Kunci Diet Sehat & Aman, Bonus Menu Ayam Krispi Rendah Kalori

Diet menjadi resolusi Anda di tahun baru 2022 ini? Yuk bisa yuk !

Sahabat Hemat yang baru memutuskan untuk memulai diet mungkin sedang memilah-milih mau memakai metode diet yang mana. Ada banyak sekali metode diet, dari diet OCD, diet mediterania, diet fleksitarian, intermittent fasting (diet puasa), diet ketogenik, diet mayo, diet GM, diet ketofastosis, diet DEBM, diet dukan, dan masih banyak lagi jenis-jenis diet lainnya, hingga diet yang ekstrim seperti water fasting. 

Sahabat Hemat bisa mencoba memilih menerapkan metode diet yang cocok dengan lifestyle Anda, namun perlu disadari bahwa kesuksesan diet bukan hanya dihitung dari seberapa banyak berat badan turun, melainkan juga memperhatikan bagaimana menjaga berat badan ideal tetap stabil. Tentunya tujuan diet yang baik adalah diet yang aman dan sehat, dengan tetap memperhatikan asupan gizi tubuh Anda. Hal ini diperlukan karena setiap saat tubuh kita memerlukan kalori untuk bisa melakukan fungsinya dengan baik, bahkan saat Anda tidur pun, ada kalori yang dibakar untuk menjaga jantung tetap berdenyut dan menjalankan banyak fungsi organ tubuh lainnya, termasuk fungsi otak. Mungkin Sahabat Hemat pernah merasa susah berpikir atau sakit kepala di saat sedang lapar, nah mungkin itu karena otak sedang memberi sinyal membutuhkan asupan kalori. Diet yang baik adalah diet yang memperhatikan keseimbangan energi secara tepat, yang diperlukan untuk melakukan aktivitas Anda sehari-hari.

Baca juga :  8 hal penting tentang asupan gizi bagi wanita

Disiplin mengatur asupan kalori dan pembakaran kalori harian

Bentuk tubuh menjadi kurang ideal pada umumnya disebabkan oleh penumpukan lemak di beberapa bagian, di bagian perut, punggung, paha dan lengan. Penyebab utama penumpukan lemak ialah kelebihan kalori yang biasanya berasal dari asupan karbohidrat berlebih dibandingkan jumlah kalori yang dibakar, sehingga kelebihannya akan disimpan sebagai cadangan energi dalam bentuk lemak. Kelebihan karbohidrat juga berdampak naiknya kadar kolesterol dan gula dalam darah. Terlalu banyak porsi karbohidrat sederhana seperti nasi putih justru bisa membuat Anda merasa lebih cepat lapar, sebab tubuh yang mengolah karbohidrat sederhana dalam jumlah banyak sekaligus membuat kadar gula darah naik dengan cepat, namun juga akan cepat turun kembali dan saat itulah akan membuat Anda merasa lapar.

Untuk membentuk tubuh yang ideal, berolahraga secara rutin dapat menjadi kuncinya. Olahraga akan menaikkan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori juga lemak.

Baca juga : Alternatif pengganti karbohidrat yang lezat dan sehat

Jika Anda termasuk pekerja di balik meja, yang sebagian besar kegiatan didominasi dengan duduk, Anda perlu menambah kegiatan yang menggerakan keseluruhan tubuh. Tidak selalu harus olahraga, Anda bisa membakar lemak dengan melakukan kegiatan seperti berjalan, menyapu, berkebun, memilih naik tangga alih-alih eskalator dan lift, namun tentunya olahraga terbukti membakar kalori lebih banyak.

Bagaimana cara membakar cadangan energi dari lemak? Sahabat Hemat bisa mencoba cara yang sederhana, yaitu dengan memperhatikan asupan kalori dan pemakaian kalori harian Anda. Saat asupan kalori dibatasi, maka tubuh akan membakar cadangan energi dari lemak. Banyak yang menyebut teknik pengurangan jumlah kalori ini sebagai metode diet defisit kalori. Jika Sahabat Hemat baru akan memulai diet defisit kalori, bisa memulai dengan mengurangi konsumsi kalori harian sebesar 500 kalori dari kebutuhan kalori standar Anda. Rata-rata penurunan berat badan sebesar 0,5 kg per minggu dicapai dengan pengurangan 500 – 750 kalori per hari.

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda berdasarkan usia, jenis kelamin, serta kegiatan sehari-hari masing-masing individu. Rata-rata kebutuhan kalori pria dewasa usia produktif adalah 2500 kalori sehari, sedangkan untuk wanita dewasa rata-rata membutuhkan 2000 kalori per hari. Asupan kalori perlu diperhatikan, hindari makan dan minum minuman berkalori yang berlebihan hingga melebihi jumlah kebutuhan kalori harian Anda.

Bagaimana cara menghitung asupan kalori dan pemakaian kalori ? Anda bisa mengecek tabel kalori makanan dan tabel rata-rata berapa kalori yang dibakar dari jenis kegiatan sehari-hari. Saat ini sudah ada beberapa aplikasi smartphone yang menyediakan fasilitas hitung kalori, Anda tinggal memasukkan jenis makanan dan kegiatan Anda dalam satu hari, dan bisa mendapatkan gambaran keseluruhan keseimbangan kalori Anda. Sahabat hemat bisa mencoba aplikasi calorie counter dari Fat Secret, MyFitness Pal, dan ada juga aplikasi yang mempunyai daftar makanan dan minuman Indonesia yang lengkap, yaitu aplikasi Hitung Kalori yang juga dapat menghitung pemenuhan makro nutrisi harian Anda.

Makanan dan Minuman yang Meningkatkan Metabolisme serta Rendah Kalori

Jika Sahabat Hemat ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, Anda perlu membakar kalori lebih banyak daripada kalori yang Anda masukkan setiap harinya. Anda juga dapat memilih makanan yang kaya akan nutrisi namun rendah kalori. Kalori yang diperoleh dari makanan bergizi seperti daging tanpa lemak, sayuran, buah utuh, kacang-kacangan, putih telur, dan biji-bijian utuh, akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hindari kalori berlebih yang biasa terdapat pada makanan-makanan manis, junk food, dan makanan yang mengandung banyak lemak trans, karena membuat Anda merasa lebih cepat lapar.

Menurut Kemenkes, patokan jumlah konsumsi harian gula seseorang dianjurkan tidak lebih dari 50 gr sehari, atau setara 4 sendok makan, konsumsi lemak atau minyak maksimal 5 sendok makan per hari, dan jumlah garam yang dianjurkan tidak melebihi satu sendok teh, setara dengan 2300 miligram per hari. Saat tubuh kelebihan garam, dapat mengganggu sistem hormonal, dan dapat membuat Anda merasa ingin makan lebih banyak, sehingga kebanyakan garam juga berpotensi menaikkan berat badan.

Tahukah Sahabat Hemat, bahwa ada beberapa bahan pangan yang dapat menaikan metabolisme?

Ya, Anda bisa meningkatkan metabolisme Anda dari makanan kaya protein seperti kacang-kacangan,telur, daging dan ikan. Makanan tinggi protein akan membuat tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna, sehingga metabolisme tubuh pun meningkat. 

Makanan yang kaya mineral, khususnya mineral magnesium dan selenium, juga mengontrol metabolisme tubuh Anda. Selenium bisa didapat dari daging, ikan, bawang merah, telur, jamur portobello serta kacang-kacangan. Sumber magnesium diantaranya terdapat pada beras merah, biji gandum, kedelai, ikan salmon, kacang-kacangan, pisang, alpukat dan susu. Cabai, kopi dan teh juga dapat menaikkan metabolisme Anda. Nah, sekarang Sahabat Hemat bisa memulai membuat daftar belanja mingguan dengan memilih bahan-bahan masakan yang tepat. Ingat cek dahulu promo bahan masakan segar di Hemat.id sebelum pergi berbelanja ya.

Teknik Memasak Sehat dan Rendah Kalori

Makan enak saat diet dapat menjadi penambah semangat Sahabat Hemat untuk konsisten dalam menjaga pola diet Anda. Cobalah memasak berbagai menu sehat yang lezat di rumah untuk menu diet Sahabat, pilihlah bahan-bahan yang sehat, segar dan rendah kalori serta dapat menaikkan metabolisme, serta olahlah masakan Anda dengan cara yang sehat dan menggunakan peralatan masak yang bersih dan berkualitas.

Tahukah Anda, bahwa material dari alat memasak berpengaruh besar pada kesehatan tubuh Anda ? 

Apabila permukaan panci dan wajan sudah mulai mengelupas, sebaiknya tidak digunakan lagi, karena material alat masak dapat terbawa masuk ke dalam makanan. Sahabat Hemat dapat memilih alat masak dengan material stainless steel yang dilapisi oleh granit anti lengket. Dapatkan info promo panci bulan ini, khususnya di Januari 2022 sedang ada promo menarik cookware set Oxone dari COURTS, Sahabat Hemat bisa mendapatkan wajan, panci, pengukus, berikut tutup panci kaca, lengkap dengan spatula dan pisau berkualitas dengan harga menarik.

 

Pilih cara memasak yang hanya perlu menggunakan sedikit minyak, dan gunakan minyak yang sehat seperti minyak kelapa. Berusahalah menghindari gorengan, karena makanan yang digoreng memiliki kalori dan lemak jenuh yang lebih tinggi dibanding dengan makanan yang diolah dengan cara dikukus, ditumis, direbus, dan dipanggang.

Jika Anda penggemar ayam krispi namun sedang diet, tim Hemat.id punya solusi sehat yang bisa Anda coba. Sahabat Hemat bisa mencoba resep Oven Fried Crispy Chicken berikut ini. Resep ini memiliki nilai 355 kalori, 12 gr lemak, 877 mg sodium, 9 gr gula, 43 gr protein, 10 gr serat. 

Resep Oven Fried Crispy Chicken

Sajian:

4 porsi

Bahan-bahan:

  • 125 ml susu skim
  • 100 gr tepung gandum utuh
  • 40 gr keju parmesan parut
  • 1 sendok teh bubuk bawang bombay
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh bubuk bawang putih
  • ½ sendok teh bubuk paprika
  • ¼ sendok teh bubuk lada hitam
  • 4 potong dada ayam tanpa kulit (masing-masing potongan 28-30 gr)
  • Cooking spray minyak kelapa

Cara memasak:

  1. Panaskan oven 220 C. Lapisi alas panggang dengan aluminium foil, letakkan rak panggang kawat/tray di atasnya. 
  2. Siapkan susu skim dalam 1 wadah terpisah. Campurkan ketujuh bahan dan bumbu lainnya di wadah yang lain.
  3. Celupkan ayam ke dalam susu skim, lalu balurkan ke dalam wadah berisi bumbu dan tepung gandung, tekan2 di segala sisi ayam, ulangi hingga dirasakan bumbu telah meresap. 
  4. Letakkan ayam yang telah dibumbui di atas rak panggang, semprotkan cooking spray.
  5. Panggang selama 20 menit hingga ayam menjadi sedikit kecoklatan dan matang.

Jika Sahabat Hemat ingin melengkapi dapur Anda dengan oven, tim Hemat.id mempunyai beberapa saran oven yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan dan budget.

Pilihan Oven sesuai kebutuhan dan budget

Oven Listrik OXONE OX-7725

Oven cantik berwarna pink sakura dari Oxone, memiliki spesifikasi :

  • Kapasitas 25 Liter
  • Daya listrik : 550 Watt x 2
  • Dimensi : (45x35x32)cm
  • Api Atas dan Api Bawah
  • Max Temp : 250 C
  • Cooking Function : Broil, Roast, Bake/Roast
  • Terdapat 1 Tray dan 1 Nampan
  • Rotisserie Fuction
  • Heating Element Stainless Steel
  • Garansi Resmi OXONE 2 Tahun

Oven Turbo Calista EHL 5130

Oven Turbo Calista ini memiliki desain yang simpel dan elegan, cocok digunakan untuk memanggang dengan beberapa fungsi yaitu grilling, baking, toasting dan defrosting.

Spesifikasi:

  • Kapasitas 22 L
  • Tombol pengatur suhu 90 – 230 C
  • Tombol pengatur waktu
  • Daya listrik: 550 Watt x 2 , 220-240 V, 50-60 HZ
  • Elemen pemanas dari stainless steel
  • Material food grade
  • Terdapat 1 nampan, 1 tray / rak pemanggang, 1 besi pengangkat dan garpu jepit
  • Garansi 3 tahun

Beli Promo Oven Turbo Calista EHL 5130 di Courts BTM

Beli Promo Oven Turbo Calista EHL 5130 di Courts Bintaro

Beli Promo Oven Turbo Calista EHL 5130 di Courts Megastore KHI

Beli Promo Oven Turbo Calista EHL 5130 di Courts MBH

Sekai Oven OV 100

Oven kapasitas 10 L ini cocok bagi Sahabat Hemat yang menyukai desain dan ukuran minimalis (37x21x26,5 cm). Memiliki fungsi pemanas atas dan bawah dari stainless steel dengan total daya listrik 400 Watt (200 Watt x 2) sehingga cocok untuk Anda yang menginginkan oven dengan konsumsi listrik yang lebih kecil namun tetap memiliki kemampuan memanggang hingga suhu 250 C. Kelebihan lain dari oven Sekai OV 100 ialah memiliki dinding lapis ganda, sehingga lebih aman karena mengurangi panas pada bagian luar oven. Dari segi harga pun lebih ekonomis, yuk cek promonya di sini.

 

Mari jadikanlah diet sehat bernutrisi sebagai gaya hidup Anda, diet sehat bermanfaat bagi semua orang, tidak hanya bagi mereka yang gemuk. Di zaman sekarang ini, banyak juga sahabat dari  penulis yang memiliki tubuh langsing namun tetap tinggi kadar kolesterol dan gula darahnya. Tujuan dari diet seimbang nutrisi namun rendah kalori adalah tubuh menjadi sehat, dan langsing adalah bonusnya. Semangat berdiet ya, Sahabat Hemat !

 

Sumber:
eatthis.com
hellosehat.com
alodokter.com
halodoc.com