10 Macam Gaya Desain Interior Rumah Supaya Keluarga Bahagia

Tahun 2021 sudah berjalan sekitar dua minggu, tapi karena kondisi pandemi kebanyakan dari kita masih dirumah saja. Apakah Sahabat Hemat masih termasuk tim dirumah saja atau sudah mulai beraktifitas di luar rumah kembali? Saya termasuk tim yang masih dirumah saja. Salah satu kegiatan mengisi waktu yang menarik selama dirumah adalah mengganti dekorasi atau desain interior rumah. Melihat tampilan baru rumah pasti akan membawa rasa fresh dan menyenangkan bukan? Apalagi jika desain tersebut bisa merubah kondisi rumah hampir seratus persen, pasti Anda dan anggota keluarga akan bahagia karena aura yang keluar dari tampilan rumah yang baru akan membawa mood yang menyegarkan. Karena kebanyakan kita sekarang menghabiskan waktu dirumah, ada baiknya mengganti suasana rumah agar terasa lebih nyaman, membuat keluarga bahagia dan betah dirumah.

Terlepas dari apapun pilihan desain interior yang Anda gunakan, pastikan Anda dan anggota keluarga nyaman dengan desain tersebut. Bisa dilihat dari beberapa aspek, seperti sirkulasi udara yang baik, pencahayaan yang cukup, perawatan perabotan dan proses membersihkan yang mudah dan  keamanan tata letak yang baik. Untuk rumah yang memiliki anak kecil atau balita, lebih aman memiliki desain yang simple dan minimalis untuk memberi ruang mereka bermain dan meminimalkan kecelakaan karena terlalu banyak perabotan. Karena kenyamanan dirumah adalah salah satu kunci keluarga bahagia.

Tips memilih design interior rumah yang baik
Klik pada gambar untuk memperbesar

Mendesain rumah sendiri tidak melulu harus menggunakan jasa desain interior. Anda cukup mencari ide desain yang sesuai dengan karakter dan selera Anda, mencari poin utama dari desain tersebut lalu mengaplikasikannya. Tidak juga harus membeli barang baru, semua bisa di mix and match. Nah sekarang saya ingin berbagi 10 jenis desain interior yang populer dimasa sekarang ini. Yuk simak dan pilih yang paling Anda suka.

Gaya Desain Skandinavia

Gaya desain interior ini adalah tipe favorit saya dan sedang perlahan saya coba aplikasikan di rumah saya. Tipe desain ini bernuansa clean, nature dan elegan. Saya termasuk tipikal orang yang minimalis tapi suka dengan tampilan yang “wah”, sehingga desain ini bisa mengakomodasi selera saya yang minimalis tapi tetap memiliki unsur seni yang cantik. desain skandinavia mengusung warna putih dan earth tone seperti material berbahan kayu yang memberi kesan kasual dan ceria. Desain ini juga menerapkan pencahayaan yang luas sehingga di siang hari, dengan desain ini Anda tidak perlu menyalakan lampu.

design ruang tamu ala skandinavia
sumber : pinterest.com

Cara pertama untuk menerapkan desain interior skandinavia ini bisa dimulai dengan mengecat seluruh area rumah dengan warna putih. Anda bisa mengecat kusen dengan warna cokelat untuk memberikan kesan alami. Meletakkan beberapa tanaman indoor untuk memberikan kesan fresh. Anda bisa meletakkan Courts Manhattan Coffee Table Light Brown di samping jendela yang akan menyatu sempurna dengan konsep skandinavia.

Beli Courts Manhattan Coffee Table di Courts BTM

Beli Courts Manhattan Coffee Table di Courts Bintaro

Beli Courts Manhattan Coffee Table di Courts Ciledug

Beli Courts Manhattan Coffee Table di Courts Megastore KHI

Beli Courts Manhattan Coffee Table di Courts MBH

Gaya Desain Modern

Desain seperti ini kebanyakan diterapkan di apartemen atau hotel dengan konsep luxury. Dengan kombinasi material besi, kaca dan logam, tampilan desain modern akan terasa futuristik dan ramping. Jika anda masuk ke ruangan desain interior ini Anda akan sungkan membuatnya berantakan karena semua terasa sangat rapi. Untuk membuat tampilan rumah dengan desain modern anda bisa merapikan seluruh printilan kecil dirumah ke dalam laci atau membuat tirai untuk area sink di dapur agar tertutup dan terlihat bersih dan rapi. Mengganti cover sofa dan cushion dengan warna polos yang senada dengan warna ruangan. Jangan lupa berikan satu sentuhan vas bunga agar ruangan tidak terasa kaku.

Design interior rumah modern
sumber : pinterest

Desainmodern ini biasanya menggunakan tipe refrigerator dengan tampilan finishing platinum, silver atau hitam. Tampilan metal, clean dan menyatu dengan dinding ruangan bisa anda dapatkan dari LG Refrigerator SBS dengan kapasitas 600 Liter. Untuk ibu rumah tangga seperti saya, kulkas yang wide dan simple seperti ini idaman sekali pastinya. Managemen makanan akan lebih mudah sehingga semua tersimpan aman dan rapi. Proses weekly food preparation akan lebih mudah dilakukan.

Beli LG Refrigerator SBS di Courts BTM

Beli LG Refrigerator SBS di Courts Bintaro

Beli LG Refrigerator SBS di Courts Ciledug

Beli LG Refrigerator SBS di Courts Megastore KHI

Beli LG Refrigerator SBS di Courts MBH

Gaya Desain Tradisional

Desain interior rumah tradisional bisa Anda lihat dirumah nenek terutama yang masih tinggal di daerah yang jauh dari perkotaan atau desain homestay dan villa untuk berlibur juga banyak yang menawarkan konsep desain tradisional. Material utamanya adalah kayu yang mendominasi hampir seluruh rumah. Rumah dengan desain ini akan terasa hangat sekaligus bernuansa mistik karena perabotan kayu yang biasanya memiliki banyak ukiran yang terasa “tempo dulu” ditemani perabotan dan hiasan dengan detail rumit.

ide design rumah tradisional ala vila
sumber : pinterest

Jika Anda kangen dengan nuasa tempo dulu, Anda bisa menerapkan desain interior tradisional ini dengan furniture yang lebih kekinian sehingga nuansa hangat dan tradisional bisa menyatu seperti menggunakan Meja TV Sideboard Sonoma dengan material kayu dengan sistem knockdown sehingga mudah dibongkar pasang. Tambahkan pajangan patung pahatan kayu di meja TV akan menambah cantik tampilan ruang tamu Anda. Anda juga bisa memasang cover lampu dari bahan ayaman yang cantik. Sentuhan kain batik pada seprai, sarung cushion, dan tirai akan menambah kental nuasa tradisional.

Beli Meja TV Sideboard Sonoma di Courts BTM

Beli Meja TV Sideboard Sonoma di Courts Bintaro

Beli Meja TV Sideboard Sonoma di Courts Ciledug

Beli Meja TV Sideboard Sonoma di Courts Megastore KHI

Beli Meja TV Sideboard Sonoma di Courts MBH

Gaya Desain Vintage

Desain interior vintage sempat booming sekitar dua tahun yang lalu. Desain ini mengusung warna – warna pastel yang lembut dan motif bunga kecil – kecil sehingga sering dikaitkan dengan wanita. Salah satu poinnya adalah perabotan dengan cat terkelupas yang menekankan gaya yang tak lekang oleh waktu. Desain vintage membuat rumah terlihat “girlie”, imut dan instagramable. Anda bisa melengkapi rumah Anda dengan pajangan antik dan memorable seperti lampu antik, patung lucu berbahan keramik, jam weker manual dengan bentuk lucu. Tips lainnya Anda bisa mengganti tirai dengan motif lembut berwarna pastel, lalu mengecat meja dan perabotan dengan warna putih.

ide design interior vintage minimalis
sumber : shutterstock

Gaya Desain Shabby Chic

Desain interior shabby chic adalah versi yang lebih feminin dari versi vintage. Design ini biasanya akan disukai oleh orang –  orang yang memiliki warna favorite baby pink karena banyak ornamen menggunakan warna baby pink seperti motif bunga pada cushion atau wallpaper. Tapi tidak hanya pink, warna lain dengan nuansa pastel dan putih pun memenuhi desain ini. Shabby yang berarti lusuh membuat desain ini biasanya dilengkapi dengan furniture bergaya “jadul” dan klasik.

ide design kamar ala shabby chic yang lembut dan cantik
sumber : impressiveinteriordesign

Anda bisa menambahkan furniture CIRO Sofa Bed dengan warna soft grey yang manis yang akan menyatu sempurna dengan design pastel shabby chic Anda. Menambahkan tirai berbahan tulle yang akan cantik sekali untuk background foto. Tambahkan pajangan skulen dengan pot lucu di rak pajangan Anda. Gunakan sarung cushion dengan renda disekelilingnya untuk menegaskan dekorasi desain ini.

Beli CIRO Sofa Bed di Courts BTM

Beli CIRO Sofa Bed di Courts Bintaro

Beli CIRO Sofa Bed di Courts Ciledug

Beli CIRO Sofa Bed di Courts Megastore KHI

Beli CIRO Sofa Bed di Courts MBH

Gaya Desain Bohemian

Inti dari desain bohemian bisa Anda lihat dari penggunaan karpet dengan motif dan warna yang terkesan “ramai”. Konsep bohemian mungkin bisa juga dibilang konsep desain “YOLO” (you only life once) yang menggambarkan kebebasan dan hidup tanpa beban sehingga desainnya dikombinasikan sesuka hati. Selain karpet permadani, interior desain boho biasanya dilengkapi dengan bantal lantai untuk bersantai. Karena tipe desain ini termasuk free style, Anda bisa menggabungkan berbagai jenis motif dan jenis furniture seperti menambahkan Gento Sofa Bed L-Shape lalu menambahkan bantal lantai dan selimut dengan motif etnik.

Beli Gento Sofa Bed L-Shape di Courts BTM

Beli Gento Sofa Bed L-Shape di Courts Bintaro

Beli Gento Sofa Bed L-Shape di Courts Ciledug

Beli Gento Sofa Bed L-Shape di Courts Megastore KHI

Beli Gento Sofa Bed L-Shape di Courts MBH

Anda bisa menambahkan pajangan dinding dari sulaman yang berwarna warni, lukisan abstrak dengan warna bold akan menambah nuansa bohemian dirumah Anda.

ide design interior bohemian kekinian
sumber : pinterest

Gaya Desain Kontemporer

Desain ini merupakan perpaduan konsep masa kini dan masa depan yang membawa kesan hangat sekaligus dingin. Tampilannya bersih dan jarang diisi dengan ornamen atau pernak-pernik. Desain ini biasanya disukai orang dengan tipikal perfeksionis. Meskipun mirip dengan desain modern, desain kontemporer masih lebih fleksible karena ada aksen garis melengkung dan dilengkapi dengan sistem pencahayaan yang membuat ruangan terkesan luas. Anda bisa menambahkan Courts Stronje Dining Set di dalam desain interior yang sedang anda rancang. Dining set ini dibuat dengan simply set design modern dengan warna netral dan material kaca yang mudah dipadupadankan.

Beli Courts Stronje Dining Set di Courts BTM

Beli Courts Stronje Dining Set di Courts Bintaro

Beli Courts Stronje Dining Set di Courts Ciledug

Beli Courts Stronje Dining Set di Courts Megastore KHI

Beli Courts Stronje Dining Set di Courts MBH

Anda bisa menambahkan material marmer di atas meja ruang tamu Anda untuk menambahkan kesan clean. Tambahkan pajangan cermin di ruangan akan menambah kesan luas di rumah Anda. Dibanding menggunakan tirai gorden, gunakan krey untuk tampilan minimalis jendela Anda.

ide design kontemporer elektrik yang simple dan elegan
sumber : blackmilk.co.uk

Gaya Desain Industrial

Gaya desain industrial merupakan salah satu desain yang mudah dikenali. Pemakaian material besi yang terinspirasi dari gudang industri identik dengan lantai beton, plafon dan dinding dari baja serta langit – langit yang tinggi. Karena ide konsepnya dari gudang, sudah pasti warna yang mendominasi adalah hitam dan abu – abu dengan material furniture dari besi dan baja. Material kayu juga bisa dipadukan pada desain ini agar menimbulkan kesan hangat didalamnya. Salah satu contoh kombinasi material kayu dan besi bisa Anda dapatkan dari Vella Dining Set yang multifungsi. Dining set ini bisa menjadi meja makan, meja untuk bersantai dan kumpul bersama keluarga di taman, atau menjadi meja belajar anak yang luas.

Ide dining set meja kayu besi tipe design minimalis industrial
Cek Vella Dining Set Disini

Beli Vella Dining Set di Courts BTM

Beli Vella Dining Set di Courts Bintaro

Beli Vella Dining Set di Courts Ciledug

Beli Vella Dining Set di Courts Megastore KHI

Beli Vella Dining Set di Courts MBH

Anda bisa memakai lampu model bohlam gantung untuk menghias plafon rumah. Menggunakan rak dari bahan besi dengan menambahkan tanaman rambat agar terasa lebih fresh. Anda bisa menggunakan pot bunga dari bahan semen tanpa di cat sehingga membuat kental kesan industrialnya.

ide interior design industrial modern yang simple dan elegan
sumber : pinterest.com

Gaya Desain Minimalis

Kaum milenials banyak yang menggunakan konsep desain ini karena kebanyakan memilih hunian kecil dengan memaksimalkan fungsi secara sederhana. Desain ini identik dengan warna netral seperti putih, hitam, abu – abu. Menggunakan perabotan yang simple dan multifungsi tapi tetap memperhitungkan estetika. Anda bisa merancang desain minimalis untuk kamar tidur Anda dengan menggunakan King Mattress yang memiliki desain simple yang nyaman. Lalu lengkapi dengan pilihan bedding set tanpa motif yang akan membuat tampilan kamar Anda clean dan luas.

Beli King Mattress di Courts BTM

Beli King Mattress di Courts Bintaro

Beli King Mattress di Courts Ciledug

Beli King Mattress di Courts Megastore KHI

Beli King Mattress di Courts MBH

Desain minimalis sebenarnya sangat mudah diterapkan. Anda hanya perlu melakukan decluttering dan tidying up ruangan Anda, meminimalkan barang yang berantakan dan menggunakan furniture multifungsi seperti coffee table yang bisa dijadikan tempat penyimpanan barang juga.

ide design interior minimalis
sumber : pexels.com

Gaya Desain Rustic

Untuk tipikal orang yang menyukai yoga, desain rustic akan membawa sense of peace ke rumah Anda. Desain ini lekat dengan aura pedesaan dengan sentuhan bahan kayu yang masih berbentuk kayu asli, batu atau ranting pohon. Anda bisa menempel wallpaper motif bata putih atau berwarna bata asli. Gaya desain ini akan membawa sensasi homey ke rumah Anda.

Anda bisa menggunakan taplak meja yang dibuat dari potongan kain perca atau menambahkan kursi santai dari bahan rotan. Untuk menambah kuat kesan rustic, Anda bisa menggunakan keranjang anyaman berwarna cokelat untuk menyimpang handuk atau perabotan kecil. Menghias meja dengan jar kaca yang berisi biji – bijian kering dan bunga pinus kering lalu tetesi dengan essential oil favorite Anda. Acara minum teh sore akan terasa sangat nyaman dengan desain hangat ini.

Ide design interior rustic yang nyaman dan simple
sumber : elledecor.com

Dari sekian banyak pilihan desain interior yang diatas, mana yang menjadi favorit Anda? Atau Anda sudah mulai melakukan dekorasi ruangan untuk menciptakan rumah nyaman bagi keluarga bahagia? Yuk ceritakan pengalaman dan tipsnya di kolom komentar. Selamat mendekorasi rumah sahabat hemat!

sumber :

  1. dekoruma.com
  2. rumah.com
  3. rukita.co

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!