Pilihan Sabun Muka yang Cocok untuk Kulit Sensitif

Tahukan kalian Nagler, M.D seorang dokter kulit di NYU Langone Health pernah mengatakan “lebih dari separuh pasien saya datang dengan mengatakan bahwa mereka memiliki kulit sensitif”. Nah, mulai dari situ sebenarnya apa sih kulit sensitif dari sudut pandang dokter kulit? Apakah mungkin dari separuh pasien tersebut didiagnosis memiliki kulit sensitif? Lalu bagaimana cara mengetahui apakah kalian memiliki kulit sensitif atau tidak dan bagaimana cara merawatnya?

4 Tipe Kulit Sensitif

Dilansir dari youtube chanel Dr. Monita, kulit sensitif adalah suatu kondisi yang ditandai dengan kulit menjadi hiperreaktivitas ketika memakai suatu produk. Ketika kamu mengaplikasikan suatu produk di kulit sensitif, maka akan timbul reaksi tertentu pada kulit. Kira-kira reaksi apa saja ya? Dr. Leslie Baumann seorang dokter kulit yang aktif melakukan publikasi ilmiah medis mengklasifikasikan kulit sensitif menjadi empat tipe yaitu:

  • Acne type

    Tipe kulit sensitif ini memiliki kecenderungan akan menimbulkan reaksi jerawat atau komedo saat kalian mengaplikasikan produk kosmetik maupun skincare di kulit wajah. Biasanya dialami oleh remaja hingga dewasa muda.

  • Roscea type/flushing

    Kulit tipe ini akan menimbulkan reaksi kemerahan pada wajah dan mengalami sensasi panas. Tipe ini biasanya akan menunjukkan reaksinya ketika dihadapkan pada cuaca yang terlalu panas ataupun dingin.

  • Stinging & burning type

    Tipe ini dicirikan dengan timbulnya sensasi terbakar, perih, dan tersengat/ gatal saat mengaplikasikan produk yang tidak cocok ke kulit wajah.

  • Allergic type

    Cenderung memiliki reaksi kulit kering dan mengelupas saat memakai suatu produk yang kurang cocok di wajah.

Berdasarkan masing-masing tipe kulit sensitif pada wajah, kalian ada kemungkinan juga memiliki lebih dari satu tipe. Jadi, misalnya ternyata selain acne type kamu juga roscea type/ flushing.

Tips Aman Memilih Sabun Muka untuk Kulit Sensitif

Setelah kalian tahu jenis kulit sensitifnya langkah selanjutnya adalah merawatnya. Saya yakin beberapa dari kalian yang memiliki kulit sensitif sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengurangi reaksi yang timbul pada kulit, tapi kenapa tidak kunjung mereda yaa? Mungkin salah satu akar masalahnya adalah penggunaan sabun muka yang tidak cocok untuk kulit sensitif. Lalu bagaimana tips memilih sabun muka yang cocok untuk kulit sensitif?

1. Sesuaikan dengan jenis kulit sensitifmu

Berdasarkan klasifikasi 4 jenis kulit sensitif dari Dr. Leslie Baumann berarti sampai di sini kalian sudah paham ya bedanya apa saja. Oleh karena itu pilihan sabun muka sebaiknya menyesuaikan jenis kulit sensitif. Contoh, kulit sensitif kalian adalah acne type, maka carilah sabun muka untuk anti jerawat dan yang bisa diaplikasikan di kulit sensitif. Biasanya sabun muka anti jerawat memiliki kandungan tea tree. Nah, kalau kulit sensitif kalian adalah roscea type yang cenderung timbul kemerahan atau inflamasi, maka carilah sabun muka yang dapat mengurangi inflamasi.

2. Cek kandungan sabun muka

Cara ini adalah cara terjitu dalam memilih sabun muka. Biasanya kandungan sabun muka tertera di belakang kemasan. Demi keamanan kulit wajah, tidak ada salahnya kalian mencoba cari tahu apa manfaat masing-masing kandungan. Seiring waktu mencari tahu manfaatnya, kalian akan terbiasa memahami manfaat kandungan tersebut dan akan memudahkan kalian bila ingin berganti merek sabun muka dengan kandungan yang sama. Dilansir dari jurnal ilmiah Dr. Leslie Baumann, berikut kandungan yang aman dan harus dihindari dari masing-masing sensitive skin type, yaitu:

  1. Pada kulit sensitif acne type sebaiknya menggunakan sabun muka yang dapat mengurangi produksi sebum, dapat membuka pori-pori (mengandung AHA atau BHA), dapat membasmi bakteri (dengan benzoil peroksida, antibiotik, atau asam azelaic).
  2. Kulit roscea type/ flushing tentunya berfokus pada bahan anti inflamasi untuk mengurangi kemerahan di wajah dan mencegah paparan yang memperburuk gejala. Kalian dapat menggunakan produk sabun muka yang mengandung aloe vera, chamomile, oatmeal, ekstrak mentimun, niacinamide, salycylic asam, hyaluronic acid, sulfacetamide, witch hazel dan zinc.
  3. Khusus untuk stinging & burning type sebaiknya hindari sabun muka dengan kandungan asam alfa hidroksi (terutama glikolat), asam benzoat, bronopol, senyawa asam sinamat, asam sorbat, urea, atau vitamin C
  4. Untuk kulit allergic type disarankan menghindari sabun muka yang memiliki kandungan parfum, preservative methylisothiazolinone, dan sodium dehydroacetate, cetyl alcohol, bisabolol, dan peppermint

3. Pilih sabun muka dengan label khusus kulit sensitif

Kalian sulit memahami kandungan sabun muka? Jangan khawatir, di sini saya akan memberi alternatif tips. Keterangan berupa label di sabun muka sangat membantu kalian jika kesulitan memahami kandungan suatu produk. Produk sabun muka yang diklaim untuk kulit sensitif biasanya sudah mencantumkan label “untuk kulit sensitif” atau “for sensitive skin” di kemasannya. Ada juga keterangan “hypoallergenic” atau “dermatologically tested”. Hypoallergenic sendiri memiliki arti bahwa produk tersebut diformulasikan sebisa mungkin tidak menimbulkan alergi di kulit khususnya kulit wajah dan produk dengan label ini kebanyakan tidak mengandung pewarna serta pewangi sehingga aman untuk kulit sensitif.

Pilihan Sabun Muka dibawah 50 Ribu

Nah, tadi kalian sudah tahu informasi tentang jenis kulit sensitif dan tips aman memilih sabun muka untuk kulit sensitif. Selanjutnya, hemat.id sudah merangkum pilihan sabun muka untuk kulit sensitif dengan harga yang pas di kantong pelajar dan mahasiswa. Tentu saja pilihan sabun muka dibawah ini juga sudah sesuai indikator tips aman memilih sabun muka yang sudah dijelaskan sebelumnya. Pilihannya adalah sebagai berikut:

Pilihan sabun muka dibawah 50 ribu
Product Ukuran Harga
Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Face Wash 50 dan 100 gram Rp33.000 – Rp55.000
Senka Perfect White Vibrant Whip Face Wash 50 dan 100 gram Rp36.000 – Rp42.000 dan Rp95.000
Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser 15 dan 100 ml Rp39.000 – Rp99.000
Senka Perfect Whip 50 dan 120 gram Rp20.000 – Rp55.000

1. Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Face Wash

 

Harga: Rp33.000 – Rp55.000

Ukuran: 50 dan 100 gram

Seperti yang sudah tertera di depan kemasan, sabun muka ini mengandung AHA BHA sebesar 0,89% yang bisa membuka pori-pori wajah sehingga minyak dan kotoran akan terangkat keluar. Produk ini tidak mengandung alkohol, pewangi dan pewarna sehingga cenderung tidak berbau. Dilihat dari kandungannya Hada Labo cocok untuk kulit sensitif acne type. Pemakaian produk yang mengandung AHA BHA masih memunculkan banyak opini, karena AHA BHA juga merupakan zat eksfoliator yang dianjurkan tidak dipakai setiap hari. Kalian pemilik kulit sensitif yang baru akan memakai produk ini dianjurkan melihat aturan pakai yang tertera di kemasan untuk lebih amannya. Bila pada kemasan tertera dapat dipakai setiap hari maka aman untuk pemakaian harian. Untuk lebih aman lagi kalian bisa pakai 1x seminggu, selanjutnya pemakaian dapat ditingkatkan menjadi 2-3x seminggu. Jika kulit wajah kalian tidak ada keluhan, kalian bisa sesuaikan pemakaian sesuai kemasan.

Baca juga Pilihan Skincare Remaja untuk Eksfoliasi Wajah

2. Senka Perfect White Vibrant Whip Face Wash

Harga: Rp36.000 – Rp42.000 dan Rp95.000

Ukuran: 50 dan 100 gram

Senka face wash ini tergolong produk baru yang ada di Indonesia. Produk ini berasal dari Jepang dan direkomendasikan untuk kalian yang memiliki kulit wajah normal to sensitive. Memiliki 3 kandungan yaitu white cocoan essence untuk mencerahkan kulit kusam, double hyaluronic acid dan aqua in pool yang ampuh memperkuat skin barrier kulit supaya terhindar dari masalah kulit wajah. Kandungan double hyaluronic acid cocok untuk kalian dengan kulit sensitif roscea type/ flushing karena akan melembabkan kulit, meningkatkan produksi kolagen, menutrisi kulit, dan meningkatkan elastisitas kulit. Yang menarik dari produk ini adalah pemilik kulit sensitif  juga bisa sekaligus mencerahkan wajah karena kandungan fuji sakura essence yang dapat menyamarkan noda hitam sekaligus mencerahkan wajah.

Cek juga Promo Harga Senka Pembersih Penyegar Wajah Terbaru Minggu Ini | Hemat.id

3. Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser

Harga : Rp39.000 – Rp99.000

Ukuran : 15 dan 100 ml

Produk ini mengklaim mengandung japanese mugwort yang berfungsi untuk meredakan kemerahan akibat inflamasi dan juga antioksidan supaya kulit tampak awet muda. Selain itu produk ini juga mengandung tea tree yang terbukti ampuh melawan bakteri penyebab jerawat. Kabar baiknya produk ini sudah berlabel “hypoallergenic” dan “dermatologically tested” sehingga dijamin aman untuk kulit sensitif. Dilihat dari kandungannya produk ini cocok untuk kalian dengan kulit sensitif acne dan roscea type. Anda bisa membeli Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser dengan harga berkisar Rp90ribuan untuk ukuran 100 ml.

4. Senka Perfect Whip

Harga: Rp20.000 – Rp55.000

Ukuran: 50 dan 120 gram

Sabun muka ini cukup populer di Indonesia dan terbukti aman untuk kulit sensitif. Namun, terdapat efek kesat dan tertarik pada kulit wajah. Kandungan pada Senka Perfect Whip kurang lebih sama dengan Senka Perfect White Vibrant yaitu double hyaluronic acid, white cocoon essence dan aqua-in-pool. Produk ini memiliki busa yang padat dan melimpah yang bermanfaat untuk

  • Mengangkat kotoran dengan optimal
  • Meminimalisir friksi/gesekan berlebih
  • Menjaga elastisitas dan kelembapan kulit
  • Proses mencuci muka yang higienis

Mengingat produk ini dari Jepang dengan harga dibawah 50 ribu tergolong sangat terjangkau.

Pilihan Sabun Muka diatas 50 Ribu

Kalian penasaran ingin mencoba keampuhan produk sabun muka dengan harga cukup tinggi? Produk-produk ini sudah mendapatkan banyak review memuaskan bila digunakan pada kulit sensitif. Bagi kalian dengan budget skincare yang cukup tinggi, kalian harus mempertimbangkan produk ini untuk kulit sensitif kalian. Kira-kira apa saja ya?

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Harga: Rp100.000 – Rp120.000

Ukuran: 125 ml

Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini sangat terkenal di kalangan pemilik kulit sensitif. Mengapa bisa terkenal? Tentunya karena keunggulannya yang terdiri dari

  • Tidak berbusa, formula gentle sangat lembut untuk membersihkan wajah dan tidak membuatnya kering.
  • Unik, teruji klinis untuk bekerja 2 aksi yaitu efektif membantu melembabkan dan lembut membersihkan.
  • Dapat digunakan dengan dan tanpa air.
  • Cocok untuk menjaga kulit sensitif tetap sehat dan lembab. Baik digunakan untuk segala jenis kulit.
  • Diformulasikan dengan pH seimbang.
  • Teruji secara dermatologi.
  • Aman digunakan pada ibu hamil.

Cocok menjaga kulit sensitif, diformulasikan dengan pH seimbang dan telah teruji secara dermatologi. Apalagi yang kalian ragukan dari produk ini? Kandungan Sodium Lauryl Sulfate atau SLS pada produk ini juga dapat membersihkan kotoran yang dapat menimbulkan jerawat, sehingga produk ini cocok untuk kulit sensitif acne type.

Cek Harga Cetaphil Gentle Skin Cleanser hari ini

2. Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Acne Clear Foam Cleanser

Harga: Rp140.000 – Rp210.000

Ukuran: 100 ml

Brand produk ini berasal dari Korea namun cukup mudah didapatkan, mengingat kalian bisa beli online namun pastikan produk original. Selain itu kalian juga bisa beli di toko kosmetik yang menyediakan brand dari luar. Produk Some By Mi 30 Days Miracle Acne Clear Foam Cleanser ini mengklaim memiliki berbagai keunggulan yaitu:

  • Dapat menenangkan kulit, mengatur sebum pada wajah dan mengurangi masalah jerawat
  • Mengandung 70% bahan alami untuk mengurangi iritasi kulit
  • AHA memperbaiki tekstur kulit dan meningkatkan ketahanan kulit
  • BHA meringankan gejala kulit berjerawat
  • PHA melembabkan dan mengatasi sel kulit mati tanpa iritasi

Jika kalian memiliki kulit sensitif yang kering, PHA bekerja sangat baik untuk rutinitas perawat kulit kalian. Pemilik kulit sensitif dapat merasakan benefit produk tanpa efek samping rasa terbakar atau menyengat. Sehingga selain cocok untuk kulit sensitif acne type, produk ini juga cocok untuk stinging & burning type.

3. Simple Kind to Skin Refreshing Facial Wash Gel

Harga: Rp55.000 – Rp64.000

Ukuran: 150 ml

Tidak diragukan lagi bahwa sabun muka Simple memang untuk kulit sensitif karena sudah dilengkapi label “sensitive skin expert” pada kemasan. Mengandung triple purified water dan vitamin untuk membantu membersihkan dan menutrisi kulit tanpa iritasi. Tidak mengandung pewarna, parfum atau pewangi, dan sabun. Produk ini lebih direkomendasikan untuk kulit sensitif allergic type karena kandungan bahan  alami serta tidak mengandung parfum dan pewangi. Keunggulan lain produk ini bebas alkohol dan aman untuk ibu hamil. Harga produk Simple Kind to Skin Refreshing Facial Wash ini tergolong variatif mulai dari Rp55.000 – Rp64.000 tergantung di mana kalian membeli.

4. Bioderma Sensibio Gel Moussant

Harga: Rp175.000 – Rp269.900

Ukuran: 100 dan 200 ml

Bioderma adalah sabun muka berbasis gel dengan teknologi micellar yang membersihkan dan membentuk meningkatkan kecukupan kebutuhan air secara alami di kulit wajah. Produk ini diproduksi diperuntukkan untuk kulit sensitif. Memiliki label hypoallergenic dan dermatologically tested. Tidak kalah menarik, DAF complex milik bioderma adalah gabungan bahan aktif yang membantu memperkuat kadar toleransi pada kulit sensitif. Bioderma ini juga mengandung bahan yang membantu melembabkan dan memperbaiki lapisan kulit. Adanya label dan kandungan DAF complex untuk kulit sensitif menjadi tidak diragukan lagi kebermanfaatnya. Harganya cukup mahal, namun bagi kalian dengan budget skincare lebih saya sarankan untuk memakai produk ini.

3 Hal yang Wajib Dihindari Pemilik Kulit Sensitif

Selain pemilihan sabun muka yang cocok untuk kulit sensitif, kalian juga harus menghindari hal berikut supaya kulit sensitif tetap sehat terjaga. Caranya adalah sebagai berikut

  1. Jangan terlalu sering mencuci muka dan melakukan exfoliasi pada wajah, anjuran yang baik menurut Debra Jaliman seorang Asisten Profesor Dermatologi di Icahn School of Medicine New York, idealnya kalian harus mencuci muka dua kali sehari.
  2. Penggunaan produk yang mengandung bahan aktif yang kuat.
  3. Menggunakan produk baru tidak secara bertahap, sehingga tidak dapat memberi waktu kulit untuk beradaptasi dengan produk terlebih dahulu.

Itulah pilihan sabun muka khusus kulit sensitif. Variasi dari segi merek, asal produk, harga dan ukuran sangat beragam. Semoga kalian dapat terbantu dengan pilihan tersebut dan semakin mempercantik kulit sensitif atau bahkan berdamai dengan kulit sensitifmu. Selain pilihan sabun muka, sebaiknya kalian juga menghindari 3 hal diatas untuk mengoptimalkan kesehatan kulit sensitif.

Sumber :

  1. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0733863508000259
  2. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15002657/
  3. https://www.fda.gov/Cosmetics/Labeling/Claims/ucm2005203.htm
  4. https://somethinc.com/id/product/detail/low-ph-gentle-jelly-cleanser
  5. https://www.cetaphil.co.id/product/cetaphil-gentle-skin-cleanser