5 Makanan dan Minuman Pereda Perut Kembung

Di musim yang cuacanya sering berubah-ubah seperti sekarang, kembung adalah salah satu penyakit yang akan sering Anda temui. Apalagi anak-anak yang sudah mulai aktif datang ke sekolah, lebih baik Anda benar-benar memperhatikan makanan dan minuman yang mereka konsumsi.

Saya sempat kelabakan karena tiba-tiba si adek, anak bungsu saya, mengeluh pusing dan perutnya terasa mual. Karena khawatir dan juga ada rasa was-was akibat berita wabah hepatitis akut yang dapat menjangkit anak-anak, saya pun langsung meluncur ke klinik terdekat dengan rumah. Dan setelah diperiksa, ternyata diagnosanya adalah terdapat udara atau gas yang banyak berkumpul di dalam rongga adbomen atau sering juga kita kenal dengan kembung. Apa penyebabnya? Kalau dalam kasus anak saya, kemungkinan disebabkan oleh kebiasaannya yang suka tiduran sehabis makan atau menyantap makanan terlalu cepat, padahal sudah saya ingatkan berkali-kali.

Setelah pulang, saya pun mulai browsing untuk mencari-cari makanan dan minuman apa yang boleh dan tidak boleh diberikan ke anak saya. Selain saya khawatir dia jadi malas makan, saya juga khawatir makanan yang saya beri akan membuat perutnya semakin tidak nyaman.

Makanan dan minuman untuk meredakan perut kembung

Berikut 5 makanan dan minuman yang dapat membantu meredakan perut yang mengalami kembung:

Sumber gambar: freepik.com

1. Yogurt

Saat tahu yogurt masuk dalam daftar makanan yang baik untuk mengatasi perut kembung, saya langsung stok beberapa buah produk yogurt yang menjadi kesukaan adek. Kandungan probiotik yang terdapat pada yogurt dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik, sehingga dapat membantu meredakan perut kembung. Anda pun bisa mengonsumsi yogurt bersamaan dengan buah pisang atau pepaya sebagai tambahan makanan yang kaya akan serat

Sumber gambar: unsplash.com

2. Mentimun

Dalam mentimun terkandung 95% air yang sangat baik untuk meredakan kembung. Air yang banyak terkandung dalam mentimun dapat mencegah retensi air dan mengurangi kembung yang disebabkan oleh dehidrasi.

Sumber gambar: unsplash.com

3. Buah pepaya, pisang, kiwi, dan alpukat

Buah-buahan ini dapat membantu untuk meredakan perut kembung pada anak, seperti:

  • Pisang, mengandung kalium yang dapat menetralisasi kelebihan natrium akibat mengonsumci makanan asin.
  • Pepaya, mengandung enzim pengurai protein, zat antiperadangan dan kaya akan serat, sehingga dapat membantu membuat perut menjadi nyaman.
  • Kiwi, mengandung actinidin yang dapat melancarkan kerja pencernaan dan mempercepat penguraian protein sehingga terhindar dari rasa kembung.
  • Alpukat, mengandung tinggi nutrisi, folat, vitamin C dan K, dan kaya akan serat yang bergerak perlahan melalui saluran pencernaan sehingga dapat membantu mencegah sembelit dan kembung.
Sumber gambar: unsplash.com

4. Seledri

Selain mengandung air yang tinggi, seledri juga mengandung manitol yang dapat melunakkan tinja sehingga dapat meningkatkan keteraturan dengan menarik air kedalam saluran pencernaan. Akar dari seledri juga sering dianggap sebagai diuretik alami yang dapat meningkatkan produksi urin sehingga dapat menghilangkan kelebihan air dan nutrium dari tubuh dan dapat membantu meringankan kembung.

Sumber gambar: freepik.com

5. Jahe

Untungnya si adek suka minum jamu, dan salah satu jamu atau minuman kesehatan tradisional yang dia suka minum adalah susu jahe. Jadi saya pun dengan mudahnya memberikan ramuan jamu ini ke adek. Enzim yang terdapat dalam jahe disebut zingibain yang dapat membantu memecahkan protein, sehingga lebih efisien membuat pencernaan lebih sehat.

Merawat anak yang mengalami perut kembung

Sebenarnya perut kembung akan sembuh sendiri. Namun demi kenyamanan, biasanya anak diberikan obat untuk meredakan asam lambung yang berlebih dan meredakan rasa mual karena gas yang berlebih pada perut. Kemudian mengurangi mengonsumsi makanan yang terlalu berbumbu, air soda, kol atau kubis dan makanan yang mengandung karbohidrat.

Anda juga bisa memberikan anak makanan yang kaya akan serat, memperbanyak asupan air, dan melakukan olahraga secara rutin. Untuk perawatan dari luar, biasanya memberikan minyak kayu putih atau bantalan penghangat yang diletakkan di perut akan memberikan rasa nyaman pada anak.

Tips agar anak terhindar dari kembung

Selain beberapa makanan dan minuman di atas, ada beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan agar anak terhindar dari kembung:

  • Makan secara perlahan
  • Mengunyah makanannya lebih lama
  • Mengonsumsi suplemen makanan, seperti pribiotik atau enzim yang baik untuk pencernaan
  • Teliti sebelum mengonsumsi suatu makanan yang dapat menyebabkan kembung
  • Tidur yang cukup
  • Rutin berolahraga

Tambahkan vitamin, madu dan makanan bergizi pada menu makanan dan bekal anak, agar anak selalu terjaga staminanya dan tidak mudah sakit. Anak-anak saya, termasuk anak-anak yang sudah terlalu “nyaman” di rumah semenjak mereka bersekolah secara online selama pandemi, sehingga mereka tidak banyak bergerak. Dengan melonggarnya peraturan yuk, kita mulai ajak anak-anak untuk mulai berolahraga ringan, seperti bersepeda atau sekedar berjalan-jalan di jalan. Supaya mereka menjadi anak yang kuat dan mengistirahatkan mata mereka dengan melihat pemandangan luar rumah.

Sumber:
https://www.healthdirect.gov.au/bloating
https://www.webmd.com/first-aid/gas-pain-children
Alpukat untuk meredakan kembung: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4677277/
Seledri untuk meredakan kembung: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5871295/
Suplemen makanan yang mengandung enzim: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6910206/