Perlengkapan Masak BBQ yang Wajib Dimiliki untuk Tahun Baru di Rumah

Tidak terasa tahun sudah akan berganti lagi semenjak pandemi melanda. Ini adalah tahun baru ketiga semenjak COVID-19 membuat keadaan menjadi serba tidak menentu dan mengukung kebebasan kita. Tapi jangan sedih berlama-lama kita harus mulai belajar untuk menerima dan mulai membiasakan diri dengan New Normal, dan menjalankan kehidupan dengan beradaptasi dengan kondisi yang ada.

Walau di penghujung tahun 2021 menjelang 2022 ini, kita pun masih belum bisa bebas melakukan perayaan, tapi tidak ada salahnya untuk kita merayakan hanya dirumah dengan keluarga serumah. 

Untuk lebih menikmati perayaan tahun baru kali ini, yuk kita mempersiapkan acara tahun baru dengan lebih matang agar acara dapat berjalan dengan lebih menyenangkan. Anda pasti sudah mengetahui tahun baru itu identik dengan makanan yang dipanggang atau dibakar. Jadi yuk, kita mempersiapkan perlengkapan alat pemanggang dan kelengkapan lainnya lebih awal agar acara berjalan sesuai dengan harapan. 

Sumber : Pixabay.com

1. Pemanggang manual atau listrik

Jika Anda menginginkan hasil panggangan dengan aroma yang lebih khas dan tekstur yang lebih lembut, Anda bisa memilih pemanggang manual dengan menggunakan arang. Tapi kelemahannya adalah Anda harus siap dengan asapnya yang cukup mengganggu dan proses menyalakannya yang terkadang sulit bagi beberapa orang.

Jika Anda ingin lebih praktis, Anda bisa menggunakan pemanggang listrik karena tidak terlalu menimbulkan asap dan Anda tidak repot dengan proses menyalakan dan mematikan pemanggang karena sudah tersedia tombol on dan off nya. Untuk rasanya, jelas akan berbeda dibandingkan pemanggang manual. Pemanggang listrik tidak menghasilkan aroma khas bakaran yang dihasilkan dari pemanggang arang atau dari batok kelapa.

Selain itu, pemanggang listrik harganya juga cukup mahal ya dibandingkan dengan pemanggang yang menggunakan arang. Dan juga, Anda tidak bisa membawa pemanggang listrik ke tempat yang tidak memiliki asupan listrik.

2. Mangkuk dan piring saji

Siapkan mangkuk untuk saus olesan dan piring saji dengan motif dan desain yang menarik untuk membuat tamu makin semangat makan sebagai tempat untuk meletakkankan hasil panggangan.

3. Garpu pemanggang dan kuas 

Jenis garpu pemanggang ada bermacam-macam. Ada yang bentuknya seperti huruf U, ada yang bentuknya dapat digunakan untuk memanggang jagung atau ayam bakar, dan ada juga tusuk sate yang bisa digunakan untuk membuat barbeque. Selain itu, siapkan kuas yang terbuat dari silikon agar lebih nyaman saat digunakan diatas bara atau suhu panas.

4. Jaring pemanggang

Sebenarnya ini opsional ya, namun dengan menggunakan jaring pemanggang Anda bisa dengan mudah membolak-balikkan bahan makanan yang sedang dipanggang. Alat ini sangat berguna saat Anda memanggang ikan, karena ikan sangat mudah sekali hancur saat sering dibolak-balikkan.

5. Arang atau batok kelapa

Tentunya acara bakar-bakaran tidak akan sempurna tanpa arang untuk memanggang. Alternatif arang adalah batok kelapa yang bisa dibeli di tukang kelapa parut. Selain harganya lebih murah, batok kelapa juga menghasilkan api pembakaran yang stabil dan memiliki aroma yang khas. Tapi pastikan sebelum menggunakan batok kelapa, Anda harus menjemurnya di bawah terik matahari.

6. Pemantik

Siapkan korek api atau pemantik api mekanik untuk menghidupkan bara api. Jika diperlukan, Anda bisa membeli juga cairan untuk membuat api atau menggunakan kertas untuk menyalakan api.

7. Kipas sate

Agar feel-nya lebih terasa, Anda bisa pilih menggunakan kipas yang biasa digunakan oleh abang-abang tukang sate untuk mengipasi panggangan. Jika tidak mau repot, Anda cukup siapkan kipas angin kecil agar panas panggangan tetap stabil. 

8. Bumbu-bumbu pelengkap dan bahan makanan utama

Jangan lupa untuk menyiapkan bumbu bumbu pelengkap yang diperlukan untuk hasil panggangan yang lebih enak. Ada banyak sekali macam-macam saus untuk olesan seperti saus barbeque yang cocok untuk bahan makanan yang dipanggang, ada yang memiliki rasa manis asin atau bakar pedas pilihannya tergantung dengan pilihan Anda.

Itulah beberapa peralatan yang yang Anda butuhkan saat akan mengadakan perayaan tahun baru di rumah. Pastikan untuk selalu mentaati proses saat merayakan acara di rumah, selalu gunakan masker jika Anda berencana mengundang kerabat yang tidak serumah dan selalu jaga kesehatan Anda sekeluarga. Semoga pandemi ini cepat berlalu dan semoga Anda dan keluarga sehat selalu.