Perbandingan Soyjoy vs Fitbar, Mana yang Lebih Rendah Kalori?

Meskipun sedang diet, terkadang kita tidak bisa menghindari rasa ingin makan cemilan ya Sahabat Hemat. Agar bisa tetap ngemil tanpa khawatir mengganggu program diet, snack rendah kalori bisa menjadi solusinya. Ada dua merk snack sehat yang populer di pasaran yaitu Soyjoy dan Fitbar. Sama-sama berbentuk snackbar sehat dan rendah kalori, kira-kira lebih bagus Soyjoy atau Fitbar ya? Simak pembahasan lengkapnya di artikel ini!

Baca juga : Resep Olahan Oatmeal Asin dan Manis untuk Diet yang Enak dan Simpel

Sekilas tentang Soyjoy

Soyjoy adalah produk snack sehat yang terbuat dari kedelai utuh dan buah asli yang dikeringkan dengan tambahan nutrisi penting seperti protein, serat, dan vitamin. Snackbar yang diproduksi oleh PT Amerta Indah Otsuka ini sudah eksis di Indonesia selama 17 tahun. Sebagai pelopor cemilan sehat dari kedelai pertama dan satu-satunya di Indonesia, Soyjoy cukup konsisten dalam mempertahankan kualitasnya.

Varian rasa Soyjoy

Soyjoy terus berinovasi mengembangkan kualitas produknya, termasuk variasi dan pilihan rasa yang lebih beragam. Sebagai cemilan sehat, Soyjoy memiliki 8 varian rasa yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

pilihan rasa Soyjoy

Berikut daftar varian rasa Soyjoy mulai dari gambar paling kiri ke kanan :

  • Open Sesame
  • Almond and chocolate
  • Tropical Cranberries
  • Raisin Almond
  • Strawberry
  • Danish Cheese
  • Mochachoco cashew
  • Lekker & Nuts

Keunggulan Soyjoy

Namanya juga snack sehat, tentunya Soyjoy memiliki berbagai manfaat yang menjadikannya lebih unggul dibandingkan cemilan biasa ya Sahabat Hemat. Berikut adalah beberapa manfaat dan kebaikan dari Soyjoy :

Tinggi serat dan protein

Soyjoy terbuat dari kedelai yang tinggi serat dan protein. Snack ini bisa membantu mencukupi kebutuhan serat dan protein harian.

Low GI (glikemik indeks)

ilustrasi perbandingan makanan high GI dan low GI, gambar dari soyjoy.id

GI (Glikemik Indesk) alias Indeks glikemik adalah satuan angka yang menunjukkan seberapa lama makanan yang dicerna akan menaikkan kadar gula darah. Soyjoy termasuk makanan yang rendah indeks glikemik, sehingga menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Mengandung isoflavon

Kandungan isoplafon pada soyjoy sebanyak 14mg per gram. Isoplafon adalah zat yang terkandung dalam kedelai yang berfungsi sebagai antioksidan. Salah satu manfaat isoplafon adalah menjaga kadar kolesterol dalam darah sehingga baik untuk mencegah penyakit jantung koroner.

Membuat kenyang lebih lama dan mengkontrol nafsu makan

Berdasarkan pengalaman saya pribadi saat mengkonsumsi soyjoy sebagai cemilan, snack ini dapat memberi rasa kenyang lebih lama. Soyjoy memiliki tekstur yang lembut dan padat. Rasanya yang tidak terlalu manis dapat memenuhi rasa ingin ngemil. Hal inilah yang membuat saya tidak ingin ngemil secara berlebihan karena sudah terpenuhi saat makan Soyjoy.

Fitbar

 

Fitbar adalah snack sehat yang tinggi akan serat terbuat dari  Australian Oat, Corn Flakes, dan Rice Crispy. Snackbar ini diproduksi oleh PT Sanghiang Perkasa. Selama empat tahun terakhir Fitbar menduduki peringkat nomer 1 kategori snackbar terfavorit menurut data survey Top Brand Award. Hal ini membuktikan bahwa Fitbar juga konsisten mempertahankan kualitas dan popularitasnya di pasaran.

Varian rasa Fitbar

Untuk memenuhi kebutuhan dan selera masyarakat, Fitbar memiliki berbagai pilihan rasa yang unik. Varian rasa Fitbar tidak kalah menarik dibandingkan dengan snack pada umumnya.

pilihan rasa Fitbar

Berikut adalah varian rasa Fitbar, mulai dari gambar paling kiri ke kanan :

  • Fruit Delight
  • Cheese Delight
  • Choco Delight
  • Tiramisu Delight

Keunggulan fitbar

Selain memiliki varian rasa yang lezat, Fitbar juga memiliki berbagai manfaat dan kebaikan. Berikut beberapa keunggulan Fitbar.

Cemilan rendah kalori

Terbuat dari perpaduan multigrain dan coklat berkualitas, tetap membuat Fitbar menjadi snack yang rendah kalori. Dibandingkan dengan cemilan lain yang terbuat dari tepung, tentunya Fitbar lebih sehat.

Sebagai sumber serat

Berbahan dasar dari beberapa  jenis gandum, Fitbar kaya akan serat. Serat baik untuk pencernaan dan menahan rasa lapar.

Rendah lemak dan rendah gula

Karena terbuat dari Australian Oats dan perpaduan beberapa jenis biji-bijian, Fitbar mengandung sedikit lemak dan gula. Kandungan lemak dan gula yang rendah inilah yang membuat kalori Fitbar lebih rendah dibanding cemilan lainnya,

Perbandingan harga

Soyjoy dan Fitbar memiliki takaran saji yang berbeda. Soyjoy dikemas dengan ukuran 30gr sedangkan Fitbar dikemas dengan ukuran 20gr. Berikut perbandingan kisaran harga Soyjoy dan Fitbar.

Harga Soyjoy per kemasan Harga Fitbar per kemasan
Rp9ribuan Rp5ribuan

Dari tabel di atas dapat dilihat bahwa harga Fitbar lebih terjangkau dibandingkan dengan Soyjoy. Hal ini dikarenakan Fitbar kemasannya lebih kecil, sehingga harganya lebih murah.

Perbandingan nutrisi

informasi nilai gizi pada Soyjoy, dokumentasi pribadi
informasi nilai gizi pada Fitbar, dokumentasi pribadi 

Sebagai produk yang diklaim sebagai snack sehat, tentunya baik Soyjoy dan Fitbar dilengkapi dengan kandungan nutrisi. Berdasarkan tabel informasi nilai gizi yang tertera pada kemasannyam berikut adalah perbandingan Soyjoy dan Fitbar rasa coklat :

Kandungan nutrisi Soyjoy (30gr) Fitbar (20gr)
Kalori 160 kkal 90kkal
Lemak total 10gr 3.5gr
Protein 5gr 2gr
Karbohidrat total 12gr 15gr
Serat pangan 3gr 1gr
Gula total 6gr 5gr
Natrium 35mg 30mg

Dari tabel perbandingna nutrisi di atas, dapat dilihat bahwa Soyjoy memilki kalori yang lebih tinggi dibandingkan dengan Fitbar. Kalori pada Soyjoy berasal dari protein dan lemak yang lebih tinggi. Protein dan lemak berasal dari kedelai, sehingga bisa dikatakan lemak yang terkandung adalah lemak baik. Soyjoy juga memiliki serat yang lebih banyak dari Fitbar, sehingga dapat menahan rasa lapar. Untuk kandungan gula, natrium dan karbohidrat tidak ada selisih yang signifikan karena jumlahnya masih dalam batas aman.

Fitbar lebih rendah kalori daripada Soyjoy. Kandungan gula dan natriumnya juga lebih rendah karena porsi Fitbar lebih sedikit. Kandungan karbohidrat Fitbar lebih tinggi karena berasal dari oats dan biji-bijian. Sehingga baik untuk cadangan energi. Kandungan lemak Fitbar juga hanya 1/3 dari Soyjoy sehingga cemilan ini lebih hemat kalori.

Perbandingan rasa

Soyjoy dan Fitbar termasuk snack favorit saya karena rendah kalori dan rendah gula. Kedua snackbar ini memiliki ciri khas rasa yang unik. Untuk soyjoy rasa coklat, rasanya tidak manis namun masih terasa coklatnya. Setiap gigitan Soyjoy terasa padat. Teksturnya lembut, dan empuk. Soyjoy cocok untuk Anda yang ingin snack dengan rasa yang tidak terlalu manis.

Dibandingkan dengan Soyjoy, fitbar rasanya lebih manis. Tekstur fitbar lebih renyah, namun tidak sepadat Soyjoy. Setiap gigitan fitbar terasa lebih ringan. Fitbar rasa coklat didominasi rasa dari manisnya coklat. Fitbar cocok untuk Anda yang ingin snack renyah dan cenderung manis.

Kelebihan dan kekurangan

Setelah membandingkan Soyjoy dan Fitbar, masing-masing jadi memiliki kelebihan dan kekurangan. Tentunya kelebihan dan kekurangan ini bisa Anda sesuaikan dengan selera dan kebutuhan nutrisi dari snack sehat.

Kelebihan Soyjoy dibandingkan Fitbar

  • lebih tinggi protein
  • tekstur lebih padat
  • terasa lebih kenyang dan tidak ingin ngemil
  • lebih banyak varian rasa

Kekurangan Soyjoy dibandingkan Fitbar

  • harga lebih mahal
  • bagi sebagian orang rasa kurang manis

Kelebihan Fitbar dibandingkan Soyjoy

  • harga lebih terjangkau
  • semua varian rasa enak
  • lebih rendah kalori
  • tekstur renyah

Kekurangan Fitbar dibandingkan Soyjoy

  • protein lebih rendah
  • varian rasa tidak sebanyak soyjoy

Kesimpulan

Soyjoy merupakan snack yang berbahan dasar kedelai dengan tekstur padat dan bikin kenyang lebih lama. Meskipun harganya lebih mahal, beberapa kandungan nutrisi pada Soyjoy lebih unggul dari Fitbar. Soyjoy cocok untuk Anda yang ingin makan cemilan tinggi protein dan tinggi serat dengan rasa yang tidak terlalu manis. Fitbar kalorinya lebih rendah, teksturnya renyah dan lebih manis. Fitbar cocok untuk Anda yang ingin snack sehat dengan harga yang lebih terjangkau dan rendah kalori.