih dapat ditolerir secara wajar. Bagaimana keunggulan dan kelemahan kompor gas vs kompor listrik?

1. Keunggulan dan kelemahan kompor gas

Keunggulan

  • Kompor gas sangat responsif sehingga memungkinkan Anda berpindah antara tingkat panas dengan cepat
  • Harganya cukup terjangkau
  • Mudah dalam mengatur suhu panas api

Kelemahan

  • Memasak dengan kompor gas akan melepaskan emisi karbon sehingga lambat laun akan merusak lingkungan
  • Riskan menimbulkan luka bakar, kebakaran dan kebocoran gas
  • Menyebabkan kualitas udara yang kurang baik pada rumah Anda. Maka dianjurkan pengguna kompor gas harus memiliki ruangan atau rumah dengan ventilasi yang cukup.

2. Keunggulan dan kelemahan kompor listrik

Keunggulan

  • Panas yang dihasilkan lebih merata dan cepat dibanding api
  • Sedikit resiko mengalami luka bakar atau kebakaran
  • Memiliki permukaan yang halus dan rata sehingga mudah dibersihkan
  • Lebih ramah lingkungan karena menggunakan listrik sebagai sumber panas

Kelemahan

  • Dari segi harga lebih mahal dibanding kompr gas
  • Selama pemadaman listrik, kompor listrik tidak dapat digunakan

Perawatan Kompor Gas vs Kompor Listrik

Kompor gas maupun kompor listrik keduanya cukup mudah dalam hal perawatan. Kompor setidaknya harus dibersihkan sebulan sekali. Penutup dan kerangka pada kompor gas dapat dilepas sehingga bisa dibersihkan dengan cara dicuci tidak hanya di lap kain. Permukaan tunggal dan rata pada kompor listrik akan lebih mudah dibersihkan dibanding penutup dan kerangka pada kompor gas yang sedikit ribet. Atau mungkin Anda bisa ikuti langkah-langkah pembersihan kompor listrik sebagai berikut :

  1. Lepaskan kumparan pada kompor lalu bersihkan, jika kompor tidak memiliki kumparan Anda bisa lanjut langkah kedua
  2. Oleskan baking soda ke atas kompor. Supaya hasil menjadi lebih baik, campur baking soda dengan air hangat karena dapat memecah minyak di kompor lebih cepat
  3. Diamkan selama 2-5 menit
  4. Lap area tersebut dengan handuk dan hindari menggosok kompor dengan keras
  5. Lap bagian luar kompor dengan pembersih kaca atau sabun

Anda juga bisa pertimbangkan perawatan secara substansial dengan menggunakan teknisi profesional servis kompor bila muncul kerusakan yang tidak dapat Anda tangani. Satu hal yang dapat dipertimbangkan dalam penggunaan kompor gas adalah saluran gas dapat berfungsi dengan baik, karena jika tidak akan berpotensi menimbulkan bahaya.

Lebih Aman Kompor Gas atau Kompor Listrik?

Sudah jelas lebih aman kompor listrik. Kenapa? Alasannya adalah pertama karena kompor gas memiliki potensi berbahaya seperti kebakaran dan tabung gas yang meledak, sedangkan kompor listrik tidak. Kedua, kompor gas memiliki potensi luka bakar bila tidak sengaja terkena apinya. Satu hal lagi yang paling penting yaitu keamanan dari segi kesehatan. Hasil studi dari Environmental Protection Agency (EPA) United States menunjukkan bahwa rumah dengan kompor gas memiliki sekitar 50% hingga 400% rata-rata konsentrasi nitrogen dioksida lebih tinggi dibanding rumah dengan kompor listrik.

Ditambah hasil meta-analisis dari 41 riset yang diterbitkan antara tahun 1977 hingga 2013 di seluruh dunia, menemukan bahwa anak-anak yang tinggal di rumah dengan kompor gas beresiko terkena asma 32% lebih tinggi dibanding rumah tanpa kompor. Polusi nitrogen dioksida dapat menyebabkan masalah pada paru-paru bergantung pada tingkat dan lamanya paparan. Tentunya bila rumah memiliki ventilasi yang tidak baik atau mungkin tidak memakai penghisap asap dapur dalam jangka panjang polusi itu dapat menyebabkan asma.

Solusi untuk menanggulangi terjadinya asma adalah gunakan kipas angin dinding saat memasak. Anda juga bisa membuka jendela atau pintu luar untuk meningkatkan aliran udara melalui dapur.

Kompor Gas vs Kompor Listrik, Hemat Mana?

Berdasarkan yang disampaikan oleh Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi, PLN sedang mensosialisasikan dan merekomendasikan kompor listrik karena lebih mudah, aman dan efisien. Namun, apakah kompor listrik akan lebih irit dibanding kompor gas? Jawabannya iya. Menurut hasil penelitian perbandingan kompor gas dan kompor listrik yang ditinjau dari aspek energi yang digunakan, waktu memasak dan biaya yang dikeluarkan menunjukkan hasil bahwa memasak dengan kompor listrik relatif lebih cepat dibanding kompor gas. Berdasarkan energi yang dikonsumsi selama memasak, ternyata kompor listrik juga lebih hemat dibanding kompor gas. Nah, biaya yang dikeluarkan untuk memasak 1 liter air pada kompor listrik adalah 158 rupiah (saat tarif listrik Rp1.467/kWh), sedangkan pada kompor dengan gas non subsidi sebesar 173 rupiah (saat biaya LPG Rp11.583/kg).

Jenis Kompor Listrik

Anda pengguna setia kompor gas mungkin belum tahu bahwa kompor listrik ada dua jenis yaitu kompor induksi dan kompor listrik dengan atasan keramik.

Kompor induksi

Bagian atas kompor induksi menggunakan kumparan elektromagnetik di bawah permukaan kaca keramik dan mentransfer energi langsung ke peralatan masak logam. Peralatan masak itu sendiri yang menjadi panas bukan pada kompornya, sehingga keamanan sangat baik. Fitur dan keunggulan kompor induksi antara lain:

  • Efisiensi yang baik karena 0% energi ditransfer sebagai panas ke alat masak
  • Memasak lebih cepat
  • Sangat aman karena tidak akan menyala secara tidak sengaja setelah Anda selesai memasak
  • Membutuhkan peralatan masak tertentu dengan medan elektromagnetik

Kompor listrik keramik

Bagian atas kompor keramik menggunakan elemen logam melingkar yang terbuat dari bahan tempered kaca keramik. Kumparan memanaskan permukaan kaca keramik yang akan memanaskan alat masak. Fitur dan keunggulan kompor listrik keramik adalah:

  • Fitur keamanan seperti tombol jeda dan kunci membuat bagian atas kompor keramik jauh lebih aman, terutama di sekitar anak-anak
  • Beberapa model akan mematikan panas jika ada tumpahan, atau panci kosong diletakkan di atas area memasak untuk mengurangi resiko terbakar

Perbandingan Harga Kompor Gas dan Kompor Listrik

Perbandingan harga keduanya cukup jauh, namun bila ditanya lebih mahal mana jawabannya adalah kompor listrik. Bisa Anda lihat di kumpulan promo kompor, Anda bisa memilih variasi kompor mulai dari harga Rp100ribuan. Tentu saja harga menentukan spesifikasi dan fasilitas yang ada pada kompor gas. Nah, sedangkan kompor listrik ada yang mulai dari harga Rp900ribuan. Dari sini mungkin akan timbul pertanyaan adakah kompor listrik dengan harga dibawah Rp500.000? Ada, yaitu merk Advance dan Denpoo, namun kompor tersebut hanya satu tungku.

Baca juga Tagihan Listrik Melonjak? Coba Tips Hemat Listrik Berikut

Pilihan Kompor Gas Terbaik dari Segi Harga

Seperti yang disebutkan sebelumnya harga kompor gas cukup variatif. Hemat.id sudah merangkum pilihan kompor dari berbagai merk dengan kisaran harga Rp200.000 РRp400.000 saja  dan juga keunggulan dari masing-masing kompor.

1. Rinnai RI-301S Kompor Gas 1 Tungku

Merk kompor Rinnai sangat populer di kalangan masyarakat. Memiliki desain minimalis dan elegan cocok digunakan untuk anak kos atau Anda yang tinggal sendiri maupun berdua, contohnya Anda yang merupakan pasangan baru menikah.

Ukuran kompor ini adalah 250 x 365 x 140 mm dengan keunggulan

  • Dilengkapi anti lengkap sehingga mudah dibersihkan
  • Penggunaan gas sangat hemat yaitu 1,9kW (0,14 kg/h) dengan model api sub burner

Produk ini dijual dengan harga mulai dari Rp219.000, harga tersebut cukup murah dengan fasilitas dan keunggulan yang ada pada kompor.

Cek Promo Harga Rinnai Kompor Terbaru Minggu Ini

2. Rinnai RI-302S dan RI-522S Kompor Gas 2 Tungku

Masih dengan merk yang sama, namun kali ini memiliki dua tungku. Pertama adalah Rinnai RI-302S dibandrol dengan harga Rp369.000 dan memiliki ukuran 600 x 365 x 140 mm. Dengan harga 300 ribuan, Anda sudah mendapatkan kompor dengan dua tungku yang memiliki keunggulan badan kompor yang kuat sehingga dapat menopang beban hingga 50 kg. Dapat memasak dengan panci berukuran 28 cm karena desain yang one press body. Kompor inilah yang menjadi pilihan ideal ibu-ibu, harganya murah dan sudah mendapatkan 2 tungku sehingga memasak lebih mudah dan cepat.

Kedua adalah Rinnai RI-522S berukuran 700 x 378 x 149 mm yang dijual dengan harga sekitar 400 ribuan. Secara visual kompor Rinnai jenis ini terlihat lebih elegan seperti yang ada pada gambar diatas. Api yang dihasilkan adalah model sub burner berwarna biru yang memungkinkan Anda memasak lebih efektif.

Cek Promo Harga Rinnai Kompor 2 Tungku Terbaru

3. Miyako KG-302 C Kompor Gas 2 Tungku

Apakah Anda belum puas dengan keunggulan dan spesifikasi dari Rinnai? Kompor Miyako ini dapat menjadi pilihan.

Produk ini dijual dengan harga yang hampir sama dengan kompor Rinnai yaitu sekitar Rp379.000. Spesifikasi dan keunggulan yang dimiliki berbeda dengan merk sebelumnya walaupun memiliki desain yang cukup mirip. Keunggulan produk ini terdiri dari:

  • Memiliki pan support yang bergigi yang akan membuat wadah masak Anda lebih stabil bila ditaruh dan rentan untuk jatuh.
  • Kaki kompor memiliki material karet anti slip sehingga kompor lebih stabil dan tidak mudah bergerak.
  • Beban yang dapat ditanggung dalam satu kali memasak sampai 20 kg.
  • Kepala tungku bagian atas terbuat dari kuningan sehingga membuat panas yang dihasilkan lebih merata.
  • Knob putar bermaterial poly propilene menjadikan lebih kuat dan tahan panas.

Cek Promo Harga Miyako Kompor Terbaru Minggu Ini

Pilihan Kompor Listrik Harga 1 Jutaan

Anda yang khawatir dengan penggunaan gas LPG di dalam rumah dapat menggunakan alternatif kompor listrik. Namun, perlu Anda ketahui seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa harga kompor listrik dua tungku rata-rata dibandrol dengan harga mulai dari 1 jutaan oleh karena itu Anda harus menyediakan budget lebih untuk membeli sebuah kompor listrik. Pastinya budget lebih yang Anda keluarkan sepadan dengan fasilitas yang ditawarkan. Anda dapat membeli kompor listrik secara online maupun offline.

Cek Promo Kompor Listrik di Tokopedia

1. Kompor Listrik OXONE OX-655D

Kompor listrik dengan seri OXONE Kompor Listrik Double Keramik 800-1000W OX-655D dapat Anda beli dengan harga sekitar Rp1.320.500. Material kompor ini adalah stainless steel dan keramik sehingga produk ini akan tahan lama dan mudah dibersihkan.

Keunggulan kompor listrik OXONE adalah

  • Memiliki 2 tungku
  • Mempunyai tombol on off dan pengaman otomatis saat mematikan dan menyalakan kompor
  • Terdapat thermal untuk perlindungan dari suhu yang terlalu panas
  • Hemat listrik
  • Dapat digunakan pada semua wadah memasak yang beralas rata

Dari keunggulan diatas Anda dapat menemukan satu kelemahannya yaitu tidak dapat menggunakan wajan lengkung untuk memasak di kompor ini.

Cek Promo Kompor Listrik OXONE 2 Tungku Minggu Ini

2. Kompor Listrik OXONE  Infrared OX-645

Kompor listrik OXONE kali ini hanya memiliki 1 tungku namun menggunakan infrared untuk memasak dan sumber pemanasnya tetap dari energi listrik.

Produk ini dibandrol dengan harga Rp940.500, memang sedikit mahal dibanding merk lain yang satu tungku tetapi keunggulannya tidak bisa diragukan lagi

  • Memasak bisa menggunakan panci bahan apapun seperti besi, aluminium, keramik, tembaga, kaca tahan panas dan marmite
  • Ramah lingkungan karena tidak ada asap dan tidak ada karbon monoksida
  • Aman karena dilengkapi instalasi perlindungan
  • Piringan rata sehingga mudah dibersihkan
  • Panas yang dihasilkan cepat sehingga memasak lebih cepat

Spesifikasi produk ini dapat mengkonsumsi listrik maksimal hingga 1500 watt, memiliki ukuran 320 x 50 x 51 mm, serta terdapat power dan temperatur indicator.

Cek Promo Kompor Listrik OXONE 1 Tungku Minggu Ini

Alasan Dibalik Kompor Merk Rinnai Banyak Diminati

Anda pasti tahu kompor Rinnai populer di Indonesia, mungkin pantas mendapat julukan kompor gas terbaik. Beberapa pengamatan dan hasil membaca saya dari beberapa sumber terdapat tiga alasan kenapa kompor Rinnai menjadi idola. Pertama, harga yang ditawarkan sangat bervariatif mulai dari Rp200.000 sampai Rp800.000, kemudian ada juga kompor gas tanam mulai harga Rp3.000.000 yang memiliki tungku lebih dari 2. Kedua, jenisnya sangat beragam dengan desain yang berbeda-beda dan memiliki keunikan tersendiri. Ketiga, awet selama beberapa tahun mengingat kompor pasti digunakan setiap hari sehingga aspek awet menjadi pertimbangan utama.

Itulah perbandingan kompor gas dan kompor listrik. Lebih hemat mana? Dari segi waktu dan energi yang dikeluarkan memang lebih hemat kompor listrik akan tetapi bila Anda pemakai kompor gas dengan gas LPG 3 kg, maka lebih hemat biaya. Berdasarkan keamanan dan kesehatan kompor listrik menjadi pemenangnya.

Sumber :

  1. https://www.climatechoices.act.gov.au/__data/assets/pdf_file/0011/1862660/Sustainable-Household-Scheme-A-guide-to-electric-stove-tops.pdf
  2. https://www.energy.ca.gov/
  3. https://cfpub.epa.gov/ncea/isa/recordisplay.cfm?deid=194645
  4. https://academic.oup.com/ije/article/42/6/1724/737113?login=false#12981961
  5. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1757-899X/1034/1/012068/pdf
  6. https://web.pln.co.id/cms/media/siaran-pers/2022/04/kompor-induksi-hadirkan-beragam-manfaat-bagi-pengguna-hingga-negara/