Rahasia Agar Dapur Selalu Terlihat Bersih Dan Tertata Rapi

Siapa yang tidak suka melihat dapur selalu terlihat rapi dan bersih, walaupun punya dapur yang serba modern dan serba mahal tapi tidak tertata rapi bisa membuat dapur anda terlihat selalu berantakan dan tidak sedap dilihat. Bahkan untuk memulai masak anda jadi malas, berikut saya akan membagikan rahasia yang perlu anda ketahui untuk membuat dapur anda selalu terlihat rapi dan bersih :

1. Mencuci Piring

Mencuci Piring
Mencuci Piring

Cuci piring setiap kali masak, makan, dan menggunakan cangkir. Jadi usahakan tidak ada piring yang menumpuk melebihi tinggi sink, jika piring sudah melebihi tinggi sink segeralah cuci. Biasakan anak umur 6 tahun keatas yang sudah bisa diberi tugas untuk selalu mencuci piring atau membiasakan anak yang lebih kecil untuk selalu meletakkan piring atau cangkir ke sink setelah selesai makan atau minum.

2. Tissue Dapur atau Lap

Tissue Dapur
Tissue Dapur

Selalu stok tissue dapur, secara pribadi saya lebih memilih menggunakan tisue dapur dari pada lap. Kenapa? karena lap sekali pakai saja sudah kotor, apalagi untuk mengelap kompor yang selalu berminyak. Anda bisa mencari tissue dapur yang sesuai dengan keinginan anda dan tentunya dengan harga termurah dengan melihat di website www.hemat.id.

Tips : Jika anda lebih suka memakai lap, cucilah lap kotor anda setiap hari. Setiap malam sebelum tidur saya selalu merendam lap-lap kotor saya, jadi keesokkan harinya saya tinggal kucek-kucek atau sikat bila benar-benar kotor.

3. Produk Pembersih Dapur

Perlengkapan Pembersih Dapur
Perlengkapan Pembersih Dapur

Sediakan dengan lengkap bahan-bahan untuk pembersih dapur, misalnya sabun atau cream serbaguna yang bisa digunakan untuk membersihkan kompor sekaligus meja dapur, sikat dan lap. Dan simpan perlengkapan pembersih itu bawah meja atau di tempat yang mudah dijangkau saat dibutuhkan. Anda juga bisa mencari berbagai jenis perlengkapan pembersih dapur dengan harga termurah dengan melihat di website www.hemat.id.

4. Penataan

Bekas Jar selai Untuk Bumbu
Bekas Jar selai Untuk Bumbu

Jika dapur anda menggunakan rak-rak terbuka usahakan menata bumbu di tempat khusus untuk menyimpan bumbu, atau gunakan bekas jar selai untuk diubah menjadi tempat bumbu. Dan gunakan keranjang untuk menyembunyikan barang-barang kecil.

5.Rutin Membuang Sampah

Tempat Sampah
Tempat Sampah

Rutin membuang sampah tiap sore atau jika melihat sampah sudah penuh. Buatlah lemari khusus untuk menyembunyikan tempat sampah anda, agar dapur kelihatan selalu bersih.

6. Pajangan Multifungsi

Jika anda memajang dekorasi di dapur usahakan dapat digunakan juga sebagai tempat penyimpan, misalnya memakai pajangan yang juga dapat dijadikan tempat untuk menggantung lap dapur atau tissue dapur.

7. Penempatan Barang Sesuai Kebutuhan

Saat menata dapur pertimbangkan untuk meletakkan barang-barang khusus anak ditata di rak paling bawah yang bisa dijangkau si kecil, misalnya kotak sereal, snack atau susu mereka agar mereka bisa mandiri dengan melayani diri mereka sendiri.

8. Jadwal Bersih-Bersih Dapur

Jika anda orang yang suka serba mengorganisir mungkin ide untuk menjadwalkan atau membuat suatu draft jadwal bersih-bersih adalah pilihan yang cocok untuk anda, selain anda yang melihat seluruh anggota keluarga pun akan bisa melihat jadwal giliran siapa yang akan bersih-bersih dapur. Jadi letakkan jadwal anda di tempat yang strategis dan gampang dilihat, misalnya di kulkas atau di board.

contoh jadwal bersih-bersih dapur
Contoh Jadwal Bersih-Bersih Dapur

9. Referensi

Carilah referensi di  google untuk menata dapur anda, ada banyak ide-ide kreatif bagaimana menata dapur agar selalu terlihat rapi.

10. Berkontribusi Dalam Memberikan Ide

Hal penting lainnya adalah ikut serta memberikan ide atau masukkan ke suami saat membuat atau sedang merenovasi dapur, karena yang akan lebih sering memakai dapur adalah anda bukan suami. Jadi andalah yang lebih tahu posisi dan desain yang tepat untuk dapur anda.

Lagi-lagi akan saya tekankan agar anda berkomitmen dalam melakukan sesuatu, untuk mencapai goal dan mempertahankannya adalah dengan berkomitmen.

Semoga bermanfaat untuk anda atau menjadi referensi anda dalam membuat dapur anda selalu terlihat rapi dan bersih.