Perbedaan Cushion dan Foundation

Sejatinya cushion dan foundation merupakan alas bedak yang berfungsi untuk menutupi kekurangan pada wajah seperti flek hitam, jerawat, mata panda dan kerutan. Meskipun fungsinya sama, keduanya memiliki perbedaan dalam formulasi dan cara penggunaannya.

Mungkin lebih banyak orang juga yang lebih familiar dengan foundation dibanding cushion. Hal itu wajar karena foundation lebih dulu hadir di dunia make up jauh sebelum cushion, sedangkan cushion baru diperkenalkan tahun 2008 oleh Amorepacific Group yang merupakan produk kosmetik terbesar di Korea Selatan.

Yuk, kita bandingkan cushion dan foundation dari berbagai segi perbedaan agar Sahabat Hemat dapat menentukan mana yang perlu digunakan atau mana yang cocok untuk Anda.

Dari segi kemasan

Perbedaan kemasan foundation dan cushion dari merek PIXY

Cushion memiliki kemasan wadah atau compact lengkap dengan cermin sehingga travel friendly. Dalam compact tersebut berisi puff sebagai aplikator jika hendak memakaikan cushion ke wajah. Pada bagian bawah puff terdapat penutup yang bisa dibuka dan ditutup, guna penutup itu adalah untuk melindungi cushion supaya tetap bersih dan lembap.

Foundation biasanya memiliki kemasan botol kaca, tabung, dan stick. Kemasan tersebut biasanya dilengkapi dengan pompa yang bertujuan mengatur banyaknya foundation yang hendak dipakai. Dan biasanya dalam kemasan foundation tidak disertai puff ataupun aplikator lain, sehingga bila ingin mengaplikasikan foundation perlu bantuan alat make up seperti puff, beauty blender, dan brush atau bisa juga menggunakan jari.

Dari segi formula

Komposisi Powerstay Weightless Liquid Foundation Make Over

Pada beberapa merek, cushion dilengkapi dengan kandungan skincare untuk melembapkan wajah atau bahkan memiliki kandungan SPF. Hal ini masuk akal karena cushion lebih portable dan mudah digunakan untuk touch up berkali-kali, sehingga akan lebih baik jika bisa membantu menyehatkan wajah.

Contohnya seperti PIXY Make It Glow Dewy Cushion, memiliki kandungan Olive Oil, Jojoba Oil dan Yuzu Extract yang melembapkan dan membuat kulit tampak sehat berseri. Bahkan memiliki kandungan SPF 23 & PA++ sebagai perlindungan dari sinar UVB dan UVA.

Berbeda dengan PIXY Perfect Fit Foundation, belum ada kandungan skincare selain Brightening Agent yang akan membuat kulit lebih cerah. Namun, sudah disertai dengan pelindung sinar matahari yang cukup yaitu SPF 35 & PA+++. Hal ini juga masuk akal karena fokus utama foundation adalah untuk menutupi kekurangan di wajah, tanpa memberikan perawatan khusus pada kulit.

Memang tergantung dari merek juga, bahwa tidak semua cushion disertai dengan kandungan skincare. Contohnya MAKE OVER Powerstay Demi-Matte Cover Cushion, yang dipromosikan dengan sun protection yang tinggi yaitu SPF 50/PA++++ saja. Ada juga cushion yang tidak tertera sun protection-nya, seperti Maybelline Fit Me Matte+Poreless Cushion.

Sedangkan sebagian besar produk foundation sudah disertai sun protection. Contohnya MAKE OVER POWERSTAY 24H Weightless Liquid Foundation dengan SPF 30/PA+++, Maybelline Fit Me Matte + Poreless Liquid Foundation dengan SPF 22, Wardah Colorfit Matte Foundation dengan SPF 30 PA++, Emina Bare with Me Mineral Mild Foundation dengan SPF 25/PA+++.

Dari segi tekstur

Perbedaan tekstur foundation dan cushion

Cushion dan foundation memiliki tekstur awal yang sama yaitu cair. Karena pada dasarnya, cushion adalah jenis foundation yang direndam dalam sponge dan dikemas dalam wadah yang compact. Cushion didesain supaya tidak tumpah dan mudah dibawa ke mana-mana. Oleh karena itu, cushion memiliki tekstur sedikit lebih padat namun terserap ke dalam sponge. Jadi dengan hanya sedikit menekan sponge tersebut dengan puff-nya, Anda sudah dapat mengaplikasikannya dengan mudah.

Berbeda dengan foundation yang dikemas dalam botol kaca maupun tube. Biasanya foundation memiliki tekstur cair yang kental. Sehingga perlu hati-hati dalam mengaplikasikan foundation agar tidak mengeluarkan terlalu banyak produk. Dan apabila Anda membawa foundation kurang hati-hati bisa jadi akan tumpah.

Sebenarnya tidak semua foundation dikemas dalam bentuk cair, ada juga foundation yang teksturnya creamy atau bahkan powder. Contohnya seperti Wardah Exclusive Creamy Foundation atau MAKE OVER Powerstay 24H Matte Powder Foundation.

Dari segi tingkat coverage

Tingkatan coverage ada tiga yaitu sheer, medium dan full coverage. Cushion biasanya berada pada kategori sheer coverage yaitu memiliki formula yang terasa ringan dan nyaman di kulit. Memberikan hasil akhir kulit yang segar, lembap dan terlihat alami. Sheer coverage pada cushion cocok untuk daily make up.

Walaupun ada beberapa merk dengan claim produk cushion-nya memiliki medium hingga high coverage, sehingga dapat menutupi kekurangan di wajah dengan maksimal. Namun pada umumnya, ketika memakai cushion, rasanya lebih ringan di wajah, tidak seberat menggunakan foundation.

Foundation memiliki tingkat medium coverage dan full coverage. Medium coverage memberikan kesan dapat meratakan warna kulit, menyamarkan flek hitam dan menciptakan tampilan wajah halus taraf medium. Sedangkan, full coverage cocok untuk tampilan make up yang glamor dengan hasil akhir yang matte.

Hasil akhir matte akan meminimalkan terlihatnya pori-pori, memberikan kesan permukaan wajah halus terutama untuk jenis kulit berminyak. Sehingga foundation dengan full coverage sering digunakan untuk heavy make up yang membutuhkan tingkat coverage tinggi dan rata pada kulit wajah.

Dari segi ketahanan

Cushion biasanya dapat tahan sekitar setengah hari, walaupun ada beberapa produk dengan claim tahan 24 jam. Berdasarkan pengalaman pribadi saya menggunakan PIXY Make It Glow Dewy Cushion, cukup tahan 7-8 jam, saya memakainya hampir setiap hari untuk bekerja. Hal ini juga sesuai dengan review dari Tasya Farasya, bahwa cushion Pixy masih tahan selama 7 jam. Jadi cushion cukup untuk digunakan sehari-hari. Apalagi karena kemasannya travel friendly, Anda bisa touch up dengan mudah di mana saja.

Namun, jika Anda akan menghadiri suatu event dengan durasi cukup lama dan mungkin akan kesulitan untuk touch up, disarankan Anda menggunakan foundation. Karena biasanya hanya dengan satu kali menggunakan, foundation akan awet selama hampir 12-24 jam. Dan apabila Anda menggunakan foundation, touch up dengan bedak saja sudah cukup.

Contohnya Estee Lauder Double Wear Stay-in-Place Foundation, foundation dengan claim tahan lama hingga 24 jam. Sayangnya harganya cukup tinggi, sekitar Rp850ribuan. Selain itu, ada juga L’Oreal Paris Infallible Matte Cover Liquid Foundation, foundation dengan claim tahan 32 jam, dengan harga Rp159ribuan saja.

Pilihan shade

Perbedaan shade foundation dan cushion pada merek Make Over

Pilihan shade cushion dan foundation sama-sama beragam. Pada umumnya, foundation memiliki shade yang lebih bervariasi, mungkin karena foundation hadir lebih dulu dibandingkan cushion. Contohnya seperti foundation dari Make Over tersedia dalam 20 pilihan shade, sedangkan cushion dari Make Over memiliki 10 pilihan shade.

Namun, hal ini juga tergantung dari setiap merek. Ada juga merek yang menyediakan lebih banyak pilihan shade di produk cushion-nya. Seperti cushion dari Wardah tersedia dalam 8 shade, sedangkan foundation-nya hanya 6 shade.

Cara aplikasi di wajah

Perbedaan cara pengaplikasian foundation dan cushion

Foundation dikemas tanpa aplikator bawaan, sehingga untuk mengaplikasikan foundation membutuhkan bantuan seperti beauty blender. Atau jika mau sat-set-sat-set, Anda bisa memakai jari-jari tangan seperti yang biasa saya lakukan. Pastikan tangan Anda sudah bersih.

Sedangkan untuk mengaplikasikan cushion cukup menggunakan puff bawaan yang sudah tersedia dalam kemasan. Apabila Anda menekan sponge cushion terlalu keras sehingga terlalu banyak cairan yang menempel di puff, Anda bisa mengontrolnya menggunakan tempat puff-nya (yang membatasi antara puff dan sponge) sebelum diratakan di wajah.

Baik foundation maupun cushion, untuk cara mengaplikasikannya di wajah, cukup di-tap-tap saja tanpa harus digeser karena hal tersebut justru membuat produk tidak merata di wajah.

Dan mengaplikasikan foundation cair biasanya lebih lama karena harus meratakan ke seluruh wajah terlebih dahulu, belum lagi bila menakar foundation terlalu banyak sehingga perlu waktu lebih untuk meratakan di wajah. Biasanya saya membutuhkan sekitar 4-5 menit untuk mengaplikasikan foundation di wajah. Sedangkan apabila menggunakan cushion, hanya membutuhkan sekitar 3 menit.

Hasil akhir setelah diaplikasikan

Hal ini sebenarnya tergantung dengan tipe dari produk tersebut, dewy atau matte. Walaupun biasanya cushion memberikan hasil akhir yang dewy sehingga membuat kulit terlihat lebih glowing dan sehat. Contohnya seperti cushion yang saya gunakan adalah PIXY Make It Glow Dewy Cushion. Dan memang benar hasilnya dewy. Hasil yang dewy cocok untuk kulit yang kering, sehingga dapat memberikan kelembapan tambahan.

Ada juga contoh cushion dengan claim hasil akhir matte seperti Maybelline Fit Me Matte+Poreless Cushion. Dengan kandungan Mattifying Clay sehingga hasilnya akan terlihat matte natural.

Tetapi cushion rentan mengalami oksidasi namun tidak semua merek cushion teroksidasi. Oksidasi adalah proses di mana cushion yang digunakan lambat laun akan menggelap dibandingkan saat pertama kali diaplikasikan.

Sedangkan foundation biasanya memiliki hasil akhir yang matte. Seperti yang saya gunakan Make Over Ultra Cover Liquid Matte Foundation, hasilnya tidak berkilau namun memberikan tampilan halus dan rata pada kulit wajah. Dan membantu memberikan kesan kulit yang sehat dan tidak berminyak sehingga cocok untuk kulit berminyak.

Baca juga 10 Langkah Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam ala Korean Glass Skin

Dari segi harga

Walaupun hal ini tergantung merek, namun apabila kita bandingkan berdasarkan merek yang sama, akan terlihat bahwa cushion memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan foundation. Hal ini dapat dimaklumi karena kepraktisan yang kita dapatkan dari cushion.

Merek Cushion Foundation
Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion
Rp180ribuan
POWERSTAY 24H Weightless Liquid Foundation
Rp160ribuan
Wardah Colorfit Perfect Glow Cushion
Rp103ribuan
Colorfit Matte Foundation
Rp72ribuan
Pixy Make It Glow Dewy Cushion
Rp145ribuan
Stay Last Serum Foundation
Rp73ribuan
Maybelline Fit Me Matte & Poreless Cushion
Rp191ribuan
Fit Me Matte & Poreless Foundation
Rp122ribuan

FAQ

Jika sudah memakai cushion apakah harus pakai bedak?

Tidak harus jika ingin memaksimalkan tampilan dewy pada wajah, namun jika ingin hasil yang sedikit matte maka perlu memakai bedak.

Cara pemakaian cushion setelah apa?

Cara pemakaian cushion yang benar adalah setelah sunscreen dengan urutan pemakaian skincare dan makeup dimulai dari toner, serum, pelembap, sunscreen, cushion atau foundation, concealer, (jika dibutuhkan) dan terakhir adalah bedak.

Apakah cushion dan foundation bisa dipakai bersamaan?

Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menutupi kekurangan pada wajah seperti flek hitam, jerawat, mata panda dan kerutan. Sehingga sebaiknya digunakan salah satu saja, atau bila daily make up saja disarankan memakai cushion, namun bila heavy make up bisa menggunakan foundation.

Lebih baik cushion atau foundation?

Baik cushion maupun foundation keduanya bergantung pada kebutuhan dan keinginan. Jika ingin kemasan yang mudah dibawa ke mana saja dan bisa touch up kapan saja maka cushion menjadi pilihan, namun jika ingin tampilan make up yang glamor dan tahan lama maka foundation bisa menjadi pilihan.

Referensi: