Perbedaan Mentega, Butter dan Margarin

Meskipun bentuknya sama, bahan baku dan proses pembuatan mentega dan margarin sangat jauh berbeda. Sejak jaman dulu, masyarakat membuat olahan mentega bukan margarin. Memasuki masa industrial, dibuatlah duplikat mentega dengan harga lebih terjangkau yaitu margarin.

Sekilas tentang butter (mentega)

Pembuatan, tipe dan penyimpanan mentega by usda.gov
Pembuatan, tipe dan penyimpanan mentega. Gambar dari usda.gov

Butter adalah versi bahasa inggrisnya mentega ya Sahabat Hemat. Mentega adalah produk berbahan dasar susu yang diaduk hingga menjadi krim lalu dipisahkan antara padatan (butterfat) dan cairan (buttermilk). Mentega bisa dibuat dari berbagai jenis susu seperti susu sapi, kambing, domba atau kerbau. Menurut USDA, mentega harus mengandung minimal 80% lemak susu, tidak lebih dari 16% air dan 2%-4% padatan susu. Karena proses pembuatannya yang sederhana, mentega bahkan bisa dibuat sendiri di rumah.

Baca juga Resep Nastar simple dengan butter

Sekilas tentang margarin

margarine gambar dari google pic
Margarin Blue Band

Margarin adalah produk campuran satu atau lebih minyak nabati (minyak canola, safflower, bunga matahari, jagung, kedelai, sawit atau kacang tanah) dengan air, bahan penyedap, pigmen kuning makanan, pengemulsi, pengawet, vitamin A, D dan bahan tambahan lainnya. Menurut USDA, margarin harus mengandung minimal 80% lemak dan tidak lebih dari 2% garam. Jika kandungan lemak di bawah 80%, maka margarin disebut margarin spread. Margarin merupakan produk ultra processed food yang dibuat untuk meniru mentega. Untuk mereka yang sensitif atau alergi dengan dairy produk, margarin bisa menjadi solusi.

Baca juga Tujuh resep kue kering lebaran

Perbedaan butter (mentega) dan margarin

Setelah tahu perbedaan utama bahan baku pembuatan mentega dan margarin, mari kita bahas perbedaan-perbedaan lainnya.

Perbedaan Mentega (butter) Margarin
Bahan baku utama Susu Vegetable oil (minyak nabati)
Warna Kuning pucat atau terang tergantung susunya Kuning terang
Tekstur Semi-padat Lebih lembek, stabil di suhu ruang
Rasa Rich and creamy dibanding margarin Rasanya lebih ringan, terasa khas produk pabrikan dan
berminyak
Aroma Memiliki aroma khas susu, seperti keju Tidak beraroma
Kegunaan Memberi tekstur yang lembut dan aroma sedap pada makanan Memberikan tekstur yang renyah
Packaging/penyimpanan Di kulkas Di suhu ruang

a. Bahan baku pembuat mentega dan margarin

Mentega terbuat dari susu hewan, sedangkan margarin terbuat dari lemak nabati. Sebagai orang yang menganut prinsip “less is more” serta menghindari ultra processed food, saya tentunya lebih memilih mentega dibandingkan margarin. Pada gambar di bawah ini Anda akan melihat perbedaan komposisi mentega Anchor Salted Butter yang hanya terdiri dari krim susu dan garam dengan Blue Band margarin yang memiliki lebih dari 20 kandungan bahan.

komposisi mentega Achor salted butter by dokumentasi pribadi
komposisi mentega Anchor salted butter by dokumentasi pribadi
komposisi margarin Blue Band by dokumentasi pribadi
komposisi margarin Blue Band by dokumentasi pribadi

b. Perbedaan warna mentega dan margarin

Mentega berwarna kuning pucat sementara margarin berwarna kuning terang. Tentunya perbedaan jenis susu dan makanan yang dimakan hewan akan mempengaruhi warna akhir mentega. Berbeda dengan margarin yang memiliki warna yang selalu sama karena menggunakan bahan pewarna dalam setiap proses pembuatannya. Jika tidak diberi bahan pewarna, margarin dasarnya berwarna putih.

c. Tekstur mentega dan margarin

Tampilan tekstur mentega (kiri) dan margarin (kanan) by freepik.com
Tampilan tekstur mentega (kiri) dan margarin (kanan). Gambar dari Freepik

Mentega lebih mudah meleleh (kira-kira pada suhu 34°C) dibandingkan margarin yang lebih stabil teksturnya di suhu ruang. Karena itu mentega biasanya disimpan di lemari es dan dikeluarkan saat dibutuhkan. Margarin memiliki tekstur lembek tapi stabil sehingga lebih mudah diaplikasikan di atas roti.

d. Perbedaan rasa mentega dan margarin

Mentega akan memberikan rasa buttery yang tidak bisa tergantikan oleh margarin, karena ya memang bahan bakunya berbeda. Rasa rich dan creamy serta tekstur lembut yang diberikan mentega terutama saat baking adalah yang terbaik menurut saya. Sementara margarin rasanya lebih ringan, terasa khas produk pabrikan dan berminyak.

e. Aroma mentega vs margarin

Mentega memiliki aroma khas susu yang sangat menggugah selera jika digunakan saat membuat kue. Jika Anda penyuka kue, Anda pasti bisa membedakan bahwa kue-kue yang harganya pricey biasanya rasa dan aroma menteganya lebih menonjol dan menggoda dibandingkan kue yang dibuat menggunakan margarin. Margarin memiliki aroma yang ringan dan tipis sekali.

f. Kegunaan mentega dan margarin

Margarin memiliki ketahanan yang tinggi terhadap panas sehingga cocok digunakan untuk memasak. Namun kurang cocok untuk baking karena kandungan airnya yang tinggi membuat kue tidak mengembang dengan baik serta mudah terbakar saat dipanggang terlalu tipis.

Sementara mentega sangat cocok untuk baking atau masakan yang mengandalkan aroma mentega untuk hasil akhirnya. Saat memanggang, mentega dapat menambah rasa dan kelembutan pada makanan, sedangkan margarin dapat menghasilkan tekstur yang lebih renyah. Tapi mentega dan margarin bisa saling menggantikan kok. Anda bisa membuat berbagai kreasi menu dari keduanya. Just follow the recipe.

g. Penyimpanan mentega dan margarin

Mentega biasanya dijual di rak pendingin di supermarket. Jika diletakkan di suhu ruang, mentega dikemas di dalam kaleng steril yang mana jika kaleng sudah dibuka maka mentega harus disimpan di kulkas agar awet. Sementara margarin bisa disimpan di suhu ruang karena mengandung pengawet. Tapi Anda harus tetap memperhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan ya Sahabat Hemat.

h. Kandungan lemak mentega vs margarin

Kandungan lemak pada mentega by dokumentasi pribadi
Kandungan lemak pada mentega by dokumentasi pribadi

Mentega merupakan produk susu dengan kandungan kolesterol, lemak jenuh dan lemak tidak jenuh. Sementara margarin yang merupakan produk nabati yang memiliki kandungan lemak tidak jenuh, lemak jenuh dan beberapa merk mengandung lemak trans. Lemak trans yang berasal dari minyak terhidrogenasi parsial adalah salah satu penyebab penyakit jantung koroner. Penelitian menemukan bahwa lemak trans meningkatkan kadar lipoprotein densitas rendah (LDL) atau kolesterol “jahat” dan menurunkan kadar lipoprotein densitas tinggi (HDL) atau kolesterol “baik”. Sementara itu, lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol LDL lebih sedikit dibandingkan lemak trans, dan tidak mempengaruhi HDL.

Promo Anchor hari ini 24 May 2024

Anchor Cheddar Cheese  150 gr

Rp11.933 / 100 gr

Anchor Cheddar Cheese 150 gr

Rp17.900 Rp28.500 37%

Hemat ★

Sampai 27 May 2024

Hypermart
Anchor Butter Salted, Unsalted 227 gr

Rp21.982 / 100 gr

Anchor Butter Salted, Unsalted 227 gr

Rp49.900 Rp69.500 28%

Hemat ★

Sampai 27 May 2024

Hypermart
Anchor Milk & Grain/Protein+

Rp14.257 / 100 gr

Anchor Milk & Grain/Protein+

Rp49.900 Rp58.900 15%

Hemat ★

Sampai 31 May 2024

Indomaret
Anchor Cheddar Cheese  150 gr

Rp13.267 / 100 gr

Anchor Cheddar Cheese 150 gr

Rp19.900 Rp26.900 26%

Hemat ★

Sampai 31 May 2024

Alfamart
Anchor Cheddar Cheese  150 gr

Rp13.267 / 100 gr

Anchor Cheddar Cheese 150 gr

Rp19.900 Rp31.900 37%

Harga khusus member

Hemat ★

Sampai 31 May 2024

Alfamidi
Anchor Whipping Cream  250 ml

Rp18.380 / 100 ml

Anchor Whipping Cream 250 ml

Rp45.950

Sampai 26 May 2024

Yogya

Tubuh membutuhkan tiga makro nutrisi yaitu karbohidrat, protein dan lemak. Lemak berfungsi untuk cadangan energi, mengatur hormon, mengangkut nutrisi yang larut dalam lemak, dan banyak lagi. Saya jarang menggunakan mentega untuk membuat kue karena kue akan dimasak dengan suhu tinggi sehingga bisa merusak kandungan nutrisi dalam mentega tersebut. Triknya, saya menggunakan mentega untuk menumis, olesan roti atau dicemilin langsung sebagai sumber lemak harian.

i. Kandungan nutrisi lain

Mentega secara alami memiliki kandungan kalsium dan mengandung sejumlah kecil vitamin A, vitamin E, vitamin K dan 17 asam amino karena berasal dari susu. Sementara margarin yang merupakan produk makanan olahan, biasanya diberikan tambahan vitamin A, E, dan K dalam proses pembuatannya. Jika dilihat dari kandungan air, margarin memiliki kandungan air lebih tinggi dibandingkan mentega. Pada tabel di bawah ini Anda bisa melihat perbandingan nutrisi 100 gram mentega Anchor salted butter dengan 100 gram margarin Blue band.

Perbandingan nutrisi Anchor Salted Butter Blue Band Margarin
Kalori (kkal) 725 600
Protein (gr) 0.6 0
Karbohidrat (gr) 0.6 0
Lemak total (gr) 81.4 66.7
Lemak trans (gr) 0 33.3
Lemak tak jenuh tunggal (gr) 16.4 33.3
Lemak tak jenuh ganda (gr) 1.1 10
lemak jenuh (gr) 53.9 26.7
Kolesterol (mg) 195 mg 0
Sodium (mg) 600 800
Air (gr) 15.8 32.3
Kalsium (mg) 21 16
Besi (mg) 0.06 0.02
Magnesium (mg) 1.6 2
Fosfor (mg) 22 13
Kalium (mg) 23 27
Natrium (mg) 524 694
Zinc (mg) 0.07 0
Copper (mg) 0.006 0
Mangan (mg) 0.005 0
Folate (µg) 5 1
Vitamin A (µg) 758 819
Vitamin D (µg) 0.4 3.7
Vitamin E (mg) 0 18.1
Vitamin C (mg) 0 0.1
Vitamin B6 (mg) 0 2.82
Vitamin B12 (µg) 0 0.02
Vitamin K (µg) 0 99.2
Asam amino yes no

j. Harga

Tentunya harga mentega lebih mahal dibandingkan margarin, mengingat mentega dibuat dari susu sementara margarin dari minyak nabati. Margarin memang didesain seperti mentega dengan harga yang lebih murah. Sebagai perbandingan, Anchor salted butter dengan berat 227 gram memiliki kisaran harga 50-70 ribu rupiah. Sementara Blue Band margarine dengan berat 200 gram memiliki kisaran harga 8 – 10 ribu rupiah.

Mentega Anchor salted butter by fonterra.com
Mentega Anchor Salted Butter
Margarin Blue Band serbaguna by blueband.com
Margarin Blue Band Serbaguna

Promo Blue Band hari ini 24 May 2024

Blue Band Cake & Cookie  200 gr

Rp6.700 / 100 gr

Blue Band Cake & Cookie 200 gr

Rp13.400

Sampai 31 May 2024

Hypermart
BLUE BAND Cake & Cookie  1000 gr

Rp9.300 / 100 gr

BLUE BAND Cake & Cookie 1000 gr

Rp93.000

Sampai 31 May 2024

Indomaret
Blue Band Cake & Cookie  200 gr

Rp7.450 / 100 gr

Blue Band Cake & Cookie 200 gr

Rp14.900

Sampai 31 May 2024

Indomaret
BLUE BAND Cake & Cookie  2000 gr

Rp9.200 / 100 gr

BLUE BAND Cake & Cookie 2000 gr

Rp184.000

Sampai 31 May 2024

Indomaret
Blue Band Margarine Serbaguna  200 gr

Sampai 31 May 2024

Indomaret
Blue Band Margarine Serbaguna  250 gr

Rp8.760 / 100 gr

Blue Band Margarine Serbaguna 250 gr

Rp21.900

Sampai 31 May 2024

Indomaret
Blue Band Cake & Cookie  200 gr

Rp7.400 / 100 gr

Blue Band Cake & Cookie 200 gr

Rp14.800

Sampai 31 May 2024

Alfamart
Blue Band Margarine Serbaguna  200 gr

Sampai 31 May 2024

Alfamart
Blue Band Margarine Serbaguna  250 gr

Rp8.600 / 100 gr

Blue Band Margarine Serbaguna 250 gr

Rp21.500

Sampai 31 May 2024

Alfamart
Blue Band Cake & Cookie  200 gr

Rp5.838 / 100 gr

Blue Band Cake & Cookie 200 gr

Rp11.675

Sampai 31 May 2024

Tip Top

FAQ

Apakah mentega bisa menggantikan margarin atau sebaliknya?

Mentega dan margarin bisa saling menggantikan tapi tentu hasilnya tidak akan sama mengingat bahan baku penyusunnya saja berbeda.

Mentega, butter dan margarin mana yang lebih sehat?

Mentega (butter) lebih sehat. Mentega dibuat dengan minim proses, dengan bahan baku sederhana sementara margarin merupakan produk pabrikan yang mengandung banyak sekali bahan tambah pangan. Tapi jika Anda memiliki alergi atau sensitif terhadap produk susu, maka margarin adalah opsi yang lebih baik.

Apakah mentega bisa disimpan di suhu ruang?

Bisa tapi tidak lama. Dari pengalaman saya, menyimpan mentega pada suhu ruang lebih dari seminggu akan membuat mentega tersebut berjamur.

Kesimpulan

Mengonsumsi banyak mentega ataupun margarin menyumbangkan asupan lemak sehingga Anda harus mengkonsumsinya dengan bijak. Meskipun mentega mengandung kolesterol dan lemak jenuh, tapi margarin juga mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Untuk orang yang menghindari dairy food, margarin adalah pilihan terbaik karena terbuat dari minyak nabati sementara mentega dibuat dari susu. Dari segi harga, tentunya mentega lebih mahal dibandingkan margarin tapi sebanding dengan rasa dan aroma sedap yang diberikan. Jadi Anda pilih yang mana Sahabat Hemat? Yuk temukan promonya di hemat.id.

Referensi:

  1. britannica.com
  2. biggerbolderbaking.com
  3. usda.gov
  4. ars.usda.gov
  5. foodnetwork.com
  6. dairypulse.org
  7. medicalnewstoday.com