Pilihan Warna yang Cocok untuk Ruang Tamu, Supaya Ruangan Terlihat Luas

Memiliki ruang dengan luasan terbatas akan menimbulkan kesan sempit. Kesan sempit itu akan semakin terasa bila Anda salah memilih warna ruang dan terlalu banyak furniture. Kenapa salah memilih warna bisa menimbulkan kesan sempit? Karena warna dapat menimbulkan efek psikologis tertentu terhadap orang yang melihatnya. Setiap warna dapat menimbulkan kesan yang berbeda-beda terhadap persepsi seseorang. Contohnya, ada beberapa warna tertentu yang menimbulkan kesan luas terhadap ruang tamu. Kira-kira warna apa saja ya? Yuk, simak paparan sederhana di bawah ini:

1. Warna putih

Sumber gambar: Unsplash

Warna putih adalah salah satu warna yang bisa memantulkan cahaya dengan sempurna dibanding warna lainnya. Pencahayaan yang putih dan bersih dengan daya yang cukup tinggi dapat membuat ruang tamu terlihat lebih luas dan lapang daripada yang sebenarnya.

Warna ini juga tergolong warna terang, sehingga sangat disarankan menggunakan warna ini pada bidang pembentuk ruang supaya cahaya bisa dipantulkan secara maksimal ke segala arah. Oleh karena itu, warna putih sangat disarankan untuk dinding dan bidang atas seperti langit-langit dan plafon pada ruang tamu.

Warna ini sangat tepat digunakan di ruangan mungil untuk mendapatkan kenyamanan yang maksimal pada ruang tamu minimalis. Furniture wajib pada ruang tamu yang bisa Anda taruh adalah sofa dan meja. Dinding warna putih cocok dipasangkan dengan sofa berwarna abu-abu muda, krem, dan coklat muda untuk menambah kesan kalem, ataupun biru. Warna sofa yang tepat untuk dipadu dengan dinding putih:

  • Sofa abu-abu.
    Perpaduan warna dinding putih dan sofa abu-abu juga akan menimbulkan kesan monokrom pada ruang tamu Anda dan perpaduan inilah yang banyak digunakan ruang tamu minimalis rumah dengan tipe 36.
  • Sofa krem.
    Selain warna abu-abu, Anda juga dapat memadukan dinding warna putih dengan sofa warna krem. Nuansa warna krem akan memberikan suasana yang lembut dan hadir dengan tampilan yang cantik. Sofa warna krem juga cocok dengan penambahan perabot lain di rumah Anda seperti permadani dan meja dengan warna yang senada.
  • Sofa biru.
    Bila Anda ingin nuansa lain yang lebih segar dan tenang Anda bisa memadukan dinding putih ruang tamu dengan sofa berwarna biru, itu akan menimbulkan kesan ketenangan dan pemandangan yang segar. Fakta terbaiknya lagi semua warna biru akan cocok dengan dinding putih entah itu biru laut, biru prusia, biru cerulean, dan navy.

Rekomendasi furniture untuk ruang tamu bernuansa putih

Sofa warna abu-abu, krem, coklat dan biru terbukti cocok dengan ruang tamu bernuansa putih. Selain sofa, perabot lain yang bisa ditaruh adalah meja. Untuk meringankan kebingungan Anda dalam memilih sofa dan meja, simak rekomendasi dari saya:

Baca Juga Model Sofa Ruang Keluarga Minimalis

Sofa 2 dan 3 seater

Sofa amora tersedia dalam 2 dan 3 dudukan dengan warna abu-abu muda, jika ruang tamu Anda cukup minimalis 2 dudukan sangat idel bagi ruangan Anda. Dengan ukuran 139 x 73 x 86 dan bahan sofa yang empuk dengan konstruksi karet, per bonel, dan kaki plastik. Harga sofa ini sekitar 5,5 jutaan untuk dudukan 2 dan 6,7 jutaan untuk dudukan 3.

Cek Promo Sofa Terbaru Minggu Ini

Sofa coklat 2 seater

Sofa ini bila dilihat dari gambar memberikan kesan empuk bila Anda mendudukinya dan memng benar adanya sehingga Anda tidak merasa sakit bila harus duduk berlama lama. Sofa coklat ini selain cocok di ruang tamu juga bisa digunakan di ruang keluarga, desain sofa memberikan efek glamor pada ruangan Anda. Produk ini berukuran 165x100x97cm dilengkapi bantalan spring dan busa tebal serta frame rangka kayu. Harga sofa ini hanya berkisar 3,5 jutaan saja.

Meja tamu firme

Jika sofa Anda berwarna abu muda, krem, dan coklat dengan model simpel akan sangat serasi bila dilengkapi dengan meja tamu kecil ini. Ukurannya adalah 79,5x50x40cm dengan material particle board dan metal frame. Perpaduan warna coklat tua dan hitam akan menyeimbangkan warna sofa yang lebih soft. Meja ini dijual dengan harga 400ribuan saja.

Keset anti slip

Untuk memfasilitasi tamu, Anda juga dapat menaruh keset dengan warna yang senada dengan dinding putih ruang tamu Anda. Keset ini memiliki motif unik dengan harga 32ribuan saja. Untuk mencari motif lain Anda dapat mengunjungi Tokopedia.

2. Warna taupe

Sumber gambar: Pinterest

Warna taupe atau biasa disebut dengan kelabu tua akan menciptakan suasana tenang dan luas pada ruang tamu. Taupe adalah warna netral yang dapat membuat fondasi sempurna serta aksen halus untuk Anda yang menyukai gaya tradisional di ruang tamu. Selain itu warna ini juga menimbulkan kesan perasaan nyaman yang tersebar di rumah Anda.

Apalagi bila dipadukan dengan abu-abu terang akan memberikan kesan luas pada ruang tamu kecil. Selain sofa, karpet atau permadani dapat juga Anda padukan untuk menambah kesan estetik pada ruang tamu. Karpet berfungsi untuk menutup lantai Anda bila mungkin lantai Anda terdapat kerusakan kecil dan membuat nyaman pada kaki.

Pilihan perabot untuk ruang tamu bernuansa taupe

Ruang tamu dengan warna taupe bisa dipadukan dengan warna perabot apapun namun sebetulnya lebih cantik bila dipadukan dengan warna krem, abu muda, hitam, coklat namun tidak masalah juga bila Anda memadukan dengan karpet bercorak untuk memberikan sentuhan corak pada ruang tamu Anda.

Sofa coklat muda 2 dudukan

Nuansa warna coklat dengan ukuran 145x80x84cm senada dengan ruang tamu minimalis Anda dengan cat dinding berwarna taupe. Bahan dari sofa ini adalah black rubber, spring coil, dacroon dan foam. Frame bawah sofa terbuat dari jati belanda dan plywood. Sofa coklat dengan model elegan ini tersedia dalam harga 5 jutaan.

Cek Promo Sofa 2 Seat Minggu Ini

Karpet corak

Ukurannya 150x190cm dengan tebal 1,5cm. Bahan tebal dan terdapat antislip dibagian bawah serta tidak licin. Dengan ketebalan 1,5cm memberi kesan empuk apalagi bila dipadukan dengan bahan yang lembut. Walaupun karpet ini memiliki banyak corak dan warna yang bervariasi, apakah akan luntur bila dicuci? Jawabannya tidak. Soal harga, karpet ini dibandrol dengan harga normal 600ribuan namun saat ini sedang diskon 40% dengan harga 360ribuan.

Karpet turki dan eropa style

Masih dengan warna yang senada yaitu perpaduan coklat dan krem, karpet dengan ukuran 150x100cm cocok diletakan dibawah meja ruang tamu Anda. Bahan karpet ini adalah nylon, alasnya antislip, mudah dibersihkan dan keunggulan utama adalah bulunya tidak mudah rontok. Dilihat dari coraknya jenis karpet ini merupakan gaya turki dan eropa sehingga akan serasi bila Anda menyukai dekorasi ruang tamu dengan gaya klasik.

Cek Harga Terbaru Karpet Minggu Ini

Meja tamu minimalis

Ruang tamu sempit akan serasi bila dipadukan dengan meja tamu minimalis, ukuran meja ini terbagi menjadi 3 ukuran yaitu 23x36x40cm, 44x44x42cm dan 56x56x45cm dengan warna coklat dan desain yang berbeda dibanding meja tamu lainnya. Untuk membawa pulang meja ini Anda cukup mengeluarkan uang sebesar 500ribuan untuk 1 set meja tersebut.

Cek Promo Meja Tamu Minimalis Minggu Ini

3. Warna silver

Sumber gambar: Pinterest

Desainer interior ternama Max Humprey merekomendasikan penggunaan warna abu-abu terang atau silver karena akan menciptakan kesan warna ruang tamu modern tradisional dan dapat didesain dengan gaya mewah maupun santai melalui berbagai perabotan rumah. Desainer tersebut juga merekomendasikan untuk memberikan jarak antar furniture Anda dan dinding supaya menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas. Untuk mengisi ruang tamu selain dengan sofa dan karpet, Anda juga bisa menaruh meja tamu minimalis yang memiliki warna yang serasi dengan silver.

Furniture ruang tamu yang senada dengan nuansa warna silver

Pemilihan warna silver pada ruang tamu sempit merupakan alternatif yang tepat. Warna ini juga dapat dipadukan dengan warna putih untuk menciptakan suasana yang cerah dan luas pada ruang yang terbatas. Anda dapat membeli perabot dengan warna lebih gelap seperti abu tua dan hitam untuk memberikan efek eye catching. Warna putih juga dapat Anda gunakan untuk memberi kesan nuansa monokrom. Namun bila Anda ingin memiliki kesan mewah Anda bisa memaksimalkan penggunaan sofa dan jam dinding pada ruang tamu. Tidak lupa dengan keset yang dapat Anda taruh di depan pintu ruang tamu.

Sofa abu tua 2 dan 3 dudukan

Pilihan warna sofa kali ini adalah abu-abu tua, namun ada 4 warna pilihan lain yang juga cantik bila dipadukan dengan dinding putih ruang tamu Anda. Salah satu keunggulan sofa ini adalah material yang kuat dan kokoh serta bahan yang nyaman. Ukuran 2 dudukan sofa ini adalah 160x90x90cm sedangkan yang 3 dudukan 195x90x90cm. Untuk memaksimalkan penggunaan sofa pada ruang tamu Anda yang kecil, Anda bisa memilih sofa dengan 3 dudukan.

Keset corak garis

Keset ini tersedia dalam warna hitam dan coklat, untuk warna coklat dapat juga Anda pasangkan dengan dinding warna taupe namun untuk warna hitam bisa Anda gunakan pada ruang tamu bernuansa silver. Tentu saja keset dilengkapi lapisan bawah antislip supaya mengurangi resiko terpeleset. Dibuat dengan bahan berkualitas yang tahan lama dan cocok ditempatkan di depan pintu rumah Anda. Selain itu bisa juga di depan pintu kamar dan kamar mandi. Harga keset ini cukup murah yaitu 21ribuan saja.

Bantal sofa

Beberapa orang memberikan hiasan pada sofa dengan menggunakan bantal sofa, bantal sofa warna abu dengan corak orange akan serasi bila diletakan di sofa abu dan nuansa dinding ruang tamu adalah abu tua. Harga bantal ini 89ribuanan per pcsnya. Dijamin empuk dengan cover yang lembut. Materialnya dacron dengan cover berbahan kanvas dengan ukuran 45x45cm.

Jam dinding

Sumber: unsplash

Untuk memberikan corak pada dinging yang kosong Anda dapat menambahkan jam dinding pada ruang tamu. Harga jam dinding yang beredar di pasaran bervariasi, di katalog hemat.id Anda dapat melihat pilihan jam dinding berbagai jenis warna, ukuran dan harga. Rekomendasi warna yang cocok dengan dinding silver Anda adalah warna hitam, putih, abu tua, krem, maupun coklat muda.

4. Warna pastel

Sumber gambar: Freepik

Anda penyuka warna pastel dan memiliki ruang tamu minimalis, bisa sekali memberikan warna tersebut di ruang tamu Anda tanpa takut ruangan akan terlihat sempit. Warna pastel terdiri dari berbagai macam warna seperti pink muda, hijau muda, biru langit, kuning cerah, ungu muda, peach. Warna ini banyak disukai oleh wanita, pemakaian warna pastel pada ruang tamu akan memberikan kesan bersih, luas dan gemas.

Altenatif perabot untuk ruang tamu bernuansa warna pastel

Untuk memberikan ketegasan pada ruang tamu Anda bisa juga menaruh perabot dengan warna gelap. Namun, jika Anda ingin ruangan denga tema pastel Anda bisa membeli perabotan dengan warna pastel. Jangan mencapur banyak warna bila menggunakan warna pastel, hal itu akan membuat kesan ruangan semakin penuh dan sempit.

Rak multifungsi

Rak serbaguna dapat diletakan di sebelah sofa ruang tamu Anda, dapat digunakan sebagai alternatif menaruh hiasan bahkan juga bahan bacaan seperti buku untuk membuat nyaman tamu Anda sembari menunggu bila Anda sedang ada urusan. Rak dengan nuansa coklat kayu itu dapat dipadukan dengan dinding warna hijau pastel seperti sage green, peach, pink muda maupun biru muda. Harga rakĀ  sekitar 400ribuan, terbuat dari bahan partikel board dengan ukuran 80x43x80cm. Cocok juga diletakkan di ruang keluarga dan kamar untuk menyimpan perlengkapan rumah sehingga rumah terlihat rapi.

Cek Promo Rak Serbaguna Minggu Ini

Meja tamu simpel

Meja tamu ini memiliki model yang sederhana dengan ukuran 67x65x38cm dan warna sonoma oak cream sangat cantik ditaruh pada ruang tamu Anda yang sempit dengan nuansa warna pastel. Harga meja ini berkisar 900ribuan, selain sebagai meja tamu Anda juga bisa mengalihkan fungsi meja ini sebagai meja TV.

L-shape sofa

Ruang tamu dengan dinding pink muda dan peach akan sesuai dengan sofa warna merah terang seperti produk diatas. Fungsi L shape sofa adalah jika Anda ingin memaksimalkan sofa di ruang tamu tanpa takut akan terasa sempit. Ukuran produk ini 75x95x180cm. Desain elegan ditambah dengan bantal membuat Anda maupun tamu akan betah duduk di sofa. Harga sofa ini berkisar 3jutaan saja dari harga normal 5jutaan.

5 tips mendekorasi ruang tamu minimalis

Selain pemilihan warna yang tepat saya akan membagi 5 tips lain untuk membantu Anda mendekorasi ruang tamu yang minimalis, yaitu:

  • Buatlah layout ruang tamu terlebih dahulu, pastikan penataan perabot sudah sesuai tanpa bahaya tersandung. Bukan berarti seluruh perabot diletakkan didekat dinding namun berhati-hatilah memastikan tidak ada perabot di tengah ruangan yang membuat Anda kesulitan berpindah dari satu sisi ke sisi yang lain
  • Mengatur dan mengorganisasikan kembali perabot Anda, contoh Anda bisa memposisikan sofa beberapa inci dari dinding untuk memberi kesan lebih menarik secara visual
  • Buatlah zona ruang tamu sesuai fungsinya, menggunakan sofa, meja tamu lengkap dengan permadani dan ruang tamu adalah fungsi tepat sebuah ruang tamu. Sedangkan, ruang tamu yang terletak di bagian depan rumah adalah zona ruang tamu yang tepat.
  • Pertimbangkan pengaruh cahaya alami, Anda dapat menggunakan gorden dengan tinggi dari langit-langit sampai lantai untuk menciptakan ilusi ruang tamu yang tinggi dan pastikan gorden ditarik ke tepi jendela. Furniture kaca juga membantu menjaga ruangan tetap terang daripada furniture kayu.
  • Gunakan sofa dengan tepi melengkung atau melingkar, memilih lampu meja bundar atau bisa dihiasi dengan cermin lingkaran yang saat ini sedang tren dan dapat memantulkan cahaya di sekitar ruang yang membuatnya terasa lebih luas dan cerah.

Itulah piliah warna dan juga tips untuk menyulap ruang tamu Anda yang sempit menjadi ruang tamu yang terkesan lebih luas dan juga terang. Selain warna, jenis perabot dna penataan juga menjadi kunci utama mendesain ruang tamu minimalis. Untuk melihat berbagai pilihan perabot ruang tamu lainnya, Anda dapat dengan mudah mengunjungi katalog hemat.id dan Tokopedia.

Sumber

  1. https://www.google.co.id/books/edition/Agar_Ruang_Berkesan_Luas/kAy2-dLENIwC?hl=id&gbpv=1&dq=Agar+Ruang+Berkesan+Luas&pg=PA10&printsec=frontcover
  2. https://www.google.co.id/books/edition/The_Color_Revolution/Mt3xCwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=The+Color+Revolution&pg=PA15&printsec=frontcover
  3. https://www.google.co.id/books/edition/30_DESAIN_INTERIOR_RUMAH_MUNGIL/RRerCQAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
  4. https://www.habitat.co.uk/inspiration/living-room-rug-ideas
  5. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/PROPORSI/article/view/1317/1775