Perbandingan Susu Peninggi Badan Anak

Sebagian orang mempunyai impian memiliki tubuh yang tinggi. Pada dasarnya tinggi badan akan terus meningkat seiring berjalannya masa pertumbuhan. Masa kanak-kanak hingga remaja merupakan salah satu fase yang cukup berpengaruh terhadap proses pertumbuhan tinggi badan. Untuk membantu memaksimalkan proses pertumbuhan tinggi anak diperlukan dukungan gizi salah satunya yaitu dengan susu peninggi badan.

World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa standar tinggi badan anak-anak perempuan dan laki-laki berusia 1-5 tahun yaitu sebagai berikut:

Usia Anak Perempuan Anak Laki-Laki
1 74,0 cm 75,7 cm
2 85,7 cm 87,1 cm
3 95,1 cm 96,1 cm
4 102,7 cm 103,3 cm
5 109,4 cm 110,0 cm

sumber : The WHO Child Growth Standards

Kandungan Gizi Apa yang Diperlukan untuk Proses Pertumbuhan?

Untuk membantu proses pertumbuhan tinggi badan anak, maka orang tua harus memerhatikan asupan gizi demi kelancaran proses pertumbuhan tersebut. Sama halnya dengan sel lain, pertumbuhan sel tulang membutuhkan protein untuk pertumbuhannya. Selain protein diperlukan juga kalsium. Protein berfungsi dalam pembentukan hormon yang memengaruhi faktor pertumbuhan. Sedangkan kalsium berfungsi dalam proses pembentukan sel tulang.

Kalsium dan protein merupakan dua komponen yang harus terpenuhi oleh tubuh untuk proses pertumbuhan tinggi badan. Tubuh yang mempunyai banyak protein tidak akan dapat melakukan pertumbuhan tulang apabila tidak mempunyai kalsium. Begitupun sebaliknya, apabila tubuh mempunyai banyak kalsium tetapi kebutuhan protein tidak terpenuhi maka proses pembentukan sel tulang baru tidak akan terjadi. Oleh karena itu, agar proses pertumbuhan tinggi badan pada anak dapat berjalan lancar maka zat gizi yang diperlukan adalah protein dan kalsium. Asupan kalsium yang cukup akan mengoptimalkan pertumbuhan tulang anak.

Kebutuhan protein dan kalsium pada proses pembentukan tulang, dapat diperoleh dari berbagai makanan nabati maupun hewani salah satunya adalah susu. Berdasarkan informasi Healthline dikutip dari Kompas (04/03/2019), bahwa setiap 100gr susu mengandung masing-masing 61 kalori, 3,2 protein, 3,3gr lemak, dan 125mg kalsium. Sehingga kandungan utama yang ada pada susu, yaitu protein dan kalsium dengan jumlah yang tinggi.

Berdasarkan buku Advanced Nutrition: Macronutrients, Micronutrients, and Metabolism (Carolyn D. Berdanier dan Janos Zempleni, CRC Press 2009), kebutuhan protein dan kalsium pada anak berusia 1-3 tahun yaitu 26gr protein dan 650mg kalsium. Sedangkan untuk anak berusia 4-6 tahun yaitu 35gr protein dan 1000mg kalsium. Dengan begitu mengonsumsi susu dapat membantu memenuhi kebutuhan protein maupun kalsium anak asalkan diimbangi dengan mengonsumsi makanan bernutrisi lainnya. Untuk itu berikut ini daftar brand susu peninggi badan anak yang dapat Ibu jadikan referensi untuk memilih susu peninggi badan anak berdasarkan harga dan kandungan gizi yang terkandung.

Mengolah Susu Menjadi Sajian yang Lezat

Selain protein dan kalsium, ada beberapa mikronutrien lainnya yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak di antaranya yaitu:

Fospor

Fospor merupakan zat yang sangat diperlukan oleh tubuh dan berperan memberikan energi juga membantu proses metabolisme tubuh. Fosfor bersama kalsium akan membentuk matriks tulang maupun gigi yang akan tumbuh. Fosfor dapat ditemukan pada susu, keju, yoghurt, daging maupun ikan.

Magnesium

Sama halnya dengan fosfor, magnesium diperlukan untuk membantu pembentukan tulang. Kebutuhan magnesium perhari untuk anak berusia 1-3 tahun yaitu 80mg. Magnesium dapat ditemukan pada beras merah, sereal, dll.

Seng dan Yodium

Seng memiliki fungsi dalam memertahankan kekebalan tubuh dan juga membantu proses pertumbuhan. Sedangkan yodium berfungsi untuk sintesis hormon tiroid. Seng dan yodium diperlukan juga untuk proses tumbuh kembang anak yang maksimal. Kebutuhan harian seng untuk anak yaitu 3mg dan 90 mikrogram untuk yodium.

Vitamin 

Vitamin yang diperlukan untuk proses pertumbuhan anak yaitu vitamin A, vitamin C dan vitamin D. Vitamin D adalah salah satu vitamin utama yang paling penting pada pertumbuhan tulang anak. Vitamin D juga berfungsi membantu proses penyerapan kalsium dan fosfat. Vitamin A berfungsi dalam menjaga pertumbuhan tulang agar tetap stabil. Dan vitamin C juga sangat berperan aktif dalam proses pertumbuhan yaitu pembentukan otot maupun jaringan pengikat pada sekitar tulang anak.

1. Boneeto

Boneeto.png
sumber: boneeto.co.id

Boneeto adalah produk dari Fonterra Brands Indonesia. Boneeto merupakan salah satu susu berkalsium tinggi yang diperuntukkan khusus anak-anak. Susu bubuk ini dapat dikonsumsi oleh anak berusia 5 hingga 12 tahun. Boneeto mengandung banyak komposisi yang baik untuk proses pertumbuhan tulang anak di antaranya yaitu kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, seng dan selenium. Selain itu terdapat pula protein, vitamin A, vitamin D3, vitamin C, dan vitamin E yang dapat membantu tumbuh kembang anak.

Susu Boneeto mempunyai beberapa variant rasa yaitu vanilla, cokelat, madu dan variant terbaru dari boneeto yaitu cookies&cream. Dengan rasa yang bermacam-macam tentunya akan membuat anak akan sangat menyukai susu tersebut. Akan lebih disukai lagi jika Boneeto mempunyai variant rasa strawberry, karena tak sedikit juga anak sangat menyukai susu rasa strawberry. Takaran penyajian dari susu Boneeto adalah 4 sdm atau sekitar 40gr larutkan dengan air sebanyak 200ml, untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian anak cukup dengan memberikan 2 gelas susu boneeto setiap harinya. Boneeto banyak ditemukan di toko swalayan terdekat dengan harga 37rb-45rb untuk kemasan 350gr.

2. Zee Platinum

zee platinum.jpg
sumber: kalbestore.com

Zee Platinum adalah susu hasil inovasi dari Kalbe yang diformulasikan khusus untuk anak berusia 3 hingga 12 tahun. Zee hadir dalam 3 variant rasa yaitu strawberry ice, choco rich dan vanilla delight. Keunggulan dari susu ini yaitu mengandung 9 asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar proses tumbuh kembang menjadi lebih maksimal. Terdapat juga kandungan kolin, prebiotik inulin dan probiotik. Tentunya susu ini mengandung kalsium yang tinggi yang dapat membantu tumbuh tinggi badan anak. Kandungan kolin mempunyai kegunaan untuk membantu kecerdasan otak anak.

Zee platinum mempunyai rasa yang tidak terlalu manis. Sama halnya dengan Boneeto, takaran penyajian susu Zee Platinum yaitu 4 sdm untuk 200ml air hangat dan dianjurkan 2 gelas setiap harinya. Susu Zee Platinum ini dibandrol denga harga mulai 56rb-60rb. 1 box dengan isi 350gr harus dihabiskan dalam waktu maksimal 2 minggu. Zee juga mempunyai produk susu peninggi badan lainnya yaitu susu Zee regular dan Zee liquid UHT kedua susu tersebut bisa dikonsumsi oleh anak-anak.

3. HiLo School

HiLo School.png
sumber: hilo.co.id

HiLo singkatan dari “High” dan “Low” yang artinya susu tinggi kalsium dan rendah lemak. Sesuai dengan slogannya “tumbuh tuh ke atas bukan ke samping”, susu ini diformulasikan khusus untuk susu peninggi badan. Hilo School dapat dikonsumsi oleh anak-anak berusia 5 hingga 12 tahun. Hilo School tersedia dalam banyak variant rasa di antaranya chocolate, honey, vegiberi dan vanilla. Hilo School tersedia dengan isi kemasan 250gr, 500gr dan 750gr dijual dengan harga mulai dari 35ribu. HiLo School juga sudah tersedia dalam kemasan siap minum dengan variant rasa chocolate dan vegiberi 200ml.

Susu HiLo School merupakan susu yang diolah dari susu sapi di Skandinavia, Eropa Utara. Oleh karena itu kualitas dari susu HiLo School sudah tidak diragukan lagi. Susu ini mengandung kalsium sebanyak 500mg, zinc, vitamin D dan juga dilegkapi 10 vitamin dan 8 mineral yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Susu ini mempunyai rasa yang disesuaikan dengan selera anak, sehingga anak akan menyukai rasa susu ini. Kandungan kalsium pada susu ini dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan tinggi anak dan tentunya dengan kandungan lemak yang rendah tidak akan meningkatkan kegemukan. Konsumsilah susu HiLo School setiap hari untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan anak.

Baca Juga : Susu UHT, Susu Bubuk, atau Kental Manis, Mana yang Lebih Baik?

4. Dancow FortiGro

dancow.jpg
sumber: kalbestore.com

Dancow merupakan produk susu yang diproduksi oleh Nestle. Dancow FortiGro hadir dengan formula baru dengan kandungan yang lebih lengkap. Komposisi pada Dancow FortiGro di antaranya protein, kalsium, zat besi, zink dan berbagai jenis vitamin. Vitamin yang terdapat pada Dancow FortiGro yaitu vitamin A, vitamin B1, B2, B6, B9, vitamin C, vitamin D, vitamin E dan juga vitamin K. Susu ini mempunyai rasa yang enak dan rendah gula sehingga banyak disukai oleh anak-anak. Berbeda dengan susu lainnya, susu ini dapat dikonsumsi oleh anak berusia diatas 1 tahun.

Selain membantu pertumbuhan tinggi badan, susu ini dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak. Memantu memertahankan kepadatan gigi anak dan juga dapat mencegah anemia akibat adanya defisiensi zat besi. Dancow FortiGro mempunyai 2 variant rasa yaitu full cream dan chocolate dan tersedia dalam kemasan 200gr, 400gr dan 800gr. Jika Ibu tak mau repot, Dancow FortiGro tersedia dalam kemasan susu cair UHT dengan variant rasa yang lebih menarik yaitu strawberry dan chocolate. Dancow FortiGro dijual dengan harga mulai Rp.32.000-85.000.

Tips Memilih Susu Peninggi Badan Anak

Nah itulah beberapa susu peninggi badan Anak yang dapat Ibu jadikan rekomendasi untuk membantu proses pertumbuhan sang buah hati. Jika Ibu masih bingung untuk memilih produk susu mana yang cocok untuk memenuhi kebutuhan kalsium anak, berikut ini tips memilih susu peninggi badan untuk anak:

1. Kandungan dalam susu

Hal pertama yang penting untuk memilih susu peninggi yaitu lihat kandungan yang ada pada susu. Pastikan untuk mengetahui apakah kandungan yang ada pada susu aman atau tidak untuk anak. Selain itu pastikan susu tersebut sudah mendapat izin BPOM. Carilah susu yang mempunyai kandungan kalsium dan protein yang tinggi untuk membantu pertumbuhan tulang anak. Pastikan ketika membeli susu melihat tanggal kadaluarsa dari produk susu tersebut, jangan membeli susu yang sudah mendekati tanggal kadaluarsanya.

2. Mencari informasi mengenai susu

Selain mencari tahu kandungan susu, Ibu dapat mencoba mencari-cari informasi melalui artikel-artikel seperti ini ataupun review penggunaan susu peninggi badan anak di situs-situs tertentu. Dengan melihat review selain mengetahui kandungan maka akan diketahui rasa dan juga manfaat yang telah dirasakan oleh anak-anak yang telah mencoba susu tersebut.

3. Harga susu

Tips yang ketiga yaitu melihat harga dari setiap susu. Terkadang dalam beberapa produk harga sangat berpengaruh, produk yang mempunyai harga mahal cenderung mengandung nutrisi yang lebih tinggi. Tapi perlu diingat bahwa tidak semua harga dapat menentukan kualitas. Ibu juga dapat menyesuaikan berdasarkan keuangan yang Ibu miliki. Tetapi ingat tetap perhatikan komposisi yang ada pada susu ya, jangan selalu mengandalkan harga murah.

Sekian pembahasan mengenai perbandingan susu peninggi badan anak. Pastikan Ibu memilih susu peninggi badan anak berdasarkan kandungan yang ada dalam susu. Jangan menjadikan harga sebagai pertimbangan untuk memilih susu. Susu peninggi badan anak tidak secara instant membuat tinggi badan menjadi tinggi. Semua akan membutuhkan proses pastikan agar mengimbangi dengan memberikan makanan yang bernutrisi dan juga ajak anak untuk berolahraga secara teratur. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Ibu untuk memilih susu peninggi badan anak yang tepat.

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!