Perbandingan Susu Prenagen Lactamom dan SGM Bunda untuk Pelancar ASI

Penting nggak sih minum susu saat masa menyusui? Apakah ada manfaatnya untuk kualitas dan jumlah ASI busui? Karena beberapa orang rutin minum susu hanya saat masa kehamilan saja. Belum lagi jika si bayi ternyata alergi dengan susu yang Bunda minum. Bisa jadi masalah baru sepertinya.

Baca juga : Perbandingan 10 Merek Susu Ibu Hamil Terbaik & Kelas Harganya

Apakah ibu menyusui harus minum susu?

Sama seperti pendapat saya tentang suplemen yang bukan merupakan kebutuhan harian kita. Susu pelancar ASI juga merupakan suplemen gizi alias makanan tambahan untuk menutrisi tubuh kita. Makanan utama yang sehat seimbang tetap sumber yang paling utama untuk ASI berkualitas.

Berdasarkan survei terhadap 500 wanita di Swedia dalam riset para peneliti dari Chalmers University of Technology, Swedia menyebutkan bahwa mengkonsumsi susu sapi selama menyusui berkaitan dengan anak yang memiliki resiko alergi makanan lebih rendah. Tentu saja kondisi ini tidak berlaku untuk ibu yang alergi protein susu sapi ataupun bayinya yang sudah membawa genetik alergi susu sapi. Tidak semua makanan atau minuman cocok untuk semua orang, tetap tergantung kondisi tubuh masing-masing ya Bunda.

Cara agar ASI banyak dan kental

Faktanya kental atau encernya ASI tidak menentukan kualitas ASI Anda ya Bunda. ASI itu super keren super spesifik karena kandungan di dalamnya akan menyesuaikan dengan kondisi si kecil saat meminumnya. ASI yang diminum anak yang sedang sakit akan berbeda kandungannya dengan ASI yang diminum anak yang sehat. Contoh lainnya ASI pertama yang biasa kita sebut dengan kolostrum memiliki tampilan lebih kental dan berwarna kekuningan karena mengandung protein tinggi, rendah lemak dan rendah gula tapi mengandung antibodi yang sangat diperlukan bayi yang baru saja masuk ke dunia yang baru. Kandungan kolostrum terdiri dari :

  1. Immunoglobulin A (antibodi)
  2. Lactoferrin (protein yang mencegah infeksi)
  3. Leukocytes (sel darah putih)
  4. Epidermal growth factor (protein yang menstimulasi pertumbuhan sel)
Sumber : IABLE

Bisa dilihat juga pada gambar diatas ASI untuk anak yang sedang sakit berbeda warna dan kekentalannya dibandingkan dengan ASI untuk bayi yang sehat. Jadi yang perlu Anda fokuskan adalah mengkonsumsi makanan sehat seimbang dan melakukan pola hidup sehat agar ASI Anda berkualitas. Begitupula saat awal menyusui, ASI yang keluar pada lima menit pertama disebut dengan foremilk yang kandungan airnya lebih banyak sehingga berwarna lebih bening dan terlihat encer. Tapi tenang, foremilk ini tinggi laktosa, protein dan karbohidrat. Fungsi foremilk ini adalah menghilangkan haus si kecil. Nah setelah 5 menit pertama ASI yang keluar disebut hindmilk yang memiliki kandungan lemak lebih tinggi. Fungsi hindmilk adalah untuk mengenyangkan si kecil. Maka penting bagi kita memastikan anak mendapatkan foremilk dan hindmilk dengan menyusui hingga ASI habis baru pindah ke payudara sebelah.

Jika Anda menyusui langsung atau direct breast feeding (DBF), jumlah ASI akan menyesuaikan dengan permintaan menyusu si kecil. Jika Anda pumping mom, pastikan Anda selalu melakukan pumping secara teratur (kira-kira setiap empat jam sekali) agar produksi ASI lancar. Rutin mengosongkan payudara akan memberi sinyal pada tubuh bahwa sudah waktunya memproduksi ASI kembali. Pengalaman saya sebagai ibu DBF, hanya sebulan awal saya bisa pumping dan menyimpan ASI di freezer. Setelahnya ASI saya selalu habis setiap anak saya menyusu sehingga tidak ada sisa untuk pumping.

a. Apakah ibu memerlukan pelancar ASI

Tidak semua ibu memang diberikan kelancaran dalam proses meng-ASI-hi. Ada yang ASI nya pas-pasan seperti saya atau bahkan ASI-nya berhenti setelah beberapa bulan menyusui. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kualitas dan jumlah ASI ibu, diantaranya sebagai berikut :

  1. Makanan berkualitas. Dalam penelitian disebutkan unsur gizi yang ada dalam satu liter ASI setara dengan unsur gizi yang terdapat dalam dua piring nasi ditambah dengan satu butir telur. Masuk akal ya, karena ASI itu kan saripati nutrisi.
  2. Tingkat stress. Ibu yang gelisah, tertekan, stress akan menghambat produksi ASI. Berbanding terbalik dengan ibu yang bahagia pasti akan lebih mudah dalam proses menyusui. Take your time ya Mom.
  3. Stamina. Ibu yang kelelahan, kurang tidur, kurang bergerak aktif juga akan mempengaruhi produksi dan kualitas ASI.
  4. Proses IMD. Proses menyusui dengan ASI yang lancar juga sangat dipengaruhi oleh proses pemberian ASI pertama kali atau yang biasa disebut IMD (inisiasi Menyusu Dini). Tepat setelah lahir, bayi seharusnya segera diletakkan di dada ibu untuk proses menyusu yang pertama kali. Jika dari awal bayi sudah diberikan susu sapi, maka biasanya akan menjadi salah satu penyebab masalah menyusui di kemudian hari.
  5. Penggunaan KB. Produk kontrasepsi terutama yang mengandung hormon bisa mengacaukan kondisi hormonal di dalam tubuh ibu sehingga mengganggu proses produksi ASI.
  6. Perawatan payudara. Payudara sebaiknya dilakukan pemijitan di enam minggu terakhir kehamilan untuk menstimulasi pengeluaran ASI. Tentunya dengan bantuan profesional ya agar tidak menstimulasi kontraksi pada kehamilan.

b. Kapan waktu yang tepat minum susu pelancar ASI?

Proses laktasi atau produksi ASI pada payudara bisa terjadi paling cepat di umur kehamilan 16 weeks. Proses ini terjadi saat hormon kehamilan mulai memberi sinyal pada tubuh untuk mulai memproduksi ASI.  Sejak umur kehamilan ini Anda sudah bisa mulai mengkonsumsi makanan alami yang bisa membantu memperlancar produksi ASI . Karena biasanya Ibu sudah meminum susu ibu hamil pada saat kehamilan,  maka lanjutkan saja dulu lalu berganti menjadi susu ibu menyusui setelah melahirkan. Namun jika susu yang Anda minum seperti SGM Bunda yang merupakan susu bumil dan busui, maka tidak perlu berganti setelah melahirkan.

Baca juga : Perbandingan Susu Ibu Menyusui Dan Kelas Harganya

c. Apa saja sih ASI booster?

Berdasarkan pengalamanku sebagai busui dan obrolan sana sini bersama busui lainnya, ada beberapa booster ASI alami yang ampuh dalam mendukung proses menyusui, yaitu :

  • Makanan atau minuman probiotik. Contohnya yogurt, sour cream, sauerkraut, kefir, kombucha, tape, tepache dan sebagainya
  • Susu kambing. Dalam terminologi ilmu klasik panas dingin, susu kambing itu sifatnya hangat. Cocok dengan kondisi tubuh ibu yang dingin setelah melahirkan. Susu kambing juga memiliki protein yang lebih mudah dicerna dibandingkan protein susu sapi. Pilihan terbaik adalah susu kambing segar ya Bunda.
  • Pijat oksitosin. Pijatan yang merangsang produksi hormon bahagia ini sudah terkenal ya di kalangan bumil dan busui. Berdasarkan penelitian di dalam Journal of Korean Academy of Nursing, memijat payudara dengan benar selama 30 menit selama 10 hari setelah melahirkan dapat menjadi booster ASI.
  • Kacang-kacangan dan sayuran. Misalnya pelas atau bongko, sayur pepaya mentah atau labu siam. Anda juga bisa mengkonsumsi langsung almond atau membuatnya menjadi susu.
  • Minum cukup air putih. Mengingat kandungan ASI sekitar 90% nya adalah air, maka jangan lupa mencukupi kebutuhan air harianmu ya Bunda.

d. Lactational amenorrhea atau KB dengan ASI

Pernah mendengar istilah KB ASI atau proses menyusui yang membuat Anda tidak menstruasi? Kondisi ini disebut lactational amenorrhea. Saat menyusui, tubuh Anda memproduksi hormon prolaktin yang berfungsi untuk memproduksi susu. Hormon ini prolaktin ini menekan jumlah hormon luteinizing yang bertugas dalam proses pelepasan sel telur selama ovulasi. Lamanya waktu Anda mengalami amenorrheic tidak tentu karena laktasi berbeda-beda pada setiap orang.

Perbandingan Susu Prenagen dan SGM Bunda untuk Pelancar ASI

Susu Prenagen dan SGM Bunda digadang-gadang bisa membantu untuk melancarkan ASI busui. Biarpun banyak faktor yang melancarkan ASI seperti yang disebutkan di paragraf sebelumnya, susu untuk busui pun bisa membantu menutrisi tubuh ibu untuk memproduksi ASI berkualitas.

Prenagen Lactamom

Prenagen Lactamom adalah susu untuk busui yang diproduksi oleh PT Kalbe Nutritionals. Seperti yang disampaikan pada website resmi prenagen, susu ibu menyusui ini mengandung vitamin B2 dan B12 yang bisa meningkatkan kualitas dan jumlah ASI. Kualitas ASI yang baik dan jumlah yang mencukupi kebutuhan bayi tentunya Prenagen Lactamom bisa membantu menambah berat badan bayi Anda dengan catatan bayi bisa menyusui dengan benar dan mendapatkan hindmilk yang cukup.

Manfaat lain dari minum susu Prenagen Lactamom adalah kandungan kalsium dan vitamin D yang dibutuhkan sekali oleh ibu untuk kesehatan tulang pasca melahirkan. Kandungan lainnya yang tidak hanya bermanfaat untuk ibu tapi juga untuk perkembangan otak si kecil yaitu DHA dan omega 3. Susu Prenagen Lactamom juga mengandung zat besi dan asam folat yang sudah di-mikroenkapsulasi sehingga lebih mudah diserap tubuh.

a. Komposisi susu Prenagen Lactamom

Penyajian susu Prenagen Lactamom adalah 3 sendok makan per saji atau sekitar 45 g yang dikonsumsi dua kali sehari. Nutrisi yang bisa Bunda dapatkan saat meminum satu gelas susu Prenagen Lactamom adalah sebagai berikut :

  • Energi Total 190 kkal
  • Lemak Total 4,5 g
  • Kolesterol 8 mg
  • DHA 50 mg
  • Omega 3 9 mg
  • Protein 10 g
  • Karohidrat Total 27 g
  • Serat Pangan 3 g
  • Inulin 3 g
  • Gula total 21 g
  • Natrium 170 mg
  • Vitamin A 20 %
  • Vitamin C 35 %
  • Vitamin D3 15 %
  • Vitamin E 35 %
  • Vitamin B1 35 %
  • Vitamin B2 30 %
  • Vitamin B3 40 %
  • Vitamin B6 35 %
  • Vitamin B12 35 %
  • Vitamin B9 (Folat) /Folic Acid 35 %
  • Vitamin B5 35 %
  • Kalium 9 %
  • Kalsium 30 %
  • Besi 35 %
  • Fosfor 45 %
  • Magnesium 9 %
  • Zinc 35 %
  • Iodium 30 %
  • Selenium 30 %
  • Kromium 20 %
  • Biotin 35 %

b. Varian kemasan dan harga susu Prenagen Lactamom

Prenagen Lactamom tersedia dalam pilihan rasa french vanilla, almond soya, velvety chocolate dan lovely strawberry. Berdasarkan official store prenagen, susu busui ini tersedia dalam varian kemasan 200 gr yang dibandrol dengan harga Rp 41.400 dan kemasan 400 gr yang dibandrol dengan harga Rp 82.532. Pilihan harga bundling tentunya lebih murah ya Sahabat Hemat.

Promo susu Prenagen Lactamom hari ini 22 Feb 2024

Prenagen Lactamom French Vanilla 400 gr

Sampai 26 Feb 2024

Tip Top
Prenagen Lactamom Lovely Strawberry 200 gr

Sampai 26 Feb 2024

Tip Top
Prenagen Lactamom Velvety Chocolate 400 gr

Sampai 26 Feb 2024

Tip Top
Prenagen Lactamom French Vanilla 400 gr

Sampai 25 Feb 2024

Blibli
Prenagen Lactamom French Vanilla 200 gr

Sampai 25 Feb 2024

Blibli
Prenagen Lactamom Velvety Chocolate 200 gr

Sampai 25 Feb 2024

Blibli
Prenagen Lactamom Velvety Chocolate 400 gr

Sampai 25 Feb 2024

Blibli
Prenagen Lactamom Groovy Mocha 400 gr

Rp20.225 / 100 gr

Prenagen Lactamom Groovy Mocha 400 gr

Rp80.900

Sampai 25 Feb 2024

Blibli
Prenagen Lactamom Lovely Strawberry 200 gr

Sampai 25 Feb 2024

Blibli

c. Kelebihan dan kekurangan susu Prenagen Lactamom

Beberapa review dari ibu-ibu terkait konsumsi Prenagen Lactamom berupa kometar positif karena jumlah ASInya menjadi berlimpah. Beberapa mengkonsumsinya bukan sejak melahirkan tapi saat kondisi ASI seret lalu ASInya menjadi deras kembali. Mungkin karena kandungan nutrisi Prenagen Lactamom yang berbagai macam sehingga memberikan hasil yang memuaskan. Saya pribadi tidak mengkonsumsi susu ibu menyusui tapi mengkonsumsi produk ibu hamil dari Prenagen saat hamil dan dari segi rasa memang enak sekali. Rasa favorit saya adalah cokelat.

Untuk kekurangan Prenagen Lactamom adalah harganya yang cukup mahal jika dibandingkan dengan susu SGM Bunda Pro-GressMaxx. Review dari beberapa ibu menyusui yang sudah mengonsumsi susu ini mengklaim bahwa susu ini menimbulkan gejala alergi pada bayi. Tapi kondisi ini bisa saja terjadi karena si kecil memang memiliki kondisi alergi susu sapi.

B. SGM Bunda Pro-GressMaxx

Susu SGM Bunda Pro-GressMaxx diproduksi oleh PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) yang merupakan perusahaan yang memproduksi produk nutrisi untuk ibu dan anak sejak 1954. Susu ini dibuat untuk ibu hamil dan juga ibu menyusui. Berdasarkan website SGM, susu SGM Bunda Pro-GressMaxx mengandung zat besi tinggi yang dalam segelas susunya setara dengan sepuluh gelas susu sapi segar. Susu ini juga mengandung DHA dari minyak ikan tuna, sumber protein dan tinggi asam folat.

a. Komposisi susu SGM Bunda Pro-GressMaxx

Penyajian susu SGM Bunda Pro-GressMaxx adalah 3 sendok makan per saji atau sekitar 35 g yang dikonsumsi satu kali sehari. Nutrisi yang bisa Bunda dapatkan saat meminum satu gelas susu SGM Bunda Pro-GressMaxx adalah sebagai berikut :

  • Energi Total 160 kcal
  • Lemak Total 3 g
  • Kolesterol 15 mg
  • DHA 20 mg
  • Protein 8 g
  • Karohidrat Total 25 g
  • Gula Total 22 g
  • Natrium 115 mg
  • Vitamin A 20 %
  • Vitamin C 25 %
  • Vitamin D3 8 %
  • Vitamin E 15 %
  • Vitamin B1 20 %
  • Vitamin B2 15 %
  • Vitamin B3 30 %
  • Vitamin B5 25 %
  • Vitamin B6 20%
  • Vitamin B9 (Folat) /Folic Acid 25 %
  • Kalium 10 %
  • Kalsium 20 %
  • Besi 25 %
  • Fosfor 30 %
  • Magnesium 8 %
  • Zink 25 %
  • Iodium 20 %
  • Biotin 15 %
  • Kolin 6%

b. Varian kemasan dan harga susu SGM Bunda Pro-GressMaxx

Susu SGM Bunda Pro-GressMaxx tersedia dalam pilihan rasa coklat dan stroberi. Berdasarkan official store SGM, susu busui ini tersedia dalam varian kemasan 150 gr yang dibandrol dengan harga Rp 24.700 dan kemasan 300 gr yang dibandrol dengan harga Rp 44.500.

Promo susu SGM Bunda hari ini 22 Feb 2024

SGM Bunda Susu Ibu Hamil & Menyusui Cokelat 300 gr

Sampai 26 Feb 2024

Alfamart
SGM Bunda Susu Ibu Hamil & Menyusui Cokelat 150 gr

Sampai 26 Feb 2024

Tip Top
SGM Bunda Susu Ibu Hamil & Menyusui Stroberi 150 gr

Sampai 26 Feb 2024

Tip Top
SGM Bunda Susu Ibu Hamil & Menyusui Cokelat 150 gr

Sampai 25 Feb 2024

Blibli
SGM Bunda Susu Ibu Hamil & Menyusui Stroberi 150 gr

Sampai 25 Feb 2024

Blibli
SGM Bunda Susu Ibu Hamil & Menyusui Cokelat 300 gr

Sampai 25 Feb 2024

Blibli

c. Kelebihan dan kekurangan susu SGM Bunda Pro-GressMaxx

Kelebihan dari susu SGM Bunda Pro-GressMaxx adalah cukup dikonsumsi 1 gelas sehari. Berdasarkan ujicoba 250 anggota Home Tester Club Indonesia pada Mei 2021, hasilnya 92% mengatakan SGM Bunda Pro-GressMaxx bantu mengurangi mual muntah di pagi hari. Testimoni dari bunda-bunda yang sudah mencoba juga mengatakan susu ini membantu bagi mereka yang mengalami morning sickness. Dari segi harga susu ini lebih murah dibandingkan susu Prenagen Lactamom.

Kekurangannya dari segi persentase komposisi nutrisi susu SGM Bunda Pro-GressMaxx rata-rata lebih rendah dibandingkan susu Prenagen Lactamom. PIlihan rasanya juga hanya 2 jenis.

Perbandingan kandungan nutrisi Prenagen Menyusui dan SGM Bunda

Untuk melihat perbandingan nutrisi yang terkandung dalam kedua susu ibu menyusui ini, berikut saya sajikan tabel perbandingan kandungan nutrisinya.

Nutrisi Prenagen Lactamom SGM Bunda Pro-GressMaxx
Energi total 190 kkal 160 kkal
Lemak total 4.5 g 3 g
Kolesterol 8 mg 15 mg
DHA 50 mg 20 mg
Omega 3 9 mg
Protein 10 g 8 g
Karbohidrat total 27 g 25 g
Serat pangan 3 g
Inulin 3 g
Gula total 21 g 22 g
Natrium 170 mg 115 mg
Vitamin A 20% 20%
Vitamin C 35% 25%
Vitamin D3 15% 8%
Vitamin E 35% 15%
Vitamin B1 35% 20%
Vitamin B2 30% 15%
Vitamin B3 40% 30%
Vitamin B5 35% 25%
Vitamin B6 35% 20%
VItamin B12 35%
Vitamin B9 (folic acid) 35% 25%
Kalium 9% 10%
Kalsium 30% 20%
Besi 35% 25%
Fosfor 45% 30%
Magnesium 9% 8%
Zinc 35% 25%
Iodium 30% 20%
Selenium 30%
Kromium 20%
Biotin 35% 15%
Kolin 6%

Perbandingan harga Prenagen Menyusui dan SGM Bunda

Harga tentunya menjadi pertimbangan Bunda dalam memilih susu. Berikut saya sajikan tabel perbandingan harga susu Prenagen Menyusui dan SGM Bunda untuk memudahkan Anda memilihnya.

Perbandingan harga Prenagen Lactamom vs SGM Bunda per 100 gr hari ini 22 Feb 2024
Produk Varian Harga terendah Rata-rata harga per 100 gr
SGM Bunda Susu Ibu Hamil & Menyusui Cokelat 300 gr Rp36.900
Rp12.300 / 100 gr
Rp13.000
SGM Bunda Susu Ibu Hamil & Menyusui Stroberi 150 gr Rp19.750 Rp14.850
SGM Bunda Susu Ibu Hamil & Menyusui Cokelat 150 gr Rp22.050 Rp14.950
Prenagen Lactamom French Vanilla 400 gr Rp77.000 Rp19.600
Prenagen Lactamom Velvety Chocolate 400 gr Rp77.750 Rp20.100
Prenagen Lactamom Groovy Mocha 400 gr Rp80.900 Rp20.200
Prenagen Lactamom Velvety Chocolate 200 gr Rp43.700 Rp21.800
Prenagen Lactamom Lovely Strawberry 200 gr Rp41.990 Rp21.850
Prenagen Lactamom French Vanilla 200 gr Rp45.000 Rp22.500

Kesimpulan

Dari data-data diatas bisa Anda lihat bahwa nutrisi susu Prenagen Lactamom lebih tinggi dibandingkan susu SGM Bunda. Dari segi rasa, saya juga lebih menyukai Prenagen Lactamom karena saya pernah mencoba SGM Bunda dan kurang cocok dengan rasanya. Tapi jika dibandingkan dari segi harga, SGM Bunda jauh lebih terjangkau. Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda ya Bunda. Jangan lupa temukan promo susu menyusui kesukaan Anda di hemat.id ataupun aplikasi kliptalog.

Sumber :

  1. ncbi.nlm.nih.gov
  2. mdpi.com
  3. my.clevelandclinic.org
  4. frontiersin.org
  5. yankes.kemkes.go.id
  6. prenagen.com
  7. generasimaju.co.id