Pilihan Destinasi Wisata Murah Meriah di Jakarta yang Cocok untuk Anak-Anak

Momen liburan banyak dimanfaatkan sebagai momen untuk berkumpul dengan keluarga. Jika kamu termasuk orang yang tidak pergi ke luar kota untuk berlibur, kamu tetap bisa liburan di Jakarta, lho. Jakarta menawarkan tempat-tempat wisata yang bagus dan sayang untuk dilewatkan, termasuk oleh kamu warga Jakarta. Bahkan, bisa dibilang, liburan di Jakarta adalah momen yang sangat tepat untuk kamu mencoba beberapa destinasi wisata di bawah ini.

Tak hanya murah, kami juga menyajikan pilihan destinasi wisata yang ramah anak. Tak hanya rekreasi, namun tempat ini juga bisa menambah pengalaman berharga bagi anak-anak. Mereka bisa belajar, menyaksikan, bahkan mencoba hal-hal baru secara langsung. Berikut adalah empat tempat wisata di Jakarta yang murah meriah, sekaligus ramah untuk anak.

Kebun Binatang Ragunan

Sumber: google

Tempat unik pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Kebun Binatang Ragunan. Setelah libur lebaran pada tanggal 5 Juni 2019, Kebun Binatang Ragunan mulai beroperasi kembali di tanggal 6 Juni 2019. Di dalam kebun binatang yang sangat populer di Indonesia ini terdapat 2000 jenis satwa. Tak perlu khawatir panas atau gerah, sebab, kebun binatang yang sudah dibangun sejak zaman pra kemerdekaan ini dilengkapi banyak pepohonan besar yang membuat suasana semakin rindang. Dengan luas area 140 hektar, kamu dijamin puas mengelilingi kompleks kebun binatang dengan beragam satwa tersebut. Untuk harga tiket sendiri, kamu cukup membayar Rp 4.000 (dewasa) dan Rp 3.000 (anak-anak). Tiket juga bisa dibeli menggunakan uang elektronik, yaitu kartu JakCard yang disediakan oleh pemerintah DKI Jakarta.

Museum Sejarah Jakarta

Sumber: google

Mungkin kamu akan mengerutkan kening ketika mendengar nama museum ini. Museum Sejarah Jakarta, adalah nama resmi dari Museum Fatahillah, salah satu museum terpopuler yang ada di kawasan Kota Tua. Sampai saat ini, Museum Fatahillah masih menjadi destinasi wisata favorit masyarakat dan menjadi ikon dari Jakarta. Yang membuat pengunjung tertarik mengunjungi bangunan yang pernah dijadikan markas VOC ini adalah duplikat patung Hermes dan penjara bawah tanah. Di museum ini, kamu akan disajikan banyak cerita sejarah Indonesia, terutama tentang Batavia di mana tempat ini pernah menjadi balaikota Batavia. Untuk masuk ke tempat ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000.

Planetarium Taman Ismail Marzuki

Sumber: google

Kawasan Ismail Marzuki merupakan kawasan kesenian yang ada di Jakarta. Dari sekian banyak gedung pertunjukan yang ada di sana, salah satu yang menjadi favorit anak-anak adalah Planetarium. Di tempat ini, kita bisa menyaksikan planet, satelit, dan bintang-bintang di sistem tata surya kita. Dengan mengajak anak kita pergi ke sini, kita tidak hanya mengajak mereka untuk rekreasi, namun juga mengajak mereka untuk belajar dengan cara yang menyenangkan. Bukan sekedar melihat gambaran sistem tata surya lewat buku, mereka juga bisa melihatnya secara langsung di Planetarium. Kamu perlu membayar tiket seharga Rp 7.000 untuk anak-anak dan Rp 12.000 untuk dewasa.

Monumen Nasional (Monas)

Sumber: google

Siapa yang tak tahu destinasi wisata yang satu ini? Monumen Nasional (Monas) adalah monumen kebanggaan yang digagas oleh Presiden Soekarno. Hingga saat ini, Monas masih menjadi monumen tertinggi yang ada di Indonesia. Selama liburan hari-hari besar seperti lebaran, Monas buka mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Tiket masuknya cukup murah, yaitu Rp 5.000 saja.

Namun, jika kamu ingin naik ke puncak tugu, kamu harus datang lebih awal karena pihak pengelola membatasi pengunjung yang naik ke puncak tugu hanya Rp 2.600 orang setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk perawatan lift. Sedangkan untuk naik ke puncak tugu, kamu harus membayar sebesar Rp 15.000 untuk dewasa, Rp 8.000 untuk mahasiswa, dan Rp 4.000 untuk pelajar dan anak-anak. Pembayaran tiket ini bisa menggunakan kartu JakCard.

Itulah empat destinasi wisata murah di Jakarta yang bisa kamu datangi bersama anak-anak. Tidak perlu mahal dan jauh, momen berkumpul bersama keluarga juga bisa kamu lewati cukup di Jakarta. Tertarik untuk mencoba?