Resep Simpel Nastar Isi Selai Nanas Lezat

Kali ini saya membuat ulang resep nastar isi selai nanas dari salah satu food content creator favorit saya Puguh Kristanto Kitchen. Recook resep ini terbukti mendapatkan hasil tekstur kulit nastar yang benar-benar lumer dan rasa selai nanasnya nikmat.

Sumber : Dokumentasi Penulis

Saya sangat menikmati proses membuat resep ini lho Moms. Saya jadi memiliki quality time bersama anak-anak dan membuatkan mereka snack di saat yang bersamaan, sambil menyelam minum air kan? Yuk, kita simak resepnya :

Bahan kulit nastar :

240 gram butter / margarin yang khusus untuk kue atau cookies

70 gram gula halus

Sejumput garam

2 butir telur kuning telur

300 gram tepung terigu, diayak

1 sachet susu bubuk

70 gram tepung maizena

Bahan selai nanas :

500 gram nanas parut

sejumput garam

3 buah cengkeh

1 cm kayu manis

8 sendok makan gula pasir

Coba Juga : Cheese Cake Homemade

Bahan olesan :

1 butir kuning telur

1 sendok makan air, susu full cream, atau madu

1-2 tetes pewarna makanan berwarna kuning

Cara membuat selai nanas :

Sumber : Dokumentasi Pribadi

1. Panaskan nanas yang sudah diparut, tambahkan cengkeh, kayu manis, dan sejumput garam dengan menggunakan api. Sambil terus diaduk sampai air nanas berkurang dan uap nya mulai banyak.

2. Lalu tambahkan gula pasir, aduk kembali sampai berwarna kecoklatan, sisihkan.

3. Untuk benar-benar menghilangkan air dari selai dan untuk mengetahui kira-kira kita bisa membuat berapa buah nastar siapkan piring yang sudah diolesi mentega. Bentuk selai nanas menjadi bagian-bagian kecil, masukkan kulkas.

Cara membuat kulit nastar :

1. Siapkan mangkuk, masukkan butter atau mentega dan gula halus. Aduk sampai tercampur rata dan warnanya berubah menjadi agak pucat. Lalu masukkan satu per satu kuning telur kemudian aduk lagi sampai rata.

2. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, sejumput garam dan juga susu bubuk. Lalu aduk sampai kalis tidak ada adonan yang menempel di mangkuk dan adonan bisa dibentuk.

3. Keluarkan selai nanas dari kulkas, ambil sedikit adonan kulit adonan lalu pipihkan. Kemudian masukkan selai nanas dan bentuk adonan menjadi bulatan.

Untuk memanggang, saya biasanya menggunakan lapisan seng, panci atau teflon, sarangan dan juga loyang cookies. Saya akan mulai dengan memanaskan panci atau teflon selama kurang lebih 10-15 menit dengan menggunakan api kecil. Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan mentega, lalu susun nastar di atas loyang.

Cara membuat olesan :

1. Campur kuning telur, air, dan pewarna makanan aduk sampai rata.

2. Sebelum nastar dimasukkan ke panggangan, oles nastar dengan olesan dari campuran kuning telur yang sudah kita buat tadi.

Setelah semua nastar dioles, panggang nastar selama kurang lebih 5 menit. Kemudian keluarkan loyang untuk melakukan pengolesan kedua pada bagian atas nastar. Selanjutnya panggang kembali kue nastar selama kurang lebih 25 – 30 menit atau sampai nastar berwarna kecoklatan di bawahnya. Setelah matang tata di dalam toples cantik untuk di sajikan ke keluarga, tamu atau bisa untuk di jual.

Fungsi kita menambahkan tepung maizena ke adonan kulit nastar adalah untuk mendapatkan kulit nastar yang lumer dan renyah. Saat saya mencoba resep ini tepung maizena yang saya gunakan hanya 60 gram, tapi hasil nastarnya tetap lembut, lumer dan renyah. 

Pai Susu Ini Mudah Dibuatnya, Coba Resepnya!

Penggunaan gula pasir pada selai nanas tergantung dari nanas itu sendiri. Jika nanas yang Anda miliki sudah manis maka ukuran gula pasirnya bisa dikurangi. Pada saat saya membuat kue ini, nanas yang saya miliki sudah manis rasanya jadi saya hanya menggunakan gula sebanyak 6 sendok makan saja (meski rasanya masih tetap terlalu manis). Jadi gunakan gula secukupnya dan sesuai selera.

Jika tidak memiliki cengkeh dan kayu manis pun tidak masalah. Namun jika memakai cengkeh dan kayu manis, aroma kue memang menjadi lebih sedap dan khas rempah-rempah. Mentega yang saya gunakan adalah campuran antara mentega yang khusus untuk kue dan juga margarin serbaguna sehingga rasanya tetap gurih dan enak. Namun memang dari segi keharuman masih kurang aroma khas nastar yang keluar.

Dengan resep ini saya masih dapat menyisakan lumayan banyak adonan kulit nastar. Akhirnya saya putuskan untuk mengolahnya menjadi kue kering putri salju. Yang mana saya hanya membulat-bulatkan bahannya lalu di panggang. Setelah matang dinginkan kue sampai benar-benar dingin. Tata kue dalam toples lalu taburi dengan gula halus sampai rata. Rasanya pun tak kalah enak, lezat dan lumer di mulut… 

Itulah resep nastar dengan bahan dan menggunakan alat-alat yang sederhana, bagaimana mudah kan? Bagikan cerita Anda jika Anda sudah mecoba memasak kue nastar dengan menggunakan resep ini. Buka hemat.id untuk mendapatkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat nastar. Temukan bahan-bahannya dengan harga promo  hemat yang sedang berlangsung di semua Supermarket sekitar anda.

Sumber :