Perlengkapan Penting Berkemah Bersama Keluarga untuk Habiskan Tahun Baru

Bagi Anda yang suka sekali dengan aktivitas outdoor, maka menghabiskan tahun baru dengan berkemah bersama keluarga mungkin ide yang bagus. Berkemah memiliki banyak sekali manfaat untuk seluruh anggota keluarga, selain dapat menikmati keindahan alam berikut beberapa manfaatnya:

Sumber : freepik.com

Manfaat berkemah bersama keluarga

  1. Belajar mengenai alam bersama

Terjun langsung ke alam adalah cara belajar yang paling menyenangkan untuk semua orang, terutama anak-anak. Misalnya, belajar mengenai perubahan kepompong menjadi kupu-kupu atau mempelajari jenis-jenis tanaman serta Anda pun bisa mengajarkan anak-anak mengenai cara-cara dalam bertahan hidup di alam, dan lain sebagainya.

  1. Menyehatkan

Menghirup udara segar merupakan hal yang sangat berharga untuk orang kota seperti kita. Dengan mengajak keluarga berkemah, berarti memberikan mereka keistimewaan untuk dapat menghirup udara segar setiap saat. Karena menghirup udara segar tanpa polusi dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh, memperbaiki mood dan dapat menyehatkan saluran pernapasan.

Kemudian, dengan berkemah, Anda dan keluarga akan sering bergerak, baik saat menyiapkan kemah, membuat api unggun dan bermain serta berjalan-jalan.

  1. Belajar mencintai alam

Anak-anak harus mulai diajarkan untuk mencintai alam sedini mungkin, agar kelak saat mereka sudah dewasa mereka lebih menghargai alam dan tidak merusak nya. Dan salah satu hal sederhana yang bisa dilakukan adalah mengajarkan mereka untuk tidak meninggalkan jejak di manapun mereka berada.

  1. Mempererat kebersamaan

Hal yang paling menyenangkan dari berkemah adalah Anda sedang menciptakan kenangan. Jangan lupa untuk mengabadikan kenangan itu dalam foto-foto yang diambil di setiap kegiatan menyenangkan yang Anda dan keluarga lakukan.

Sumber: unsplash.com

Berkemah memang terdengar menyenangkan ya, terutama jika area perbukitan yang memiliki udara dingin dan sejuk seperti di Eagle Hill yang berada di daerah Bogor atau di The Lodge Maribaya di daerah Bandung. Tapi sebelum berkemah, simak beberapa perlengkapan essential yang harus Anda miliki agar acara berkemah dalam menyambut tahun baru makin meriah:

Perlengkapan penting yang harus dimiliki untuk berkemah

  1. Tenda

Tenda merupakan perlengkapan utama dalam berkemah, dan tenda memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda-beda sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Anda bisa membelinya jika Anda memiliki rencana untuk berkemah lagi dikemudian hari. Budget yang dibutuhkan untuk membeli tenda standar untuk maksimal 4 orang (2 orang dewasa dan 2 orang anak) mulai dari Rp200.000 – Rp1.000.000-an keatas. Tentu dengan petimbangan bahan, kualitas dan fitur yang dimiliki.

Tapi jika berkemah adalah aktivitas yang mungkin hanya akan dilakukan sekali saja, seperti hanya di momen tahun baru, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk menyewa saja ke pengelola tempat Anda akan berkemah. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan dihitung per hari. Harganya mulai dari  Rp20.000/hari untuk maksimal 4 orang, sampai dengan Rp50.000/hari untuk maksimal 10 orang.

Terlebih lagi, Anda pun bisa menyewa perlengkapan berkemah lengkap dengan sleeping bag, kompor portable, lampu kemah dan perlengkapan berkemah lainnya. Jika Anda tidak mau direpotkan dengan pernak-pernik yang merepotkan atau Anda hanya mengendarai sepeda motor, jadi tidak ada tempat untuk membawa semua perlengkapan berkemah. Tapi disarankan agar Anda menghubungi pengelola perkemahan terlebih dahulu untuk mengetahui ketersediaan perlengkapan kemah apa saja yang disediakan.

  1. Tikar

Jangan lupa membawa tikar agar Anda bisa menggelarnya di depan tenda sebagai tempat makan atau tempat Anda bisa bersantai bersama keluarga sambil menikmati pemandangan alam.

  1. Perlengkapan pemanggang dan memasak

Apalah jadinya acara tahun baru tanpa ada makan-makan dan bakar-bakaran. Tentu untuk menyajikan makanan ini Anda membutuhkan alat pemanggang, perlengkapan memasak, panci, dan arang. Tapi kalau suami saya biasanya lebih suka mencari sendiri ranting-ranting kayu yang bisa digunakan sebagai bahan bakar.

Atau jika Anda ingin lebih praktis lagi, Anda bisa membeli 1 ikat kayu bakar pengelola perkemahan dengan harga mulai dari Rp10.000. Bahkan jika Anda beruntung Anda bisa menemukan sisa-sisa kayu yang tidak digunakan oleh pengunjung sebelumnya.

  1. P3K dan obat-obatan

Safety first, saat beraktivitas di luar tentunya kita tidak pernah tahu kecelakaan apa yang mungkin bisa terjadi. Apalagi jika Anda dan keluarga berkemah di area perkemahan yang luas. Jadi membawa P3K saat Anda berkemah sangatlah penting untuk memberikan pengobatan pertama saat terjadi kecelakaan. Anda bisa membawa P3K yang berisi obat luka dan plester untuk menutup luka, dan obat-obatan penting lainnya.

  1. Permainan aktivitas outdoor

Anak-anak akan merasa cepat bosan dan akan buru-buru kembali ke gadget mereka jika kita tidak pintar-pintar mengalihkan perhatian mereka. Agar mereka bisa benar-benar menikmati suasana perkemahan, jangan lupa untuk membawa permainan yang cocok untuk dimainkan di luar ruangan yang bisa mereka lakukan selama Anda menyiapkan tenda atau makanan.

Misal bermain bola, bulu tangkis, bersepeda atau bermain game tanpa menggunakan alat seperti bermain tebak kata, dan lain sebagainya.

  1. Meja dan kursi outdoor

Selesai mempersiapkan makanan, tentu Anda tidak mau meletakkan makanan yang sudah jadi begitu saja di tanah. Jadi Anda butuh meja kemping sederhana yang mudah dirakit tapi juga tidak memakan tempat saat disimpan.

Selain itu, meja tersebut juga bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk food preparation dan kemudian digunakan sebagai meja makan saat semua masakan sudah tersaji. Anda pun butuh kursi untuk duduk-duduk santai sambil bercengkramah dengan keluarga atau sebagai kursi makan.

  1. Cooler box dan bahan makanan

Untuk menjaga bahan makanan selalu segar, Anda membutuhkan cooler box atau sterofoam box yang sudah dilengkapi dengan ice gel atau es batu untuk menjaga kualitas dari bahan makanan Anda. Dan pilihlah bahan makanan yang tahan lama dan jika perlu bawalah daging atau makanan jadi lainnya dalam keadaan membeku agar ketahanannya terjaga selama diperjalanan dan selama di perkemahan.

Jangan lupa juga untuk membawa aneka minuman hangat untuk menghangatkan tubuh di malam hari dan minuman dingin untuk diminum di siang hari.

 

Referensi :

https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-udara-bersih-bagi-kesehatan-fisik-dan-mental

https://www.cserc.org/sierra-fun/family-camping/why-camping/