Rekomendasi Sofa Ruang TV Minimalis Terbaru

Rumah yang minimalis saat ini menjadi tipe rumah yang paling dicari terutama pasangan muda yang baru menikah. Minimalis memiliki arti sederhana dan terbatas namun tetap memiliki kesan terbaik di setiap ruangannya. Salah satu ruang santai tempat berkumpul keluarga adalah ruang TV yang biasanya lengkap dengan sofa atau karpet. Mau tahu sofa yang bagaimana untuk ruang TV minimalis Anda? Sebelum Anda memilih sofa perhatikan dulu cara menata interior ruang TV.

Cara menata interior ruang TV minimalis

Ruang TV atau ruang keluarga menjadi pusat rumah karena merupakan tempat paling homy kedua setelah kamar tidur. Sofa menjadi bagian yang selalu ada di ruang TV. Bagaimana bila rumah tergolong kecil sehingga hanya ada sedikit space untuk ruang TV? Jangan khawatir, saya akan beritahu Anda bagaimana penataan sofa dan furnitur lain di ruang TV yang minimalis. Berikut caranya:

  • Letakkan furnitur standar seperti sofa dan rak TV serta TV di atasnya.

Baca juga Rekomendasi Smart TV 32 inch untuk Nonton Bola Online

  • Gunakan rak TV multifungsi yang dapat menjadi rak TV, rak pajangan dan rak penyimpanan untuk meminimalisir banyaknya furnitur tambahan.
  • Anda bisa menggunakan karpet di antara sofa dan rak TV untuk mempercantik ruangan serta dapat juga digunakan untuk berbaring maupun duduk rileks.
  • Bisa gunakan sofa “L” atau sofa 3 dudukan yang tidak membutuhkan ruang yang luas.

Tips memilih sofa untuk ruang TV minimalis

Salah satu kelebihan tema minimalis adalah membuat ruang tidak terasa sempit karena penggunaan elemennya berbentuk sederhana dan tidak rumit. Salah satu elemen yang bisa Anda pertimbangkan adalah sofa, tips memilih sofa untuk ruang TV minimalias adalah

  1. Gunakan sofa L, sofa 2 atau 3 dudukan untuk menghemat space di ruangan
  2. Pilihlah sofa dengan model yang tidak rumit seperti sofa polos yang hanya terdiri dari satu warna
  3. Sebaiknya menggunakan sofa berbahan busa atau dakron untuk meningkatkan kenyamanan Anda dalam bersantai di ruang TV
  4. Pertimbangkan jenis bahan dasar cover sofa yang awet dipakai

Bahan dasar sofa yang awet dipakai

Pertimbangan utama dalam membeli sofa tidak lain adalah bahan mana yang awet. Karena Anda sudah rela mengeluarkan uang jutaan rupiah pasti dengan harapan sofa yang dibeli adalah sofa terawet dan terbaik versi Anda. Untuk tempat duduk sehari-hari di ruang TV yang sering Anda gunakan, Anda dianjurkan lebih memilih kain buatan yang tahan pakai. Namun, bahan dasar sofa kulit alami juga merupakan pilihan yang tahan lama.

Kulit

Kain buatan cenderung yang paling tahan lama, khususnya tenunan bertekstur adalah yang paling tahan pakai dan ramah keluarga karena lebih tahan noda dan kecil kemungkinannya untuk tersangkut. Namun, survei dari 2900 orang menunjukkan bahan kulit adalah bahan sofa terpopuler. Mengapa? Sofa dengan bahan kulit alami akan meregang dan berkerut seiring bertambahnya usia dan penggunaan rutin. Kulit juga tahan lama dan kuat, sofa kulit asli akan tahan lama untuk penggunaan sehari-hari. Sofa kulit asli biasanya harganya dua kali lipat dari harga sofa kulit imitasi, tetapi bisa bertahan hingga empat kali lebih lama.

Campuran kapas

Kapas sangat serbaguna, baik bahan murni maupun campuran. Sofa campuran kapas nyaman dan mudah dirawat. Anda juga akan mendapatkan berbagai pilihan warna dan pola dari kain jenis ini.

Campuran wol

Wol membawa tekstur yang secara alami lembut. Saat disikat, sofa campuran wol akan memiliki tampilan dan nuansa kempa. Campuran wol apa pun secara alami akan menumpuk, sehingga perlu sedikit perawatan.

Katun linen

Sofa berbahan katun linen biasanya menampilkan kesan santai dan kasual. Bahan ini memiliki lipatan alami yang akan melunak seiring waktu. Seperti halnya kain wol, permukaan bahan kain ini dapat mulai menjadi halus dari waktu ke waktu bila sering Anda duduki.

Kain tenun

Kain tenun sangat tahan lama, jadi merupakan pilihan yang baik jika sofa Anda sering digunakan untuk bermain anak-anak dan hewan peliharaan.

Kain beludru

Velvet/ beludru sedang mengalami peningkatan tren saat ini. Bahan ini lembut saat disentuh dan memberi kedalaman pada warna datar. Namun bahan jenis ini akan sulit dibersihkan bila terdapat tumpahan air atau makanan sehingga Anda harus hari-hati dalam memakaianya.

Rekomendasi merk sofa yang bagus dan murah

Supaya Anda tidak bingung dalam membayangkan bagaimana bentuk sofa “L”, sofa 2 dudukan hingga 3 dudukan saya ringkas rekomendasi sofa-sofa yang umumnya dipakai di ruang TV minimalis berdasarkan range harga dan tipe sofa. Dengan itu Anda bisa dengan mudah memilih sofa yang sesuai keinginan dan kebutuhan Anda, dimana rata-rata individu menginginkan sofa harga terjangkau, model terkini dan tidak cepat rusak.

Range harga sofa ruang TV minimalis

Harga sofa rupanya sangat beragam, saya pribadi memiliki sofa bed di ruang TV yang saat dulu beli dengan harga 1 juta namun ternyata bahan kulit imitasi yang digunakan tidak terlalu awet dan mudah sobek. Maka dari itu, saya akan berikan rekomendasi sofa di range harga 300 ribu sampai – 10 juta berdasarkan jenis sofanya dan dijamin kualitasnya terbaik.

Daftar range harga sofa berdasarkan jenis sofa
Jenis Sofa Kisaran Harga
Sofa dua 2 seater 3-5 juta
Sofa dua 3 seater 5-7 juta
Sofa “L” 4-10 juta
Sofa bed 1-3 juta
Sofa lantai 300-700 ribu

Rekomendasi sofa 2 seater

Harga: 3 juta

Sofa 2 seater adalah rekomendasi yang match untuk ruang TV minimalis dimana hanya sedikit anggota keluarga di rumah itu, sekitar 2 sampai 3 orang. Sofa seperti gambar diatas memiliki spesifikasi

  • Ukuran 145 X 71,5 X 71,5
  • Material Frame mahoni + plywood 15mm.
  • Foam D20.
  • Suspensi zigzag spring + green webbing + foam

Sofa tersebut tersedia dalam dua warna yaitu grey dan cream, karena warna yang disedikan tergolong warna netral maka apapun warna dinding Anda saat ini bukan menjadi masalah jika membeli sofa jenis ini. Dibandrol dengan harga asli 5 juta diskon menjadi 3 juta saja.

Rekomendasi sofa 3 seater

Harga: 6 juta

Sofa 3 seater yang saya rekomendasikan tersedia dalam 5 pilihan warna yang semuanya adalah warna netral. Sehingga bila Anda kehabisan stok warna yang Anda inginkan masih ada alternatif warna lain yang juga tidak kalah menarik. Produk ini memiliki ukuran 205 x 90 x 90 cm. Bahannya terbuat dari kain dan konstruksinya terdiri dari rangka kayu yang keras, busa dengan tingkat kepadatan yang tinggi, pegas dan kaki kayu. Harga sofa ini berkisar 6 juta, memang sedikit mahal dibanding dengan sofa 2 seater. Namun, sofa ini memiliki desain yang berbeda dari sofa 2 seater dan lebih terlihat seperti sofa klasik.

Rekomendasi sofa “L” terbaik versi hemat.id

Saya cukup tertarik dengan sofa L, impian saya adalah membeli sofa L untuk diletakkan di ruang TV rumah saya yang minimalis. Sehingga setiap saya pergi ke toko furnitur saya selalu melirik sofa L sebagai target utama. Mengapa saya sangat menyukai sofa L? Saya yakin Anda juga sependapat dengan alasan saya, yaitu:

  1. Bisa diduduki 3 sampai 5 orang sehingga bisa memuat satu keluarga sambil menontn TV bersama
  2. Bentuknya unik sangat cocok digunakan di ruang TV minimalis
  3. Jika lelah sepulang kerja, sebelum memasuki kamar bisa langsung istirahat sejenak di sofa tersebut untuk hanya sekedar meregangkan tubuh sebelum beraktivitas kembali setelah bekerja
  4. Bisa digunakan sebagai pengganti kasur jika sedang menerima tamu yang hendak menginap namun di rumah tidak memiliki kamar tamu

Nah, maka dari itu saya ingin merekomendasikan Anda sofa L yang dapat dibeli di COURTS.

SOFA L EL-KYOTO

Rekomendasi sofa L seperti pada gambar diatas cocok untuk ruang TV minimalis yang tidak banyak furnitur, jika Anda mnggunakan sofa L cukup letakkan karpet didepannya tanpa memberi meja kecil. Desain sofa L ini khusus didesain elegan yang terlihat minimalis. Materialnya terdiri dari kain dilengkapi juga dengan dacron cushion sehingga Anda akan merasa nyaman menikmati waktu luang di ruang TV. Berikut spesifikasi sofa L

  • Ukuran 210 X 85 X 86
  • Bahan fabric/ hard wood, foam, dacron cushion, dpring & wood Legs

Anda dapat membeli sofa ini dengan harga 6,5 juta, Anda bisa memilih sisi L nya di sebelah kiri atau kanan sesuai dengan selera Anda.

SOFA L ESHAN HOME PARIS

Harga: 6,9 juta

Ini merupakan rekomendasi sofa L kedua dengan nuansa warna grey, navy dan coklat. Harga sofa ini sekitar 6,9 juta saja dengan spesifikasi produk

  • Bahan: kain
  • Kontruksi: rangka kayu keras, bantalan dengan busa kepadatan tinggi, serta pegas & kaki kayu
  • Ukuran : 157 x 90 x 75 cm
  • Warna : Custom

Dilihat dari bentuknya, sofa L yang ini terlihat lebih mewah dibanding sofa L yang sebelumnya. Jika cat dinding atau wallpaper dinding Anda bernuansa cerah akan sangat menawan bila disandingkan dengan sofa L jenis ini. Lalu kira-kira bagaimana penataan sofa L nya? Anda bisa sekali mencontoh rekomendasi penataan sofa L di ruang TV minimalis seperti di bawah ini

Sumber: unsplash.com

Dariel sofa 2 seater + fabric

Jika dilihat dari jenisnya sofa ini digunakan untuk 2 seater namun juga dapat digunakan sebagai sofa L. Dengan harga hanya sekitar 4 juta dan Anda sudah bisa mendapatkan sofa L bisa dikatakan cukup murah. Konstruksi sofa ini menggunakan bahan kayu standar yaitu mahoni dan pinus. Ukurannya tidak terlalu besar hanya 180x85x90 cm saja sehingga pasti pas diletakkan di ruangan minimalis. Untuk melihat lebih banyak koleksi sofa 2 dudukan maupun sofa L, Anda dapat melihat-lihat katalog dan promosinya di hemat.id berlaku sampai 31 Januari 2022.

Sofa lantai yang sedang tren untuk ruang TV minimalis Anda

Harga: 600ribuan

Nah, jenis sofa ini sedang tren karena sangat cozy serta penempatannya juga fleksibel. Karena cukup ringan dan dapat dipindahkan, hal itu akan membuat jiwa kreativitas Anda akan selalu ada karena Anda dapat dengan mudah mendesain ulang letak sofa di ruang TV Anda setiap bulan, sehingga keluarga tidak mudah bosan dengan layout ruang TV. Spesifikasi sofa ini antara lain

  • Ukuran M 60 x 108cm, L 70x 115 cm
  • Bahan poliester (water repellent)
  • Double cover

Double cover dari sofa ini tujuannya supaya dapat dilepas dan dibersihkan, jadi Anda tidak perlu khawatir bila sofa kotor Anda hanya cukup mencuci covernya saja. Keunggulan dari sofa ini salah satunya adalah cover luar terbuat dari bahan premium dan cover dalamnya menggunakan material yang tebal tidak rawan sobek. Sayangnya sofa ini hanya tersedia dalam 3 warna namun jangan khawatir warna tersebut merupakan warna yang paling sering dicari yaitu beige, grey dan green army.

Soal harga, sofa ini hanya Rp600.000an dari harga normal 1,5 juta. Untuk mempercantik ruang TV minimalis, Anda bisa membeli 2 sampai 3 sofa saja. Jika Anda sudah membeli sofa lantai selanjutnaya Anda perlu memikirkan bagaiaman penataan sofa tersebut supaya terlihat elegan dengan suasana yang santai, mungkin Anda bisa mengikuti penataan ruang TV dengan sofa lantai di bawah ini

Sumber: helloshabby.com

Rekomendasi sofa bed ruang TV minimalis terbaru

Juna sofa bed

Sofa bed memiliki harga yang cenderung lebih murah daripada sofa lainnya. Keuntungan sofa bed adalah multifungsi selain sebagai sofa juga dapat sebagai bed sehingga Anda bisa menonton TV sambil berbaring maupun duduk. Sofa bed ini dapat memuat 3 orang karena ukurannya yang cukup besar yaitu 185x107x80 cm, konstruksi kuat terbuat dari kayu mahoni dan pinus serta cover berbahan kain.

Moonie sofa bed

Sofa bed jenis ini adalah sofa paling murah yaitu hanya 2,5 jutaan saja dari harga normal 3,2 juta. Promo sofa tersebut hanya berlaku sampai 31 Januari 2023. Ukuran sofa bed ini lebih lebar dibanding produk sebelumnya dan terdapat wadah minuman di tengahnya sehingga cocok untuk Anda yang hobi menonton film sembari menikmati cemilan.

Contoh layout penataan ruang TV minimalis

Ruangan yang minimalis akan terlihat lebih luas bergantung pada warna cat dinding dan juga penataan furniturnya. Berikut saya beri 2 contoh penataan ruang TV dengan warna cat yang menimbulkan kesan luas pada ruangan dan furnitur yang tertata sedemikian cantik.

Sumber: unsplash.com
Sumber: unsplash.com

Baca juga Pilihan Warna yang Cocok untuk Ruang Tamu, Supaya Ruangan Terlihat Luas

Referensi

  1. https://www.google.co.id/books/edition/50_IDE_MENATA_INTERIOR_RUMAH_MINIMALIS/SVCpCQAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
  2. https://www.google.co.id/books/edition/Agar_Ruang_Berkesan_Luas/kAy2-dLENIwC?hl=id&gbpv=0&kptab=overview
  3. https://www.which.co.uk/reviews/sofas/article/choosing-a-sofa/how-to-buy-a-sofa-a0kJC7A9QOyt