Perbandingan Mesin Cuci Sharp vs Samsung, Mana yang Lebih Bagus dan Hemat Listrik?

Menurut saya pribadi, mesin cuci merupakan kebutuhan primer dalam jajaran peralatan rumah tangga. Apalagi untuk ibu rumah tangga tanpa ART, rasanya akan sulit mengurus rumah, anak dan suami tanpa bala bantuan peralatan yang membuat waktu lebih efisien. Setuju tidak? Saya tipikal yang sulit mempercayakan urusan cuci setrika baju ke laundry karena anak saya sensitif terhadap detergen dan saya sensitif terhadap pewangi pakaian yang menyengat. Jadi memilih mesin cuci yang tepat guna sesuai kebutuhan adalah hal penting menurut saya.

Baca juga : Pilihan Mesin Cuci Otomatis Hemat Listrik: 2 Tabung dan 1 Tabung

Mengenal profil mesin cuci Sharp

sumber gambar : dokumentasi pribadi

Sebelum kita membahas mesin cuci dari kedua merek sesuai judul, kenalan dulu yuk dengan sejarah masing-masing brand. Sharp Corporation adalah perusahaan elektronik asal Jepang yang didirikan pada tahun 1912. PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) memiliki 28 kantor cabang di seluruh Indonesia. Pada Desember 2009, pabrik mesin cuci pertama SEID berdiri dan pada Februari 2010 Sharp menerima top brand dalam kategori mesin cuci.

Fitur unggulan pada mesin cuci Sharp

Mesin cuci sharp sempat menyandang kategori top brand mesin cuci, tentunya juga dikarenakan fitur-fitur canggih yang menjadi unggulannya yaitu :

  1. Megamouth adalah seri dengan ukuran tabung dan bukaan yang lebar sehingga memudahkan memasukkan dan mengeluarkan cucian.
  2. Boomerang adalah fitur dengan bentuk body berlekuk seperti boomerang untuk meredam getaran saat mencuci.
  3. Dolphinwave seri ini memiliki pulsator yang mirip sirip, ekor dan tubuh lumba-lumba agar tidak merusak pakaian.
  4. Full Auto adalah fitur yang paling mudah digunakan.
  5. Quick Wash adalah fitur mencuci cepat tanpa merusak pakaian.
  6. Inverter adalah fitur yang membuat proses mencuci lebih senyap dan lebih hemat energi.
  7. Hijab adalah fitur andalan yang bisa mencuci hijab Anda tanpa merusaknya.

Mengenal profil mesin cuci Samsung

sumber gambar : samsung.com

Samsung adalah brand yang kurang populer di telinga saya untuk urusan peralatan rumah tangga. Tapi kalau untuk teknologi gadget, saya mengakui kehebatannya. Samsung Electronics didirikan oleh Lee Byung-chul pada tahun 1938 dengan prinsip “quality first“.  Brand asal Korea ini ternyata memiliki beberapa keunggulan fitur pada produk mesin cucinya.

Fitur unggulan pada mesin cuci Samsung

Melihat beberapa fitur ini, saya jadi mempertimbangkan untuk mencari mesin cuci dengan fitur-fitur tersebut jika mesin cuci saya rusak. Beberapa fitur unggulan pada mesin cuci Samsung adalah :

  1. Eco bubble adalah fitur yang bisa mengubah detergen menjadi gelembung sabun mikro sehingga bisa mencuci efektif pada suhu air rendah. Fitur ini 24% lebih efektif menghilangkan noda dan mengurangi konsumsi listrik hingga 70%. Bubble ini bisa menjaga warna dan tekstur pakaian 45.5% lebih baik dari metode pencucian biasa.
  2. Wobble merupakan fitur yang dapat mencegah pakaian kusut dan saling terbelit. Fitur ini sangat cocok untuk Anda yang terbiasa langsung melipat baju tanpa disetrika setelah diangkat dari jemuran. My wishlist fitur nih.
  3. Digital inverter adalah fitur yang bisa menghemat listrik hingga 40%.
  4. Quick drive adalah fitur yang bisa mempersingkat waktu hingga 50%.
  5. Add wash merupakan fitur untuk menambahkan cucian, detergen atau pewangi saat proses pencucian sedang berlangsung melalui pintu kecil pada pintu utama.
  6. Kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan pengoperasian mesin cuci dilakukan melalui aplikasi SmartThings pada handphone Anda.
  7. Agitator berfungsi untuk tujuan mencuci baju secara cepat. Tapi jika Anda ingin mencuci dengan bersih dan efisien, maka pilih mesin cuci Samsung tanpa agitator.

Perbandingan mesin cuci Sharp dan Samsung yang perlu dipertimbangkan

Free photo mother with daughter doing laundry at self serviece laundrette
sumber gambar : Freepik

Tentunya ada beberapa pertimbangan yang bisa menjadi patokan Anda dalam menentukan mesin cuci seperti apa yang cocok untuk kebutuhan Anda. Berikut saya jabarkan poin penting yang bisa Anda cari tahu sebelum membeli mesin cuci.

Pertimbangan dari segi merek mesin cuci

Saat ini banyak sekali pilihan merek mesin cuci yang bisa Anda temukan. Tapi untuk barang elektronik apalagi yang ditujukan untuk pemakaian jangka panjang, memilih berdasarkan merek yang terkenal rasanya lebih aman dan nyaman di hati saya. Ada beberapa pertimbangan kenapa saya memilih merek yang sudah terkenal yaitu :

  1. Jaminan produk tahan lama (ini bisa dilihat dari testimoni orang-orang yang sudah lama menggunakannya).
  2. Klaim garansi lebih mudah karena biasanya sudah memiliki hotline service yang sigap.
  3. Layanan after sales yang tersebar di banyak area sehingga memudahkan kita saat ingin service atau komplain produk.
  4. Pengalaman brand dalam pengembangan produk yang sudah bertahun-tahun.

Bukan berarti merek baru performanya tidak oke ya. Memang pertimbangan saya saja dalam memilih produk dengan poin-poin di atas. Saya sendiri memilih mesin cuci Sharp satu tabung bukaan atas sebagai teman urusan laundry saya di rumah yang sudah dibeli sejak tahun pertama pernikahan di 2016. Performanya masih sangat oke sampai sekarang. Sharp memang unggul dari segi daya tahannya. Saat itu pemilihan merek Sharp bukan karena saya sudah observasi atau membandingkan dengan berbagai merek lain, tapi semata-mata karena rekomendasi Ibu-Ayah mertua. Ya maklum, pasutri baru mah nggak paham urusan rumah tangga. Jadi manut aja hehe.

Baca juga  : Kiat-kiat Agar Mesin Cuci Anda Awet dan Berumur Panjang

Samsung juga merupakan merek yang terkenal pada kategori barang elektronik. Samsung akan banyak sekali Anda temukan dalam drama Korea dan unggul dari segi teknologinya. Inovasi teknologinya canggih dan belum tentu dimiliki oleh merk kompetitornya. Jadi, dari segi merk baik Sharp maupun Samsung, keduanya sama terkenal dan memiliki image yang bagus di masyarakat.

Pertimbangan dari segi jenis mesin cuci

Dulu saya banyak bertanya pada teman-teman yang lebih dulu menikah tentang jenis mesin cuci yang mereka pilih. Apakah Front Loading (bukaan depan), Top Loading (bukaan atas), atau Twin Tub (2 tabung). Ketiga jenis mesin cuci ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dari segi variasi jenis mesin cuci, Sharp dan Samsung sama-sama memiliki banyak varian di setiap jenis mesin cucinya sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

a. Mesin cuci front loading

Mesin cuci front loading atau bukaan depan sering kita lihat di film-film atau drama Korea atau di tempat laundry baju. Selain karena tampilannya yang cantik, mesin cuci ini punya keunggulan arah putaran pencucian vertikal yang membuat kain pakaian Anda tetap terjaga kualitasnya. Air yang digunakan juga lebih sedikit dibandingkan dua jenis mesin cuci lainnya sehingga cocok untuk Anda yang membuka jasa laundry. Selain itu mesin cuci jenis ini memiliki kinerja yang lebih efektif saat mencuci dan mengeringkan sehingga lebih hemat listrik. Samsung adalah merek yang akan sering Anda temukan saat menonton drama Korea. Mesin cuci front loading dari Samsung ada seri Samsung WW80T3040BW/SE 8 kg dengan teknologi digital inverter dan quick wash.

Sharp ES-FL1083W 8.5 Kg Front Loading Series

Tapi menurut saya, jenis mesin cuci ini akan menarik minat si kecil untuk membuka tutup bahkan masuk ke dalamnya untuk explorasi karena akses ke pintunya yang rendah. Selain itu kebanyakan jenis mesin cuci ini memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan jenis mesin cuci lainnya. Tapi jangan khawatir, banyak produsen yang sudah memikirkan kekurangan ini dan memasukkan fitur child lock seperti pada mesin cuci Sharp ES-FL1083W. Mesin cuci ini juga dilengkapi dengan fitur body berlekuk seperti boomerang yang berfungsi untuk meredam getaran saat mencuci sehingga suaranya tidak menganggu si kecil yang sedang tidur lelap.

b. Mesin cuci top loading

sumber gambar : dokumentasi pribadi

Dari pengalaman menggunakan mesin cuci satu tabung selama tujuh tahun, proses pengoperasiannya simple sekali karena tidak perlu memindahkan cucian ke tabung lain untuk mengeringkan. Saya memang inginnya yang bisa pencet-pencet, ditinggal lalu beres. Mesin cuci saya di rumah adalah Sharp ES-M805P. Mesin cuci ini termasuk ke dalam seri megamouth yang memiliki bukaan yang lebar sehingga memudahkan saat mengeluarkan dan memasukkan cucian. Seri ini adalah jenis mesin cuci top loading dengan kapasitas 8–12 kg. Megamouth memiliki tempat detergen dan pelembut yang terpisah dan dapat dilepas-pasang. Fitur lepas-pasang ini penting untuk memudahkan proses mengeringkan wadah detergen setelah mencuci. Seri terbaru yang mirip dengan seri yang saya punya di rumah adalah Sharp megamouth ES-M809T-GG.

Sharp ES-M809T-GG 8KG Top Loading

Keputusan memilih mesin cuci top loading atau bukaan atas lebih karena harganya yang lebih affordable dibandingkan mesin cuci front loading. Sejauh ini, keluhan yang saya rasakan saat menggunakan mesin cuci top loading satu tabung adalah proses mengeluarkan cucian yang butuh sedikit tenaga, pakaian yang lumayan terbelit satu sama lain serta tampilannya yang tidak secantik mesin cuci front loading. Untuk pilihan Samsung top loading adalah Samsung WA10CG4545BDSE 10 kg dengan ecobubble dan digital inverter motor.

c. Mesin cuci twin tub

Keunggulan dari mesin cuci dua tabung adalah harganya yang paling murah di antara jenis mesin cuci lainnya. Selain itu, Anda bisa mengerjakan dua pekerjaan sekaligus dalam satu waktu karena di tabung yang pertama Anda bisa mencuci lalu mengeringkan pakaian di tabung kedua. Keunggulan lainnya adalah harga spare part mesin cuci dua tabung yang lebih murah jika Anda perlu melakukan servis. Kekurangan dari mesin cuci twin tub menurut saya adalah bentuknya yang kurang cantik serta dimensinya yang besar. Pilihan mesin cuci ini juga hanya tersedia dalam bentuk top loading.

Sharp 7KG ES-T77F-PBK Mesin Cuci 2 Tabung

Salah satu pilihan mesin cuci twin tub dengan harga dibawah 2 juta adalah Sharp ES-T77F-PBK. Fitur andalan mesin cuci ini adalah aquamagic yang bisa menyaring kotoran atau pasir yg keluar dari kran air. Sayangnya untuk merek Samsung, Anda akan sulit menemukan mesin cuci dua tabung dengan harga di bawah 2 juta. Pilihan harga termurah untuk mesin cuci dua tabung Samsung adalah Samsung WT75H3210MB/SE 7.5 kg dengan keunggulan dinamic pulsator dan pengering turbo.

Jenis mesin cuci apa yang paling bagus?

Jika Anda membutuhkan mesin cuci untuk penggunaan dalam jumlah besar seperti usaha laundry, maka bisa memilih mesin cuci Samsung front loading karena banyak fitur canggih yang dapat memudahkan pekerjaan dengan cepat dan hemat listrik. Untuk pemakaian skala rumah tangga, bisa memilih mesin cuci twin tub dari Sharp yang harga 1.5 jutaan, namun jika ada banyak anggota keluarga di rumah bisa memilih mesin cuci top loading dari Sharp yang harga nya lebih terjangkau ataupun Samsung yang memiliki fitur canggih.

Pertimbangan dari kapasitas mesin cuci

Pertimbangan lain saat memilih mesin cuci adalah kapasitas mesin cuci. Saya membutuhkan mesin cuci yang bisa mencuci selimut besar atau bed cover sehingga saya tidak perlu ke laundry untuk urusan cucian kotor big size. Saya mempunyai mesin cuci dengan kapasitas 8 Kg. Selama tujuh tahun pemakaian, kapasitas ini sangat memadai untuk keluarga kecil dengan satu anak. Saya dengan mudah bisa mencuci bed cover, selimut, matras protector, bahkan bantal dan guling di rumah. Jika Anda memiliki 2-3 anak, kapasitas mesin cuci 9-10 kg sepertinya lebih pas. Contohnya mesin cuci Samsung WA90H4200SG/SE 9 kg dengan wobble technology. Contoh merek Sharp dengan kapasitas 9-10 kg adalah mesin cuci Sharp ES-M1000T-GG 10 kg.

SAMSUNG 9KG WA90H4200SG/SE Top Loading

Tips memilih mesin cuci berdasarkan kapasitasnya: Salah satu hal yang menjadi pertimbangan sebelum memilih kapasitas mesin cuci adalah bahwa beban maksimal yang bisa ditampung mesin cuci adalah 70% dari kapasitasnya. Jangan mengisi penuh mesin cuci Anda agar hasil cuci maksimal dan mesin cuci awet terhindar dari kerusakan.

Perbandingan harga mesin cuci Sharp dan Samsung, dari budget mulai Rp1jutaan hingga yang paling mahal

Harga tentu menjadi pertimbangan Anda dalam memilih mesin cuci. Mesin cuci apa yang bagus dan low budget? Jika dibandingkan di antara ketiga jenis mesin cuci yaitu front loading, top loading dan twin tub, maka harga termurah adalah jenis mesin cuci twin tub atau mesin cuci dua tabung. Perbandingannya bisa Anda lihat pada tabel 1 di bawah ini.

Anda bisa mendapatkan mesin cuci twin tub Sharp dengan harga satu jutaan. Sementara untuk budget 2-3 jutaan, Anda bisa membeli mesin cuci twin tub atau mesin cuci top loading Sharp dan Samsung. Nah Sahabat Hemat, berikut selengkapnya tabel perbandingan harga mesin cuci Sharp vs Samsung dengan kapasitas dan jenis mesin cuci yang sama.

Jenis Kapasitas (kg) Sharp Samsung
Harga Tipe Harga Tipe
Twin Tub (dua tabung) 7-7.5 Rp1.505.000 ES-T75NT-PK Rp2.169.000 WT75H3210MB/SE
9-9.5 Rp1.946.000 ES-T99SJ Rp2.399.000 WT95H3330MB/SE
12 Rp2.820.000 ES-T1290WA Rp2.769.000 WT12J4200MB/SE
Top Loading (bukaan atas) 8 Rp2.789.000 ES-M809T-GG Rp2.899.000 WA80H4200SW/SE
10 Rp3.204.000 ES-M1000T-GG Rp4.909.000 WA10CG4545BDSE
12 Rp6.435.000 ES-F1208X-SL Rp5.389.000 WA12CG5745BDSE
Front Loading (bukaan depan) 7 Rp4.299.000 ES-FL1072B ESFL Rp5.989.000 WW70T504DTT/SE
9.5 Rp6.799.000 ES-FL1491XW Rp8.029.000 WW95T654DLX/SE
10.5-11 Rp9.780.000 ES-FL1410DPX Rp8.999.000 WW11T754DBX/SE

Mesin cuci apa yang paling mahal? Mesin cuci front loading adalah jenis mesin cuci yang paling mahal di antara ketiga jenis mesin cuci namun juga menawarkan tampilan yang cantik, akses yang lebih mudah dan berbagai fitur lain yang tidak dimiliki kedua jenis mesin cuci lainnya. Untuk membeli mesin cuci front loading Sharp, budget minimal yang harus Anda siapkan sekitar 4 jutaan. Melihat tabel di atas, harga mesin cuci Samsung rata-rata lebih tinggi dibandingkan mesin cuci Sharp ya.

Promo Mesin Cuci hari ini 24 Feb 2024

Polytron PAW 9028Y | Mesin Cuci Bukaan Atas

Rp2.999.000 / pcs

Polytron PAW 9028Y | Mesin Cuci Bukaan Atas

Rp2.999.000 Rp3.399.000 11%

Spesifikasi : - Kapasitas...

Hemat ★★

Sampai 29 Feb 2024

COURTS
Aqua FQW-850829QD Mesin Cuci Front Load 8.5kg

Rp4.499.000 / pcs

Aqua FQW-850829QD Mesin Cuci Front Load 8.5kg

Rp4.499.000 Rp5.599.000 19%

- Kapasitas : 8,5 Kg - Hi...

Hemat ★★

Sampai 29 Feb 2024

COURTS
Electrolux EWF8004E3WB/WH Front Loading 8 Kg

Rp6.499.000 / pcs

Electrolux EWF8004E3WB/WH Front Loading 8 Kg

Rp6.499.000 Rp9.299.000 30%

Spesifikasi : - Kapasitas...

Hemat ★

Sampai 29 Feb 2024

COURTS
Panasonic NA-128XB1LNE Mesin Cuci Depan 9 Kg

Rp5.599.000 / pcs

Panasonic NA-128XB1LNE Mesin Cuci Depan 9 Kg

Rp5.599.000 Rp6.699.000 16%

Spesifikasi : - Kapasitas...

Hemat ★

Sampai 29 Feb 2024

COURTS
Sharp ES-M1050XT-SA Top Load 10.5 Kg New Megamouth Series 2.0

Rp4.099.000 / pcs

Sharp ES-M1050XT-SA Top Load 10.5 Kg New Megamouth Series 2.0

Rp4.099.000 Rp4.799.000 14%

Spesifikasi : - Kapasitas...

Hemat ★

Sampai 29 Feb 2024

COURTS
Samsung DV80T5220TT 8kg Heat Pump Dryer 800W

Sampai 29 Feb 2024

COURTS
Aqua FQV-701E Mesin Cuci

Rp4.199.000 / pcs

Aqua FQV-701E Mesin Cuci

Rp4.199.000

Sampai 29 Feb 2024

COURTS
Sharp ES-FL1410DPX

Rp9.699.000 / pcs

Sharp ES-FL1410DPX

Rp9.699.000

Sampai 29 Feb 2024

COURTS
Samsung DV90T7240BX/SE Dryer  9000 gr

Rp119.989 / 100 gr

Samsung DV90T7240BX/SE Dryer 9000 gr

Rp10.799.000

Sampai 29 Feb 2024

COURTS
Samsung DV90T7240BX/SE Dryer  9000 gr

Rp119.989 / 100 gr

Samsung DV90T7240BX/SE Dryer 9000 gr

Rp10.799.000

Sampai 29 Feb 2024

COURTS

Sesuaikan dengan kapasitas daya rumah, mana yang paling hemat listrik?

Jangan lupa sesuaikan daya mesin cuci yang Anda pilih dengan kapasitas daya di rumah Anda. Saat senggang dan ingin menghemat listrik dan air, saya biasanya mencuci pakaian dengan tangan lalu hanya memakai fitur pengering untuk mempercepat proses menjemur. Daya yang dibutuhkan untuk mengeringkan pakaian biasanya lebih kecil dibandingkan untuk mencuci. Cara ini juga saya lakukan untuk mencuci hijab, pakaian berwarna putih ataupun underwear agar tidak mudah rusak, melar atau terkontaminasi warna atau kotoran pakaian lain. Cara ini juga saya pakai untuk pakaian anak saya yang dicuci dengan detergen terpisah.

Mesin cuci apa yang paling hemat listrik? Mesin cuci dua tabung diklaim hemat waktu dan hemat listrik karena bisa mengerjakan dua fungsi sekaligus dan rata-rata memiliki daya yang tidak terlalu besar. Anda bisa menemukan mesin cuci dua tabung Samsung ataupun Sharp dengan daya di bawah 300 Watt. Sedangkan untuk mesin cuci top loading Sharp atau Samsung daya yang dibutuhkan biasanya sekitar 350 – 500 Watt. Mesin cuci top loading Sharp 8 kg yang saya punya membutuhkan daya 350 Watt sedangkan mesin cuci top loading Samsung 7 kg membutuhkan daya yang sama 350 Watt. Untuk mesin cuci front loading Samsung dan Sharp ternyata memiliki kebutuhan daya yang mirip dengan mesin cuci twin tub. Oleh karena itu mesin cuci front loading disebut hemat air dan hemat energi. Maka sesuaikan dengan daya di rumah Anda ya Sahabat Hemat.

Cek promo mesin cuci front loading Samsung cuma 250 Watt

Pertimbangan dari ukuran mesin cuci (dimensi)

Jika dilihat sekilas pun, sudah pasti mesin cuci dua tabung termasuk mesin cuci yang boros tempat karena paling besar diantara dua jenis mesin cuci lainnya. Yang paling penting adalah menentukan lebih dulu dimana Anda akan meletakkan mesin cuci di rumah Anda lalu ukur area tersebut untuk patokan dalam mencari ukuran mesin cuci yang tepat. Perhatikan juga akses bukaan pintu mesin cuci. Jika Anda berniat meletakkan mesin cuci di area yang sering dan mudah terkena air, maka pilihan mesin cuci top loading lebih baik dibandingkan dengan mesin cuci front loading. Bentuk mesin cuci yang paling minimalis menurut saya adalah mesin cuci top loading yang biasanya memanjang ke atas.

Kesimpulan

Saat ini saya sudah cukup puas dengan hasil, performa dan daya tahan mesin cuci top loading saya di rumah. Tapi jika berkesempatan untuk mengganti mesin cuci, sepertinya saya akan berganti haluan ke mesin cuci front loading karena efisiensi dan hasil akhir pakaian yang tidak terlalu kusut. Dari kedua merek Sharp ataupun Samsung memiliki keunggulannya masing-masing. Mesin cuci Sharp terbukti sangat awet sedangkan Samsung memiliki desain yang cantik dan teknologi yang mumpuni.

Oh ya, apapun jenis mesin cucinya, jangan lupa untuk selalu membuka tutup mesin cuci dan mengeringkan wadah detergen dan pelembut setelah mencuci untuk menghindari lembab yang bisa menyebabkan pertumbuhan jamur atau mold ya Sahabat Hemat. Jangan lupa juga temukan promo menarik dari hemat.id atau cek melalui aplikasi kliptalog.

Sumber :

  1. id.sharp
  2. samsung.com